5 Tips Hemat & Cerdas Belanja Online dan Offline Ala Andiyani Achmad

Kamis, 08 September 2022

Ibu-ibu mana yang gak suka belanja?! Mau belanja secara online ataupun offline udah pasti happy karena belanja itu adalah "me time", ini menurut aku sih ya. Tapiiiiii meski belanja mengeluarkan uang harus tetap wise dalam memilih barang yang dibeli. Jangan sampai besar pasak daripada tiang, ye kan! Karena itu, sebagai ibu-ibu yang hobi belanja karena ada promonya. Berikut adalah 5 tips hemat & cerdas belanja online dan offline ala Andiyani Achmad. Shall we start now?

JNE Loyalty Card
Perempuan itu identik dengan yang namanya shopping, tak terkecuali, menurutku sih ya. Kadang kalo gak ada uang buat belanja, aku nawarin diri ke orang-orang terdekat untuk belanjain kebutuhan mereka tentunya pakai uang yang bersangkutan lah hahaha. Jastip alias jasa titip mereun! 

Apalagi nih ya, semakin canggihnya teknologi digital semua udah pasti dimudahkan termasuk dalam membeli kebutuhan harian. Belanja bisa dilakukan dari rumah dengan memanfaatkan smartphone. Yang kayak gini nih bisa bikin boncos, saking mudahnya belanja dari rumah. Trus, pilihan metode pembayarannya pun banyak. Makanya harus bisa kontrol diri biar gak boncos. Pun begitu ketika belanja offline, harus bisa menahan diri jangan gampang tergoda nafsu belaka atau lapar mata. Liat yang lucu dan diskon aja langsung beli, padahal gak terlalu dibutuhkan barang tersebut. Makanya, belanja online dan offline pun butuh skill yang mumpuni dengan mengikuti 5 tips hemat & cerdas belanja online dan offline ala Andiyani Achmad berikut ini: 

1. Gunakan metode amplop atau budgeting

Pisahkan uang sesuai kebutuhan, seperti tagihan bulanan, uang saku, bensin, belanja, dan lainnya. Bisa dengan menggunakan amplop atau memisahkan rekening, namun tetap kontrol ada di kamu ya jadi usahakan sebaik mungkin untuk gak bablas dan disiplin menggunakan uang di amplop atau di rekening untuk belanja. 

2. Buat daftar belanja 

Tips kedua ini merupakan salah satu tips hemat uang belanja yang bisa membantu kamu hanya membeli barang-barang yang memang dibutuhkan. Sebelum mulai belanja, catat dulu apa saja barang yang dibutuhkan dan ingin dibeli. Gunakan catatan tersebut sebagai panduan kamu buat berbelanja karena catatan ini nantinya akan membatasi kamu untuk membeli barang-barang sesuai kebutuhan.  

JNE Loyalty Card

3. Pilih toko yang memberikan harga termurah

Harus semangat mencari toko yang memberikan harga termurah namun juga pertimbangkan kualitas toko dan review atau ulasan dari pembeli-pembeli sebelumnya. Atau jika tokonya offline, kamu bisa cari tau tanyakan ke orang-orang di sekitarmu. Jangan sampai kamu mendapatkan harga paling murah tapi kualitas tokonya mengecewakan.

4. Cari info dan cek promo yang berlaku

Setiap toko, baik itu online dan offline pasti memiliki program promo setiap bulannya. Nah, untuk mengetahui promo tersebut kamu bisa mencari tau dari media sosial ataupun website. 

Manfaatkan promo yang diberikan oleh toko tersebut sebaik-baiknya! Mulai dari diskon harga coret, buy 1 get 1, ataupun cashback, semua bisa dimanfaatka agar belanja lebih hemat dan cerdas. 

5. Manfaatkan 'privilege' kartu member

Jika kamu setiap pada satu brand atau toko biasanya kamu akan ditawarkan untuk memiliki kartu member. Pembuatan kartu member juga banyak yang tidak memerlukan persyaratan. Kartu member tidak hanya sekedar kartu biasa lho, banyak sekali manfaatnya. Seperti potong-potongan harga yang ditawarkan jika kita memiliki kartu member. Istilah kerennya mah, ada 'privilege' khusus bagi pemilik kartu member tersebut.

Belum lagi, poin yang bisa dikumpulkan selama penggunaan, biasanya ada reward yang mereka berikan kepada pelanggan yang memiliki cukup banyak poin. Reward yang diberikan bisa berupa promo diskon, cashback, hingga mendapatkan gratis barang.

JNE Loyalty Card

Salah satu manfaat kartu member yang memiliki program promo menarik sebagai bentuk apresiasi pada pelanggan yaitu  JNE Loyalti Card (JLC). Nah, dalam rangka menyemarakan peringatah Hari Pelanggan Nasional atau HPN 2022 dan mendukung kemajuan bisnis pelanggannya, JNE memberikan apreasiasi kepada para pelaku Usaha Kecil dan Menengah (UKM) berupa program Promo diskon 20% untuk member JLC.

Adapun program promo diskon 20% JLC berlaku untuk member baru dan existing member mulai dari tanggal 4-5 September 2022 dari Jakarta tujuan ke Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi dan Cilegon. Promo ini untuk maksimal berat 2 kg, di atas 2 kg tarif normal. Lalu, member JLC juga bisa tukar 100 pin pada periode 4-10 September 2022 akan mendapatkan paket eksklusif berupa produk dari Faber Castell.

Selain itu terdapat aktivasi membagikan hadiah secara gratis ke 25 pengunjung pertama yaitu, Buku Bahagia Bersama, bunga dan merchandise eksklusif JNE ke setiap pengunjung yang datang ke sales counter yang berada di Cabang Utama, Medan, Bandung, Surabaya, Denpasar, Makassar, Pontianak, dan Yogyakarta.

JNE Loyalty Card

JNE Loyalty Card

Makanya, buat kamu pelanggan setia JNE yang belum bergabung menjadi member JLC, yuk segera daftarkan diri agar mendapatkan benefit dari setiap aktifitas pengiriman paket di JNE. Caranya pun mudah dan tanpa biaya apa pun, cukup mengunjungi website https://jlc.jne.co.id/ untuk melengkapi persyaratan yang berlaku. Poin yang didapatkan dari setiap transaksi dengan menggunakan JLC dapat ditukarkan dengan beragam pilihan hadiah atau berkesempatan memenangkan hadiah melimpah setiap tahunnya.

Menarik bukan? So, yes! Itulah 5 tips hemat dan cerdas belanja online dan offline ala Andiyani Achmad yang bisa kamu praktikan langsung.

18 komentar

  1. Mencatat belanja apa saja sebelum keluar rumah itu sangat saya disiplinkan soalnya kalau gak gitu, alamat bisa banyak bocoran. Hehehe... Hemat belanja bukan berarti kita pelit ya. Tapi justru tidak mengambil yg memang tidak butuh

    BalasHapus
  2. Memang hari gini kita harus menjaga pengeluaran dan menyusun budget dengan ketat yah biar gak boncos, bisa gawat urusannya kalo sampai kebobolan gara2 kalap belanja online yaah

    BalasHapus
  3. Emak-emak ngga online ngga offline ternyata kelakuannya sama yah, nyari toko yang paling murah wkwkwk. Btw JNE keren banget membagikan hadiah secara gratis ke 25, mau dong bukunya Kang Maman Bahagia Bersama.

    BalasHapus
  4. JNE nggak pernah berhenti memberikan layanan yang bikin pelanggan bahagia. Termasuk menjadi member JLC yang bakal sering dapat poin untuk mendapatkan hadiah kece dari JNE

    BalasHapus
  5. Membuat daftar belanja ini harus banget ya mbak kalo nggak mau kebocoran saat belanja hehe. Kalo ada daftar belanjaan keuangan lebih terkontrol

    BalasHapus
  6. Dengan adanya kartu pelanggan seperti JNE Loyalti Card (JLC) ini, maka kita bisa memperoleh harga dan keuntungan yang lebih daripada yang tidak memegang kartu JLC.

    Jadi gak perlu menunggu untuk mmebuatnya yaa.. Ingin belanja hemat, maka wajib banget ikutan menjadi bagian dari JNE Loyalti Card (JLC).

    BalasHapus
  7. Disiplin dalam penggunaan rekening, ini yang saya masih susah mbak. Masih gampang tergoda kalau ada promo-promo, terus uangnya jadi belok deh.

    Kartu member ini emang bisa dimanfaatkan, lumayan tiap kali belanja bisa dapat potongan ataupun poin yang jika terkumpul bisa ditukarkan sesuatu

    BalasHapus
  8. Ativitas belanja memang sangat menyenangkan dan bisa membuat relaks dan bahagia, bebas dari stress. Tapi ya tetep harus sesuai dengan budget ya, jangan kalap. Setuju sih dengan tips hemat cerdas berbelanja ini..

    BalasHapus
  9. Wah mantap tipsnya
    Tips yang dibutuhkan para ibu ibu
    Mau belanja online maupun offline, kalau bisa ya tetap harus hemat ya mbak

    BalasHapus
  10. Setujuu banget, tipsnya bermanfaat sekali. Dulu aku juga pernah lho pakai metode amplop, sekarang gak sih. Habis gajian yg utama bayar2 yg wajib di bayar dulu baruu sisanya buat hidup

    BalasHapus
  11. Alhamdulillah ya mbak, banyak opsi dalam hemat berbelanja. Saya juga sering banget mempergunakan loyalty card untuk mendapatkan harga spesial dan potongan spesial hehe

    BalasHapus
  12. Wah bener juga ya kalau mau terencana memang keuangan udah dipisahkan postnya sejak awal. Btw saya baru tahu nih privilege kartu member JNE. Enak juga ya ada reward poin dari JNE. Bisa dapat reward promo diskon, cashback atau gratis barang.

    BalasHapus
  13. Iya belanja ofline itu me time banget, tipsnya bermanfaat nih Mak bisa membantu para mamak untuk bisa berbelanja dengan hemat dan dapat barangnya tetap berkualitas..kalau ngga diatur kadang jadi boncos

    BalasHapus
  14. Setuju semua poinnya kak, aku jg salah satu yang kalau belanja harus di list di kalau enga duh laper manta semua dimasukin keranjang.. wkwk.. waah baru tau jg ada kartu member JNE boleh juga tuh biar dapat promo dan disc nya secara sekarang belanja selalu online

    BalasHapus
  15. Hahahahah, baiklah mencari toko dengan harga yang murah yaa itu lumayan banget, tanda2 belanja smart.
    Makin bijak deh belanjanya yaaa..

    BalasHapus
  16. iya bener banget Mak apalagi kalau udah dipost jadi ga akan ada lagi budget yang keluar dari jalur yah enak nih ada member privelege JNE jadi dpt reward ya mba

    BalasHapus
  17. Aku kalau belanja juga pilih yang ada promonya. Lumayan irit.
    Ya ampun aku pelanggan setia JNE belum punya kartu member sama sekali. Harus buruan daftar nih.

    BalasHapus
  18. Cocok deh kayanya Mak buat aku yang pengen nyoba usaha online dan bakal lebih sering kirim-kirim paket buat jadi JNE Loyalti Card (JLC). Apalagi kalau banyak promo menarik yang bisa dimanfaatin calon customer-ku juga nantinya.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)