Balik Kampung: Mampir ke Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi Selatan

Senin, 10 Oktober 2022

Cerita balik kampung berlanjut nih, hanya di part ini aku akan bercerita tentang pengalaman mampir ke Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi Selatan. So, shall we start the story now …

Bantimurung

Pesawat tiba hampir pukul 10 pagi, saat boarding tadi ada drama penukaran kursi yang dilakukan sepihak. Jadi kan yang pesan tiket dan check in aku, ini karena tiket Darell dipesan satu hari setelah tiket aku, bokap, nyokap, dan adik-adikku di issued. Makanya ketika check in tiketnya Darell, aku udah atur tempat duduk dekat dengan aku, satu row gitu.

Nah, ketika boarding aku dapat kabar kalo tempat duduk Darell dipindah. Subuh-subuh bikin emosi kan ya, setelah komunikasi dengan staf boarding akhirnya tempat duduk Darell bisa kembali satu row sama aku. Okay, enough with the drama at the airport ya beb.

Berhubung sampai di Makassar jam 10an dan waktu check ini masih lama jadi kami memutuskan lanjut breaklunch karena di bandara gak sempet sarapan. Setelah breaklunch balik ke hotel dan ternyata kami bisa early check in, alhamdulillah. Yaudah deh, kami memutuskan beres-beres dan naro koper lalu lanjut mengunjungi Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung.

Baca juga: BALIK KAMPUNG: APA AJA SIH PERSIAPAN TRIP BERSAMA ANAK DI SAAT PANDEMI?

Bantimurung

Mampir ke Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi Selatan

Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung berjarak kurang lebih 43 km dari pusat kota Makassar dan 28 km dari Bandara Internasional Sultan Hasanuddin. Kami menggunakan mobil mini bus ke sana dan butuh kurang lebih 1 jam perjalanan.

Di Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung terdapat sebuah permandian, atau air terjun yang sangat indah, dan airnya tidak pernah surut. Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung adalah salah satu objek wisata andalan Kabupaten Maros yang terletak di Dusun Bantimurung, Desa Jenetaesa, Kecamatan Simbang dan terletak di lembah perbukitan kapur/karst yang dengan vegetasi tropis yang subur.

Bantimurung

Selain memiliki objek wisata air terjun yang indah, taman wisata alam ini dikenal juga menjadi habitat yang ideal berbagai spesies kupu-kupu, burung, dan serangga yang langka dan endemik. Sepanjang perjalanan menuju taman wisata ala mini udah kebayang sih gimana bagusnya pemandangan di sana dan bisa healing tipis-tipis.

Sejarah Nama Bantimurung

Ikon dari taman wisata alam ini adalah kupu-kupu besar di pintu masuk utama, tapi sayang karena kami sudah cukup lelah dengan penerbangan pagi jadinya malas foto. Setelah memasuki pintu masuk utama dengan ikon taman wisata ala mini, kami tiba di parkiran dengan kembali rasa lapar juga beberapa dari kita merasa mual sepanjang perjalanan. Mampirlah kami di tempat makan dan pilih indomie rebus dan bakso sebagai menu penyegar tubuh. Kecuali Darell yang memilih makan pecel ayam, tetep ya gak dimana-mana makannya pecel ayam.

Bantimurung

Bantimurung

Kononnya nama Bantimurung diberikan oleh penguasa Kerajaan Simbang yang berdiri pada awal tahun 1700, yang Bernama Karaeng Simban yang artinya air terjun Bantimurung sudah berumur sekitar 320 tahun, wow! Bantimurung mempunyai arti suara gemuruh air, dan kerajaan Simbang adalah kerajaan yang tergabung dalam persatuan ada lima kerajaan, atau disebut Toddo Limayya Ri Marusu, yang menjadi cikal bakal terbentuknya Kabupaten Maros.

Di tulisan kali ini aku hanya fokus ke Air Terjun Bantimurung ya, karena saat di sana gak sempet eksplore banyak tempat wisata seperti Museum Kupu-Kupu dan Habitat Kupu-Kupu yang konon katanya indah banget. Memang Kawasan ini tidak hanya menyajikan panorama alam nan sejuk dengan aneka kicauan burung dan air terjun yang indah. Saat ke sana sih aku sangan menikmati keindahan dan segarnya air terjun yang alirannya sangat teras.

Bantimurung

Dari yang aku baca, saat ini telah tercatat 16 gua alam yang ditemukan di Taman Wisata Alam Bantimurung, yaitu Gua Anjing, Gua Bantimurung, Gua Anggawati I, Gua Towukala, Gua Baharuddin dan Gua Watang yang kesemuanya menjadikan keindahan stalaktif dan stalakmit sebagai tempat berkembang biang burung walet, kelelawar, laba-laba, lipan, kaki seribu, dan lain-lain.

Air Terjun Bantimurung, Maros

Taman Nasional Bantimurung terdapat air terjun yang menjadi objek wisata dengan kesejukan yang bersumber dari Gunung Bulusaraung. Air yang mengalir juga sangat jernih yang mampu membuat pikiran kita jadi fresh, melepas penat dengan liburan di sini. 

Nah, saat aku mapir ke Air Terjun Bantimurung, Maros, banyak sekali wisatawan lokal yang datang untuk menikmati keindahan alam yang ada. Bahkan, ada yang main air menggunakan ban. Seru sekali pokoknya!

Jika kamu berkunjung di kawasan Obyek Wisata Air Terjun Bantimurung akan disambut dengan monumen kera dan juga sederetan penjual souvenir khas dari Bantimurung yang berupa kupu-kupu diawetkan. Tersedia juga warung dan kedai kopi serta makanan-makanan khas daerah.

Bantimurung

Air Terjun Bantimurung memiliki ketinggian sekitar 15 meter yang mana disertai dengan air yang jernih dan sejuk serta adanya arus yang cukup deras. Bahkan tepat di bawah air terjun, ada landasan batu kapur yang bisa digunakan sebagai tempat pemandian. 

Oia, batuan kapur yang keras ini sudah tertutup lapisan mineral karena terkena aliran air yang berusia ratusan tahun. Sementara di sebelah kiri air terjun, ada dua buah gua yang bernama Gua Mimpi dan Gua Batu. Sayangnya, saat ke sana aku cuma berkunjung ke air terjunnya aja karena memang gak ada rencana mau ke Air Terjun Bantimurung, Maros dan semua serba dadakan. Dan senangnya itu saat melihat air terjun dari dekat, debit airnya cukup deras jadi berasa adem, segar dan bisa jadi konten buat diceritakan di blog aku ini.

Bantimurung

Mungkin cukup sampai sini aku menceritakan tentang perjalananku balik kampung dan mampir di Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi Selatan. Nanti aku lanjut ya...   

43 komentar

  1. Senangnya bisa mudik sambil jalan2 ke tempat eksotis begini. Air terjun keliatan dahsyat, ya.

    BalasHapus
  2. Ada aja idenya foto pakai topeng. Air terjunnya buka setiap saat ya mbak? Biasanya kalau cuaca yg sering hujan, airnya jadi keruh. Btw, itu gak apa2, jual souvenir dari kupu2 yg diawetkan?

    BalasHapus
  3. Wah orang Makassar ternyata kamu ya kak, aku ceritain ke adik nih, kebetulan suaminya Makassar, siapa tahu jadi tempat referensinya juga kalau Lebaran ke sana kan, Enjoy kak

    BalasHapus
  4. Hai mom aku baru enggeh loh kalau dirimu asalnya dari Makasar, pantesan cantik deh. Enaknya ya pulkam, ke taman wisata bersama keluarga.Pengen deh ke Bantimurung...aku paling pulkam ke Manado tetangganya Makasar

    BalasHapus
  5. Waah serunya mudik ke Makasar, kuliner makasar ati raja, sama perminyakan q sukaak.... Makasar alamnya masih bagus ya mak??

    BalasHapus
  6. Belum berkesempatan bertandang ke Sulawesi Selatan. Tapi air terjun Bantimurung ini pernah dengar Sudah menjadi wisata air favorit di Maros. Air
    yang mengalir juga tampak jernih pastinya akan mampu membuat pikiran jadi fresh sekaligus bisa melepas penat

    BalasHapus
  7. Catet dululah, siapa tau nanti ada rezeki bisa ke Makassar dan mampirin rekomendasinya ya kak.

    BalasHapus
  8. Adem banget kalau Liat view air terjun. Saya juga bakalan happy banget nih kalau diajak jalan-jalan ke air terjun begini. Adem liat viewnya sambil denger gemericik air terjunnya

    BalasHapus
  9. Pulkam ini selalu bikin happy yaa..
    Rasanya suasana liburan yang menyenangkan dengan mengunjungi beberapa tempat wisata alam seperti Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi Selatan menambah wawasan dan pengalaman.

    BalasHapus
  10. Oh nggak sempat ke museum kupu-kupu ya, sayang banget ya. Aku pernah lihat di vlog campervan yang pernah share museum kupu-kupu ini, ya ampun cantik banget. Dan abis itu ngelihat air terjun Bantimurung juga. NGelihat Aie foto-foto di dekat air terjun emang kelihatan cakep banget.

    BalasHapus
  11. Kalau mudik atau balik kampung, nggak afdol kalau nggak sekalian mampir buat jalan jalan ya mbak
    Apalagi kalau ditemani keluarga, makin HEPI jadinya

    BalasHapus
  12. Air terjunnya masya Allah indah banget. Ciptaan Allah swt memang selalu sempurna ya mbak? Sayang kursi roda pasti susah ke sananya

    BalasHapus
  13. Bisa ada perubahan tempat duduk dg tiba2 gitu, ya. Ngajak ribut banget. Hahaha.

    Seneng ya bisa pulkam dan traveling bersama. Aku lihat air terjunnya emang deres bangett. Ngebayangin body rafting di situ.

    BalasHapus
  14. Duluuuu pernah ke sana zaman masih single dan mbolang. Asik yaah, Seger gitu walau gak nyemplung. Trus banyaaak kupu-kupu. Sempat ke goanya juga tapi lupa Goa yang mana.

    BalasHapus
  15. Bantimurung ini kukira artinya berkaitan dengan kupu2 ternyata lebih ke suara air terjun ya mbak? Duh kangen banget sama lokasi wisata yang ada air terjunnya, biasanya udaranya masih segar.
    Baru tahu juga di sana banyak obyek wisata goa2 dan lumayan tua juga yaa.

    BalasHapus
  16. Ingat banget aku sama teman jalan ku sering banget ngobrolin Bantimurung ini bahkan udah niat mau traveling ke sana. Duh lihat postingan ini makin tambah semangat ke Bantimurung.

    BalasHapus
  17. beberapa tahun lalu pernah juga ke Makassar tapi nggak sempat ke bantimurung ini soalnya lumayan jauh dari pusat kota

    BalasHapus
  18. Kalau momen pulkam, pastinya bisa sekalian eksplor tempat wisatanya. Apalagi kalau kampung halamannya banyak tempat wisata. Ini tempatnya cakep dan seger banget lihatnya, sekaligus bisa ajak saudara.

    BalasHapus
  19. Balik kampungnya jauh juga mba aie... Tapi seru pastinya sekalian bisa mampir ke Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar, Sulawesi,, bagus juga ya mba.. kelihatan bersih

    Next mudah2an bisa ke Sulawesi belum pernah aku

    BalasHapus
  20. Bantimurung terkenal banget nih. Aku dulu waktu kecil seneng banget main di bawah air terjun. Tapi sekarang kok ya rada trauma lihat air deras gara-gara banyak kasus tenggelam.

    BalasHapus
  21. Jalan-jalan ke air terjun kayak gini memang bikin betah. Suka malas mau lanjut ke tempat lain. Udah puas aja bisa main air. Pemandangannya juga biasanya bagus, ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kalau lihat air terjun itu bawaannya sejuk banget ya, mbak. cuma biasanya air terjun ini adanya di gunung gitu jadi harus jalan dulu buat bisa ke sana. heu

      Hapus
  22. Air terjun ini udah jadi incaran aku saat pulang kampung ke Makasar nanti, kebetulan suami asli orang sana, soalnya penasaran banget pengen lihat seindah apa sih pemandangan aslinya

    BalasHapus
  23. Walau ada drama dengan kursi di pesawat, tapi Alhamdulillah pas tiba di lokasi tujuan bisa mencerahkan ya Kak Air karena pemandangannya bikin adem suasana

    BalasHapus
  24. Asyik banget ya bisa pulkam sambil berwisata walau dg awal drama perjalanan. Emang disini sih yg akan terus diingat perjalanannya.

    Oia, Bantimurung terkenal sekali dg kupu2nya ya. Aku suka banget kalau wisata di daerah sulawesi.

    BalasHapus
  25. Paling gak kerasa kalau sudah pulang kampung, bertemu saudar dan berlibur ke tempat wisata andalan, kaya Taman Wisata Alam & Air Terjun Bantimurung, Makassar.
    Jadi kangen pengen pulkam lagi yaa, kak Aie..

    BalasHapus
  26. Mudik sekaligus menikmati wisata alamnya, tentu menjadi suatu hal yg menyenangkan. Dan utk air terjun Bantimurung ini kabarnya juga cukup ikonik dgn kupu-kupu. Jadi penasaran, pasti kian tampak indah dgn aneka warna kupu-kupu yg beterbangan

    BalasHapus
  27. Senangnya bisa balik kampung ya mbak
    Sekalian bisa jalan jalan ke tempat wisata bersama keluarga
    Beneran liburan nih

    BalasHapus
  28. Senangs ekali lihat view sekitar air terjun yang masih terlihat alami, segar dan menghijau. Pasti udaranya segar sekali saat berada di sana. Menikmati hijau dan rimbunnya pepohonan dan alunan suara air

    BalasHapus
  29. Seru sekali bisa mudik sambil berwisata, menikmati keindahan alam bersama dengan keluarga. Air Terjun Bantimurung menarik untuk dikunjungi.

    BalasHapus
  30. Seger banget itu airnya mbak (ngebayangin bisa mainan air di air terjun Bantimurung). Memang asyikkk ya mbak jika mudik itu, bisa skalian jalan2 bareng keluarga besar.

    BalasHapus
  31. Kalau ada kesempatan ke Sulawesi Selatan aku juga pengen ke sini, sekalian eksplor kupu-kupunya. Seger banget kayaknya air terjunnya.

    BalasHapus
  32. iyaaa yah bantimurung terkenal dengan kupu-kupu
    banyak kupu-kupu diawetkan di sana, bisa buat souvenir, walau sejujurnya aku kasihan. eh mereka itu sudah mati, kan, trus diawetkan gitu?

    BalasHapus
  33. Wah iya, aku juga paling ga suka tempat duduk yang aku pilih susah susah diganti tanpa pemberitahuan. hahah. Untung durasi emosi ga berkepanjangan ya Mbaaa. Liat yang ijo ijo langsung adem lagiii

    BalasHapus
  34. Nama gua nya ada gua Anjing, apakah bnyk anjing di sana? Hehe. Pasti seru nih wisata alam seperti itu, apalagi ke air terjun

    BalasHapus
  35. Seru banget perjalanan mudiknya.. Wisata alamnya juga MasyaAllah banget. Jadi pengen mampir.. Terimakasih banyak kak atas sharing yang menyenangkannya. ^^

    BalasHapus
  36. Balik kampung memang paling seru ke tempat wisata bersama keluarga. Mba Aie pasti seneng juga ketemu keluarga di sana. Main air bareng-bareng gitu.

    BalasHapus
  37. Mudi memang paling asik mengobati kerinduan dengan alam sekitar. Lingkungan yang asri, tempat wisata baru yang bisa membuat kita memiliki kenangan. Khususnya kalau mudik bareng anak-anak. Sekitar air terjunnya asri banget.

    BalasHapus
  38. Waktu ke Makasar tempo hari,dah niat bgt mau ke Bantimurung eh ternyata padat bgt jadwalnya, akhirnya hnya bisa makan, makan dan makan wkwkwk

    BalasHapus
  39. Darell....memang selalu jadi point of interest yaaa adaaaa aja ..drama tukeran tempat duduk lah, makan pecel ayam doang lah...

    Ah seru banget ini pulang kampungnya pasti kalau memungkinkan kamu pulang tiap bulan yaaaa

    BalasHapus
  40. Asyik banget mudik sambil jalan2 ke lokasi wisata daerah dekat kampung halaman. Bantimurung terkenal sama kupu2 yang besar ya. Waktu aku kesana olehnya kupu2 cantik yang di bingkai. Keren deh...
    Air terjunnya emang menarik sekali.berasa pengen basah2an ya.

    BalasHapus
  41. Saya sudah beberapa kali ke Makassar masih aja belum sempat ke Bantimurung euy.. Tapi Alhamdulillah bulan Maret kemarin sudah sempat main ke Ramang-Ramang sih. Next kayaknya harus kekeuh main ke Bantimurung nih... pengen banget nyebur ke air terjunnya euy... aman kan ya buat berenang di air terjunnya?

    BalasHapus
  42. Pulang kampung memang selalu menyenangkan ya kak, apalagi melakukan perjalanan wisata ke beberapa tempat. Di kampung saya juga terdapat air terjun yang banyak dikunjungi wisatawan.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)