Tutorial Menjadi Smart Fandom Bersama #FWDPressPlay

Selasa, 04 April 2023

Memang bisa ya mengidolakan seseorang sekaligus menghasilkan cuan? Tentu bisa bestie! Asal kamu mengetahui Tutorial Menjadi Smart Fandom Bersama #FWDPressPlay, shall we start now?

FWD Press Play

Banyak dari kita pasti pernah dan masih mengidolakan seseorang, entah itu musisi, personil band, aktor, aktris, hingga influencer. Biasanya seorang fans akan melakukan berbagai cara demi bisa bertemu dengan idolanya secara langsung meski mungkin gak sedikit uang yang dikeluarkan dari tabungan. Bahkan rela membeli merchandise dari idola dengan harga yang bisa dibilang cukup mahal ya. Well, apa sih yang gak dilakukan seorang fans untuk idolanya?


Rizki Mentari, ARMY yang Sukses Menjalankan Usaha Bisnis Jastip Merchandise BTS

Itu pula yang dilakukan oleh Rizki Mentari seorang Music Enthusiast, Owner @DearMicasa_Shop dan juga seorang ARMY (sebutan fans dari BTS). Ya, Rizki ini ngefans banget dengan BTS sampai rela menyambangi konser mereka di Korea Selatan pada tahun 2019. Saat itu, Rizki tidak hanya menonton konser BTS tapi juga open jastip atau jasa titip pembelian barang-barang yang ada di Korea Selatan untuk menambah uang saku selama di sana juga hitung-hitung memanfaatkan momen tersebut untuk menghasilkan uang tambahan. 

Setelah pulang dari nonton konser BTS di tahun 2019, Rizki merasa kalau bisnis jastip dan menjadi reseller atau dropship merchandise K-Pop sangatlah menjanjikan serta terbuka lebar. Kenapa bisnis ini menjanjikan? Alasannya karena penggemar  Kpop baik di Indonesia maupun dunia sangatlah banyak dan memiliki loyalitas yang tinggi terhadap idola mereka. Ya gimana ya, gak bisa dipungkiri daya tarik K-Pop yang menyungguhkan paket lengkap dari sisi musik, visual artis, dan aksi panggung adalah faktor utama fans K-Pop jatuh cinta. Mereka ini disebut fandom yaitu komunitas atau kelompok penggemar yang antusias, bisa dibilang fanatik.

FWD Press Play

Dari segi bisnis, fans yang mencari tempat jual merchandise KPop tidak hanya dari kalangan pelajar dan mahasiswa. Bahkan banyak para pekerja hingga ibu-ibu yang ikutan ngefans dengan mereka. Apalagi ya fandom dari BTS yaitu ARMY, tersebar di seluruh dunia. Rizki adalah salah satu ARMY yang memanfaatkan peluang bisnis jual merchandise BTS dengan menyambangi konser mereka di Korea Selatan secara langsung. Hingga sampai hari ini, Rizki menjadikan bisnis ini gak hanya hobi tapi mata pencahariannya untuk mendapatkan cuan. 


Selama menjalani bisnis jastip ini, Rizki yang sering bolak-balik ke Korea Selatan ternyata pintar mengelola keuangan sehingga bisa menjadikan bisnis ini sebagai sumber penghasilan. Tak hanya cuan, Rizki juga jadi memiliki networking yang cukup luas selama menjalani bisnis jastip ini. Dari cerita Rizki ini, bisa disimpulkan peluang bisnis jastip menjual merchandise KPop cukup menjanjikan. 

Tutorial Menjadi Smart Fandom Bersama #FWDPressPlay

Setelah PPKM dicabut oleh Presiden Jokowi, kesempatan untuk ‘genjot’ ekonomi Indonesia bisa didapatkan dari aktif belanja masyakarat dalam membeli hal-hal yang dibutuhkan. Karena selama pandemi kemarin dikatakan dana masyarakat yang ngedon di bank sebesar Rp690 triliun. Untuk itu, pasca- PPKM, Pak Jokowi mendorong masyarakat memperbanyak belanja, terutama di sektor seni dan olahraga. Makanya gak heran kalau belakangan ini berderet konser dan acara olahraga diadakan di Indonesia, terutama di kota-kota besar. Menurut Pak Jokowi aktivitas belanja masyarakat diperlukan untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia. Beliau juga menargetkan tingkat pengeluaran konsumsi masyarakat Indonesia 2024 bisa mencapai 5,4 persen dari sebelumnya 4,93 persen di tahun 2022.

Indrawati Kawihardja selaku Head of Agency Training of FWD Insurance & Applied Neuroscience pada acara Webinar FWD Insurance dalam rangka merayakan International Women Day yang bertajuk “Press Play To Your Smart Fandom” menyatakan bahwa fenomena fandom ini membuka peluang bisnis yang cukup menjanjikan dimana sekaligus dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi Indonesia.

FWD Press Play

Loyalitas para fandom memang gak diragukan lagi, demi bertemu idola secara langsung mereka akan bekerja keras bagai kuda untuk menikmati hasil yang didapat dengan membeli tiket konser idola. Tak hanya itu, para fandom juga memanfaatkan peluang dengan membuka jastip merchandise idola untuk dijual ke para fans fanatik. 


Tentu hal tersebut mungkin terjadi jika fandom ini memiliki kemampuan mengelola keuangan, sebelum beli tiket konser pasti harus bekerja keras. Hasil dari kerja keras itu harus dinikmati dengan membeli tiket konser dan menyambangi idola langsung. Gaya hidup seperti ini memang cukup ‘mahal’ makanya kamu harus memiliki kemampuan mengelola uang dan hutang. Sesuaikan dengan pendapatan dan panggilan. 


Maka berikut adalah tutorial menjadi smart fandom bersama #FWDPressPlay:

  1. Pahami kemampuan kelola keuangan dengan baik 

  2. Ketika gaji atau pendapatan masuk ke dalam rekening, maka salurkan ke pos-pos budget bulanan yang ada

  3. Harus memiliki Debt Management Plan

  4. Siapkan dana darurat

  5. Saving (in a bank) is a MUST 

  6. Memiliki proteksi diri seperti asuransi kesehatan dan asuransi jiwa

  7. Investasikan uangmu di tempat yang tepat

  8. Nikmati hasil kerja kerasmu dengan membeli hal-hal yang dibutuhkan ataupun disukai

  9. Jangan lupa untuk berbagi atau bersedekah

  10. Manfaatkan peluang bisnis yang ada dari menjadi fandom KPop

Ya, dari passion yang dimiliki kamu bisa set goal atau menentukan target yang diperlukan hingga memanfaatkan peluang bisnis di sekitar passion-mu. Kalau kamu suka musik, manfaatkan hal tersebut tak sekedar hobi namun bisa menghasilkan pundi-pundi cuan. Tapi jangan lupakan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan ya karena penting banget untuk protection. Product FWD Insurance banyak pilihan untuk asuransi jiwa dan kesehatan, cuss deh kamu cek deh!.

So bestie, passion apa yang kamu miliki hingga bisa menghasilkan cuan?

26 komentar

  1. Fandom ini memang ya jika bisa ditekuni seorang fandom bisa dapat cuan. Dan pastinya tidak melupakan asuransi jiwa dan asuransi kesehatan seperti Product FWD Insurance yang punya banyak pilihan untuk asuransi jiwa dan kesehatan

    BalasHapus
  2. Suka salut sih dengan solidaritas para fandom. Tetapi, memang harus bijak-bijak juga, ya. Jangan jor-joran beli semua yang berkaitan dengan idol. Harus dikelola juga keuangannya

    BalasHapus
  3. Bisnis kpop laku keras ya mba. Tetangga aku ada yg suka beliin dari olshop, entah pin, poster gitu2. Adiknya sih itu hehe. Tipsnya oke nih mba Aie 😁

    BalasHapus
  4. Aku suka Kpop, tapi bukan yang fans banget sampai beli ini itu. Tapi ikut seneng aja kalau ada yang sukses bikin usaha dari hobi ngefangirl. Gak semua orang bisa kan. Yang penting amanah aja karena kemarin banyak kasus juga

    BalasHapus
  5. Keren nih otak bisnisnya memanfaatkan peluang untuk jastip saat ke Korea, pasti laku keras ya. Manfaat banget nih tutorial menjadi smart fandom dari Ibu Indrawati

    BalasHapus
  6. ooh ternyata emang anjuran presiden yaa buat pengeluaran di bidang seni dan olahraga.
    aku udah lama banget ga nonton konser tapi kepengen, hahaha.

    BalasHapus
  7. Sebagai Fandom bukan merupakan sebuah kesalahan, bahkan bisa menghasilkan. Bisa dijadikan ladang bisnis, karena makin ke sini makin banyak fans KPOP.

    BalasHapus
  8. Asuransi penting apalagi kesehatan duh duh gada asuransi kesehatan bikin menangis krn biaya dokter mahal.
    Depan rumah ibuku ga punya bpjs ketika melahirkan operasi gak lama masuk RS lagi sakit hingga meninggal. Ekonomi sangat kekurangan akirnya rumah satu2nya dijual😭.

    Gamau urus bpjs gratisan sih pdhl ada kalau mau urus. Menyepelekan yaakss

    BalasHapus
  9. Bener banget ya, selain jadi fandom bisa menghasilkan cuan dengan jastip merchandise seperti Kak Rizky Mentari. Soalnya semua yang berhubungan ama drakor dan Kpop lagi ngehits banget. Banyak peminatnya

    BalasHapus
  10. Mba Aie, menurutku penting untuk mengelola keuangan dengan baik. Termasuk juga membagikan pendapatan ke pos pos keuangan yang sudah disepakati bersama pasangan

    BalasHapus
  11. Boleh nih idenya. Mengembangkan bisnis dari hobi. Molly pun juga melakukan. Bisnis konten dari hobi korea

    BalasHapus
  12. Boleh juga idenya. Berbisnis dari hobi..sama kayak molly nih bedanya molly mah hobi ngonten dan nulis blog haha

    BalasHapus
  13. smart fandom ya mba.. memang baiknya begitu, supaya jangan hanya menghabiskan uang demi idola ya hehehe

    BalasHapus
  14. menjadi fandom tuh memang menyenangkan loh, karena kebetulan aku pun salah satu fandom kpopers. Nah, biar cuan memang bisa dari jastip merc gitu, apalagi kemarin pas konser Blackpink banyak juga yang jual merchandise.

    BalasHapus
  15. Jadi fandom sig boleh boleh saja ya mba
    Selama kita bisa menyalurkannya dengn cara positif
    Ya seperti jadi smart fandom ini

    BalasHapus
  16. Kalo ditanya passion apa yang akhirnya menghasilkan uang, you know laaaah... doodle is my world 🤩

    Aku kagum aja sama yang ngefans sama para boyband girl band. Aku dulu ngefans sama Chaka Khan dan Mus Mujiono soale hahaaa

    BalasHapus
  17. sekarang makin mudah ya mengembangkan usaha yang sesuai dengan passion kita, asalkan tahu cara mengelolanya dan tahu apa saja yang lagi hits atau viral.

    BalasHapus
  18. Salut banget sih sama orang yang jadi fangirl ato fanboy gitu, tata kelola keuangannya mantap banget
    Apalagi bisa jadiin bisnis yang dapat menghasilkan uang

    BalasHapus
  19. Jadi keinget aku tu kalau dapat bbrp poto free idol gtu awalnya aku buangin, trus kata temenku jangan dijualin aja, eh ternyata beneer lho ada aja yg mau wkwk. Kyknya emang kalau dah paham ceruknya gampang ya jualannya :D
    Emang peluang bagus sih gtu2 ituu.

    BalasHapus
  20. FWD nih banyak inovasinya ya dan bisa mengayomi Fandom supaya tetap bisa semangat dengan investasi bisnis yang dijalankannya

    BalasHapus
  21. Sering kepleset kalo uda buka base tuh..
    Rasanya tiap merchant Kpop memang semenarik itu di mata fans. Jadi kudu jadi smart fans agar mampu kelola keuangan dengan cerdas dan bisa penuhi semua tujuan keuangan.

    BalasHapus
  22. merchant kpop itu memang daya tarik industri Korsel ya mak. Pinter nih suatu negara mengangkat nilai ekonomi dari industri hiburan. tinggal para fansnya nih yang bijak. dan bergabung dengan fandom yang saling suport.

    BalasHapus
  23. Wah dari hobi bisa jadi cuan. Itu yang memang passion, jalaninnya juga happy banget pasti.

    BalasHapus
  24. Emang bener fenomena fandom ini membuka peluang bisnis banget. Penting juga memahami kemampuan kelola keuangan dengan baik kalo mau jadi smart fandom. Jangan sampe bangkrut wkwkw.

    BalasHapus
  25. Iya keren banget kalau dari kpopers jadi pengusaha di bidang merchandise fandom ya jadi produktif dan menghasilkan duit yang penting amanah karena banyak juga pebisnis begini yang melarikan duit fandom

    BalasHapus
  26. Yang bisa memanfaatkan pangsa pasar para fandom ini jenius loohh.. Sembari menjalani hobinya, dia bisa menemukan celah bisnis yang ternyata setelah digarap beneran mendatangkan cuan yang lumayan banyak. Semoga aja makin banyak orang yang bisa menciptakan peluang bisnisnya sendiri melalui perencanaan keuangan yang matang.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)