Selasa, 13 November 2018

Bohemian Rhapsody, Bukan Film Biografi Biasa


Saat liat trailer film Bohemian Rhapsody di bioskop, gak ada tuh rasa pingin nonton yang kuat. Kepikirannya mah paling ini film biografi band besar di dunia “Queen” yang kisahnya gak jauh dari proses kebentuknya sampe jadi band besar dan diperhitungkan di dunia.

image dari google

Berhubung aku dan pak suami ada jadwal rutin buat movie date setiap minggu sekali, dan mostly film-film yang ada di bioskop udah ditonton, jadi pilihannya pun jatuh pada film Bohemian Rhapsody. Ternyata, pak suami ngefans pisan sama Queen, aku aja baru tau setelah nonton film ini. Istri macam apa coba? XD

Okeh, balik lagi ke film Bohemian Rhapsody ya beb. Film yang berdurasi cukup lama dan panjang, kukira bakalan ketiduran di setengah film, nyatanya cukup menarik perhatianku. Meski ya, ku nonton yang jam 9an mulainya. Hahhahaha... mana lagi ujan di luar kan ye. Kebayang dong abis makan malam trus nonton, udara dingin pulak. Maunya kan selimutan di kasur aja. 

image dari google

Menariknya, film Bohemian Rhapsody mengungkap sisi lain dari sosok Freddie Mercury yang selama ini aku gak tau. Juga, sosok-sosok dari personil Queen yang lain serta orang-orang di sekitar Freddie Mercury. Nah, berikut fakta-fakta menarik seputar film Bohemian Rhapsody:


Sosok Rami Malek 

Karakter Freddie Mercury atau nama aslinya, Farrokh Bulsara diperankan oleh Rami Malek yang sama-sama berasal dari keluarga imigran. 

Cuma ya, menurut aku si Rami Melek ini lebih berisi dan kurang tinggi dikit dibanding sosok asli Freddie Mercury yang lebih kurus. Rami Malek sendiri punya saudara kembar yang tidak terjun di dunia entertainment. 

image dari google

Rami Malek pernah memenangkan penghargaan Critics Choice Award dan Primetime Emmy Award serta Golden Globe Award. Wow! 


Sungguh ku salut sama Rami Malek yang terbilang sukses memerankan sebagai sosok fenomenal Freddie Mercury. Menjiwai banget! Dari gesturnya, cara berbicara sampe stage act-nya mirip parah sama Freddy Mercury.

Oia, Rami Malek gak beneran nyanyiin lagu band Queen di film Bohemian Rhapsody. Ia hanya melakukan sinkronisasi  bibir saja. Dari berbagai sumber yang aku baca (iya, aku sekepo itu cari tau tentang siapa sih yang nyanyi lagu-lagu di film Bohemian Rhapsody), gak hanya suara Freddie Mercury aja yang terdengar dalam film Bohemian Rhapsody tapi juga gabungan dari beberapa suara penyanyi lainnya.

image dari google


Konser Live Aid 1985
 

Sekarang di Youtube kamu bisa lihat konser asli Queen di Live Aid tahun 1985, kalo kamu udah nonton film Bohemian Rhapsody pasti komennya, "parah sih sama banget sama aslinya!". Dan itu emang bener beb, konser Live Aid 1985 adalah konser penting bagi grup band Queen di film Bohemian Rhapsody. Merinding deh kalo kamu liat konsernya beb. 

Di film, konser ini digambarkan sebagai momen pengakuan  Freddie ke teman-temannya soal penyakit AIDS yang dideritanya.

Faktanya, dari berbagai sumber, Freddie Mercury didiagnosa AIDS justru 2 tahun setelah konser Live AId yaitu tahun 1987. Dan, beliau pun baru ngasih tau teman satu band-nya justru di tahun 1989 dan kepada publik di tahun 1991. 

image dari google

Total 22 Lagu Queen Jadi Soundtrack Film Bohemian Rhapsody

Selain mengenang masa kejayaan Queen band legendari dunia, di film ini juga diceritakan proses demi proses dari setiap lagu Queen yang menjadi hits internasional.

Mulai dari cerita dibalik lagu Bohemian Rhapsody, Love of My Life, We Will Rock You dan We Are the Champions pun diceritakan secara menarik di film ini. Aku yang gak ngefans sama Queen, setelah nonton film ini mendadak demam Queen. XD

Terlibatnya 2 Personel Queen 

Dalam film ini, dua personel Queen Brian May dan Roger Taylor terus menghidupkan band ini hingga sekarang. Meski Deacon mundur karena cukup terpukul atas kematian Freddie Mercury. Namun, kedua orang ini ambil andil sebagai produser di film ini.

image dari google


Mulai dari cerita perjalanan band, penciptaan lagu-lagu, karakter dari setiap tokoh semuanya dibawah supervisi mereka secara langsung. Bahkan ya, Brian May asli turun tangan mengajarkan gitar pada Gwilym Lee, aktor yang memerankan sosok Brian May di film ini lho. Gak heran kalo Gwilym Lee terbilang sukses memerankan sosok Brian May. Dan gila sih bisa semirip itu beb.

Sosok Freddie Mercury 

Kontroversial, begitulah sosok Freddie Mercury dengan selera berbusana yang cukup nyentrik juga berbeda. Di dalam film ini diceritakan sosok Freddie yang begitu menyukai kucing. 

Soal skandal dan orientasi seks Freddie Mercury diceritakan secara jelas di dalam film ini. Hal-hal sensitif seperti LGBT dan AIDS yang cukup jarang dituangkan ke film layar lebar, Fox cukup berani menceritakannya di dalam film ini. 

image dari google

Begitupun kisah cinta antara Freddie dan Mary diceritakan kalo Mary adalah satu-satunya sosok wanita yang sangat dicintai oleh Freddie dan menjadi inspirasi dari lagu-lagu yang diciptakannya. Salah satunya yaitu Love of My Life. 


Nah, itu yang aku tau sedikit tentang film Bohemian Rhapsody, eh iya kamu penasaran gak sih kenapa dikasih judul yang sama dengan lagu Queen? Aku pun penasaran, setelah cari tau ini itu, ternyata ya dipilihnya judul Bohemian Rhapsody karena film ini menampilkan kerumitan dari sosok Freddie. Mirip dengan rumitnya proses pembuatan film ini, yang dapet theatrical -nya dan megahnya band Queen. 

image dari google

Hikmah dari film ini sih, ngajarin kita buat fokus akan segala tujuan dan mimpi yang ingin kita capai, dan tentunya tetap down to earth seperti sosok Freddie di dalam film ini. 


Btw, kamu udah nonton belum? 



1 komentar:

  1. penasaran sih emang mau nonton ini wkwkwkwk belom kesempetan melulu....sore ini cuss deh ke bawah nonton wkwkkwkkk.

    BalasHapus