Selasa, 11 Desember 2018

Icip Kapurung Makanan Khas dari Palopo, Sulawesi Selatan


Wiken kemarin tiba-tiba bokap ngajakin makan Kapurung di Kelapa Gading. Mungkin dia kangen sama makanan khas dari kota kelahirannya, Palopo, Sulawesi Selatan. Iya, bokap emang lahir di Palopo, Sulawesi Selatan dan menghabiskan masa kecil hingga lulus sekolah menengah umum di sana. Setelah itu barulah dia transmigrasi ke Jakarta buat meneruskan pendidikannya di akademi pelayaran.


Nah, beberapa makanan khas dari kota kelahirannya itu juga dikenalin ke anak-anaknya. Malah, nyokap yang keturunan Yogya udah cukup fasih masak Coto Makassar, Es Palu Butung dan Es Pisang Ijo. Tapiiii... nyokap kayaknya nih ya, gak pernah masak Kapurung. Seinget aku ya beb.

Aku kenal sama Kapurung pun karena pas kumpul keluarga trus dihidangin deh di meja makan. Awalnya agak aneh, karena sagu kayak cimol gitu cuman gak bulet bentuknya, dimasak barengan bayam, jagung dan kuah kaldu ikan, daging ataupun udang.

Tapi setelah aku icip-icip ternyata rasanya enak, seger dan pedes. Udah gitu kata nyokap sih kandungan gizinya juga bagus buat dikonsumsi sama siapa aja. Termasuk Darell, tapi yang gak pedes ya.





Jam 1 siang kami pun meluncur ke restoran Aroma Palopo yang ada di Kelapa Gading. Jadi yang ikut itu aku, papih, Darell, nyokap dan bokap. FYI, kalo nyari makanan khas Sulawesi Selatan di Kelapa Gading ini banyak lho. Hanya buat restoran Aroma Palopo ini memang yang masak dan pemiliknya itu asli dari Sulawesi Selatan.


Bokap langsung pesen Kapurung Udang, sedangkan aku dan nyokap pesen Es Pisang Ijo. Trus si papih ditanyain kan ya, mau nyobain Kapurung gak? Akhirnya dia mau, biar gak penasaran, aku pun memilih Kapurung Daging. Loh kok gak yang ikan atau udang? Soalnya tensi darah si papih lagi naik muluk beb. Hahahhha... 






Nyokap si bilang, ini cara bikin Kapurung gampang, bahan bakunya itu sagu, kacang tanah, bayam, daun kacang panjang, jantung pisang, ikan atau daging sesuai selera, asam, patikala atau bisa juga pake jeruk nipis, cabe rawit dan tomat. 

Paling enak makan Kapurung pas musim ujan begini beb, anget plus seger. 

14 komentar:

  1. Kapuruuuung? ini kok saya baru tau perihal makanan khas Palopo yang satu ini ya ._.

    BalasHapus
  2. Di klp gading yaaa. Uwaah aku baru tau ini. Kapurung pun blm pernah denger. Ini deket rumah sih.. Bisa kayaknya suami aku ajakin kuliner kesana :D

    BalasHapus
  3. Aku paling suka dari beberapa makanan itu adalah es pisang ijo emang itu nikmat banget untungnya dimana mana dah banyak yg jualan ya

    BalasHapus
  4. ini semua menunya belum pernah coba..wah, menunggu di solo ada yang jual menu sulawesi nih kayaknya

    BalasHapus
  5. Kalo orang Makassar bilangnya "nyamannaaa de'eh..." ���� artinya enak bangeeettt.
    Saya suka banget makan kapurung soalnya rasanya seger-seger pedes gitu, tapi suamiku yang orang Palopo malah gak suka makan Kapurungnya, jadi kalo dia makan ya kuah sama sayur dan ikan/udangnya doank, tanpa Kapurung. Hehe...

    BalasHapus
  6. Di samarinda sini banyak orang bugis. Jadi nggak asing dengan kapurung. Cuman saya sendiri bekum pernah nyobain hehe

    BalasHapus
  7. Aku pernah nyobain kapurung dikantor, ada sah satu rekan kantor aku orang makkasar, jadi sering banget bawa makanan ini ke kantor, jadi aku lumayan familiar sama bentuk dan rasanya hehe.. es pesang hejo juga pernah makan di salah satu resto.. nah makananan makassar lain nih yang belum aku coba.. di gading agak lengkap ya ka.. thanks rekomendasinya yesss

    BalasHapus
  8. Aku baru tau kapurung inii, must try deh kayaknya.ngingetin sama papeda dikit :D

    BalasHapus
  9. Boleh nih pan kapan horeey wiskul barengan, pengen banget cobain kapurung tapi kayaknya ayam atau daging kali ya, kalau sama kalian kan daku bisa icip yang udang atau ikan juga wkwkwkwk *maruk

    BalasHapus
  10. Ya ampun jadi laper aku, coto makasar, es pisang ijo... Aku kangen makan itu hahaha... Kalau kapurung aku belum pernah nyobain huhuhu

    BalasHapus
  11. Ya ampun Mama Ai, lengkaplah sudah membuat aku pengen ke sana, pengen banget makan masakan sana yang asli dari asalnya. Semoga bisa segera nyicipin.

    BalasHapus
  12. Bikinnya gampang memang mbak aie tapi kalau dalam wadah atau porsi besar nah ribet ahahhaha kapurung biasanya dibikin g pernah porsi kecil harus besar biar rame2an hihihi kalo ke makassar lg info dong biar kita jumpa2 hehehhe

    BalasHapus
  13. Ya allah kulinerannya seru banget! Aku baca pagi-pagi dan langsung ngiler 🤪

    BalasHapus
  14. Aduhhhh, segernya itu makan es siang - siang menjelang sore yang panas ini. Rasanya pasti enak hihihihi. Aku kok kebayang mam krupuk pake cobek terasinya ya, enakkkkknyaaaa.

    BalasHapus