Kamis, 06 Desember 2018

Cerita (Masih dalam Rencana) Liburan Sekeluarga ke Singapore dan Malaysia


Kadang ya suka iri dan ngiler liat temen-temen yang sering banget liburan sama keluarga besarnya. Kalo keluargaku terbilang jarang buat liburan, sad banget ya hahaha.

Karena itulah, akhirnya dibuat rencana buat liburan sekeluarga ke Malaysia-Singapura dalam waktu dekat ini. Inshaa Allah..



Segala persiapan pun dilakukan, mulai dari pembuatan passport bagi anggota keluarga yang belum punya. Naini  salah satunya Darell, iya emang si anak bujang belum dibikinin passport. Belum kepikiran sih waktu itu, plus uangnya belum kekumpul buat traveling ke luar negeri. Pas banget ada rencana liburan lengkap sekeluarga besar, jadinya sekalian aja dibikinin passport deh.


Persiapan Rencana Traveling ke Singapore dan Malaysia


Oke balik ke rencana awal buat liburan sekeluarga, setelah diskusi negara yang kami pilih pun yang deket-deket aja. Yes, Singapore dan Malaysia. Alasannya sih simple, paling deket dan paling masuk budget hahahaha. Secara ya beb, yang ikutan itu total 14 orang; 12 dewasa dan 2 anak.

Setelah semua passport selesai, persiapan selanjutnya adalah mencari tiket. Perburuan tiket murah dan sesuai budget pun dimulai. Cari sana sini, googling kanan kiri, dipilah-pilih, agak rempong ya mau beli tiket aja. Bukan apa-apa beb, tiket yang keluarga aku cari itu multi trip. Tujuan keberangkatan ke Singapore, pulangnya dari Malaysia. Gaya beut dah ah! Ini juga karena pertimbangan, rencana hari terakhir liburan sekeluarga kami akan dihabiskan di Lego Land. 



Oke, enough too much talking gak perlu.  Setelah pertimbangan kanan kiri, atas bawah, depan belakang, akhirnya kami memutuskan untuk melakukan pembelian tiket pesawat di secara online yang ada promo menariknya.

Urusan tiket pesawat kelar saatnya bikin itinerary. Ini yang rada pusing tapi sedap. Itinerary harus berimbang antara yang dewasa dengan anak-anak. Berhubung rencananya waktu liburan selama 5 hari, 2 hari di Singapore dan sisanya di Malaysia. Jadi pilihan tempat wisata kami sesuai negara yaitu:


Pilihan Tujuan Wisata di Singapore


1. National Gallery Singapore
Tau dong tujuan utamanya apa berkunjung ke National Gallery Singapore? Yes, bener, ingin merasakan pengalaman melihat koleksi seni dari beberapa negara di Asia dan foto-foto di sana biar kece gitu feeds instagram akoooh

2. Merlion Park & Kompleks Marina Sand Bay
Kudu banget foto-foto di icon Singapore, Merlion Park ye kan. Biar cakep feed instagram w gitu beb. Trus pengen nyobain jajanan di toko-toko sekitarnya, ini pun gegara aku ngeliat vlog-nya Raffi Ahmad ama Nagita Slavina. 


foto dari Google

Nah, kalo di kompleks Marina Sand Bay palingan sih jalan-jalan aja merasakan momen yang katanya romantis dan magis plus gratis di sini. 

3. Garden by The Bay
Dari info  yang aku dapat nih by googling, luas dari Garden by The Bay itu 100 hektar dengan posisi berada di belakang Marina Bay Sands. Pas nih kan ye, dari Marina Bay Sands jalan kaki cantik ramean ke Garden by The Bay. Biar ikrib gitu. Duh kebayang rombongan lenong bocah liburan hahaha. Seru pasti!

Cuma nih, katanya lagi, kalo mau menikmati jembatan sambil pepotoan aestetik cantik di Sky Way yang unik, harus merogoh kantong 5SGD. Bisa lah ya. Bisa ah, sekali lagi for the shake of instagram feeds.

4. Universal Studios Singapore
Semacam kewajiban yang sifatnya fardu 'ain berkunjung ke Universal Studios Singapore buat main-main seru bikin anak-anak hepi. Darell pasti girang banget sih ke sini, meski akan merogoh kocek yang gak sedikit juga. Tak apalah, bikin anak bahagia pahalanya gede, inshaaallah.


foto dari Google

Kalo aku mah udah happy foto di depan Bola Dunia Universal Studios Singapore, yang jadi lambang utama taman hiburan ini. Apalagi ya, lokasi bola dunia ini adanya di area depan Universal Studios Singapore, jadi gak perlu bayar tiket masuk udah bisa poto-poto gratis!

Katanya lagi nih ya, menuju ke Universal Studios Singapore itu tinggal naik monorail Sentosa Express trus turunnya di Waterfront Station.

Cukuplah ya agenda jalan-jalan ke Singapore ke empat tujuan di atas, hari kedua, rencananya kami akan menuju Malaysia menggunakan jalur darat. Naini, banyak pilihan sih. Secara umum, Singapore - Malaysia bisa diakses dengan MRT, Taksi, Bus Kota, Bus Antar Kota, Kereta Api ataupun Pesawat. 


Pilihan Transportasi Darat dari Singapore Ke Kuala Lumpur Malaysia


Dari beberapa sumber tulisan yang aku baca hasil dari googling, pilihan transportasi darat dari Singapore ke Kuala Lumpur, Malaysia yaitu:

1. Menggunakan transportasi bus dari Terminal Queen Street dekat stasiun MRT Bugis ke Terminal Larkin, Johor Baru Malaysia dengan harga tiket 3,3 SGD/orang (belum tau update sekarang berapa ya) dan lama perjalanan sekitar 1 jam.

Pilihan bus-nya bisa SBS 170, Causeway Link CW2, atau Singapore Johor Bahru Express dengan waktu operasional mulai dari pukul 05.30 - 23.30.

Lalu dari Terminal Larkin ke Terminal Bersepadu Selatan, Kuala Lumpur, Malaysia naik bus Transnasional dengan harga tiket 35 MYR lama perjalanan sekitar 4-5 jam yang bisa dipesan via online. Setelah tiba di Terminal Bersepadu Selatan lanjut naik KTM Komuter menuju KL Sentral melalui Stasiun Bandar Tasik Selatan yang udah terintegrasi dengan terminal.


foto dari Google

foto dari Google

2. Menggunakan transportasi kereta, berhubung gak ada kereta langsung dari Singapore ke Malaysia jadi bisa ditempuh dengan naik bus daro Singapore ke Johor Baru trus lanjut pake kereta ke Kuala Lumpur deh. 

Bus dari Singapore ke Johor Baru bisa pake bus SBS 170, Causeway Link CW2, atau Singapore Johor Baru Express dari terminal Queen Street. Dikarenakan gak ada kereta yang langsung dari Johor Baru ke Kuala Lumpur jadinya harus transit di Stasiun Gemas trus lanjut naik  KTM Intercity, abis itu ganti kereta ETS (Electric Train System) menujun KL Sentral, Kuala Lumpur.

Buat harga tiket KTM Intercity dari Johor Baru sampe Stasiun Gemas sebesar 21 MYR/dewasa dan 15 MYR/anak-anak. Trus buat tiket ETS  dari Stasiun Gemas ke KL Sentral, Kuala Lumpur yaitu 31 MYR/dewasa dan 20 MYR/anak-anak. Ini perkiraan aja buat harga-harga tiketnya. 

Meski sebenarnya bisa sih sewa mobil yang muat buat 15 orang dan banyak pilihannya. Dari hasil kekepoan aku, ada beberapa tempat sewa bus dan van rental buat di Singapore dan Malaysia. 

Pilihan sewa mobil dari Singapore ke Malaysia banyak banget tinggal googling. Ada Toyota Innova (SGD 360 - 7 seaters), Toyota Alphard (SGD 400 - 7 seaters), Toyota Vellfire (SGD 400 - 7 seaters) dan Hyundai Starex (SGD 400 - 10 seaters). Tinggal sesuaiin deh budgetnya gimana sama kerempongan bawa-bawa koper masing-masing anggota keluarga. Kalo aku sih, kayaknya nih ya, milih yang menggunakan bus atau kereta biar irit beb. hahahaha. Mana si Darell minta ke Lego Land juga pan ye. Fix Bunda Aie gak jajan online shop dulu selama beberapa bulan buat nabung biaya traveling ini. 

Lantas kalo udah sampai Malaysia mau ngapain? Tujuan utamanya Legoland tentunya. Tapi coba ya, namanya baru rencana jadi boleh dong bikin wishlist tempat wisata yang mau dikunjungi saat di Malaysia nanti. 


foto dari Google


Tempat Wisata di Malaysia


1. Menara Kembar Petronas
Kudulah beb berkunjung ke Menara Kembar Petronas, biar ada bukti otentik gitu eike udah ke Malaysia *norak eim!* 

2. Legoland
Tempat wisata paling terkenal untuk anak-anak di Malaysia ini semacam patut buat dikunjungi. Sesuai namanya, Legoland menawarkan berbagai miniatur lego (mainan favoritnya Darell) dan 40 wahana permainan seru yang bisa dinikmati anak dan keluarga.


foto dari Google

Harga tiket masuk Legoland (hasil googling, lagi) adalah 120 ringgit atau sekitar 435,000 rupiah/orang. Kayaknya nih ya, harga buat orang dewasa, anak-anak dan orangtua beda-beda beb. Mirip kayak harga tiket masuk di Universal Studios Singapore yang dibedakan antara anak-anak, orang dewasa dan orangtua. Cmiiw ya :)

3. Bukit Bintang
Banyaknya pusat perbelanjaan di Bukit Bintang sebagai surga bagi pecinta belanja. Di kawasan Bukit Bintang ini banyak terdapat hotel berbintang, kafe, tempat belanja hingga tempat hiburan. Rencananya sih ke Bukit Bintang mau nyari skincare gitu beb.

Trus ya katanya di Bukit Bintang juga bisa kamu temui pedagang kaki lima yang menjual souvenir khas dengan harga yang murah. Okeh cocok!

3. Masjid Negara
Cantik banget Masjid Negara ini, ku ngebayangin pas berkunjung ke sana bisa numpang shalat dan menikmati keindahan arsitekturnya. Di sekitar Masjid Negara juga terdapat taman-taman indah yang rapih dan bersih. 

4. Jalan Alor dan Jalan Petalling
Kedua jalan yang terkenal dengan pusat kuliner dan oleh-oleh di Malaysia ini, masuk ke dalam wishlist aku nanti. 

Di sepanjang Jalan Alor, layaknya pasar malam, dipenuhi dengan deretan tempat makan yang menawarkan berbagai camilan dan jajanan khas Melayu, aneka seafood, juga beragam makanan dari Thailand, Cina, India, dan Timur Tengah. Beuh! Surganya pecinta makanan nih. 

Sedangkan di sepanjang Jalan Petalling, kawasan  Pecinan atau Chinatown di Kuala Lumpur, kamu bisa nemuin banyak produk oleh-oleh seperti tas, pakaian, jam tangan, gantungan kunci sampe miniatur Twin Tower dengan harga cukup murah. Fix nanti yang nawar Mamah XD




Cuma ya, yang jadi concern aku saat melakukan perjalanan darat lintas negara, biasanya kan di perbatasan negara suka di cek tuh ya sama imigrasi. Lagi-lagi hasil kekepoan aku nyari informasi dan nanya sana sini, katanya nih kalo naik bus pas kamu melewati perbatasan negara Malaysia, biasanya diminta turun dari bus buat pemeriksaan imigrasi di Woodland. Karena itu, harus banget disiapin kartu kedatangan dan kepulangan yang dipakai waktu masuk Singapore karena nanti bakalan diperiksa sama petugas di sana.

Udah kelar nih proses imigrasi dan cap passport, kamu akan diijinkan untuk melanjutkan perjalanan. Temenku sih wanti-wanti, gak usah khawatir asal dokumen lengkap. 

Beuh, panjang juga ya cerita rencana liburan sekeluarga ke Singapore dan Malaysia. Ini masih rencana lho, belum kejadian hahahhaa. Semoga saat kejadian nanti semuanya berjalan lancar. Trus juga, dikasih kesehatan, rizki, dan usia hingga nanti saat liburan itu tiba. :) Aamiin. 


           

1 komentar:

  1. Aamiin.. .Semoga rencananya segera terwujud. Pasti bahagia banget yaaa

    BalasHapus