Senin, 18 Februari 2019

7 Es Kopi Susu Kekinian versi Andiyani

Siapa diantara kamu yang coffee freak? Atau demennya duduk cantik ngobrol manjah di cafe sambil minum kopi? Kalo aku termasuk yang coffee freak, gak harus duduk cantik sih. Go Food atau sekedar beli buat minum ditempat dan takeaway pun tak masalah.

Awal mula aku jadi gila minum kopi itu gegara kerja di Starbucks Plaza Indonesia jadi barista. Pas training setiap hari dicekokin sama beraneka jenis kopi yang ada di dunia, termasuk Indonesia tentunya. Aku diajarin coffee tasting dan dikenali tipe-tipe dan karakter kopi dari setiap negara yang produksi kopi.


Seperti yang kamu ketahui ada 2 jenis kopi di dunia ini, Arabika dan Robusta. Kopi Arabika itu kualitas superior di dunia kopi. Daerah ideal tempat tumbuhnya ada pada ketinggian di atas 1000 meter di atas permukaan laut. Sedangkan Robusta bisa tumbuh di bawah ketinggian 1000 meter di atas permukaan laut. Hasil panennya pun lebih banyal. Tapi, memang soal rasa Robusta gak bisa ngalahin Arabika. Kadar kafeinnya pun lebih banyak Robusta pun lebih tinggi 1% dibanding Arabika.

Nah, sekarang ini banyak banget minuman kopi susu kekinian yang cukup booming di kalangan millenials ataupun millenials pinggiran (kayak aku ini). Berbagai racikan kopi susu kekinian yang dijual dengan harga cukup terjangkau dan rasa yang wow. Kiranya bikin banyak orang (termasuk aku) membelinya atau minta tolong sama Go Food. 

Karena itulah, timbul tulisan ini yang ngingetin aku betapa seringnya beli langsung ataupun pesan online kopi susu kekinian dengan racikan istimewa. Kopi susu apa aja itu? 

1. Kopi Dolce Latte Family Mart

Awal keluarnya Dolce Latte di Family Mart cukup membuat aku yang sering jajan ataupun sekedar mampir ke Family Mart tergoda buat mencicipinya. Awal mula keluar tuh ya, harganya cuman 5ribu beb. Udah pasti aku tiap hari beli, sampe rajin insta story. Harga normalnya tuh 12ribu beb, tapi kalo pesan online pake Go Food harganya jadi 14ribu. 


2. Kopi Susu Keluarga Family Mart
Kalo ini versi lebih berasa kopinya ketimbang yang Dolce Latte beb, gulanya pun pakai gula aren. Jadi berasa kopi susunya gitu beb. Harganya pun sama kok. Di kantor aku sering banget nih pesan online es kopi susu ini bareng temen kantor. 


3. Kopi Buatan Istri Kopimana27
Naini, kopisusu dengan packaging yang bisa bikin orang salah tafsir nih pas minum. Iya beb, packagingnya pake botol kecil warna cokelat yang sekilas mirip kayak bir gitu beb. Kopi Buatan Istri dibandrol dengan harga 20ribu aja. Kalo soal rasa, enak beb, aku bisa dengan sengaja pesan online beberapa botol saking enaknya dan kepengennya. Porsinya pun pas. 


4. Kopi Kenangan Mantan
Harganya 18ribu saja, tapi rasanya beh berasa banget kopinya beb. Awal aku kenal Kopi Kenangan dan pesan Kopi Kenangan Mantan karena gak sengaja pas lagi nonton di Setiabudi One dan mau beli sesuatu liat Kopi Kenangan ini.  Tanpa pikir panjang langsung aku pesen aja beb. Enak ternyata. Jadinya sampe sekarang sering beli deh. 


5. Sagaleh
Jujur, kubaru cobain beberapa kali aja buat Sagaleh yang dalam bahasa Minang artinya 'segelas' dengan harga 15rb aja. Too bad jauh banget beb tokonya, di Gandaria. Jadi paham kan ku coba beberapa kali beli aja. 



6. Kopi Tuku
Siapa coba yang gak kenal sama Kopi Tuku, temen sekantor pernah lho berjamaah beli dan pesan online. Bahkan sehari sebelumnya udah ngelist siapa aja yang mau order. Hahahha seniat itu beb. Kopi Tuku rasanya enak dan seger, yekan pake es ye, hanya rasa kopinya tuh lezat. Kopi Tuku dibandrol 20ribuan aja beb. 


7. Es Kopi SuSu Kampung Di Bawah Tangga 
Dijual dengan harga 20ribuan, rasanya es kopi banget beb. Rasa kopi, susu dan arennya sangat pas. Bikin nagih buat icip lagi dan lagi. Meski cita rasanya ringan tapi cukup 'nendang' dan bikin seger harimu. 



8. Janji Jiwa 
Kalo es kopi Janji Jiwa kutahunya setiap arah pulang dan ngelewatin Jl. Saharjo terlihatlah tokonya, jadi penasaran kan buat nyoba. Per cup dibandrol dengan harga 18ribu rupiah aja beb. Aku sih seringnya pesan online ketimbang datang langsung buat beli. 




Nah, kamu sendiri ada referensi es kopi susu kekinian buat aku gak?











34 komentar:

  1. Hafal banget dunia perkopian Mbak, pernah jadi barista juga. enak kopinya

    BalasHapus
  2. Aku cuma biasa minum kopi sacheatan aja duh. harus coba nih

    BalasHapus
  3. sukanya kopi hitam. sekelas americano coffe boleh laah. Kalau kopi susu selama hidup saya cuma satu yang rasanya bisa pas itupun pakai kopi dieng yg saya beli hanya minta tolong dibikinkan aja. yang bikin mbaknya kantin di kantor duluu

    BalasHapus
  4. Baru nyoba Tuku sama Kopi Bawah Tangga nih. Mau ah coba yang lain juga.

    BalasHapus
  5. Aku suka kopi kulo mbak, list diatas aku belum ada yg coba sama sekali. Duh..harus cobain satu - satu nih.

    BalasHapus
  6. ya yang paling bisa aku minum ya kopi susu

    BalasHapus
  7. Walaaah, Mba Ai pernah jadi Barista ternyata, hihi.

    Aku juga suka ngopi. Pas hamil dulu aja bawaannya pengen ngopi mulu tapi untungnya bisa ngontrol.

    Btw aku beneran salfok sama packaging kopi buatan istri, hihi. Kopi dulce kenapa harganya murce bingit ya ampun.

    Itu kopi susu di bawah tangga bikin ngiler aja penampilannya.

    Kalau di sini masih susah nemu Coffee Shop. Pesen via go food pun jaraknya jauh-jauh. Jadi paling ujung2nya kopi kulo yang ada di stasiun tanah abang. Tapi untungnya ada Coffee Shop yang mau buka deket sini. Mudah-mudahan rasanya selalu bikin pengen repurchase 😂

    BalasHapus
  8. Aku suka yng kamu rekomendasiin, es kopi susu keluarga Family Mart. Pernah nyobain Es Kopi keluarganya Kula, bukan Kulo ya tapi Kula? Endes mak.....aku suka yang pake santan alias coocnut milk, cucok. cuzz cobain.

    BalasHapus
  9. Aku baru tahu kalau mbaknya Barista hehheee
    Btw aku gagal fokus sama namaa kopinya mbak, heheee. Semuanya ga pernah nyobain pastinya, karena kalau minum kopi pure gitu olahan dari rumah perut mudah kembung. Tapi kalau nyobain anek kopi susu kek list di atas belum pernah nyobain sama sekali. Kalau jenis es kopi susu di atas, insyaallah perut bisa kompromi, hihiiii
    TFS yah mbak ^_^

    BalasHapus
  10. Aku suka banget kopi susu, tapi sekarang udah gak bisa minum kopi susu lagi, lambungnya protes kalau kena kopi walo cuma sedikit. Liat foto-foto di sini jadi ngeces mulu huhuhuu :(

    BalasHapus
  11. Ga bisa ngasih rekomendasi, perbendaharaan kopi saya payah hihi... Cuma pernah liat suami minum yg kopi buatan istri itu

    BalasHapus
  12. Skarang makin banyak pilihan kopi susu enak ya mba. Aku suka kopi susu kultur. Rasa kopinya mantap banget. Harganya Rp 18 ribuan dan jual di dekat rumahku di kawasan Kalisari, Jaktim

    BalasHapus
  13. yuhuuuu...kopi susu...sekarang bukan cuma digandrungi bapak-bapak aja, ya tapi semua kalangan. Aku pun sukak! Tapi kudu yang panas, kalau dingin, hmmm aku alergi minuman/ makanan dingin euy, lsg batuk dan demam kalau gue langgar :D

    BalasHapus
  14. Huwaaa....kopi freak juga ternyata dirimu beb. Aku juga suka kopi dan memang aku penggemar arabica garis keras hahahah. Untuk yang pake susu, apa aja sih bisa masuk. Nemu referensi kaya gini berasa dapat angin surga hahaha

    BalasHapus
  15. Macam-macam banget jenis varian minuman kopi di sana ya, Mbak.
    Semua ini yang Mbak Andiyani rekomendasikan ya. Pasti enak nih semua, soalnya historisnya Mbak Andiyani pernah kerja di kafe, ya. Noted deh kalo besok-besok ke Jakarta pesan kopi-kopi ini juga :)

    BalasHapus
  16. Saya malah udah alam nggak ngopi padahal dulu tiada hari tanpa kopi. Masih dalam rangka promil jadi mengurangi konsumsi kopi.

    BalasHapus
  17. Memang bukan coffe freak, bari tahu ada kopi dengan nama yang unik2 mba. Jadi, pengin coba deh.

    BalasHapus
  18. Nama-namanya lucu dan unik ya.
    Ada kopi buatan istri, eh di bawahnya kopi kenangan mantan. Hahaha..
    Kalau pesen kopi bisa melalui go food enak gitu ya. Gak perlu sambil nongkrong lagi di cafe. Tunggu aja di kantor ada di rumah, kopi kesayangan akan datang.

    BalasHapus
  19. Duh baca ini pas siang - siang, Bandung terik. Kayaknya menikmati es kopsus gini enak nih, jadi ngiler deh liat foto - foto nya

    BalasHapus
  20. Dari semua itu aku belum pernah coba semua..berarti kurang jauh mainnyaya hahah

    Biasa ngopi sama keluarga di tempat yang mainstream di emol. Kayaknya mesti coba juga lainnya.
    Tapi yang Family Mart mungkin sudah pernah karena dulu ada dekat rumah, jadi kadang ajak anak ngemil dan ngopi di situ. Tapi sekarang sudah tutup jadi ga ke situ lagi

    BalasHapus
  21. MasyaAllah menggiurkan semua untuk dinikmati mba Andi
    aku mau dong diajak ke tempat-tempak minum kopisusu langgananmu ini hehehe

    BalasHapus
  22. Yg paling unik kemasannya ialah kopi buatan istri. Wah istri siapa ya maksudnya? Haha. Kalau saya ogah sama kopi kenangan sama mantan. Dih

    BalasHapus
  23. Buseeettt lengkap bener listnya ini.. trus aq blom nyobain semua dong. Hahahaha. Btw pada kreatif amat ya bikin brand ..ada yang buatan istri segala.

    BalasHapus
  24. Wah pernah jd barista ya Mba..pasti seru ya Bisa cicicpi berbagai rasa Kopi. Nama2 kopinya unik..kirain yg buatan istri bener2 buatan istri hehe

    BalasHapus
  25. Wuaaa banyak banget..nana namanya juga unik ya haha. Kopi susu masa kini unik unik dan packagingnya juga nggak kalah menarik. Apalagi yang kopi buatan istri, unik banget.

    BalasHapus
  26. Halo, Andiyani, kl gak dibantu Andiyani blm tentu bunda udah sampe sini BWnya (bunda BW mulai dari no. 25). Tq a million ton. Btw soal kopi? Kl diajak anak ke rresto or Cace pasti maunya Ice-Capuccino, tp kl di rmh gak ketinggalan Goodday Capuccino yg dicemplungin ice cube langsung diserusup nikmat.

    BalasHapus
  27. Favourite banget emang es kopi susu. Sekarang mah dimana mana ada jualan ini ya dan selalu banyak peminatnya.

    BalasHapus
  28. Wah, sekarang makin banyak ya gerai2 kopi kekinian. Kalo aku masih seneng kopi tubruk,, sih. Entah kalo di Semarang juga ada kek gini, pasti bakalan ngopi mulu

    BalasHapus
  29. Baru kemarin nyoba kopijanjijiwa dong.. sumpah ya teh, aku yang tadinya nggak suka ngopi gara-gara meeting sama klien minumnya kopi sekarang doyan hahaha

    Btw, baru tau lho teh Aie pernah jadi barista.. kece! 😁

    BalasHapus
  30. Aku dulu kecanduan kopi juga. Tapi sejak suami kena asam lambung gara-gara ngopi, aku ikutan berhenti. Sesekali aja sih pesan kopi via online kalo lagi kepengen banget. Ini es kopi versi Ai kayaknya rekomended banget nih. Tapi ada versi hot gak sih, aku sukanya hot coffee

    BalasHapus
  31. Sama mbaaaa aku juga coffee freak. Tapi gak sampe sakaw yg mengharuskan tiap hari minum sih.
    Dari liat kmu, yang belum ak cobain, family mart, kopi buatan istri, sama sagaleh.

    BalasHapus
  32. Hyuhhh. Kopi kenangan mantan, apakah saat ngopi akan teringat para mantan? Wkwkwkwk.

    Aku dulu jg kopi addict, Mbak. Setelah suami kena GERD, enggak pernah ngopi lagi krn horor sm lambung. Dulu sukanya Kopi Kacamata, kenthell banget. Wkwkwkk

    BalasHapus
  33. Sepertinya es kopi susu lagi ngetrend ya. Di Yogya juga banyak cafe ngopi yang jual es kopi susu, dari yang enak dan harganya murah, enak harganya mahal, dan enak banget harganya murah :)

    BalasHapus
  34. Banyak banget varian minuman kopi ya. Kalo saya lebih suka kopi hitam (kopi pahit), rasanya orisinal

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)