Mungkinkah Cek Kondisi & Jenis Kulit Melalui Teknologi Tes DNA?

Selasa, 13 Agustus 2019

Makin bertambahnya usia, tentu makin extra maintenance-nya. Setuju gak beb? Apalagi buat yang usianya 30++, perawatan kayaknya udah jadi rutinitas yang dilakukan buat mempertahankan kesehatan tubuh dan kulit. 

Iya, gak hanya tubuh aja yang dirawat semaksimal mungkin dengan mengonsumsi makanan sehat ataupun olahraga biar sehat terus kan ya. Perawatan kulitpun dilakukan semaksimal mungkin demi eksistensi di media sosial ataupun di kalangan pertemanan buibu jaman now.

DNA Tes
Terutama nih yang keliatan jelas yaitu kulit wajah, kalo gak melakukan perawatan yang ekstra dan maksimal, duh, mana berani buat posting foto selfie no makeup. Malah jangan-jangan seringnya post foto dengan aplikasi beautyplus. Berasa ngebohongin diri sendiri, meski hasilnya ciamik mulus bak pualam tapi kan aslinya, huhuhuhuh… sedih akutuh.

Harap maklum beb, meski usia 30++ akutuh suka halu berasa forever 22 aja usianya. Hingga sekarang pun, aku belum menemukan produk skincare yang beneran cocok dan sesuai sama jenis kulitku. Belum lagi banyaknya pilihan produk perawatan yang terpampang di media sosial bikin aku pingin cobain semua. Tapi… khawatir gak cocok atau imbasnya malah bisa menimbulkan masalah pada kulit wajahku.

The List of Skincare Routine 101 - Pic from Google 


Yes, dalam perjalananku buat nemuin produk perawatan wajah atau skincare yang tepat dan cocok macam jodoh sehidup semati, melewati proses trial and error yang gak sedikit. Pernah nih ya, karena lihat postingan teman tentang produk skincare, aku coba dong tanpa ‘ilmu’ pemahaman apakah produk tersebut cocok sama jenis kulitku. And yes, as you can guess, hasilnya breakout parah dong kulit wajahku. Jerawatan yang mati satu tumbuh seribu gitu, beb. Akupun merasa lelah dengan proses ini yang berimbas hilangnya waktu atau time spent.

Journey atau perjalananku tersebut dalam dunia marketing umumnya dikenal dengan istilah consumer pain points atau pengalaman yang menyulitkan konsumen, karena memilih produk perawatan yang sesuai dengan jenis kulit, bukan perkara mudah. Indeed, it is a pain point for me.

Pic from Google

Too many Skincare Products, Which one is perfect for you? - Pic from Google

Padahal, sebelum bisa menemukan produk skincare yang tepat, hal pertama yang dilakukan yaitu mengidentifikasi jenis kulit kita. Menurut dr. Leslie Baumann, seorang peneliti dan ahli kecantikan dari Amerika, jenis kulit sesungguhnya dibagi berdasarkan 4 kategori dasar, yaitu level sebum, sensitifitas, pigmentasi dan elastisitas.

Nah, dari 4 kategori dasar inilah, kita akan mendapatkan 16 jenis kondisi kulit yang berbeda. Wow! 16 jenis kulit yang berbeda beb! Lalu, yang kedua, dalam memilih perawatan yang tepat, ada banyak faktor lain di luar jenis kulit yang harus dipertimbangkan dalam memilih produk, seperti: Apakah produk menjawab kebutuhan spesifik kulit (menghilangkan noda hitam); Apakah bahan aktif kandungannya, aman untuk jenis kulit kita? Dan sebagainya.

Jadi jangan asal shortcut aja ya, beb. Beneran lho prosesnya kayak nyari jodoh, kudu yang memahami persis kondisi kulit kita, aman, cocok, dan ujungnya nyaman deh. Trus mulai deh aku ngayal, kalo aja ada alat praktis dan bisa mengetahui kondisi kulit aku yang sesungguhnya kayak tes DNA gitu beb. Kalo pakai DNA kita kan, at least nih ya, bisa ketauan dengan pasti dan jelas terpampang nyata kondisi kulit seperti apa.

Pic from Google
Sebagai organ tubuh paling luar, kulit merupakan lapisan pelindung yang bekerja 24/7 dan paling rentan terpapar oleh faktor eksternal seperti matahari dan polusi. Pengecekan DNA kulit bisa memberikan informasi yang akurat mengenai kualitas kolagen, elastisitas kulit, pigmentasi kulit, dan sebagainya. Tes DNA kulit sudah umum dilakukan di negara maju, untuk mengenal kondisi kulit dan mendapatkan perawatan yang tepat dan sesuai.

DNA merupakan asam nukleat yang menyimpan semua informasi tentang genetika. Tes DNA adalah prosedur yang digunakan untuk mengungkapkan secara akurat, informasi mengenai genetik dalam tubuh seperti potensi, risiko dan kebutuhan unik setiap individu yang berkaitan dengan banyak hal seperti kebutuhan suplemen dan nutrisi, intensitas olahraga yang sesuai, hingga perawatan kulit yang tepat dan lainnya. Salah satu hal paling mendasar yang bisa diperoleh dari tes DNA adalah kondisi kulit seseorang.

Pic from Google

Pic from Google
Seperti hasil riset yang diadakan JakPat menunjukkan bahwa betapa pentingnya tes DNA kulit. Malah ya, dalam konteks penggunaan produk perawatan wajah, hanya 15% responden yang mengatakan bahwa kinerja produk yang mereka gunakan, sesuai dengan harapan.

Sedangkan sisanya mengatakan bahwa mereka masih menderita masalah yang mengganggu seperti jerawat, iritasi, kulit kering, kulit berminyak, dan lainnya. 30% Responden juga merasa belum puas dengan kondisi kulit mereka saat ini, kendati telah menggunakan berbagai macam produk perawatan.

Lalu, hasil riset lainnya menunjukkan bahwa para responden sudah selektif dalam mencoba produk perawatan kulit, untuk mencegah terjadinya masalah kulit dan menghindari terbuangnya uang dan waktu dengan sia-sia. Itu lho proses Trial and Error yang berujung pada Time Spent. Belum lagi banyak budget keluar sia-sia kan ya, Cost nya itu lho, hahahaha. Mau perawatan khusus, suka gak ada waktu sama budget-nya yang mepet. Lagi-lagi ngomongin Cost kan, ya. Karena itu, aku berharap banget bisa melakukan pengecekan DNA sendiri, di rumah dengan mudah dan hasilnya akurat.

Pic from Google
JakPat sebagai Platform Online Survei, melihat bahwa DNA sudah menjadi subjek global yang telah dijajaki oleh para pakar kesehatan kulit, agar menjadi solusi bagi konsumen dalam memahami kondisi kulit mereka. Untuk itu, JakPat mengadakan survei pada tanggal 5 – 10 July 2019 terhadap 537 responden, mengenai pemahaman responden akan kondisi kulit mereka dan pendapat mereka akan manfaat teknologi pada konteks perawatan kulit,” kutipan narasumber, Aska Primardi, Head of Research Jakpat.

Lebih lanjut dari hasil riset Jakpat dalam konteks menemukan produk perawatan yang tepat, 50% responden setuju untuk memeriksakan kondisi kulit mereka dan secara umum memilih untuk pergi ke dokter kulit atau dermatolog. Dan, dalam konteks skin DNA treatment, kecenderungan responden untuk percaya akan hasil tes DNA kulit, mencapai 85%. Selain itu persentase minat responden untuk mencoba perawatan kulit dengan teknologi tinggi (hi-tech) mencapai 90%.

Me so happy... kalo aja ada teknologi canggih buat tes DNA kulit. Jadi gak nyoba-nyoba produk skincare...
Dari hasil survey Jakpat.net mengenai Teknologi DNA ini, menyadarkanku bahwa teknologi tes DNA secara global telah memberikan manfaat bagi individu yang ingin memahami kondisi kulit mereka dengan mudah. Tujuannya tentu, untuk meminimalisir pengalaman pain points konsumen. Teknologi tes DNA juga bisa menjadi solusi terbaik karena tes DNA dapat menjelaskan kondisi dan kebutuhan spesifik kulit konsumen yang sesuai dengan hasil tes DNA tersebut.

Kalo kamu masih penasaran dan ingin mendapatkan informasi yang jelas mengenai teknologi DNA untuk kulit, coba aja cek di website: www.smartskinsolution.com.

72 komentar

  1. waahhh menariiik ;). aku ntr buka linknya mba. penasaran juga, walopun sbnrnya, aku ngerasa sih udh nemu skincare yg memang beneran cocok yaaa. Udh 2 thunan ini aku pake produk ini, dan sblmnya sempet tes juga dgn alat mereka apa sbnrnya masalah yg kulitku hadapin. dr situ konsultannya kasih advise produk apa yg cocok utk aku. alhamdulillah sih sampe skr aku ngerasain hasipnya bener dan work lah di kulitku. tp ttp aku ntr mau tau lbh dlm ttg tes dna kulit ini :)

    BalasHapus
  2. Aku baru tahuuu Mbak Aie..
    Ternyata ada tes DNA yang dapat menjelaskan kondisi dan kebutuhan spesifik kulit kita yang sesuai dengan hasil tes DNA tersebut. Cus aku mo kepin smartskinsolution ah

    BalasHapus
  3. ikutan daftar di webnya www.smartskinsolution.com biar gak penasaran lagi sama perawatan wajah yang cocok untuk kulit aq nih mbak, wish me luck jadi 100 orang yang beruntung untuk jadi pengguna eksklusif #smartskinsolution

    BalasHapus
  4. wah langsung di save nih skincare routinenya. dan thankyou for sharing mbaa

    BalasHapus
  5. Wow tes dna kulit, aku juga penasaran ingin coba. Aku juga belum menemukan skin care yang cocok nih. Padahal sebentar lagi usia mau 30. Harusnya sudah menemukan jodoh kulit yang tepat ya mba.

    BalasHapus
  6. Teknologi DNA kulit daku baru membacanya di sini mbak. Dengar pertama kali sih rada gimana gitu, ternyata pas baca lengkapnya nggak seperti yang saya duga

    BalasHapus
  7. Kalau sebelumnya aku tuh suka ikut2 trend dari seleb or beautyinfluencer ttg skin care routine eh taunya sdh beli mahal-mahal tidak cocok. Dengan tekhnologi ini jadi sudah pasti yang sesuai dgn DNA kulit kita ya mba.

    BalasHapus
  8. gileee, aku kok merasa gagal jadi beauty blogger setelah baca postingan kak Aie wkwkwk soalnya aku kudet, ga tau kalau ada tes DNA seperti ini untuk ngecek kondisi kulit hahahaa auto daftar ini mah, kepooo :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw kak ini pengumumannya kapan ya? aku pengen ikut beneran nih hahahaa semoga kepilih dan bener2 ada waktu buat ke jakarta buat ngikutin test DNA ini ya :)

      Hapus
  9. Wiiih.. Sekarang teknologi buat jadi cantik makin canggih ya kak, cek jenis kulit aja bisa pakai tes DNA.

    BalasHapus
  10. Aku dong Mbaaa, pernah coba coba skincare. Trus berangkat ke kantor siangan memang, 2 kali pake kok mukaku makin item kayak gosongggggg banget gitu. Dan pas kutanya ke dokternya, emang ngga bisa kena matahari sama sekali katanya. Aku ngga bisa. Kan bukan vampire. Wkwkwk

    BalasHapus
  11. Saya tadinya termasuk yang cuek sama kulit wajah. Belum nyadar kalau kulit wajah itu investasi. Giliran mulai peduli, sekarang bingung cari mana yang cocok. Menarik juga kalau ada tes DNA begini

    BalasHapus
  12. Wah ternyata emang banyak yg ngira kulitnya sesuai dgn jenis skincare yg dipakai tapi ternyata gak cocok ya. Kalau tes DNA bisa lbh akurat.
    BTW tadinya kupikir tes DNA-nya dilakukan di lab gtu mbak, lalau kalau ngecek di rumah bagaimana caranya? Aku msh bertanya2 hehe

    BalasHapus
  13. Saya ikutan halu juga, deh. Pengennya kalau kulit wajah mah tetap aja di uasia 20-an hehehe. Penasaran jadinya sama teknologi DNA ini

    BalasHapus
  14. Ini bermanfaat banget, mbak. Jadi bisa tahu jenis kulit diri-sendiri tanpa mengira-ira. Bahkan lebih akurat ya mbak kalo lewat DNA gini tuh. Langsung bisa capcus ke website-nya buat info lengkapnya, dehhhh.

    BalasHapus
  15. Penasaran tes dna yg ga harus ke laborat. Jd bisa tau kondisi kulit ya lewat dna jadi ga salah pilih skincare

    BalasHapus
  16. waaah aku baru tau nih metode tes DNA ini buat menentukan perawatan kulit yang tepat, pasti hasilnya akurat banget yaa kalo melalui tes dna, jadi pengen nyobain jg hehe

    BalasHapus
  17. Menurutku canggih banget test DNA kulit ini, jadi bisa cegah namanya alergi dengan bahan2 tertentu, hasilnya juga bakal maksimal . Lebih canggih lagi ternyata gak usah ke labnyaa, tinggal kepo webnya nih

    BalasHapus
  18. Penasaran sama Cara ini buat Cek kulit . baru denger sih soal ini , inform at if sekali mba , jadi Penasaran pengen coba juga ahh

    BalasHapus
  19. asli-asli aku baru tau kalau ada teknologi macem ginii. *otw daftar ke webnya* akupun sering coba2 skinker karena masih belom nemu skinker yang cocok tu yg kek mana

    BalasHapus
  20. Banyak juga tahapan skincare dan malam. Aku palingan cuma pake 3 tahap per sesi wkwk... Wah penasaran nih dengan yes DNA. Cus ah ke webnya.

    BalasHapus
  21. trial dan error untuk cari skincare yang cocok memang butuh waktu yang lama dan cost yang lumayan yaa. pasalnya walaupun udah pilih produk yang kita kira bakal sesuai sama kulit, ternyata ada aja kandungan yang gak cocok akhirnya breakout, cari produk lain lagi, coba lagi, gitu aja terus. kalo pake tes dna ini kayaknya bakal tepat banget nih ketauan apa yang kita butuhin. aku udah coba daftar semoga beruntung bisa coba tes dna juga hihi

    BalasHapus
  22. Kira - kira bakalan ada ya ke depannya, biar lebih ringkes dan lebih tepat perawatan yang dibutuhkan kulit kita nih mba Ai

    BalasHapus
  23. aku butuh ini lho ka Aie, dengan cek kondisi kulit kita, gaperlu lagi asumsi-asumsi nih karena udah ada pakemnya k DNA. Jadi mau kepo lebih lanjut k website nya

    BalasHapus
  24. Tes DNA ini sangat penting sekali untuk kita bisa tahu dan mendapatkan perawatan kulit yang cocok dan sesuai kebutuhan kulit masing-masing ya

    BalasHapus
  25. Tes DNA ini berbayarkah, kak?
    Harus pakai sampling dari tubuh kita kaya tes DNA beneran gitu kan yaa...?

    **penasaran sangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga setelah tes DNA kulit, langsung ketemu jodoh skincare yang cocok sama kondisi kulitku.

      Hapus
  26. Aku liat list skincare rutinnya wow banget hihihi, aku msh sebatas facial wash dan pelembab atau obat jerawat aja kalau pas jerawatan. Duh pengen jg rajin biar kulit keliatan awet muda selalu mbak :D
    Tapi kudu tes DNA dulu sblm pakai skincare yang tepat ya :D

    BalasHapus
  27. hmm umurku yang 21 tahun permanent ini tetap harus maintenance skincare memang, aku kepoin aah test DNA buat kulit ini :)

    BalasHapus
  28. Nah ini tuh bikin penasaran banget deh kayak apa model perawatannya kak, aku langsung daftar loh itu di SmartSkinSolution.

    BalasHapus
  29. Ngalamin banget gimana susahnya nemu perawatan kulit yang cocok sama jenis kulit. Entah udah berapa kali trial and error demi
    Ketemu jodohnya. Pengen banget nyoba teknologi tes DNA supaya lgsg tau mana jodoh untuk kulit muka aku.

    BalasHapus
  30. Wah, baru tahu saya. Ternyata ada test DNA untuk kulit. Dengan test ini kita jadi tahu skincare yang betul-betul cocok untuk kulit kita ya..

    BalasHapus
  31. Bener mba, milih produk yang sesuai dan cocok sama kondisi kita memang susah. Harus coba ini itu, lewat tes DNA jadi lebih gampang & efisien. Coba kepoin cara tes DNAnya

    BalasHapus
  32. Btw aku juga baru tahu tentang tes DNA ini. Hahaha. Kudet banget akutuh. Secara kalau masalah skin care aku ga pernah care

    BalasHapus
  33. this is really something ya mba..memanfaatkan teknologi terkini untuk kesehatan dan kecantikan kulit kita

    BalasHapus
  34. Jadi nih, sekarang perkembangan teknologi untuk perawatan kulit wajah semakin banyak ya. Termasuk dengan melakukan teknologi tes DNA jadi lebih memudahkan kita untuk mengetahui jenis perawatan apa yang lebih tepat ya kak.

    BalasHapus
  35. Nah kalau ada tes DNA seperti ini, jadinya nggak perlu binggung lagi ama kondisi wajah kita ya

    BalasHapus
  36. Memudahkan banget ya, mbak pastinya pakai tes dna ini. Jadinya nggak perlu banyak trial dan error buat menemukan skincare yang cocok buat kulit kita

    BalasHapus
  37. mukaku jerawatan udah pakai berbagai jenis jenin muka apa karena tidak cocon dengan jenis kulit, hmm

    BalasHapus
  38. Wah, prosedur perawatan kulit makin canggih ya, pake tes DNA juga..

    Biar lebih tepat ya dlm memilih treatment perawatan

    BalasHapus
  39. Canggih banget kalau lewat DNA bisa tahu perawatan terbaik untuk muka. Apakah sudah coba mbak? Kalau sudah, mau dong tahu hasilnya seperti apa :)

    BalasHapus
  40. Pengen sekali2 aku tes DNA kulit belum pernah kayak gimana yah dan pas dicek kulitku wow banyak masalahnya nih hahaha

    BalasHapus
  41. Mau sih tes pakai DNA biar nemu skincare yang cucok :D

    BalasHapus
  42. Mauuukkkk banget tes pakai DNA!
    Sayangnya ini baru ada di JKT ya Mba?
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  43. wah bisa ya sekarang pakai tes DNA buat menentukan perawatan kulit yang tepat. Jaman makin maju, makin banyak penemuan untuk termasuk untuk kecantikan kulit.

    BalasHapus
  44. Dunia kecantikan makin canggih aja ya. Baru tahu aku bisa cek kondisi kulit dari tes dna. Semoga ga mahal2 banget deh harga tesnya ya 😂

    BalasHapus
  45. Wah bisa di cek melalui DNA.. pasti ga bakal salah skincare ya, setelah tahu hasilnya

    BalasHapus
  46. Baru tahu kalau tes dna ini bisa buat tahu kondisi kulit kita. Jadi pgn kepoin website smartskinsolution deh jadinya

    BalasHapus
  47. Kalau aku forever 17 aja deh mba wkwkwkk.. wah teknologi tinggi nih tes DNA untuk menentukan skincare mana yang cocok buat kita, brb kepoin web nya smart skin solution

    BalasHapus
  48. Menganggumkan sekali bisa cek kondisi kulit pakai DNA. Mantap. Aku belum pernah pakai dan penasaran juga untuk mencobanya. Biar makin tahu produk yang pas buat aku

    BalasHapus
  49. Baru tau nih, teknologi kesehatan dan kecantikan semakin berkembang pesat yaa...
    Thank you mbak infonya.

    BalasHapus
  50. huaaa buat menentukan perawatan kulit juga bisa smpe tes DNA yaa, karna kebiasaan aku taunya kondisi hanya dr luar ajaa..pengen juga jdnya tp pasti mahal banget dong bayar nya, secara TES DNA Gak ada yang murah..

    BalasHapus
  51. Wah, canggih ya... Ga perlu coba-coba buat perawatan kalau gini ya.. Tapi mahal ga tu cek dnanya?

    BalasHapus
  52. Aku baru tau loh Mba kalo dengan tes DNA kita bisa mengetahui kondisi kulit dan perawatan kulit apa aja yang cocok sesuai kondisi kulit masing-masing

    BalasHapus
  53. Kayanya perlu dicoba nih, karena aku salah satu yang merasa : okey, kulitku klihatan bagus pakai ini, kliatan lebih nersinar lembab, tapi sesekali entah sebulan sekali jerawat tetep muncul
    Meski cuma 1 di jidat, tapi beneran ga nyaman
    Next aku pertimbangkan deh

    BalasHapus
  54. Wow, 16 kondisi kulit? Ku jadi pengen tau kondisi kulitku sebenernya gimana Cus ah ke webnya. Makasih infonya, Mak Aie

    BalasHapus
  55. penasaran deh pengen coba juga tes DNA biar tau keadaan asli kulitku ini apakah udah bener treatnent yang udah aku lakuin sekarang

    BalasHapus
  56. Jujur aku baru tahu mba, bahwa tes DNA bisa menentukan jenis skin care apa yang cocok untuk kulit kita. Jadi penasaran pengin tes DNA biar gak keseringan kemakan iklan skin care

    BalasHapus
  57. Wow! Aku baru tau sekarang bisa cek kulit dengan Tes DNA.. Keren sekali! Jadi pengen coba juga supaya nggak perlu trial and error banyak" buat skincare..

    BalasHapus
  58. Wow! Aku baru tau sekarang bisa cek kulit dengan Tes DNA.. Keren sekali! Jadi pengen coba juga supaya nggak perlu trial and error banyak" buat skincare..

    BalasHapus
  59. Wuih, makin maju aja ya teknologi dunia kencantikan. Udah menyamai dunia kedokteran. Tapi memang bener sih ya, keadaan kulit tiap orang berbeda, sama dengan kondisi DNA tiap orang yang beda-beda. Jadinya, dalam perawatan kulit juga pastinya beda-beda tiap orang. Jadi kepengen nyoba deh teknik DNA ini. Mungkin jadi solusi biar gak ganti2 ya. Minimal banget ketidakcocokannya.

    BalasHapus
  60. Tentunya dengan melakukan tes DNA ini jadi kita lebih mengetahui treatment yang cocok untuk kita ya mbak

    BalasHapus
  61. Bisa presisi ya tes kulitnya klo pake pemeriksaan DNA gini. Jadi nantinya treatment dan skincare yg kita gunakan bisa mengacu pada hasil test itu.

    BalasHapus
  62. Pengin banget coba tes dna untuk kulit. Aku belum pernah denger di Jogja ada klinik kecantikan yang bisa melakukannya. Siapa tahu ada info, mau ya mba diinfo.

    BalasHapus
  63. Bagus nih supaya gak try and try terus padahal kalau udah coba pasti meninggalkan racun di wajah ya

    BalasHapus
  64. Penasaran sama test DNA ini nih buat perawatan kulit, jadinya mungkin lebih akurat dan tepat ya dalam menangani masalah kulit.

    BalasHapus
  65. Makin cetar aja sekarang teknologi ya. Tes pakai dna aku belum pernah coba nih

    BalasHapus
  66. Btw ya ini tuh sampai hari ini pun masih bikin penasaran deh, gak sabaran akutu anaknya kalau soal treatment begini.

    BalasHapus
  67. Menarik ya tes kulit dengan DNA , jadi lebih spesifik per orang yang bagaimana kondisi kulit masing masing, bukan hasil global. Keren ini teknologinya

    BalasHapus
  68. ka Aie, aku jd mau cek kulit pake tes DNA ini ah. Kok sayang banget kalo selama ini merasa sudah cocok dengan sebuah produk A, tapi blm d lakukan cek kulit dengan tes DNA ini.

    BalasHapus
  69. Aku udah cobain tesnya beb dan hasilnya beneran pas dengan kondisi kulit aku loh

    BalasHapus
  70. Wah, tes kulit pakai DNA sepertinya memberikan hasil yang lebih akurat, ya. Aku baru tahu lho kalau tes ini ada. Jadi pingin coba

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)