Senin, 28 Oktober 2019

Ibu CerMat Fortune: Bisnis Kuliner dari Rumah, Bisa!


Sedikit cerita tentang bahagianya aku hari Sabtu kemarin diundang oleh Fortune untuk menghadiri Temu Cermat, Mudahnya Jadi Ibu CerMat yang berlokasi di Electrolux Taste & Care Center, Jakarta Pusat.

Ibu CerMat Fortune

Bukan apa-apa, beb, sudah cukup lama sepertinya aku tidak menghadiri event seru seperti ini. Dimana rangkaian acaranya masyaaallah sungguh bermanfaat dan berfaedah yaitu Bincang CerMat bersama Heni Maria, Workshop Smartphone Photography bersama @dapurhangus dan Cooking Battle bareng semua buibu peserta yang hadir.

Temu Cermat, Mudahnya Jadi Ibu CerMat

Berbicara mengenai Ibu CerMat yang hadir di event ini, semuanya luarbiasa sekali, gak hanya bisa masak dengan rasa yang enak tapi juga bisa mengabadikannya di media sosial dengan cukup apik dan menarik.

Oia, siapa yang tidak kenal dengan Fortune? Brand minyak goreng terkemuka dan cukup dikenal masyarakat Indonesia terutama buibu ini, dari Wilmar Group Indonesia selalu berupaya berikan yang terbaik memberikan apresiasi bagi para pelanggan setianya. Melalui berbagai macam kegiatan offline dan online, terutama di dunia digital, salah satunya Temu CerMat Fortune Sabtu lalu, ini.

Fortune Pilihan Ibu CerMat

Fortune Pilihan Ibu CerMat

Sebagai bentuk penghargaan dan apresiasi untuk 15 Ibu CerMat yang terpilih menjadi pemenang dalam activity online, dibuatlah event Temu Cermat, Mudahnya Jadi Ibu CerMat. Dalam activity online tersebut, ke-15 peserta beruntung ini harus mengikuti tantangan masak dari Heni Maria. 

Buibu hobi masak pasti kenal dengan Heni Maria, sosok Ibu CerMat yang pandai memasak hanya mengandalkan resep-resep hasil googling lalu setiap hasil masakannya diabadikan dalam akun Instagram beliau. Malah ya, saat ini beliau sudah memiliki dua buku best seller dengan resek masakan yang cukup mudah buat diikuti oleh semua orang, sesuailah sama judul buku Heni Maria, “Semua Orang Bisa Masak” dan “Simple Cooking”.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Arif Lelono, Brand Manager Fortune

Brand Manager dari Fortune, Arif Lelono mengatakan, “Fortune meraih penjualan nomer 1 di Indonesia tentu semua berkat ibu-ibu, semoga kedepannya akan bermunculan sosok Ibu CerMat seperti Heni Maria lainnya yang berkreasi dari masakannya dan cermat dalam mengelola peluang yang ada.”

Bincang Ibu CerMat

Heni Maria, dalam Bincang CerMat yang dipandu oleh Ade Andyani selaku MC (namanya mirip-mirip sama aku ya, beb, hanya bedanya detse lebih langsing nan singset manjah kituh) mengatakan kalau beliau sangat memanfaatkan peluang yang ada. Selepasnya resign dari pekerjaan yang sudah digeluti selama 10 tahun lebih, dengan segala waktu yang tersedia beliau memanfaatkan kegabutannya tersebut dengan coba-coba masak untuk keluarga di rumah.

Semua masakan yang beliau masak hasil ‘nyontek’ resep di Google, lalu biar gak lupa share di Instagram lengkap dengan detail resep, cara memasak, dan bahan-bahannya di akun Instagram beliau. Siapa sangka, hasil kegabutan dan keisengan yang cukup istiqomah beliau lakukan ini menuai hasil dan peluang usaha.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Heni Maria dan Ade Andyani

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Ade Andyani

Heni Maria

Fortune Pilihan Ibu CerMat


Heni Maria sangat cermat mengelola peluang yang bermodalkan kegabutan dalam mengolah ragam masakan dan didukung dengan taktik dalam menghemat pengeluaran sukses melahirkan buku-buku resep yang diminati oleh ibu-ibu Indonesia.

Workshop Smartphone Photography

Setelah Bincang CerMat selesai, rangkaian acara Temu Cermat, Mudahnya Jadi Ibu CerMat dilanjutkan dengan Workshop Smartphone Photography bersama @dapurhangus. Coba deh beb kepoin akun instagramnya [at] dapurhangus ini, percaya gak kalo semua hasil foto yang di-upload di Instagram hanya bermodalkan Smartphone, lho. Wow gak sih?

Mba Ika empunya [at] dapurhangus membagikan ilmunya pada 15 Ibu CerMat terpilih tentang tips & trick foto masakan kece hanya dengan menggunakan kamera hape aja, berikut rangkumannya:

1. Manfaatkan Cahaya Ilahi a.k.a Cahaya Natural

Yes, pencahayaan alami adalah koentji buat bikin foto makanan kece. Hal ini karena cahaya natural menghasilkan warna asli dari obyek makanan yang kamu foto, beb.

2. Kontrol Bayangan

Pastikan bayangan yang terlihat di kamera tidak terlalu gelap, bayang yang lembut akan menonjolkan dimensi obyek makanan dan bikin orang yang liat jadi ngiler gitu beb.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Mba Ika - @dapurhangus

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Mba Ika @dapurhangus

Fortune Pilihan Ibu CerMat

3. Pilih Background yang Tepat

Alas atau latar belakang yang gak terlalu sibuk penuh motif bikin fokus perhatian hanya pada makanannya saja. Gak mesti yang netral atau polos banget ya beb, tapi pilih background yang bisa melengkapi obyek dan tidak mendominasi.

Biasanya sih yang banyak dipilih buat background foto makanan yang tema kayu-kayuan, taplak meja warna putih atau motif floral yang lembut. Atau kalo kamu suka yang agak rustic gitu, bisa  menggunakan papan tulis warna hitam karpet, talenan atau jerami.


Tentukan Angle Terbaik

Foto dari atas atau flat lay buat makanan yang ditata di piring lebar atau mangkuk adalah angle terbaik yang memperlihatkan detail makanan serta latar belakangnya, beb.

Buatlah ‘Cerita’ dari Foto Makanan

Tambahkan berbagai elemen ke dalam fotomu sebagai pelengkap ‘cerita’ yang mampu menarik perhatian secara followers secara visual. Misal nih, kamu bisa tambahkan bahan-bahan makanan, buku resep, atau elemen lain yang menambahkan kesan ‘story telling’ makanan jadi lebih kuat.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Kelompok 2

Cooking Battle Ibu CerMat

Setelah mendapatkan inspirasi dari Heni Maria dan tips motret makanan menggunakan hape dari Mba Ika, 15 Ibu CerMat pun ditantang untuk melakukan Cooking Battle. Ya, kami semua yang hadir dibagi menjadi 3 kelompok yang masing-masing kelompok terdiri dari 6-7 orang.

Bayangin nih ya beb, kami semua baru bertemu di acara Temu Cermat, Mudahnya Jadi Ibu CerMat Bersama Fortune lalu dikasih tantangan buat masak bareng tanpa resep hanya melihat bahan-bahan yang sudah disediakan saja.

Dan tak disangka, aku yang masuk dalam kelompok 2 terpilih menjadi pemenangnya. Cooking battle hanya berlangsung selama 30 menit saja, mulai dari sepakat mau masak apa, proses mengolah makanannya, hingga plating siap disajikan dengan tampilan menarik ala Master Chef gitu, beb.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Kelompok 2

Fortune Pilihan Ibu CerMat

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Kelompok 2

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Sonboro Donborri

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Hasil Masakan Kelompok 2, Soboro Donborri & Korean Chicken Steak

Gak mungkinlah ya gak ada drama, tapi karena drama itulah kami kelompok 2 akhirnya memasak menu dari buku Heni Maria – Semua Orang Bisa Masak, yaitu Soboro Donborri dan Korean Chicken Steak.

Jangan ditanya gimana panik, deg-degan dan keseruannya, malah dua masakan kami selesai saat MC menghitung mundur di angka 1, lho. Gilak! Gimana gak heboh kan ya? Lalu, selama 5 menit kami semua dipersilahkan untuk foto hasil masakan tersebut berbekal ilmu fotografi dari Mba Ika.

Alhamdulillah, hasil tidak mengkhianati usaha beb, kelompok 2 pun terpilih sebagai pemenang juara 1 saat itu. Meski kontribusi aku gak gitu banyak ya, tapi aku merasa bangga banget sama buibu kelompok 2.

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Hasil Masakan Kelompok 2, Foto dengan Handphone Saja

Fortune Pilihan Ibu CerMat
Kelompok 2 Menerima Hadiah Pemenang 1 Cooking Battle

Fortune Pilihan Ibu CerMat

Semoga ya, dari acara Temu CerMat bersama Heni Maria dan Mba Ika akan banyak lahir duta-duta Ibu CerMat Fortune lainnya sebagai sosok cerminan ibu-ibu yang cerdas dan hemat dalam mengelola kebutuhan keluarga. Seperti yang disampaikan oleh Arif Lelono sebagai penutup.

Keseruan acara Temu CerMat juga bisa kamu lihat di akun instagram Fortune @fortunecermat atau cek info menarik lainnya seputar #RahasiaIbuCerMat dan #PilihanIbuCerMat di akun Facebook Page Fortune CerMat




42 komentar:

  1. Saya tertarik Workshop Smartphone Photography nya mbak pasti seru bisa belajar teknik-teknik foto yg bener, selama ini cuma asal-asalan anger jepret hehe

    BalasHapus
  2. mbak Ika dapur hangus tu fotonya bagus2, prop fotonya juga cakep2 :) aku pernah beli di dia soalnya wkwkwk

    BalasHapus
  3. Emang masakannya tampak cantik dan lezat, ya. Ini dapat resep dari mana?

    BalasHapus
  4. Selamat ya mba ai kelompok nya menang juara 1, kalau dilihat dari hasil fotonya bagus bangeeett penataan dan props nya, btw dirunah ku juga pakai fortune

    BalasHapus
  5. Masih jadi PR banget buat saya kalau motret makanan. Apalagi pakai smartphone. Suka susah menentukan angle dan bayangan. Harus terus latihan deh ini

    BalasHapus
  6. Pasti seru banget ya bisa ikutan cooking battle kaya gini, yang nontonnya aja deg²an apalagi yang kompetisi nya.. wkwk

    BalasHapus
  7. Memanfaatkan cahaya Illahi memang ter de best ya mbak hehe, eh ada mbak ika, juara banget memang dia kalau soal foto.

    BalasHapus
  8. Aku juga pakai minyak goreng fortune, yang pasti ngga boros minyak loh kak jadi saat menggorenf minyaknya tuh tidak mudah surut. Beneran deh sesuka itu sama produk mereka.

    BalasHapus
  9. Seru banget ya ada lomba madaknya segala. Terus makanannya terlihat menggoda banget lagi 🤤

    BalasHapus
  10. Wah makin seru bisa ketemu temen blogger lainnya belajar masak plus dapat ilmu lainnya ya mba Ai, yash

    BalasHapus
  11. Enak banget kak ada workshop fotografi jg, makasih ya saran2nya dan ide2nya buat foto makanan angelnya bagus

    BalasHapus
  12. Saya masih kurang bisa untuk motret makanan biar kelihatan pro nih mba

    BalasHapus
  13. Jadi mau kepo sama akunnya bu Maria Heni dan dapurhangus deh ka Aie, sering banget mentok mau masak apa gitu wkwk

    BalasHapus
  14. Seruu banget ceritanyaa. Jadi pengen ikutan acaranya Fortune juga. Aku tu suka mentok soalnya kalau soal masak memasak. Menunya itu lagi, itu lagi, haha

    BalasHapus
  15. Kece2 amat buibu pake merah2, tips fotonya oke tuh Mba Ai dan masakannya bikin laperr :D

    BalasHapus
  16. Story telling seputar resep atau makanan ..... hm ..... kalau saya, kira-kira bisa gak ya ... :)

    BTW nama bekennya Mbak Ika lucu ya, dapur hangus tapi mudah diingat dengan nama itu.

    BalasHapus
  17. Whoaaa, selamaatt ya mbaaa, bisa jadi tim JUARA 1!
    Emang kece bgt poto makanannya dan pasti endolita dong yaaa
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  18. Nah, teknik foto makanan itu spesial juga ya mba, supaya bisa bikin ngiler sama makanan yang dibikin...Makanannya juga bentukannya kudu cantik ya...

    Ngepoin ah akun dapurhangus sama bu Maria Heni buat belajar

    BalasHapus
  19. Kebayang hebohnya, baru ketemu trus harus satu tim masak. Juaraa 1 pulaak. Keren beud. Bagi resep mbaaa, jadi pengin masak ala Korea.
    Minyak goreng fortune kualitasnya oke dan harga bersahabat

    BalasHapus
  20. Kebayang hebohnya, baru ketemu trus harus satu tim masak. Juaraa 1 pulaak. Keren beud. Bagi resep mbaaa, jadi pengin masak ala Korea.
    Minyak goreng fortune kualitasnya oke dan harga bersahabat

    BalasHapus
  21. Ini acaranya cuma buat 15 ibu cermat yang terpilih ya? Wah, beruntung banget!

    BalasHapus
  22. Seru amat ya mak acaranya, belajar masak terus beneran praktek dan belajar motret masakan juga dari ahlinya..Priceless deh..

    BalasHapus
  23. Aku seneng banget ngebayangin cooking battlenya, berasa kayak lagi ikutan master chef ya. Mana yang masak banyak banget gitu, tentunya mau masak apa juga bakalan terjadi perdebatan yang seru. ;)

    BalasHapus
  24. pertama kali kenal minyak ini gegara ada promo di minimarket. jadinya saya beli dan keterusan sampai sekarang. pengen deh buka usaha kuliner dr rumah

    BalasHapus
  25. Seru banget ni mba acaranya..bisa nambah ilmu masak sama belajar fotografi sekalian. Di Jogja, bakalan akan ada acara serupa nggak ya>

    BalasHapus
  26. mba mau tau cara buat yang rice bowl itu deh. kayaknya menarik kalau dijadiin bekel buat kerja hehehe

    BalasHapus
  27. Ya ampun, Ika gayanya masih tetap sotoy, padahal canggih orangnya. Btw, Fortune ini inceran ibu-ibu di minimarket dekat rumah, karena suka promo :)

    BalasHapus
  28. Luar biasaaa ya Bu Heni. Cuma modal googling doang bisa jd peluang usaha. Aku gak kepikiran gitu loh :)
    Jadi pengen coba juga dehh.. kebetulan aku doyan masak juga di rumah.
    Eh apa ntar kali ya pas anak2 udah agak gedean, pas bisa mandiri semua.

    BalasHapus
  29. Seru banget teh Aie ada workshop food photography juga sama mba Ika dapurhangus, aku follow juga, fotonya keren-keren! Btw minyak goreng Fortune ini sering dibeli Ibuku di rumah. Minyak goreng favorit pisan. Hihi.

    BalasHapus
  30. Waah ada Dapur Hangus, aku beberapa kali beli pernak-pernik props kuliner sama Mb Ika. Ternyata foto2 okenya pake smartphone ya, keceee...

    BalasHapus
  31. Acaranya seru banget mbak, minyak goreng Fortune juga aku pakai setiap memasak mbak..
    Btw, terimakasih nih share tips mengambil gambar makanannya, terkadang aku masih kesusahan ambil gambar makanan 😔

    BalasHapus
  32. Aku di rumah juga pakw minyak goreng fortune ini mak.. Karena emang lebih terjangkau harganya.. Suka banget

    BalasHapus
  33. aku langsung ngakak pas poin manfaatkan cahaya illahi, yampun golden hour emang juara untuk lighting ketimbang lampu2 lainnya. Seru banget bisa masak-masak di dapur elextrolux pake fortune.

    BalasHapus
  34. Apapun bisa dilakukan dirumah ya mba klo Ada bakat aplg kyk masak gini, seru nih y tips rsep. Foto jd y tambh pinter masak

    BalasHapus
  35. WAh ada mbak Ika Dapur Hangus ya, udah lama aku gak main ke blognya nih. Aku udah cobain minyak fortune gara-garanya di supermarket ada promo trus keterusan deh

    BalasHapus
  36. dalam satu acara komplet banget ya mbak kontennya. Paling seru yang cooking battle nih. Kebayang asyiknya masak bareng-bareng gitu

    BalasHapus
  37. Saya juga paling salut deh sama buibu yang kerjaannya udah segambreng tapi setiap kali masak masih sempat mengabadikannya melalui foto gitu. Mana ya fotonya bagus-bagus banget, pada belajar di mana, sih? Haha. Btw jadi pengin beli ah bukunya Heni Maria yang "Semua Orang Bisa Masak".

    BalasHapus
  38. Kepikiran tar pindah mau buka usaha dari rumah juga. Ini minyak goreng aku pake juga nih. Semoga makin banyak lahir ibyuyu cermat ya

    BalasHapus
  39. Semua workshop photography ilmunya sama ya. Tapi praktek dikitanya blm tentu sama. Xixixi.. selamat yaa dah menang juara 2 lomba masaknya. Besok2 mulai deh rajin di dapur pakai minyak fortune. Xixi

    BalasHapus
  40. Ya ampun pantessn kelompok 2 mennag, wong resep dan fotonya begitu menggoda memang.
    Ku pemakai Fortune juga nih di rumah

    BalasHapus
  41. Makasih sharingnya, sesuai banget sama cita-citaku akhir-akhir ini, kebayangnya pengen bisnis makanan terus yang bisa dikelola dari rumah dan baca ini, aku tu jadi semangat "Insya Allah harus diplankan dan pasti bisa"

    Dan tips dari Mbak Ika juga kece banget buat diingat next klo mau bisnis makanan dari rumah, terus jualnya promo di socmed :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)