Keindahan Mata Air Umbul Ponggok Klaten Jawa Tengah

Selasa, 08 Oktober 2019

Berbagai daerah di Indonesia saat ini memang sedang berlomba-lomba untuk meningkatkan potensi alam lokal agar menarik wisatawan. Tidak terkecuali di Klaten. Pariwisata Klaten saat ini sedang berkembang dengan cepat. Salah satu yang banyak diperbincangkan adalah keindahan mata air. Terdapat banyak mata air yang tersebar di penjuru Klaten, salah satunya adalah Umbul Ponggok.

Umbul Ponggok merupakan objek wisata sumber mata air yang sedang menjadi favorit. Bahkan berdasarkan sejarah, mata air ini telah ada sejak zaman penjajahan Belanda. Umbul ponggok terkenal sebagai spot snorkeling yang menjadi favorit. Tidak cuma untuk warga Klaten tetapi juga banyak wisatawan luar Klaten yang datang. 

Photo Credit: Traveloka

Sejarah Umbul Ponggok


Sebelum menjadi tempat wisata seperti saat ini. Umbul Ponggok pada tahun 1920 adalah kawasan pabrik gula. Terdapat 5 pabrik gula yang cukup besar dan menjadi pemasok utama gula bagi wilayah Jawa Tengah dan sekitarnya. Di kawasan ini juga tinggal beberapa karyawan yang memiliki jabatan tinggi di pabrik gula dan tinggal di rumah yang megah dan klasik. 

Fungsi utama dari umbul ponggok adalah memberikan pasokan utama air untuk pabrik. Menariknya, air di Umbul Ponggok tidak pernah kering. sehingga juga digunakan untuk mengairi perkebunan tebu.

Photo Credit: Traveloka
Pada tahun 1930 pabrik terpaksa tutup karena terjadi krisis,, dimana rakyat menuntut untuk merdeka. Kemudian kawasan Umbul Ponggok digunakan sebagai kawasan pengairan irigasi untuk perkebunan dan pertanian di sekitarnya. 

Spot snorkeling kece 


Umbul Ponggok sebenarnya mempunyai pemandangan yang sangat indah. Umbul Ponggok dikelilingi oleh pegunungan yang sejuk. Sedangkan bawah air Umbul Ponggok disebut lebih indah daripada Taman Laut Bunaken. Hal ini bisa dibuktikan dengan cara menyelam. Umbul Ponggok mempunyai keunikan yang tidak dimiliki oleh tempat-tempat wisata snorkeling. 

Alasan utama untuk berkunjung ke tempat ini adalah karena airnya sangat jernih dan tidak akan bisa kotor karena berasal langsung dari sumber mata air. Di bawah air terdapat ikan-ikan kecil yang menggemaskan. Memang tidak ada terumbu karang, namun terdapat berbagai wahana yang bisa dicoba.

Photo Credit: Traveloka
Jika ingin mendapatkan hasil foto yang seru, kece, dan instagramable, maka wajib sekali untuk datang ke tempat ini. Di dalam air terdapat kursi, sepeda motor, jemuran dan masih banyak lagi yang memang sengaja ditanam seperti layaknya di daratan. Tempat-tempat tersebut dijadikan sebagai set berfoto di dalam air. 

Jika kamu tidak bisa melakukan snorkeling, maka tidak usah khawatir. Terdapat juga kelas snorkeling yang bisa Anda coba. Tentu saja dengan berbagai peralatan yang sudah standar internasional. Jika kamu tidak mau masuk ke dalam air dan berbasah-basahan, kamu tetap bisa menikmati Umbul Ponggok dengan menyewa perahu di pinggir kolam. 

Photo Credit: Traveloka
Tarifnya pun hanya sekitar Rp10.000 rupiah saja. Jangan lupa juga mencicipi berbagai kuliner yang ada seperti jajanan dan snack. Harga yang ditawarkan pun cukup murah dengan kebersihan dan rasa yang terjamin. 

Lokasi dan harga tiket 


Umbul Ponggok berada di Jalan Delanggu Polanharjo Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kecamatan Klaten, Jawa Tengah. Jika ingin datang ke tempat ini, maka kamu harus menggunakan kendaraan pribadi. Sebab tidak ada kendaraan umum misalnya bus yang dapat mengantar ke tempat ini. 

Harga tiket masuk kawasan ini hanya 15 ribu rupiah saja per orang. Harga yang sangat murah untuk menikmati keindahan alam Umbul Ponggok. Namun, terdapat fasilitas yang bisa kamu dapatkan misalnya dengan Rp60.000 lalu bisa menyewa kamera underwater dan peralatan untuk menyelam selama 30 menit. 

Photo Credit: Traveloka
Jika ingin datang dengan rombongan minimal 7 orang, kamu bisa mendapatkan fasilitas paket menyelam  dengan harga sekitar Rp100.000. Namun, jika ingin tambahan set berfoto misalnya sepeda motor, harus menambah Rp30.000. Ada juga set taman, tv, laptop dengan membayar sekitar Rp100.000, dan masih banyak lagi. Umbul Ponggok bahkan menyediakan fasilitas foto prewed dengan tarif sekitar Rp300.000 sampai Rp500.000. Tergantung dengan set foto yang diinginkan. Hasil fotonya pun akan bagus dan sangat berkesan. 

47 komentar

  1. Saya belum pernah snorkling. Harus minta diajarin dulu. Hehe..
    Menarik juga foto di dalam air.

    BalasHapus
  2. tempatnya bagus ya mbak buat foto2 tapi harus bisa berenang kalau begitu hahaha sayangnya aku nggak bisa berenang :(

    BalasHapus
  3. gemes banget ada ft under water yang ada setnya gini, pingin coba jugaa ajak keluarga ahh ke klaten

    BalasHapus
  4. itu para modelnya kok bisa santai banget foto dalam air sik :p.aku baru kelelep dikit aja lgs panik heboh wkwkwkwkw. berasa bakal tenggelam dan ga bisa napas :p. takut bgt memang ama segala sesuatu kegiatan yg berbau di air :D. tp penasaran pgn liat sendiri sejernih apa umbul ponggok ini

    BalasHapus
  5. Ku juga mau dong foto di Umbul Ponggok sambil naik perahu serasa dalam air, hehehee

    BalasHapus
  6. Menarik banget bisa foto di dalam air dengan properti lengkap gitu. Tapi mesti tahan napas lumayan lama dong ya biar fotonya kece :D

    BalasHapus
  7. Wuihh, cantiiikkk banget!
    Aku ga bisa renang euy, tapi pengin juga seseruan di sini
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
  8. Asik ya bisa foto - foto dalem air gitu, penasaran deh dalam air itu berapa lama? nafasnya sesak ga yah hihi

    BalasHapus
  9. Jadi pengen liburan kesana kak hehe apalagi snorkling gitu udah wishlist ku banget pengen cobain

    BalasHapus
  10. Wah keren banget bisa foto di dalam air segala. Bakal jadi pengalaman seru banget sih ini.

    BalasHapus
  11. Bagus banget ya pemandangan di situ, jadi pengen ikutan foto dalam air dong aku hahaha. Indonesia indah banget sih, harus selalu dieksplor yah!

    BalasHapus
  12. kok bisa ya santai banget foto di bawah air. Murah juga tiket masuknya, sayangnya nggak ada angkutan umum yang lewat sana, jadi harus pakai kendaraan pribadi kalau pengen ke sana

    BalasHapus
  13. Uwaa harus bisa tahan nafas lama ya kalo mau foto dibawah. Airnya jernih bangetttt.. Ikannya juga banyak ya

    BalasHapus
  14. Waaaaaaaa, ini sih di deket rumahku, mbak Aiii. Jaraknya cuma 5 km. 😂😂
    Aku malah terhitung jaraaaanggg banget ke Umbul Ponggok. Pernah ke sana dua kali doang, bareng saudara sama sepupu, wkwkwkwkkkk

    BalasHapus
  15. sebenernya wajib bisa renang dan gak panik air yaa biar bs foto sekece itu. saya paling takut masuk air loh. hiks...padahal.foto di sana keren banget yaa

    BalasHapus
  16. wow fotonya bisa instagramable banget gitu yaa.. aku kapan ya main air. hehe.. Aku ada trauma sedikit dengan sungai, laut dan teman-temannya nih. Tapi kalau liat seindah ini mah langsung auto mo kesana.

    BalasHapus
  17. wohoo aku udah beberapa kali ke sini tapi buat latihan diving biasanya sebelum ke laut, memang bagus ya airnya alami

    BalasHapus
  18. sumpah ini sih keren bangeet! Pengen cobain juga ke umbul ponggok, tapi aku tuh gak bisa buka mata di dalem air, nanti fotonya aneh dong sambil merem :((

    BalasHapus
  19. gilaaaa indah banget beb mata air umbul ponggok iniiii, bener2 bersih dan jernih airnya. duh kapan2 harus banget ke sana ya kalau main ke klaten :D

    BalasHapus
  20. wah dengan harga 100k udah lumayan murah bangettt. sayangnya jauh dari Jakarta huhu seloga kapan kapan bisa kesanaa

    BalasHapus
  21. iih ko keren banget sih ini tempat wisatanya ya, jadi pengen ke sana juga ih, masukin wish list tempat yg pengen dituju ah

    BalasHapus
  22. Wah belum.pernah ke umbul Ponggok mbak, ternyata ada wisata airnya ya, keren ih, jadi penge .lihat lihat lagi ada apa aja sih di sana.

    BalasHapus
  23. Wah belum.pernah ke umbul Ponggok mbak, ternyata ada wisata airnya ya, keren ih, jadi penge .lihat lihat lagi ada apa aja sih di sana.

    BalasHapus
  24. Masya Allah tabarakallah indah sekali air terjun ini, aku sudah lama banget nggak main ke air terjun begini

    BalasHapus
  25. Airnya jerning banget ya... asli ngga keliatan keruh & gampang gitu dipotonya. Tapi aku rada parno kalau harus poto2 sama ikan, takut digigitin hahahah :D

    BalasHapus
  26. Lokasinya bagus banget berarti ngak terlalu jauh dari Kota Jogja yah, pingin ih wisata ke sana bersama anak-anak apalagi anak-anak paling suka main air, pasti bakalan betah berwisata ke sana.

    BalasHapus
  27. Umbul Ponggok memang terkenal banget ya..
    aku sering liat foto bawah air nya yang lucu lucu

    BalasHapus
  28. Huwaaa, aku yang sering riwa riwi di dekat Umbul Ponggok aja belum sempat mampir. Abisnya sering full, harusnya memilih weekdays aja yang bebas foto krn sepi

    BalasHapus
  29. Duh fotonya langsung deh bikin kangen liburan ke air gitu mba Ai, ix next kalo ada kesempatan pengen main kesana juga :)

    BalasHapus
  30. Airnya selalu sejernih itu ya. Cakep juga bisa motret2 di air. Pernah lihat di IG, sampai sekarang masih penasaran

    BalasHapus
  31. Indah banget ini!! Pengen nyoba menyelam dalam air gitu tapi aku takut tenggelam. Haha.0

    BalasHapus
  32. Itu foto di dalam air kan yah kak? Wah keren banget yah, dgn Traveloka ini perjalanan makin mengasyikkan

    BalasHapus
  33. Dari dulu penasaran nih sama Umbul Ponggok. Belum kesampaian ke sana. Jauh sih...kecuali pas pulang kampung ya.

    BalasHapus
  34. Ini tuh dekat rumah Ibuku lho, tapi aku belum pernah ke sana,haha. Nggak kebayang itu nyebur gitu ya? Kalau gak bisa renang gitu gimana ya? Malah jadi penasaran, Mbak.

    BalasHapus
  35. Enaknya sih snorkeling aja ya jadi bisa lihat hewan laut di bawah air, cuma kadang aku gak kuat lama juga di bawah airnya. PIngin ah nanti nyobaon ke Umbul ponggok di Klaten

    BalasHapus
  36. Pernah lihat Unggul Ponggok di tv emang keren banget ya bersih banget sukses buat kepala desanya

    BalasHapus
  37. Penasaran dengan airnya yang jernih tapi ragu juga berani nggak ya nyelam hihi...sebenarnya udah cantik aslinya ya nggausah pakai segala macam atribut dalam air hehe

    BalasHapus
  38. Ini mah recomended banget mba. Dg harga tiket yg terjangkau bs masuk ketempat bagus begini. Tp kalo foto n mcm2 byr lg ya.. Hmm.. Tp sebanding sih mba. Bagus soalnya.

    BalasHapus
  39. Sudah lama dengar tentang tempat wisata Umbul Ponggok Klaten. Tapi belum sempat ke sana aja, padahal dekat dengan tempat adiknya ibu.

    BalasHapus
  40. Umbul Ponggok ini hits banget yak.. bisa bening banget. Pengen kesana trus poto2 di bawah air.. seru kayaknya

    BalasHapus
  41. Huaaa cakep ih foto-foto di dalam airnya. Pengeeen tapi mataku suka ga kuat lama-lama di air. Tapi penasaraban yaaa galau deh hahaha

    BalasHapus
  42. Wuih, keren banget ya tempatnya. Kepengen deh bisa foto di bawah air gitu. Tapi,aku kan gak bisa nyelam. 😅

    BalasHapus
  43. Belum pernah kesana mba,, masyaAllah kangen senorkeling lagi itu beneran didalamnya Ada bangku gitu🥴 next mesti d jadwalin atuh

    BalasHapus
  44. Weh bisa poto underwater gitu di sana ya. Bagus-bagus ya mbak spot foto instagramable nya

    Tapi emang ini dah viral ya walau aku belum pernah ke sana

    BalasHapus
  45. Naahh ini nih wajib dicoba. Foto-fotonya unik ya. Kayak sedang beraktivitas biasa tapi di dalam air. Wajib masuk bucket list liburan nih

    BalasHapus
  46. dari dulu penasaran dengan foto bawah air kyk gini. kok bisa ya mereka melek saat di dalam air, ga pedih apa matanya?

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)