Minggu, 02 Februari 2020

Pepsodent Siwak Ajak Kamu untuk Jadi #PahlawanSenyum Adik-Adik Panti Asuhan di Seluruh Indonesia

Memahami kebersihan itu adalah sebagian dari iman, maka sudah selayaknya kita sebagai manusia dan umat muslim khususnya senantiasa menjaga kebersihan tubuh. Bahkan Rasulullah senantiasa menjaga kebersihan dan merawat tubuhnya dengan baik sebagai bentuk rasa syukur pada Allah SWT. 

Beliau sangat sungguh-sungguh dalam menjaga dan merawat kebersihan anggota badannya, dari ujung rambut hingga ujung kaki.


Menjaga Kebersihan & Kesehatan Tubuh Sesuai Sunnah Rasulullah

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:
“Fitrah manusia ada lima, yaitu dikhitan (disunat), mencukur rambut kemaluan, menggunting (merapikan) kumis, memotong kuku (kuku tangan dan kaki, serta mencabuti bulu ketiak” (HR. Bukhari). Hadits tersebut juga disebutkan oleh
Ustadzah Aini Aryani, Lc. sebagai Ahli Fiqih di acara Launching Pepsodent Siwak beberapa hari yang lalu.

Salah satu yang sangat diperhatikan oleh Rasulullah SAW yaitu menggosok gigi dengan siwak. Iya, Rasulullah SAW selalu memperhatikan kesehatan gigi beliau, bahkan setiap menjelang shalat beliau menggosok gigi dengan siwak. Seperti hadits di bawah ini:

“Andaikan aku tidak khawatir memberatkan umatku, pasti aku perintahkan wajib bersiwak (menggosok gigi) setiap hendak shalat.” (HR. Bukhari dan Muslim dari Abu Hurairah).


Dari hadits ini menunjukkan betapa Rasulullah SAW menganggap penting bersiwak dimana bermanfaat bagi kesehatan. Menjaga area mulut seperti menjaga martabat kita sebagai manusia, karena saat berbicara dengan orang lain lalu mulut kita “bau” secara tidak langsung membuat orang lain tidak nyaman dan menilai diri kita tidak memperhatikan kesehatan mulut dan gigi.

Lebih lanjut Ustadzah Aini menerangkan, “Menjaga kesehatan gigi dan mulut menjadi salah satu yang diutamakan oleh Nabi Muhammad SAW karena menyangkut kesehatan diri sendiri serta adab dalam berhadapan dengan orang lain. Di masa beliau, siwak menjadi bahan yang diandalkan karena beragam kandungannya memiliki banyak manfaat bagi kesehatan gigi dan mulut.”

“Seiring waktu, beberapa hadits yang mengisahkan mengenai pentingnya bersiwak memunculkan ilat dari sebagian ulama bahwa sunnah yang ditekankan adalah membersihkan rongga mulut, menggunakan alat bantu apapun. Inilah indahnya Islam yang tak lekang oleh zaman, di era modern seperti sekarang, kandungan siwak yang terkandung di dalam pasta gigi pun dapat memudahkan kita untuk mengikuti teladan Rasulullah SAW dalam merawat kesehatan gigi dan mulut,” lanjut Ustadzah Aini.



Salah satu bentuk syukur kita yang berdampak pada kesehatan pada sebagian tubuh kita yang bernama gigi adalah menjaga dan merawatnya dengan baik, sebagaimana yang telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW. Kita akan mendapatkan manfaat yang sangat banyak, tidak hanya sebagaimana amalan yang dihargai dengan pahala di hadapan Allah SWT. Meskipun Rasulullah SAW menyatakan hukumnya sunnah, tetapi ini juga dapat membuat hidup kita lebih nyaman dan sehat. 

Dalam sebuah hadits, Rasulullah SAW bersabda:
"Malaikat Jibril terus-menerus berpesan agar aku menggosok gigi (bersiwak), sehingga aku khawatir gigi-gigiku tanggal dan aku ompong tanpa gigi." (HR. Thahawi).

Dengan demikian, tidak ada alasan bagi kita untuk tidak menjaga kebersihan gigi. Jika dinilai dari segala seginya, segala hal yang dianjurkan oleh Rasulullah SAW. selalu bermanfaat dalam dua zaman, yakni zaman jangka pendek (di dunia) dan zaman masa jangka panjang (akhirat). 

Manfaat Bersiwak Setiap Hari


Berbicara mengenai bersiwak, tentunya kita memahami kalo manfaat dari bersiwak itu sungguhlah banyak dalam hidup. Mengenai khasiat kayu siwak, Drg. Ratu Mirah Afifah, GCClinDent., MDSc. selaku pakar kesehatan gigi dan mulut menuturkan, “Berbagai penelitian modern membuktikan bahwa siwak adalah bahan alami yang berfungsi menghambat dan mematikan pertumbuhan bakteri serta menguatkan permukaan email gigi sehingga mencegah timbulnya gigi berlubang. Selain itu, siwak juga dapat menjaga kesehatan gusi dan jaringan penyangga gigi, menghentikan pendarahan dan peradangan gusi, dan menstimulasi peningkatan produksi air liur yang berfungsi menetralkan kondisi asam di dalam mulut. Dengan begitu banyaknya manfaat, penggunaan siwak kini sudah mendunia. Bahkan sejak 1984, World Health Organisation merekomendasikan siwak sebagai bahan yang efektif untuk merawat kesehatan gigi dan mulut.”




Mengawali tahun baru dengan kebaikan, Pepsodent, brand dari Unilever Indonesia, meluncurkan inovasi terbarunya, Pepsodent Siwak. Bahan ekstrak kayu siwak dalam produk ini mengandung begitu banyak kebaikan untuk kesehatan gigi dan mulut, dan sudah dikenal oleh umat Muslim sejak dahulu kala.

Pepsodent memperkenalkan pasta gigi halal BARU dengan kebaikan bahan-bahan alami Siwak dan Mint, yang membantu merawat kekuatan gigi dan menyegarkan nafas serta memberi kebersihan dari luar dan dalam.

Adapun kebaikan dari Pepsodent Siwak:

➱ Siwak yang terkenal dengan manfaatnya sebagai anti bacterial alami, pencegah gigi berlubang, dan dapat mencegah timbulnya karang gigi

➱Mint memberikan kesegaran nafas tahan lama
  

Pepsodent Siwak Ajak Seluruh Masyarakat untuk Jadi #PahlawanSenyum Adik-Adik di Panti Asuhan


Lebih dari itu, peluncuran Pepsodent Siwak juga mengajak masyarakat untuk berbagi melalui program donasi yang diselenggarakan bersama Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).





Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent, PT Unilever Indonesia Tbk. menyampaikan, “Sejalan dengan tujuan mulianya, Pepsodent percaya bahwa ‘Setiap Senyuman Begitu Berarti’. Oleh karena itu, Pepsodent berkomitmen untuk melindungi tiap senyuman masyarakat Indonesia melalui seluruh rangkaian produk perawatan gigi dan mulutnya serta berbagai program yang bertujuan mengedukasi masyarakat akan pentingnya merawat kesehatan gigi dan mulut mereka.”

“Kali ini, Pepsodent mempersembahkan Pepsodent Siwak untuk menjawab kebutuhan konsumen Indonesia yang mayoritasnya adalah muslim terhadap produk berkualitas yang halal serta mengandung bahan bermanfaat untuk merawat kesehatan gigi dan mulut. Dengan kandungan ekstrak siwak yang dilengkapi mint alami, inovasi ini dapat merawat kekuatan gigi sekaligus memberikan kesegaran nafas yang lebih tahan lama,” lanjut Distya.

Pepsodent Siwak tidak hanya mengedepankan kualitas dan kehalalan produk, namun juga mengusung nilai-nilai kebaikan untuk kesehatan dan kesejahteraan masyarakat. Oleh karena itu, Pepsodent akan mendonasikan 2,5% dari laba tiap kemasan Pepsodent Siwak yang terjual untuk memperbaiki kesehatan gigi dan mulut anak yatim piatu di berbagai wilayah Indonesia. Artinya, siapapun dapat menjadi “Pahlawan Senyum” dengan membantu membebaskan sebanyak mungkin anak Indonesia dari permasalahan gigi dan mulut.


Berbagai program yang akan dilaksanakan antara lain adalah aktivitas edukasi, membangun/memperbaiki fasiitas tempat cuci tangan, penyediaan produk, serta fasilitas cek gigi dan mulut gratis dengan dokter gigi profesional secara berkala.

Untuk mekanisme dan penyaluran donasi, Pepsodent bekerjasama dengan BAZNAS yang membina ribuan panti asuhan di seluruh Indonesia. Mohamad Arifin Purwakananta selaku Direktur Utama BAZNAS menerangkan, “Kami menyambut baik ajakan kolaborasi dalam program donasi ini karena menggarisbawahi pentingnya meningkatkan status kesehatan gigi dan mulut anak-anak yatim piatu – yang selama ini mungkin masih kurang menjadi prioritas. Selain itu, program ini juga menggugah kepedulian seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagi dengan anak-anak yatim piatu melalui cara yang dekat dengan keseharian mereka.”



“Pepsodent mengajak seluruh masyarakat berpartisipasi menjadi ‘Pahlawan Senyum’ dengan menyukseskan donasi ini. Tunjukkan kepedulian, perhatian dan kasih sayang kita untuk para anak yatim piatu dan mari kita dukung mereka memulai kebiasaan baik merawat kesehatan gigi dan mulut, sedari dini,” tutup Distya.

 

Acara Launching Pepsodent Siwak Bersama Anak-Anak Yatim Panti Asuhan Rawasari

Dalam acara ini, aku bersama teman-teman dari komunitas Indonesian Hijab Bloggers atau IHB berkesempatan untuk berfoto bersama anak-anak yatim dari panti asuhan Rawasari. Foto tersebut di print lalu ditempel pada kemasan Pepsodent Siwak. Beruntungnya aku bisa bertemu dan duduk bareng salah anak yatim namanya Nesta.

Nesta usianya 10 tahun dan kelas 4 SD, beda setahun dari usia anakku, Darell Adhibrata. Masyaaallah Nesta paham betul pentingnya menjaga kebersihan terutama kebersihan mulut dan gigi.
Nesta rajin banget sikat giginya, hanya lingkungan di tempat dia tinggal belum memahami edukasi kesehatan gigi & memiliki fasilitas kesehatan gigi yang memadai. Sedih ya





Untuk itu aku ajakin kalian semua buat jadi #pahlawansenyum Nesta & adik-adik panti asuhan di seluruh Indonesia bersama Pepsodent Siwak. Iya, bekerjasama dengan BAZNAS & Yayasan Unilever Indonesia, Pepsodent Siwak akan menyalurkan donasi dalam bentuk:

Edukasi kesehatan gigi & mulut
Periksa gigi gratis
Paket Pepsodent
Perbaikan fasilitas sikat gigi

Fyi, setiap kemasan Pepsodent Siwak yang terjual, 2.5% dari laba akan didonasikan untuk program kesehatan gigi & mulut anak yatim piatu di Indonesia 
lho 😃 Karena setiap senyuman begitu berarti, yuk beb jadi #pahlawansenyum biar bisa bantu adik-adik di panti asuhan mendapatkan edukasi & fasilitas kesehatan gigi yang layak #senyumberbagiberkah 😉 



36 komentar:

  1. Asik.. Pas banget ini lagi coba yang versi siwak. Rasanya sih yaa beda ya sama yang formula 5in1.masih belum terbiasa di mulut. Dan bersukur banget karena beli ini bisa ikut donasi ya

    BalasHapus
  2. wah varian baru dari pepsodent ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada kandungan siwaknya sesuai dg sunnah rasul. wow jd penasaran pengen coba juga nih saya. udah banyak di minimarket kan ya

      Hapus
  3. wah keren nih skr udah ada pepsodent siwak. aku mau cari ahh karena suka dengan produk pasta gigi yg mengandung siwak :)

    BalasHapus
  4. Wah varian baru dari pepsodent yang belum pernah saya coba nih, kebetulan di rumah saya juga pakai pasta gigi ini mulai dari anak-anak sampai dewasa. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  5. Siwak merupakan sunah nabi SAW, makanya sekarang aku senang sekali sudah ada dalam bentuk pasta. Tinggal beli Pepsodent Siwak dan sekalian ikut donasi juga mbak.

    BalasHapus
  6. Siap berburu Pepsodent SIwak! Semoga segera masuk ke toko2 di Surabaya.
    Suenenggg aku, kalo ada program kolaborasi antara brand dan layanan sosial kemanusiaan kayak Baznas.
    Berfaedah banget

    BalasHapus
  7. Sebagai pengguna setia pepsodent, seneng deh tau sekarang ada yang mengandung siwak. Program pahlawan senyumnya juga keren banget...

    BalasHapus
  8. Senyumnya sumringah banget sih mbak, hahaha.. aku suka deh acara edukasi yang sekalian ada tausiyahnya gini. Dunia dapet, akhirat dapet. Eaaaa

    BalasHapus
  9. Kalau sudah ada Pepsodent Siwak jadi kepengin beralih ke ini, karena sudah diteladankan Nabi Muhammad SAW dan kebaikan dan manfaat yang dimiliki siwak ini.

    BalasHapus
  10. Suka sama kemasannya. Mewah dan meninggalkan kesan susah untuk dilupakan!
    Long memory, gitu
    Kudu coba, biar lebih greget!

    BalasHapus
  11. Akhirnya Pepsodent punya produk siwak juga. Kalau ngomongin pasta gigi memang aku selalu pilih merk ini, MBak. Malahan sekarang ada varian siwaknya, tambah komplit aja, tambah seneng pastinya.

    BalasHapus
  12. wah pepsoden ada varian baru ya, belum pernah tahu ya saya. Biasanya juga suka pasta gigi yang siwak. Tapi di rumah juga pakai pepsodent

    BalasHapus
  13. bener bener jeli menangkap peluang ya Unilever ini, ada Pepsodent Siwak juga, mengadakan yang khusus buat muslim

    BalasHapus
  14. Wah pepsodent ada varian siwak sekarang. Makin sehat nih gosok gigi dengan pepsodent siwak setiap hari. Manfaat siwak setiap hari ini memang luar biasa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iyah pdhl dulu saya mikir kalau pakai siwak ajah bs sakit sebab kadang saya terlalu semangat sampai kena gusi. kalau idah tercampur pepsodent begini kan praktis

      Hapus
  15. Keren yah Pepsodent ini ada rasa siwaknya juga nieh... Aku penasaran banget jadinya pengen cobain juga jadinya

    BalasHapus
  16. Alhamdulillah di rumah juga pakai. Sejauh ini selama pakai Pepsodent Siwak ini mulut saya jadi berasa nyaman dan pede, nggak takut bau mulut karena cukup tahan lama.

    BalasHapus
  17. Inovasi yang bagus nih dari Pepsodent. Pernah cobain kayu siwak dulu banget, kalau ada yang dalam bentu pasta gigi gini kan enak. Makin praktis. Aroma siwaknya pun tetap terasa.

    BalasHapus
  18. Jd bangga beli pepsodent di mini market barusan. Ternyata 2,5% nya bakal di sumbangkan. Keren ah pepsodent. Aku dr dulu emang make pepsodent ini sih. Tp baru nyoba yg siwak.

    BalasHapus
  19. Biasanya aku suka pake Pepsodent yang varian lain. Pas belanja bulanan nanti, ku jadi pengen cobain Pepsodent Siwak ini, ah. Tampilannya eye catching dan kayaknya bakal cocok

    BalasHapus
  20. Unik banget sih ada Pepsodent siwak pengenb tahu gimana aromanya..program donasinya juga baguus, semoga laris manis biar makin banyak anak yang dibantu ya

    BalasHapus
  21. Next aku juga mau stock nih d rumah Varian baru pepsodent yg kandunganya siwak n mint biar tambah fresh Dan Sehat Gigi dn mulut

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cus kak Utie di stok tapi sekarang memang belum ada dipasaran nih, aku juga pengen banget ganti yang di rumah pakai Pepsodent Siwak

      Hapus
  22. Waah seneng banget akhirnya Pepsodent ngeluarin produk ini juga, nanti kalo udah nemu di supermarket mau cuss langsung beli ah hehe

    BalasHapus
  23. Senangnya melihat senyum2 adik-adik ini ya. Pepsoden bantu banget mereka ya. Varian baru ya ini mengandung siwak, ntar aku cobain deh

    BalasHapus
  24. Coba besok kalau belanja mau cari ah pasta gigi yang ini. Kyknya yang mengandung siwak sedang jadi trend ya mbak seiring dengan makin banyak org paham manfaat siwak.
    Wah ternyata ada program donasinya juga ya

    BalasHapus
  25. MashAllah~
    Islam itu indah dan menyukai keindahan.

    Bahkan untuk menjaga kesehatan rongga mulut, haditsnya sampai banyak dan detil.
    Manfaat siwak adalah yang terbaik.
    Alhamdulillah,
    Pepsodent menghadirkan dalam bentuk pasta gigi yang menjadi sangat mudah digunakan.

    BalasHapus
  26. Penasaran ah mau coba si siwak ini secara langsung. Skrg pepsodent juga ada varian baru selain siwak ya, charcoal dan cengkeh.

    BalasHapus
  27. Inovasi terbaru dari Pepsodent dan program Pahlawan sentum nya bagus mba. Ada sedekah di dalam nya..

    BalasHapus
  28. Mbaa Andin sumringah banget wajahnya dan giginya putih banget gara2 make pepsodent siwak ya. Mau jugaaa ah aku make. Suka ama packaging nya

    BalasHapus
  29. Wah aku pernah coba pepsodent siwak ini, rasanya unik dan nafas jadi lebih terasa segar setelah menggosok gigi

    BalasHapus
  30. Sekarang pepsoden ada yang mengandung siwak ya, jadi makin mudah nih untuk pakai siwak. Nanti mau coba ahh..

    BalasHapus
  31. Kemarin tuh aku dengar kita bisa daftar jadi Pejuang Senyum, relawan gitu. Tapi aku lupa caranya gimana, Ka Aie inget ga gimana caranya?

    BalasHapus
  32. duww senyumnya bahagia banget mba. nular nih hehe btw ku lagi di mall dan langsung catet mau beli pepsodent siwak ini haha

    BalasHapus
  33. Kalu gitu aku beli Pepsodent Siwak ini aja deh pas pasta gigi di rumah abis. Bisa bikin gigi sgar dan bersih seperti senyum merekah dari Mak Aie, plus untuk berdonasi buat adik adik juga.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)