5 Tips Tidur Cukup dan Berkualitas Selama Ramadan

Selasa, 19 April 2022

Selain pola makan, pola tidur pun otomatis ikut mengalami perubahan selama bulan Ramadan karena harus bangun dini hari untuk sahur setiap harinya selama 30 hari. Terlebih untuk seorang ibu yang mempersiapkan hidangan sahur untuk keluarga, belum lagi punya anak bayi dan balita. Makanya penting banget untuk menjaga pola tidur yang cukup selama bulan Ramadan supaya tetap semangat dan bugar. So, here is "5 Tips Tidur Cukup dan Berkualitas Selama Ramadan". Shall we start now? 

Kintakun Sprei Kiyowo Series

By the way kamu udah tau belum kalo tidur malam yang nyenyak dapat mengontrol rasa lapar ketika berpuasa? Kalo dipikir-pikir ada benarnya juga, karena saat kurang tidur aku cenderung lapar berlebih esok hari. Selain itu, kurang tidur menyebabkan sakit kepala, mood swings, gangguan fungsi kognitif, dan kenaikan berat badan. Nah coba deh bayangin kurang tidur saat puasa, gimana coba bisa konsentrasi melakukan kegiatan di siang hari.

5 Tips Tidur Cukup dan Berkualitas Selama Ramadan

Dari berbagai artikel yang aku baca, berikut adalah 5 tips tidur cukup dan berkualitas selama Ramadan yang bisa kamu terapkan mulai dari sekarang:

1. Tidur 8 jam/hari

Usahakan untuk tidur mendekati durasi yang ideal yakni sebanyak 8 jam per hari. Jika sulit buat dilakukan, setidaknya bisa dibagi dalam dua bagian. 

Pertama, tidur selama 4 jam usai shalat tarawih hingga menjelang waktu sahur. Setelah itu, coba untuk tidur beberapa jam lagi untuk melengkapi kekurangannya. 

2. Atur pola tidur 

Menjaga ritme tidur yang disesuaikan dengan rutinitas selama Ramadan sangatlah penting. Misal tidur jam 10 malam, lalu bangun jam 3 pagi untuk persiapan sahur. Setelah itu sempatkan tidur usai subuh dan bangun kembali jam 8 pagi. 

Kintakun Sprei Kiyowo Series

Dengan ritme seperti ini maka kita akan bangun dan tidur di waktu yang teratur selama sebulan beribadah. Cara ini membuat tubuh memiliki ritme tersendiri sehingga tidur lebih nyenyak dan berkualitas.

3. Take a power nap atau tidur siang 

Tidur siang saat berpuasa bisa menjadi cara mengembalikan energi dan konsentrasi yang menurun. Pastikan untuk mengatur alarm agar hanya tidur siang sekitar 20 menit. 

Pasalnya, tidur siang yang terlalu panjang hanya akan membuat pusing dan tubuh bertambah lesu. Disarankan juga untuk tidur siang di ruangan yang gelap atau minim cahaya.

4. Perhatikan asupan makanan 

Saat berpuasa kadang suka khilaf saat berbuka ya, apa aja mau dimakan, gorengan, makanan dan minuman manis. Padahal ya kualitas tidur seseorang bisa dipengaruhi apa yang dikonsumsnya, lho. Asupan yang tidak sehat seperti kadar gula tinggi dan sarat kalori bisa membuat tidur kurang nyenyak. 

Sebaiknya jangan terlalu banyak konsumsi makanan manis dan berlemak ketika berbuka puasa karena menyebabkan sulit tidur. Sementara itu, makanan berkafein dan pedas dapat menyebabkan perut mulas dan begah sehingga bisa mengganggu waktu istirahat.

Kintakun Spreai Kiyowo Series

5. Atur ruangan agar tidur lebih nyenyak

Kamar tidur yang tenang dan cenderung gelap merupakan tempat yang ideal untuk tidur berkualitas. Pastikan pula menghindari paparan gadget sebelum tidur, seperti laptop, smartphone, dan televisi. 

Kalo aku merasa nyaman tidur dengan kondisi kamar gelap alias minim cahaya trus juga sebisa mungkin pemilihan sprei juga harus yang bisa bikin nyaman. Karena aku percaya bangunkan kebaikan berawal dari kamar. Ya kan?!

Bangunkan Kebaikan Berawal dari Kamar

Salah satu sprei dengan harga terjangkau namun kualitasnya bagus yaitu sprei Kintakun dengan varian motif Kiyowo Series yaitu sprei dengan motif minimalis ala Korea. Sprei Kintakun Kiyowo Series D'Luxe Nirmana yang berwarna biru dan motif khas Korea sungguhlah menggemaskan, ya. 

Sprei Kintakun Kiyowo Series D'Luxe Nirmana terbuat dari kain Micro Tex, dimana bahan yang digunakan di series D'Luxe mempergunakan benang micro fiber. Kerapatan kain dari sprei ini lebih rapat dibandingkan kain sprei dan bed cover yang lain sehingga lebih lembut, tebal dan nyaman. 

Kintakun Sprei Kiyowo Series

D'Luxe juga menggunakan bahan disprese print yang menghasilkan print kain yang warnanya lebih tajam. Udah gitu yang bikin aku kecintaan sama sprei ini harganya yang ekonomis, murah, dan sangat terjangkau. 

Kelebihan Produk D'Luxe Nirmana Edition yaitu:

  • Koleksi motif terbaru Kintakun di awal 2022
  • Terbuat dari microtex berkualitas tinggi
  • Lebih sejuk dan nyaman di kulit dengan teknologi Hi-Breath
  • Super lembut dan paling awet
  • Nyaman digunakan
Ada tiga ukuran yang bisa kamu pilih sesuai ukuran tempat tidur di rumah yaitu;
  1. 120x200,
  2. 160x200, dan
  3. 180x200
Dalam satu sprei berisi dua sarung bantal dan dua sarung guling, trus harganya yang terjangkau mulai dari Rp. 80.000,- sampai Rp. 120.000,- tergantung ukuran yang dipilih. 

Kintakun Sprei Kiyowo Series

Oia, koleksi Sprei Kintakun Kiyowo Series dengan Brand Ambassador aktor Korea Ji Chang Wook ini, bisa kamu beli di banyak e-commerce di Indonesia seperti Tokopedia, Shopee, dan Lazada. 

Untuk kamu yang ada rencana ganti sprei baru menjelang lebaran nanti boleh lho diintip koleksi lainnya dari Sprei Kintakun Kiyowo Series yang bisa langsung kamu cek di:

  • Website: www.kintakun.co.id
  • Instagram: @kintakun_collections
  • TikTok: @kintakunbedcover
  • Youtube: Kintakun Collections
#darikamaruntukindonesia #berawaldarikamar

33 komentar

  1. Duuuh anakmu itu loh menggemaskan Aie!
    Ternyata syarat tidur nyenyak berkualitas juga dengan seprai yang berkualitas tinggi ya

    BalasHapus
  2. Aku lagi masukin ke keranjang nih merk ini ha ha ha baru tahu juga dengan teknologi Hi-Breath nya. Jadi selain nyaman ya aman ya sprei buat kita tidur.

    BalasHapus
  3. Tidur nyaman kalau seprei nya juga nyaman y mbak.

    BalasHapus
  4. Tidur berkualitas penting banget bagi kesehatan. Dengan sprei yang nyaman bisa mendukung tubuh sehat, ya

    BalasHapus
  5. Wah seprainya kayaknya nyaman banget ya mba. Terus harganya termasuk terjangkau juga. Pasti bikin keluarga dan anak betah lama lama di tempat tidur.

    BalasHapus
  6. Setuju nih tidur siang kelamaan mom bisa pusing ya kepala. Aku kalau gak penting banget jarang tidur siang,takut bablas kelamaan. Btw ini series seprai terbaru dari Kintakun ya mom? aku belum punya yang series ini

    BalasHapus
  7. nah jadi pengen bobo atulah ngelihat sprei yang nyaman dan tidur pun jadi berkualitas yaaa. Btw ga usah diragukan lagi kalo sprei brand Kintakun mah udah dari jaman dulu yaa. AKu pun masih punya, bekas dulu kado2 pas nikah hahaaa.

    BalasHapus
  8. Kalo sprei nyaman seperti Kintakun tidur pun jadi lebih nyenyak dan berkualitas yaaah
    Aku sih selalu menyempatkan untuk tidur siang walau hanya 1 jam, yang penting istitahat deh disempet2in aja hehehe

    BalasHapus
  9. Lelap banget si adek tidurnya, berkat sprei kintaku yang nyaman juga ya.
    Kintakun nih motifnya simpel-simpel ya, saya juga suka pakainya. Bahannya adem bikin tidur jadi nyaman dan pulas

    BalasHapus
  10. Memang tidur yang cukup dan berkualitas akan berpengaruh ke aktivitas Ramadan kita. Dan memilih sprei untuk kenyamanan tidur penting adanya. Seperti sprei Kintakun dengan varian motif Kiyowo Series yaitu sprei dengan motif minimalis ala Korea yang adem bahannya, kalem warnanya dan bikin gumush motifnya.

    BalasHapus
  11. Susah juga menjaga pola tidur saat Ramadhan. Rasanya aku malah baru tidur jam 11-12 eh harus bangun lagi jam 3 lebh dikit buat menyiapkan sahur. Abis sahur ngga tidur lagi huhu. Tapi enakeun tuh sprei Kintakun, adem bener.

    BalasHapus
  12. Maunya gitu, pas buka enggak nyrnggol gorengan, Maak. Tapi kalau masih angett kok pasti menggoda. Hahaha.

    Spreiny motifnya bagus.

    BalasHapus
  13. Ahaaa, Kintakun ini udah terpercaya banget brandnya. Di rumah pun pada pake Kintakun, jadi kalo bobo berkualitas pun memang dipengaruhi oleh tempat tidur dan sprei salah satunya m

    BalasHapus
  14. beneran deh sprei tuh ngaruh banget sama nyenyak tidaknya kita tidur... Seneng banget liat sprei rapi..halus lembut dan adem...

    BalasHapus
  15. Dari awal aku udah salfok ama sprei nya, ko lucu banget. Ternyata Kintakun ya.. Aku suka sprei merk ini, harganya terjangkau dan kualitasnya bagus.

    BalasHapus
  16. Tidurku acak-acakan banget selama Ramadan ini. Karena single, masih santai sih. Semoga gak berlanjut pas udah berkeluarga. Kayanya mau otw ganti sprei juga biar tidur makin nyenyak dan nyaman

    BalasHapus
  17. Sprei warna biru tuh nuansanya adem, ya. Nuasanya kayak gitu memang udah nyaman untuk beristirahat di kamar. Apalagi kalau bahan spreinya bagus

    BalasHapus
  18. Iya ya, ramadhan tuh waktu tidur jadi berubah. Tidur aja aku masih suka lebih dari jam 11, terus jam 2.30 bangun untuk nyiapin sahur. Habis subuh biasanya tidur sebentar nanti bangun lagi siap2 deh anter cobah ke sekolah.

    BalasHapus
  19. Ah si dedek lucu amaaat jadi seger kalau bobonya di seprei yang enak yaaa

    BalasHapus
  20. Jadi pengen bobo di sebelah anakmu,eh,hehe. Nyaman banget ya spreinya kaya ngajakin buat tidur gitu,makasih tips2nya ya mom.

    BalasHapus
  21. Sprai ku juga kintwkun nih mbak. Bahannya adem dan nyaman. Bahagia sederhana itu pas mau tidur spreainya baru ganti yang bersih duh enak banget dipake tidur

    BalasHapus
  22. Selama Ramadan ini susah banget deh mengusahan tidur malam 8 jam. Pasti kurang 4 jam deh. Padahal sepreinya udah nyaman.

    BalasHapus
  23. Spreiii aku tuh suka koleksi sprei yg nyaman karena setiap semjnggu 2-3x ganti sprei. Rasanyaa enakk ademm kalau sprei hbs di ganti.

    BalasHapus
  24. Iya banget deh, di bulan puasa tidur kayaknya rada kacau ya. Bangun masak sahur, tidur laginya, dan enaknya tidur siang bikin susah buat ngatur. Tapi setuju deh, patokannya ke 8 jam sehari dan bisa tidur siang sejenak namun berkualitas, kebutuhan tidur bisa tercukupi. Btw, bagus ih motif sepreinya. Cocok buat kasur anak.

    BalasHapus
  25. Sprei kintakun bagus secara harga juga ramah di kantong soalnya ada kan maak sprei yg harganyaa 500rban.

    Motif dan warnanya juga cakep

    BalasHapus
  26. Gmes banget warna spreinya. Ih, aku jadi mupeng. Emang yang namanya tidur berkualitas dimulai dari kasur dan sprei yang berkualitas juga.

    BalasHapus
  27. MAsya Allah, aku galfok sama anaknya mbak..Gemes banget hahaha
    Salah satu kebaikan dari kamar adalah dengan menggunakan seprei yang baerkualitas, salah satunya dengan kintakun

    BalasHapus
  28. Akuu salah satu penggemar sprei maak, sukaak ganti sprei seminggu 1-3x. Naah kintakun ini produknya bagus murah motif bervariatif.

    BalasHapus
  29. Aku nih Kintakun mania. Hampir semua sprei di rumah merk Kintakun. Soalnya enak sih. Bahkan 2 hari lalu abis check out dua sprei single Kintakun karena anak-anak minta sprei baru. Sprei Kintakun adem dan tidak luntur

    BalasHapus
  30. Untuk jam tidur, saya memang belum bisa bablas 8 jam. Biasanya dibagi 2. Ya lumayan deh jadi bisa 6-8 sehari. Apalagi kalau spreinya bikin nyaman. Tambah nyenyak tidurnya

    BalasHapus
  31. Tidur menjadi berkualitas selama Ramadan ketika spreinya nyaman digunakan. Aku tuh mom kalau pakai seprei yang lembut, tidak panas. Seperti Kintakun, tidurnya jadi lebih berkualitas alias kelamaan, hehe he
    Salam: Dennise Sihombing

    BalasHapus
  32. Wah hebat kak bisa tidur siang hanya 20 menit. Kalau saya bisa-bisa bablas hehe. Memang tidur itu nikmat dan penting bagi tubuh. Salam hangat kak Andiyani.

    BalasHapus
  33. Aaaaa lucunyaa si adeekk, tidur pules dengan sprei yang adem dan lembut pasti nikmat sekaliii... Aku masih belum bisa menahan tidur kurang dari setengah jam nih, pasti bablas teruuuss hehehe

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)