FWD Community Ladies Talk 2022: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri

Senin, 11 April 2022

Sejak tahun 2021 FWD Insurance meluncurkan FWD Bebas Berbagi – Women Community bersama dengan komunitas bloggers, FWD Bloggers Squad. Maka di tahun ini, program tersebut kembali hadir sebagai bentuk upaya perusahaan untuk mendukung program literasi keuangan sesuai himbauan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Program ini dimulai dengan FWD Community Ladis Talk 2022 dengan acara kick off bertajuk Women Inspirational Talk: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance. Berikut adalah rangkuman dari acara tersebut, so shall we start the review?

FWD Insurance

Masa pandemi membawa banyak perubahan dan tantangan tak terkecuali bagi para perempuan karir di Indonesia. Entah berkarir dengan bekerja di perusahaan ataupun memiliki usaha kecil di rumah. Hal ini menghadapkan perempuan dengan tantangan untuk dapat menyeimbangkan pekerjaan dan kehidupan di rumah.

Perubahan dan tantangan selama masa pandemi ini aku rasakan juga, dimana harus bisa membagi waktu antara pekerjaan dan urusan rumah tangga. Belum lagi anak yang harus belajar dari rumah dan urusan domestik lainnya. Mau gak mau, suka gak suka semua ini harus dihadapi dan otomatis membuat aku menjadi kuat dan resilient terhadap tantangan-tantangan yang ada.

FWD Insurance

Women Inspirational Talk: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance

Webinar Women Inspirational Talk: Merayakan Hidup Penuh Percaya Diri bersama FWD Insurance diselenggarakan untuk menutup serangkaian kegiatan yang dilakukan dalam rangka memperingati hari perempuan internasional pada 8 Maret lalu, dimana FWD Insurance juga telah kembali meluncurkan program pengembangan perempuan HERoic untuk karyawan serta turut serta dalam dialog bersama Indonesia Business Coalition for Women Empowerment (IBCWE) mengenai peran laki-laki untuk bisa berbagi ruang serta mendukung perempuan untuk berkembang.

Acara ini dihadiri oleh beberapa pimpinan perempuan dari FWD Insurance, yaitu Maria Magdalena (Chief Governance Officer dan Direktur Kepatuhan), Desy Widjaya (Chief Financial Officer), Rosidar Suhaid (Chief Bancassurance Officer) dan Widaningrum (Head of Marketing and New Business Model). Program FWD Bebas Berbagi – Women Community terdiri dari serangkaian kegiatan, mulai dari workshop hingga edukasi melalui konten keuangan yang akan dilakukan selama 9 bulan kedepan.

FWD Insurance adalah asuransi kesehatan dan asuransi jiwa yang berbasis digital dan memiliki visi menjadi perusahsaan asuransi terkemuka di Asia Pasifik yang yang dapat mengubah cara pandang masyarakat tentang asuransi di Indonesia. FWD Insurance berfokus pada kebutuhan nasabah dengan didukung teknologi digital.

FWD Insurance

The Power of Setting Intentions

Dalam acara ini, para bloggers squad yang hadir mendapatkan inspirasi dari women leaders di FWD. Ya, kick off kali ini menghadirkan Tsamara Fahrana selaku Human Design Coach yang mengajak semua peserta untuk focus pada intentions/keinginan bukan goals/tujuan.

Mengapa menetapkan intentions bukan goals? Tsamara menjelaskan kalo goals itu biasanya membuat kita tidak selalu dalam kendali penuh, motivasi akan tinggi di awal saja, mudah lupa dengan goal, lalu yang terakhir kerap merasa “baru akan bahagia saat goals tercapai”, dan jika goals tidak tercapai menjadi tidak bahagia atau merasa dirinya kurang.

Sementara saat kita menentukan dan membuat intentions artinya kita dalam kendali penuh, intentions yang dibuat berlandaskan alasan yang kuat maka motivasi pun akan terjaga, semakin sering diulang maka semakin kuat efeknya dan bisa tetap bahagia serta menikmati progress juga prosesnya.

FWD Insurance

Lalu, bagaimana cara untuk intention setting? Tsamara mengajak para peserta untuk menanyakan kepada diri sendiri, di situasi ini apa sih yang sebenarnya diinginkan dan apa yang tidak diinginkan. Dengan begini, kamu bisa memulai untuk menentukan goals selanjutnya.

Bisa dimengerti di situasi pandemi seperti sekarang ini menjadi seorang ibu yang juga bekerja tentunya sangatlah berat, terkadang ingin menyerah tapi yakinkan kalo kamu bisa melewatinya dan ingat kepada intentions awal untuk bisa mengejar goals.

Lalu jika kita terdistraksi, apa yan bisa dilakukan? Mulai dari menerima kenyataan yang ada, memaafkan diri sendiri, ingat kembali alasan utama kenapa niat itu terbentuk, dan yang terakhir penting bukan melupakan niatnya, tapi bangun kembali niat tersebut. Yang jelas, saat terdistraksi dan gagal ingat ini kamu tetap bertumbuh. 

FWD Insurance

Dalam kesempatan ini para peserta diajak untuk meditasi dan menanyakan kepada diri sendiri tentang apapun, apa yang diinginkan dan berterimakasih pada diri sendiri karena sudah melakukan hal hebat hingga sejauh ini serta memaafkan diri sendiri atas apapun yang dianggap gagal.

Wah jadi terharu sih kalo berbicara pada diri sendiri, berterimakasih dan memaafkan diri sendiri atas apapun yang telah dan akan dilakukan nanti. Pastinya, kita semua hebat wahai perempuan yang sanggup melakukan banyak hal dan menjadi banyak peran dihidupnya. 

20 komentar

  1. Distraksi ini sering banget dialami. Ketika itu terjadi, suka menyalahkan diri sendiri huhuh emang gak baik banget sih ya untuk kesehatan. Mau coba cara meditasi ketika pikiran penuh, dan merasa sangat terdistraksi.

    BalasHapus
  2. Noted banget mba Aie.
    Yg kudu kita lakukan adalah intention setting ya
    supaya bisa menggapai bahagia dalam hidup dan bisa makin percaya diri.
    Keren!

    BalasHapus
  3. Wah pasti acara webinar dengan FWD ini bergizi ya mba. Apalagi materinya tentang rasa percaya diri perempuan. Karena memang menurut aku menjadi perempuan itu juga nggak mudah. Apalagi harus berbagi peran dengan banyak hal yang butuh fokus juga kayak kerjaan rumah, anak dan suami

    BalasHapus
  4. Sepertinya saya udah lama belum berterima kasih dan memaafkan untuk diri sendiri. Padahal hal itu penting juga ya, Mbak. Supaya kita bisa lebih percaya diri

    BalasHapus
  5. Meditasi atau bisa dengan olah raga yoga memang bagus sekali untuk ketenangan jiwa.
    Saya sudah merasakan efek yoga pada diri sendiri, ketika penyakit asma kambuh sejenak meditasi atur napas berterima kasih terhadap badan yg selama ini kita ajak berpacu melawan waktu Alhamdulillah tidak lama sesak napas hilang perlahan

    BalasHapus
  6. Sangat menarik membaca tulisan ini, sangat memberdayakan para kaum perempuan yang keren abis, dengan komunias blogger yang asik-asik. semoga fwb community ladies talk ini akan terus berlanjut di tahun berikutnya..

    BalasHapus
  7. aku masih coba memahami intention setting ini seperti apa. Kalau yang ku pelajari buat goal jangka panjang kemudian breakdown ke dalam milestone2 supaya tahu juga jangka pendeknya

    BalasHapus
  8. Aku nih gampang banget terdisktraksi mba, misalnya aku udah bikin satu hal yang ingin aku "goal" kan, udah bikin planning, udah melakukan ini itu, trus ada orang lain komen atau bilang harusnya ginigitu gini gitu, udah deh langsung bubar. Mungkin karena aku nggak pede sama keputusanku sendiri kali ya

    BalasHapus
  9. Hihi iya bener juga lho, saya pun kadang menetapkan goal dalam bidang tertentu, tapi ya gitu semangat untuk mewujudkannya hanya di masa-masa awal saja. Hmm... jadi sebaiknya bukan goal ya, tapi intention

    BalasHapus
  10. Baca ulasan ini rasanya kena banget, karena aku lagi mumet-mumetnya di tempat kerja. Rasanya kayak gimana gitu, melakukan kesalahan dan merasa bersalah banget.

    Solusi udah ada, tapi masih minder dan gak pede.

    Karena postingan ini, saya lagi berusaha untuk percaya diri lagi dan semangat. Mencoba memaafkan diri sendiri, apapun yang terjadi.

    BalasHapus
  11. Memaafkan itu sulit. Itulah kita harus membiasakan terus belajar ya. Salut dengan FWD yang memikirkan semua itu dan mengajak perempuan untuk belajar memaafkan, meditasi hingga kembali merasa bahagia

    BalasHapus
  12. Nah ini jarang banget Kita lakukan ya berbicara pada diri sendiri, berterimakasih dan memaafkan diri sendiri atas apapun yang telah terjadi dan akan dilakukan nanti nya ya...

    BalasHapus
  13. Aku senang banget mbak, bisa ikutan acara FWD ini
    Jadi makin semangat untuk menjalani hidup dengan penuh percaya diri

    BalasHapus
  14. Ndaging banget acaranya sih ini mba andi, barokallah aku yang baca juga dapat pencerahan
    percaya diri emang wajib dan perlindungan diri apalagi

    BalasHapus
  15. Hepi semua bisa upgrade diri sampai keuangan ya ini beekat fwd selalu memperhatikan apalagi perempuan.

    BalasHapus
  16. Seneng deh sama sesi meditasi itu, pasti ngajak kita untuk reflek ke diri sendiri bahwa apa pun yang kita lakukan itu adalah berharga ya ga sih ka?

    BalasHapus
  17. bener banget, kalau enggak dapat goalsnya suka sediihh. harus atur mindset lagi ya, mbak. karena apapun yang sudah kita kerjakan berhak mendapatkan reward. sekalipun goals belum tercapai.

    BalasHapus
  18. bener banget, kalau enggak dapat goalsnya suka sediihh. harus atur mindset lagi ya, mbak. karena apapun yang sudah kita kerjakan berhak mendapatkan reward. sekalipun goals belum tercapai.

    BalasHapus
  19. Aku suka meditasi untuk merenungkan diri atau me time. btw Mencintai diri kita dengan memberi waktu dan kesenangan memang perlu banget ya biar lebih percaya diri

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)