JNE Kembali Hadirkan Goll..Aborasi Bisnis Online 2022 Mulai dari Kota Cilacap

Jumat, 01 April 2022

Pengusaha kecil menengah yuk merapat, karena JNE kembali mengumpulkan pelaku usaha kecil menengah (UKM) lokal di 59 kota di Indonesia dalam program JNE Ngajak Online 2022. Yes! JNE hadirkan Goll ... Aborasi Bisnis Online 2022 yang dimulai dari kota Cilacap nih beb. Shall we start the review now? 

JNE
Diawali di kota Cilacap JNE berupaya meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM hingga skala nasional maupun global nih beb. Memasuki era endemi Covid-19, persaingan usaha kecil menengah kian kompetitif dan pegiat usaha berlomba menghadirkan inovasi terbaru sejalan dengan era digitalisasi. 

Selama pandemi Covid-19 berlangsung memang banyak melahirkan pelaku UKM yang dijual secara online. Mulai dari jajanan, makanan, minuman, masker, strap masker, sembako, hingga jasa webinar pun banyak hadir dan mencoba peruntungan membuka bisnis online dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi digital. 

Manusia memang diciptakan untuk dapat beradaptasi dalam kondisi apapun, termasuk ketika pandemi terjadi di awal tahun 2020 ketika dipaksa untuk banyak menghabiskan waktu di dalam rumah. Kondisi yang mendesak seperti ini tentu mampu membuat manusia memutar otak menggunakan logikanya untuk dapat bertahan hidup dalam hal mendapatkan penghasilan. Dan, bisnis online dengan memanfaatkan teknologi digital pun dilakukan. Banyak lho yang menjadi sukses dan bertahan hingga saat ini, namun untuk yang tidak terlalu melek digital mungkin akan kesulitan dan membutuhkan pendampingan. 

Pelaku UKM Bangkit Bersama JNE Melalui Program Goll ... Aborasi Bisnis Online 2022

Berbagai upaya dilakukan oleh pelaku UKM tentu mulai dari memanfaatkan teknologi digital dalam hal ini yaitu media sosial untuk menjadi yang terdepan dan dikenal masyarakat dunia maya, tak terkecuali para UKM yang memberikan kontribusi paling siginifikan bagi pertumbuhan ekonomi nasional.

JNE

Untuk membantu pelaku UKM semakin naik kelas dan bertahan maka JNE kembali menghadirkan JNE Ngajak Online 2022 - Goll .. Aborasi Bisnis Online, perhelatan virtual yang mengumpulkan UKM lokal di 59 kota di Indonesia. Diawali di kota Cilacap, JNE berupaya meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UKM khususnya di Cilacap baik dalam skala nasional maupun global.

Marsudi selaku Head Regional Jateng-DIY membuka gelaran ini dengan menyatakan "Melalui acara ini semoga laju pertumbuhan UKM bisa bersama-sama tumbuh, menuju perkembangan bisnis 5.0 yang akan bertransformasi secara cepat.  Mudah-mudahan JNE bisa memberikan terobosan tidak hanya melayani pengiriman, namun memberikan solusi bagi para pengusahan.", ujar Marsudi pada Webinar Goll.. Aborasi Bisnis Online, Jumat (25/3).

Pelaku UKM Bertahan dengan Memanfaatkan Kecanggihan Teknologi Digital 

Janjanan Mamake, serta Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom (AK47 Project( yang membagikan kiat-kiat sukses berbisnis online di era ini. Mengawali usaha online sejak 2016, hingga saat ini Sugeng Paijo terus berupaya menghadirkan konten sosial media soft-sellng dalam memasarkan stik sukun buatannya. 

Ia menyatakan, "Meski berjualan, konten yang diproduksi jangan berisikan jualan setiap hari. Saya tidak selalu mengunggahkan produk yang dijual yaitu stik sukun, saya juga mengunggah kegunaan buah sukun, dan informasi lainnya yang menarik dan bermanfaat bagi para pengikut dan konsumen." Dengan tidak memproduksi konten hard selling, Sugeng percaya audiens akan lebih nyaman melihat konten brand sehingga pasar baru akan lebih mudah untuk digaet.

Tak hanya itu, Ia juga menekankan pentingnya menjadi unik atau differentiation dengan pelaku bisnis online lainnya. Sosok yang menggeluti sektor F&B ini melihat mainstream-nya kemasan yang digunakan oleh para penjual stik sukun di Cilacap. Dari analisanya tersebut Sugeng berinovasi untuk memproduksi kemasan full print, berbeda dari yang biasa digunakan kompetitornya. Tentunya kemasan mampu menjadi daya tarik bagi pelanggan, meski dalam bisnis F&B yang penting adalah rasa, namun kemasan juga memiliki peranan penting untuk menimbulkan kesan menarik bagi calon konsumen. 

JNE

Dalam webinar ini hadir pula Arif Hermawan selaku Owner Workshop Ableh 47 Custom perwakilan dari sektor kriya. Ia menyampaikan value dalam berbisnis jadi yang yang ditekankan. Angan-angannya adalah mampu membangun ekosistem UKM kriya di Cilacap, hal ini berangkat dari keprihatinan Arif melihat banyaknya pengangguran sejak pandemi Covid-19 melanda. "Banyak tenaga kerja kami yang tadinya menganggur, yang akhirnya kami ajak untuk berkreasi dan membangun UKM sendiri di Cilacap. Nantinya, kita sudah bisa mandiri berdiri sendiri maka dipersilahkan membuat workshop sendiri", ujarnya. 

Lebih lanjut Arif juga menekankan pentingnya menyusun strategi pendekatan ke pelanggan. Selama menjalankan bisnisnya ini, Arif menemui banyak momen-momen lucu dan unik khususnya ketika berhadapan dengan konsumen ibu-ibu. Berangkat dari momen ini mendorong Arif untuk menyusun pendekatan kepada pelanggan dengan cara yang santai dan terbuka. "Konsumen itu unik, apalagi ibu-ibu yang setiap hari saya temui. Ya namanya juga pebisnis ya harus berani, kuat mental, dan memahami apa yang diinginkan oleh konsumen.", ujar Arif menambahkan. 

Dalam hal mengirimkan pesanan tentunya baik Arif dan Sugeng memilih jasa ekspedisi yang memudahkan aktivitas bisnis mereka. Karena itu mereka memilih menggunakan jasa dan fasilitas JNE Trucking (JTR), dengan minimal 10kg total pengiriman sekali jalan, biaya ongkosnya hanya separuh saja. Tentunya ini jauh lebih murah dari segi harga dimana menyesuaikan budget pelaku UKM. Malah mereka kadang menggunakan layanan pick up, lho.

Pacu Daya Saing, JNE Kumpulkan Pelaku UKM Lokal di 59 Kota di Indonesia Mulai dari Kota Cilacap

Sejalan dengan apa yang disampaikan oleh Sugeng dan Arif, Bagus Indra Zulfikar selaku Kepala Cabang JNE Cilacap menambahkan, "JNE juga memiliki program menarik contohnya melakukan seminar kerjasama dengan Pak Sugeng bertema kreasi, selain itu ada program khusus yaitu e-fulfillment yang bisa menampung barang apabila teman-teman UKM tidak memiliki gudang. JNE akan sediakan tempatnya," ujar Bagus.

JNE

Sebagai bentuk dukungan UKM Cilacap, JNE juga secara aktif menghadirkan pelatihan digital marketing seperti Instagram Ads, Facebook Ads, atau pelatihan membuat konten yang menarik. JNE Cilacap mendukung secara penuh UKM yang ingin kerjasama, bahkan mereka senang hati bisa membuka peluang sebesar-besarnya. Mantap! Keren banget JNE...

Cilacap merupakan kota pertama dari gelaran webinar JNE Ngajak Online 2022 - Goll..Aborasi Bisnis Online yang pada tahun 2021 telah dilakukan di 60 kota di seluruh Indonesia. Gelaran webinar ini hadir untuk memperingati hari jadi kota Cilacap yang ke-166 pada 20 Maret 2022. Nah, setelah kota Cilacap, gelaran roadshow ini akan kembali hadir di kota Sukabumi pada 1 April 2022, lho. 

JNE terus berupaya dan tentunya berharap untuk mampu meningkatkan daya saing,s erta mengembangkan kapasitas UKM kapasitas  di Cilacap baik dalam skala nasional maupun global. 

23 komentar

  1. Cilacap keren banget ini, jadi kota pertama untuk program JNE Ngajak Online ini, semoga makin banyak yang ikutan para UKM2 seluruh Indonesia dan menikmati pelatihan2 onlen yang ada untuk meningkatkan bisnis onlinenya.

    BalasHapus
  2. Webinar JNE Goll..Aborasi Bisnis Online ini sangat inspiratif karena menghadirkan para pelaku usaha yang berkenan membagikan kiat sukses mereka. Program baru dari JNE untuk UKM Cilacap juga sangat mendukung bisnis kecil dan menengah. Selain pelatihan, JNE juga menawarkan fasilitas gudang penyimpanan untuk UKM yang membutuhkan.

    BalasHapus
  3. Keren sekali program JNE Ngajak Online 2022 ini , mendukung dan berkolaborasi dengan pelaku UKM lewat Goll Aborasi! UKM makin maju, perekonomian pun melaju

    BalasHapus
  4. Para pelaku UMKM tentu akan tercerahkan ya dengan adanya webinar goll. Aborasi dari JNE ini. Salut deh sama JNE yang terus berupaya dan tentunya berharap untuk mampu meningkatkan daya saing serta mengembangkan kapasitas UMKM

    BalasHapus
  5. JNE sih udah dikenal keren dalam hal pelayanan dan dukungan terhadap pelaku UKM. Supaya UKM naik kelas dari keterpurukan akibat pandemi ini, banyak program digalakkan dan alhamdulillaah kini UKM bangkit kembali. Kolaborasi yang ciamik mesti diapresiasi. Ada JNE NGajak Online ya kece nih.Mudah2an selain Cilacap nanti berkembang ke kota2 lainnya aamiin.

    BalasHapus
  6. JNE keren ih, selalu aja bikin inovasi buat mengembangkan pelaku UKM terus maju. Apalagi diajarin Instagram Ads, Facebook Ads, atau pelatihan membuat konten yang menarik, penting banget nih buat UKM.

    BalasHapus
  7. Wah ada yaaa stik sukun! Maafkeun galfok sama stik sukun, aku suka banget soalnya!

    Iya nih JNE keren banget idenya gandeng UKM karena kan mereka sekarang yang jadi ujung tombak roda perputaran ekonomi Indonesia

    BalasHapus
  8. Dari Cilacap ke Sukabumi, akhirnya menuju ke seluruh kota di Indonesia ya. SEneng banget UMKM di Cilacap mendapat dukungan penh dari JNE agar semakin maju usahanya

    BalasHapus
  9. Dukungan JNE kepada UMKM memang tidak diragukan ya.. Banyak program-programnya yang pro UMKM

    BalasHapus
  10. Acaranya keren banget mba..dan memang dibutuhkan untuk memajukan UKM kita agar lebih berdaya saing.. sip! Salut sama JNE..

    BalasHapus
  11. JNE makin memanjakan pelaku UKM ya, program JNE Ngajak Online 2022 di 59 kota di Indonesia ini, mesti dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pelaku UKM, biar usahanya makin maju

    BalasHapus
  12. JNe tidak diragukan lagi, semoga makin jaya dan membantu banyak UKM negeri ini supaya bangkit setelah goncangan pandemi.

    BalasHapus
  13. JNE makin keren dengan acara Goll Aborasi dengan kolaborasi dengan UKM untuk go online. Dan program ini merata ke seluruh Indonesia

    BalasHapus
  14. keren banget JNE support pebisnis lokal dan umkm seperti ini
    materinya juga bermafaat banget agar pelaku bisnis bisa go online dan makin maju

    BalasHapus
  15. Seneng kalau aua Perusahaan yg konsen sama umkm

    Memang Penting bngt pelaku UKMM memanfaatkan teknologi digital kuk media sosial untuk menjadi yang terdepan dan dikenal masyarakat dunia maya,

    Maunya sih JNE tuh bisa ringan dalam.soal pengiriman utk umkm Lebih murah harganya

    BalasHapus
  16. Salut sama perusahaan seperti JNE yang melihat peluang UKM di masa pandemi dan siap berkolaborasi untuk perluas target pasar dan langsung gercep memberikan terobosan di digital marketing.

    Apalagi UKM memang menjadi penggerak ekonomi bangsa ke masa depan!

    BalasHapus
  17. MasyaAllah keren ini JNE bisa bikin UKM berkembang. dan memang itu yang paling dibutuhkan untuk para UKM. Semoga UKM Indonesia semakin berjaya

    BalasHapus
  18. Wow..salut euy sama komitmen JNE dalam mengembangkan UKM di Indonesia. Semoga Kota Mataram terpilih sebagai salah satu kota penyelenggaraan gollaborasi ini juga, seperti tahun sebelumnya.

    BalasHapus
  19. Keren banget.
    JNE akan terus memberikan kerjasamanya bersama para UKM setempat melalui webinar seru. Yang paling bermanfaat adalah pengalaman dari pengusaha sukses yang dibagikan saat webinar.

    BalasHapus
  20. Keren ya JNE ini ngga cuma menyediakan jasanya tapi juga memang membangun partnership dengan para pelaku bisnis khususnya UMKM. Apalagi punya webinar yang sifatnya membangun UMKM diseluruh Indonesia.

    BalasHapus
  21. JNE dan UMKM memang satu kesatuan yang saling menguntungkan ya, sebab UMKM dengan produk yang dijualnya memakai jasa JNE, sementara JNE melakukan inovasi buat kemajuan UMKM

    BalasHapus
  22. ekspedisi bagi pelau umkm itu seperti simbiosis mutualisme, saling membutuhkan. Produk tidak akan bisa dikirim untuk jangkauan yang jauh kalau gak ada layanan jasa kirim seperti JNE ini

    BalasHapus
  23. JNE maju terus ya. Sukses selalu

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)