Danone Indonesia Bangun Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah

Minggu, 19 Juni 2022

Kamu tau gak sih potensi energi terbarukan di Indonesia cukup besar yakni mencapai 417,8 gigawatt (GW) dimana diyakini bisa kita manfaatkan dan tak akan habis hingga 100 tahun ke depan. Bahkan, Danone Indonesia telah membangun boiler biomassa yang berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah. Menarik bukan? So yes, let's start the review now ...

Danone Indonesia

Sebenarnya, pembicaraan mengenai energi terbarukan sudah muncul sejak beberapa tahun terakhir. Di Indonesia sendiri, pemanfaatan sumber daya energi terbarukan terus mengalami peningkatan sejak tahun 2015. Ini juga aku tau karena baca artikel online terkait energi terbarukan. 

Potensi Energi Terbarukan di Indonesia

Bumi yang kita tempati ini sudah cukup tua, climate change akibat manusia-manusia tidak pertanggungjawaban makin terasa. Padahal ya, aku baru tau tentang climate change tuh tahun 2009. Saat itu masih gak yakin kalo memang kondisi bumi perlu diperhatikan, terutama oleh manusia yang menempatinya. Lihat aja cuaca belakangan ini, pagi panas eh sore bisa hujan begitu deras. Dan ini bisa terjadi lebih dua kali dalam seminggu. Kebayang gak sih gimana dampak climate change begitu terasa. Makanya, manusia-manusia yang hidup di bumi harus sadar bahwa tugas kita di sini bukan hanya hidup dan menikmati, tapi juga harus merawat lingkungan kalo gak mau hal-hal yang tidak diinginkan terjadi.

Danone Indonesia


Data milik Badan Pusat Statistik menyebutkan bahwa bauran energi terbarukan Indonesia meningkat dari 4,4% di 2015 menjadi 11,5% di 2020. Lalu memang apa sih energi terbarukan? Energi terbarukan adalah sumber energi yang asalnya dari sumber daya alam dan tidak akan habis. Hal tersebut dikarenakan sumber energi ini terbentuk melalui proses alam yang berkelanjutan. Contoh energi terbarukan yaitu, air, angin, panas bumi, cahaya matahari, dan biomassa.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetikan bauran energi terbarukan mencapai 15% pada tahun 2021 dan 23% di tahun 2025 yang mana diprediksikan potensi energi terbarukan Indonesia mencapai 417,8 gigawatt (GW) melihat dari banyaknya sumber daya alam di Indonesia yang bisa dimanfaatkan sebagai energi terbarukan seperti arus laut samudera, panas bumi, bioenergi, angin, air, dan cahaya matahari.

Danone Indonesia


Kebermanfaatan energi terbarukan bisa dirasakan sepanjang masa karena jumlahnya yang sangat melimpah. Nah, berikut adalah manfaat energi terbarukan:
  1. Mengurangi pemanasan global,
  2. Sumber energi berlimpah atau tak terbatas,
  3. Meningkatkan kesehatan manusia, 
  4. Hemat sumber daya & uang, dan
  5. Berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan. 

Biomassa Energi Terbarukan

Dari semua sumber energi terbarukan, yang akan aku angkat ditulisan kali ini yaitu biomassa yang asalnya dari organisme seperti tumbuhan, hewan, hingga manusia. Contoh dari biomassa yaitu pepohonan, rumput, limbah pertanian, limbah hutan, kotoran ternak, dan tinja. Energi alternatif ini biasanya dimanfaatkan untuk bahan bakar. 

Danone Indonesia

Biomassa memiliki kemiripan seperti energi fosil yang berasal dari makhluk hidup dengan kelebihannya yaitu terbarukan sehingga dapat menyediakan sumber energi berkelanjutan. Kelebihan sumber energi biomassa adalah terbarukan sehingga dapat menyediakan sumber energi berkelanjutan.

Potensi biomassa di Indonesia sangat besar karena bahan bakunya limbah hewan dan tumbuhan yang cukup melimpah di negera ini. Penggunaan limbah menjadi bahan bakar memberikan tiga keuntungan yaitu peningkatan efisiensi energi secara keseluruhan, penghematan biaya dan mengurani tempat penimbunan sampah terutama di perkotaan  yang lahannya lebih sempti dibanding pedesaan. 

Salah satu cara untuk menghasilkan energi lewat biomassa adalah dengan membakarnya. Meskipun demikian, biomassa dapat pula dikonversi menjadi bentuk lain seperti metana (biogas), ethanol, dan biodiesel. 

Danone Indonesia

Pemanfaatan energi terbarukan biomassa pun dilakukan oleh Danone Indonesia untuk mitigas perubahan iklim dan ciptakan sirkulasi produk pertanian. Iya, Danone bekerjasama dengan Berkeley Energy Commercial Industrial Solution (BECIS) membangun dan mengopersionalkan Boiler Biomassa berbahan baku sekam padi, untuk mengurangi jejak karbon dari kegiatan produksi di Pabrik Prambanan hingga 32%.

Danone Indonesia Bangun Boiler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi Pertama di Jawa Tengah

Ini adalah bagian dari komitmen Danone untuk turut memitigasi perubahan iklim dengan ambisi penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 juga mendukung target Pemerintah meningkatkan bauran energi baru terbaruk hingga 23% pada tahun 202 dan mencapai karbon netral pada tahun 2060. 

Selain berdampak baik ke lingkungan, Boiler Biomassa ini juga menciptakan dampak sosial dan ekonomi bagi masyarakat sekitar dengan mengambil bahan baku sekam padi dari penggilingan beras, dan memberikan abu sekam yang dihasilkan kembali pada petani yang nantinya berguna sebagai pupuk.

Danone Indonesia


Dalam acara Inagurasi Boiler Biomassa Berbahan Dasar Sekam Padi Pertama di Indonesia, tanggal 15 Juni 2022, Vice President General Secretary Danone Indonesia, Vera Galuh Sugijanto mengatakan, "Perubahan iklim merupakan tantangan yang mengemuka dan efeknya sangat kita rasakan saat ini. Sebagai perusahaan yang mengusung Visi One Planet One Health, Danone percaya bahwa kesehatan bumi dan kesehatan manusia saling berkaitan, serta mengatasi dampak perubahan iklim adalah bagian dari komitmen perusahaan untuk terwujudnya bumi dan masyarakat yang lebih sehat. Bekerjasama dengan BECIS, penyedia terbarukan di Asia, Danone SN Indonesia membangun fasilitas Boiler Biomassa yang akan menggunakan sekam pada sebanyak 10.5000 Ton/Tahun dan mampu menghasilkan energi hingga 6 Ton Steam per jam, sehingga menjadikannya Boiler Biomassa industri berbahan bakar sekam padi pertama di Jawa Tengah."

Danone Indonesia juga memastikan bahwa selain menggunakan teknologi ramah lingkungan dan bahan baku yang bersumber dari energi terbarukan, fasilitas Boiler Biomassa ini juga berkontribus untuk menciptakan sirkularitas produk pertanian dan meningkatkan produktivitas pertanian. 

Peluang Pengembangan Bioenergi Sangat Terbuka Luas

Hadir juga Edi Wibowo selaku Direktur Bioenergi, Direktorat Jenderal EBTKE, Kementerian ESDM yang menyampaikan bahwa pemanfaat terbesar bioenergi khususnya biomassa saat ini adalah sebagai pembangkit listrik biomassa yang mencapai 2.116 MT, sehingga peluang pengembangan bioenergi masing sangat terbuka, terlebih didukung isu lingkungan, perubahan iklim, kesadaran masyarakat untuk mewujudkan transisi energi menuju energi bersih dan meningkatnya konsumsi listrik per kapita. 

Danone Indonesia


Kementerian ESDM sangat mengapresiasi upaya Danone Indonesia selaku pelaku usaha yang bersinergi dengan Pemerintah Pusat dan Daerah dalam mendukung upaya transisi energi melalui penyediaan energi yang berbasis energi terbarukan dengan menggunakan biomassa sekam padi. Hal yang dilakukan oleh Danone Indonesia merupakan langkah nyata pemerintahan dalam mewujudkan net zero emission pada tahun 2060 atau lebih cepat serta mendukung upaya nyata pemerintah dalam pencapaian target bauran energi baru dan terbarukan sebesar 23% pada tahun 2025. Berharap apa yang dilakukan Danone Indonesia dapat menjadi contoh bagi badan usaha lain untuk secara massive mewujudkan efisiensi energi dan energi hijau yang lebih baik bagi lingkungan dan kesehatan. 

Proses Produksi Bioler Biomassa Berbahan Bakar Sekam Padi 

Abu sekam yang dihasilkan dari proses produksi Boiler Biomassa ini mengandung Silika yang tingga dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan produktivitas pertanian hingga 10 ton/Ha. Danone dan BECIS telah mendistribusikan abu sekam ini bagi kelompok tani dan mendampingi aplikasinya bersama pupuk ke lahan pertanian padi seluas 159 Ha. Keren dan menarik ya?

Chief Operating Office BECIS, Hannu Ikavalko yang turut hadir di acara ini menjelaskan, "Sebagai penyedia layanan solusi energi terbarukan, BECI percaya bahwa dekarbonisasi, desentralisasi dan digitalisasi energi menjadi kunci bagi perusahaan-perusahaan untuk menjalankan operasionalnya secara berkelanjutan. Pada kesempatan ini, BECIS sangat antusias karena dapat mendukung Danone di Indonesia dalam mewujudkan visinya dalam hal pemanfaatn energi terbarukan melalui pembangunan dan operasional Boiler Biomassa ini. Adapun fasilitas ini juga telah didukung dengan Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang menjadikan pengoperasiannya sangat ramah lingkungan."

Lalu Sumarno, selaku Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah yang mewakili Gubernur Jawa Tengah dalam kesempatan ini menyampaikan apresiasinya dalam terobosan yang diambil oleh Danone SN Indonesia. Dikatakan, saat ini sekam padi kurang dimaksimalkan penggunaannya, padahal sekam padi memiliki  banyak potensi untuk lingkungan, salah satunya dapat bermanfaat sebagai bahan bakar Boiler Biomassa. 

Danone Indonesia

Lebih dari itu, abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini juga bisa dimanfaatkan oleh petani sebagai pupuk pertanian organik. Ini merupakan salah satu upaya uang baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga mengimplementasikan konsep Circular Economy. Ibaratnya nih dari alam, untuk alam, dan kembali ke alam ya energi terbantukan. 

Danone SN Indonesia berharap dengan dibangunnya Boiler Biomassa, tujuan perusahaan sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim dengan penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dapat tercapai. Aamiin!

#BiomassBoiler #DanoneIndonesia 

25 komentar

  1. Memang butuh kepedulian pihak swasta juga dalam penyediaan energi terbarukan di Indonesia. Senang membaca tentang kepedulian Danone ini.

    BalasHapus
  2. keren ya programnya untuk bisa ditiru

    BalasHapus
  3. Energi fosil akan habis pada waktunya. Sementara kelangsungan hidup di bumi terus membutuhkan. Jadi emang wajib ya jika kemudian kita harus mencari energi yang terbarukan. Disamping tentunya juga lebih ramah bagi bumi ya

    BalasHapus
  4. Ini keren yang dilakukan Danone. Wajib mendukung karena akan berdampak baik dan manfaatnya besar bagi bumi kita.

    BalasHapus
  5. Keren deh Danone sampai membangun boiler biomassa berbahan bakar sekam padi. Semoga makin banyak perusahaan lain mengikuti jejaknya.

    BalasHapus
  6. Salut deh sama kepedulian Danone untuk kelestarian lingkungan. Btw pabriknya ini lokasi persisnya di Jawa Tengah bagian mana ya?

    BalasHapus
  7. Suka banget sama program yg dijalankan danone indonesia. Sukses terus dalam berinovasi untuk danone.

    BalasHapus
  8. Setuju banget sama programnya danone indonesia. Semoga makin terus berinovasi dalam membuat bumi kita jadi lebih baik

    BalasHapus
  9. Ini sih mantab jiwaaa banget ya mbaaa
    Potensi energi terbarukan bisa dimanfaatkan secara optimal dan kasih multiplier effect yg OK bgt

    BalasHapus
  10. Jadi sekam ini tidak hanya untuk media tanam saja ya kak, melainkan bisa dijadikan untuk bahan bakar ya. Menarik sekali ini inovasinya Danone, bisa mengandalkan dari apa yang ada disekitar.

    BalasHapus
  11. inovasi danone patut diacungi jempol. keren banget bahan bakarnya mudah didapat dan juga ramah lingkungan.

    BalasHapus
  12. Danone kalau buat program begini emang juara, ini manfaatnya besar banget

    BalasHapus
  13. Keren bener ini, semoga penggunaan energi listrik terbarukan 100% pada tahun 2030 dan mencapai karbon netral pada tahun 2050 dapat tercapai.
    Salut untuk Danone SN Indonesia dengan dibangunnya Boiler Biomassa, sebagai penyedia produk bernutrisi, dan turut memitigasi perubahan iklim ini.

    BalasHapus
  14. bagus banget ya programnnya jadi sumber yang terbarukan bisa dilakuakan dan dukung deh program keren begini

    BalasHapus
  15. wah saya jadi penasaran sama boiler biomassa ini gimana bentuknya. dia semacam gas yang dibagikan ke rumah-rumah gitukah, mbak?

    BalasHapus
  16. Sekam padi sangat bermanfaat ya... selama ini saya di kampung ini sekam padi suka dibakar begitu saja. Paling kalau ada yg butuh buat campur tanah pot, baru dikasih. Kalau pas panen, emang suka ada yg beli sih sekam padi itu, buat pengganjal telur supaya tidak lekas retak atau pecah

    BalasHapus
  17. Aku juga bingung kenapa kok cuaca sekitar 2 tahun ini nggak menentu banget. Ternyata ini termasuk dampak climate change, ya? Menarik banget sih bahasan biomassa ini. Jadi energinya bisa terus ada dan diperbarui, bahkan dari kotoran hewan tinja bisa dijadikan alternatif bahan bakar. Keren!

    BalasHapus
  18. Masya Allah Danone kereen, ikut peduli dengan lingkungan. Semogaa bisa terlaksana dengan baik dan bisa diikuti perusahaan lain untuk lingkungan yang lebih baik di masa depan.

    BalasHapus
  19. Danone Indonesia tidak hanya melahirkan produk-produk terbaik dan bernutrisi, lebih dari itu pula sigap mengambil langkah yang berkaitan dengan bagaimana menangani masalah perubahan iklim. Salut deh~

    BalasHapus
  20. waaah selamat danone memang ternyata biomassa ini banyak manfaatnya
    kalau didukung sama danone pasti maksimal penggunaan dan pembuatannya bisa memberdayakan sekitar juga

    BalasHapus
  21. Ini Jawa Tengah-nya di kota apa ya, Mak? Penasaran pengen lihat.. Bersyukur banget Danone bisa menemukan sumber daya alam alternatif yang bisa terbarukan, sehingga kita tidak khawatir sumber daya alam kita akan habis.

    BalasHapus
  22. Usaha Danone untuk turut memitigasi perubahan iklim emang layak untuk diapresiasi, Mbakk. Aku turut bahagia dengan program ini, ih. Di Jateng pula, provinsi aku.

    BalasHapus
  23. Bener mba, bumi ini sudah tua, apalagi cuaca semakin tidak menentu. Keren banget dengan Danone Indonesia, semoga sukses dengan Biomassa, apalagi abunya bisa buat pertanian ya.

    BalasHapus
  24. Perlu sekali memang mencari energi terbarukan lain, dan abu sekam yang dihasilkan dari produksi Boiler Biomassa ini bisa menjawab kebutuhan manusia.

    salah satu upaya baik untuk praktek yang berkelanjutan dan juga mengimplementasikan konsep Circular Economy. dari alam, untuk alam, dan kembali ke alam

    BalasHapus
  25. Dari dulu sering banget ngikutin program-program Danone dan nggak pernah berhenti amaze dengan inisiatifnya untuk terus menjaga lingkungan. Selalu berharap semoga inisiatif seperti ini juga diikuti perusahaan-perusahaan lain di Indonesia.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)