7 Rekomendasi Tempat Wisata Bandung untuk Libur Lebaran 2023

Minggu, 23 April 2023

Tak terasa bulan Ramadan akan segera berakhir, pasti rasanya sedih ya. Namun, bersamaan dengan itu, ada rasa syukur dan bahagia luar biasa karena sebentar lagi Hari Kemenangan tiba. Ada rencana mau libur lebaran dimana? Di tulisan kali ini aku mau 7 Rekomendasi Tempat Wisata untuk Libur Lebaran 2023 yang dekat aja, di Bandung. Without any further ado, shall we start the list now?

IndiHome Internet Provider

Libur lebaran identik dengan silaturahmi dengan keluarga mudik ke kampung halaman, apalagi sekolah anak-anak juga libur ya. Maka libur lebaran ini dimanfaatkan oleh keluarga untuk sekaligus melakukan wisata bersama anak-anak. 


Kebetulan aku memang berencana untuk libur lebaran di Bandung dan sudah menyusun tempat wisata apa saja yang terkini. Yuk simak 7 rekomendasi tempat wisata Bandung untuk libur lebaran 2023 berikut ini, yang khusus ku rangkum menggunakan jasa internet provider : 

Orchid Forest Cikole

Tempat wisata bernuansa alam yang berada di Cikole ini cocok untuk kamu dan keluarga menghabiskan libur lebaran nanti. Ya, masih bernuansa alam, Orchid Forest Cikole menyuguhkan suasana alam yang sejuk dengan beragam wahana-wahana menarik yang cocok untuk keluarga.


Keindahan warna-warni anggreknya tak perlu diragukan lagi. Selain karena kecantikannya alaminya, lokasi dan penataannya pun akan membuatmu betah untuk berlama-lama menikmati pemandangan di sana. Picture this, anggrek-anggrek di sini tumbuh di atas hutan pinus yang rindang dengan desain outdoor yang memanjakan mata dari awal masuk hingga pintu keluar.


IndiHome Internet Provider

Kampung Korea (Little Seoul Bandung)

Teruntuk kamu yang mungkin masih mengumpulkan uang untuk bisa berlibur ke Korea Selatan (aku pun), bisa nih ke Kampung Korea di Bandung. Lokasinya gak jauh kok dari Stasiun Bandung sekitar 3-4 kilometer. 


Sesuai judulnya, nuansa Seoul berusaha dihadirkan di Kota Bandung lewat desain tempatnya yang dibuat semirip mungkin. Selain itu, kamu juga bisa icip-icil aneka kuliner khas Korea Selatan yang otentik di sini. Jangan lupa buat mengabadikan momen selama di sana dan dandan layaknya eonni dan oppa ya kalau ke sini.


IndiHome Internet Provider

Forest Walk Bandung

Kalau kamu anak senja yang menyukai ambience tenang, sejuk, dan damai layaknya di dalam hutan cocok sekali berkunjung ke Forest Walk. Tenang beb, ini bukan di hutan beneran melainkan hutan kota yang disulap sedemikian rupa menjadi hutan yang nyaman untuk dikunjungi. 


Forest Walk berlokasi di Babakan Siliwangi kini menjadi salah satu destinasi wisata yang menarik di tengah kota Bandung, dimana kamu bisa menikmati udara sejuk tanpa harus pergi jauh dari kota. Area ruang publik hijau ini sudah dilengkapi dengan banyak fasilitas umum hingga pusat oleh-oleh. 

D’Dieuland

Belum kekinian namanya kalau gak update soal wisata baru di Bandung yaitu D’Dieuland yang ada di kawasan Punclut, dago. Destinasi wisata ini ramah keluarga jadi cocok untuk dikunjungi saat libur lebaran nanti. D’Dieulan berasal dari kata ‘dieu’ dalam bahasa Sunda yang berarti ‘di sini’ Land.


IndiHome Internet Provider

Di sini kamu gak hanya bisa menikmati wahana bermain yang seru tapi juga bisa sekaligus menikmati kuliner enak dengan pesona alam Lembang yang sejuk khas udara pegunungan. Apalagi di malam hari, ketinggian tempat ini membuat kerlap kerlip lampu kota dan kilauan bintang di langit terlihat dengan jelas. 


Ranca Upas

Salah satu destinasi wisata di Bandung yang sampai sekarang belum sempat aku kunjungi, yes, Ranca Upas yang merupakan tempat konservasi rusa. Liburan di sini serasa di Swiss dengan udaranya yang dingin dan pemandangan yang indah khas pegunungan Eropa. 


Kamu juga bisa camping ceria di pinggir danau dan rerumputan hijau, dengan kawasan yang tenang dan sepi serta udara sejuk yang asri makin menambah keindahan tempat wisata ini. 


Rumah Belanda Bandung 

Sebelum ke Negeri Kincir Angin yang asli, kamu bisa lho mampir di Rumah Bandung Belanda. Ya, wisata ini menyajikan konsep daerah tamasya yang cukup unik yang berlokasi di Jalan Raya Maribaya, Sukamaju, Cibodas, Lembang, Bandung Barat.


Di Rumah Belanda Bandung banyak spot aesthetic kekinian yang instagramable cocok kamu para pengabdi konten. Kamu juga bisa berfoto dengan memakai baju khas Belanda di sini, lho! Seru banget kan!


IndiHome Internet Provider

China Town

Destinasi wisata terakhir yang aku referensikan yaitu Chinatown yang memiliki daya tarik dekorasi khas pecinan. Di sini kamu bisa merasakan berbagai fasilitas dan juga kuliner khas Negara China. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menikmati pertunjukkan barongsai secara langsung. 


Di sini kamu juga bisa menikmati museum mini yang berisi mengenai perjalanan masuknya budaya Tionghoa ke Indonesia. Penjelasan tersebut dituliskan di dinding museum dengan media kertas lengkap dan gambar yang menarik di dalamnya. 


Itulah 7 referensi destinasi wisata di Bandung yang bisa kamu jadikan pilihan saat libur lebaran nanti. Sekedar tips sebelum melakukan liburan terutama saat lebaran nanti sebaiknya kamu sudah mengumpulkan ragam informasi seperti penginapan, akomodasi, dan lokasi-lokasi lain yang ingin kamu datangi saat di Bandung. 


Kebiasaan aku setiap sebelum pergi liburan yaitu membuat itinerary lengkap selama perjalanan yang isinya waktu dan aktivitas selama bepergian. Tentunya pembuatan itinerary bisa disusun rapi berkat internet cepat dari IndiHome yang ada di rumah. Ya, IndiHome memberikan akses internet cepat yang memudahkan kamu dalam melakukan riset tempat penginapan, akomodasi yang digunakan hingga menemukan lokasi-lokasi wisata yang mungkin akan kamu datangi selama liburan.


Alhamdulillah di rumah sudah pasang WiFi IndiHome dari Telkom Indonesia yang memberikan akses internet cepat sehingga membantu pekerjaan hingga saat anak belajar dari rumah. Terlebih ketika aku hendak menyusun itinerary libur lebaran bersama keluarga, akses internet cepat bikin semangat browsing mencari tempat penginapan yang sesuai selera dan kebutuhan. Selama akses internet cepat, browsing apapun jadi menyenangkan!

33 komentar

  1. Seru-seru banget rekomendasi tempat wisatanya, serasa keliling dunia juga ya hehe, btw emang IndiHome, langganan banget soalnya internetnya kenceng

    BalasHapus
  2. Dari ke tujuh tempat wisata yang disebutkan di atas, orchid forest jadi tempat wisata favorit saya. Dan tuk rumah Belanda,saya belum pernah kesana, penasaran juga nih, kayaknya seru buat foto2 :D. Oya btw sayang banget ya sekarang tempat wisata China Town di Bandung udah ga beroperasi lagi.

    BalasHapus
  3. Wah kebanyakan yang ada di Lembang ya, saya semenjak tinggal di Bandung akhir tahun lalu belum pernah sama sekali main ke Lembang. Kebanyakan main ke daerah Pengalengan malah hehe.

    BalasHapus
  4. Wah kebanyakan yang ada di Lembang ya, saya semenjak pindah ke Bandung akhir tahun lalu belum pernah sama sekali main ke Lembang. Keseringan main di Kota atau enggak ke Pengalengan.

    BalasHapus
  5. Aku paling penasaran Ranca Upas kak hehe. Dulu pas ke bandung gak sempat eksplor tempat wisatanya, sedih deh. Huhuhu. Terakhir main ke jawa barat cuma mentok sampe ke Lembang, gak nyampe ke Bandungnya. Lembang pun udah dingin banget menurutku yang biasa panas2an di Surabaya. Gimana di Ranca Upas yak?

    BalasHapus
  6. wisata di sekitar Lembang dan Bandung itu yaaa makin banyaaak! udah lama enggak liburan ke Bandung. Nunggu pas bukan musim liburan aja supaya ga macet di daerah Lembang.

    BalasHapus
  7. Kalau ke Ranca Upas mampir ke tempat saya. Memang gak begitu dekat, tapi karena perbatasan antara Rancabali Ciwidey dengan Pasirkuda Cianjur tempat kami tinggal

    BalasHapus
  8. Pernah beberapa kali lihat konten yang Chinatown. Lokasinya juga kalau gak salah masih di kota Bandung, ya. Gak perlu naik ke atas. Pengen juga deh kalau ke Bandung main ke sini

    BalasHapus
  9. Makin geulis nih wisata di Bandung.
    Semoga bisa berkesempatan daku ke Bandung lagi, mau traveling cakep ke rekomennya kak Aie

    BalasHapus
  10. Dari semua rekomendasinya, saya baru main ke Ranca Upasnya euy... Bandung memang juaranya kalau soal tempat wisata ya, gak heran Bandung selalu ramai kalau weekend. Lain waktu main ke Bandung lagi pengen ke D’Dieuland dan Rumah Belanda deh.
    Terima kasih atas rekomendasi tempat wisatanya ya mbak.

    BalasHapus
  11. Terbantu banget sih kalo di rumah ada wifi Indihome, di rumah saya pun suka nyari ide untuk wisata agar sampai di kota tujuan enggak bingung lagi. Dan rekomendasi Aie oke semuanya, masuk wish list kalo ke Bandung nantinya

    BalasHapus
  12. Baca ini jadi pingin liburan ke Bandung :D Tapi suka bingung kalau ek Bandung saking banyaknya tempat wisata, mana yang mau didatangin dulu hihi.. Penasaran sama Ranca Upas, anak-anak pasti seneng nih kalau bisa liat rusa.. Pemandangannya juga bagus ya..

    BalasHapus
  13. huhuhu...belom semua dikunjungi nih yang direkomendasikan kak aie. kayaknya kapan-kapan kudu ke sana untuk nyobain salah satunya deh.

    BalasHapus
  14. Pengen dan penasaran banget sama Little seoul Bandung karena hits berseliweran di medsos, semoga bisa ke sana dan destinasi wisata lainnya yang cantik-cantik di Bandung :-)

    BalasHapus
  15. ya ampun aku kangen banget sama Bandung! udah sekitar 9-10 tahun nggak ke sana, hihi.. kayaknya banyak yg berubah dan nambah sih yaa pasti. kapan2 mau aahh mengunjungi beberapa rekomendasi ini

    BalasHapus
  16. Terima kasih Mba atas rekomendasi dan ulasannya, moga bisa ke sini dan menikmati langsung destinasinya. Btw untuk china town ini kayaknya hampir semua kota di Indonesia ada ya, artinya dulu itu orang Cina udah menyebar banget di nusantara, hehehe

    BalasHapus
  17. Wow banyak pilihan destinasi wisata di Bandung ya Aie. Dari yang disebutkan belum ada yang pernah saya kunjungi saat ke Bandung. Bisa jadi list liburan nih

    BalasHapus
  18. Pingin banget ke Ranca upas tapi belum kesampaian, kalau yang lain belum pernah berkunjung sih padahal pingin banget keliling Kota Bandung dan mengunjungi destinasi wisata yang belum pernah dikunjungi sebelumnya. Mudah-mudahan bisa liburan di Bandung dan mengunjungi Ranca Upas.

    BalasHapus
  19. Molly kalo ke bandung lagi will definitely coming to kampung korea. Wajib itu dikunjungin dan masuk list wisata impian di bandung. Secara penggemar korea, sih. 🥰🥰🥰

    BalasHapus
  20. 7 tempat wisata Bandung yang direkomendasikan itu memang terkenal asyik untuk dikunjungi. Namun sebagai warga Bandung, saya belum mengunjungi semuanya. Baru sebagian aja.
    Soalnya kalau hari libur, tempat wisatanya penuuuh. Gak sanggup berebutan dengan wisatawan lain hehehe

    BalasHapus
  21. wah ini tempat wisatanya baru ya, kayaknya soalnya selama ini kalau bicara bandung tahunya paling tangkuban perahu, lembang sama kawah putih gitu. atau kalau di kotanya tahunya cuma braga

    BalasHapus
  22. seru banget ini liburan di Bandung, tempatnya juga sejuk dan menyenangkan ya. Asli happy dong kalau ke sini ya. Sesekali memanjakan diri dengan jalan-jalan perlu banget apalagi destinasi wisata di Bandung bagus dan bikin happy

    BalasHapus
  23. Tempat wisata di Bandung seru-seru loh, bagus banget banyak pilihan, apalagi kalau berkunjung bersama keluarga, pulangnya makin happy dan ceria deh sekeluarga.

    BalasHapus
  24. Bandung selalu menawarkan sesuatu yang menawan. Bukan hanya kulinernya, tapi juga wisata yang unik dan menarik.

    Saya pengen banget ke D’Dieuland dan China Town-nya.

    BalasHapus
  25. Saya bookmark ini mbak rekomendasi tempat wisatanya, menarik semua.
    Pas banget Agustus nanti pengen ngajak anak-anak bertualang ke Bandung, tapi masih bingung mau kemana aja

    BalasHapus
  26. Banyak banget tempat wisata di Bandung ya terutama di daerah ketinggian Lembang yang sejuk aku tertarik ke Ranca Upas untuk menikmati keindahan alamnya

    BalasHapus
  27. Wah, banyak juga ya rekomendasi tempat jalan di Bandung yang oke. Catet dululah ya dan nanti serching di intenet sebelum memutuskan untuk ke sana

    BalasHapus
  28. Ah, Bandung itu memang banyak tujuan wisatanya. Sehari tidak cukup, dan momen lebaran memang cocok buat liburan di bandung si biar puas.

    BalasHapus
  29. Aku tu penasaran banget sama D'Dieuland ituu dari pas awal-awal viral di medsos. Kebayang aja gitu ngopi malam-malam dengan pemandangan sekece itu sama temen atau keluarga.
    Semoga kapan-kapan bisa ah main ke Bandung dan mengunjungi rekomendasi di sini

    BalasHapus
  30. Anakku lebih sering main ke Lebang daripada aku..huhuh..
    Karena suka ada fieldtrip gitu kan..
    Seneng banget liat Cikole nih..

    BalasHapus
  31. Langsung share ke suami
    Soalnya dia tahu juga kalau sejak SD saya mau ke sana
    Semoga dia ada rezeki bawa istrinya ke Bandung

    BalasHapus
  32. Penasaran banget sama Bandung, untung aja kakak share tulisan ini, jadinya biar kusimpan dulu siapa tau nanti ada rejeki buat ke Bandung, jadi ga bingung bingung amat kalau ada yang dituju ya kan

    BalasHapus
  33. Yaa Allaah bagus-bagus banget! Aku kok ngga tau ya di Bandung ada Kampung KOrea, ada D'dieue ada ini ada itu.. gimana kalo kita buatin itinerary jalan-jalan untuk temen-temen ke tempat ini?

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)