Kamu Wajib Tahu, Inilah 5 Tahapan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

Sabtu, 29 Juli 2023

Pemilik kulit sensitif sini yuk merapat, karena di tulisan kali ini aku akan berbagi tahapan memakai skincare untuk kulit sensitif yang wajib kamu ketahui. Shall we start the review now?

Kamu Wajib Tahu, Inilah 5 Tahapan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

Semenjak mengetahui bahwa kulitku termasuk jenis yang sensitif plus cenderung kering, aku jadi hati-hati dalam memilih produk skincare agar gak salah pilih. Banyak hal yang harus dipertimbangkan terutama menyangkut bahan-bahan yang terkandung didalamnya. 

Apabila salah pakai produk skincare, hasilnya bisa tidak maksimal dan berujung menyebabkan reaksi alergi, lho. Karenya, kita perlu tahu tahapan memakai skincare untuk kulit sensitif berikut ini. Yuk, langsung mulai saja!

5 Tahapan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

Kulit sensitif adalah tipe kulit yang rentan mengeluarkan reaksi berlebih saat terpapar oleh zat tertentu. Adapun ciri-ciri kulit sensitif adalah kering dan bersisik, reaktif terhadap produk kosmetik, rentan timbul jerawat, hingga gatal-gatal. Nah, kalo aku nih kulit wajahnya memang cenderung kering dan kadang alergi sehingga timbul gatal-gatal. 

Skincare sendiri adalah rangkaian produk perawatan kulit yang berfungsi menjaga sekaligus menutrisi kesehatan kulit. Tahapan memakai skincare harus kamu perhatikan agar skincare yang digunakan dapat bekerja dengan maksimal.

Kamu wajib tahu, inilah 5 tahapan memakai skincare untuk pemilik kulit sensitif:

1. Wajib double cleansing

Setiap rutinitas skincare haruslah diawali dengan tahapan bersih-bersih menggunakan cleanser tujuan untuk menyingkirkan kotoran yang menumpuk, polusi, sisa makeup, dan sisa sunscreen yang menempel di wajah setelah seharian beraktivitas. 

Bagi para pemilik kulit sensitif, sangat disarankan untuk memilih cleanser yang bebas alkohol, bebas pewangi, dan tentunya hypoallergenic. Lalu, sangat disarankan untuk melakukan double cleansing yaitu metode membersihkan wajah dengan dua tahap, yang pertama menggunakan oil atau micellar water; dan yang tahap kedua menggunakan facial wash. 

Oia, pastikan juga produk skincare yang kamu pilih untuk double cleansing dapat menjaga keseimbangan pH di kulit sehingga dapat mencegah iritasi dan kemerahan. Facial wash yang lembut dan baik untuk kulit yaitu tidak memiliki banyak busa. 


2. Gunakan Toner Bebas Alkohol

Toner memang bermanfaat untuk menyeimbangkan pH kulit pasca-cleansing, menenangkan kulit, dan menghilangkan sisa residu atau kotoran  pada wajah. Nah, untuk jenis kulit sensitif harus menghindari toner yang kandungan alkoholnya tinggi. Pilihlah toner yang ringan dan bebas alkohol.

Waktu yang ideal untuk mengaplikasikan toner adalah sesaat setelah membersihkan wajah agar bisa memberikan lebih banyak hidrasi pada kulit. Toner juga berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum pemakaian skincare selanjutnya.

Kamu Wajib Tahu, Inilah 5 Tahapan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

3. Pilih Serum Sesuai Kebutuhan

Seiring bertambahnya usia, salah satu perawatan yang penting untuk dilakukan dan jangan kamu skip yaitu memakai serum. Ya, serum adalah cara terbaik untuk melindungi kulit dari radikal bebas. 

Pemilik kulit sensitif harus teliti dalam memakai produk skincare dengan mengutamakan kandungan dalam serum yang dapat menghidrasi kulit. Lalu, gunakan serum tanpa parfum atau zat lainnya yang bisa mengiritasi kulit, ya. 

4. Moisturizer 

Jangan juga sampai lupa memakai moisturizer dalam rangkaian rutin skincare kamu setiap harinya ya. Moisturizer ini bermanfaat untuk menjaga kulit agar terhidrasi sepanjang hari. Untuk pemilik kulit sensitif gunakan moisturizer berbentuk gel, krim, atau yang berbasis air. Pastikan juga produk moisturizer yang digunakan bersifat non-comedogenic dan bebas pewangi. 

Dengan rutin memakai moisturizer dalam tahapan memakai skincare rutin setiap harinya dapat menjaga kulit tetap terhidrasi dengan baik dan menggunakan risiko iritasi. 


5. Sunscreen

Terakhir adalah memakai sunscreen, ini jangan sampai di skip apalagi untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan. Sunscreen menjadi salah satu produk skincare yang wajib digunakan setiap hari. Tidak hanya dapat mencegah kanker kulit, sunscreen juga dapat menangkal kerusakan kulit yang menyebabkan melemahnya skin barrier dan sensitivitas kulit. 

Para pemilik kulit sensitif bisa memilih produk sunscreen yang aman serta diformulaiskan khusus untuk kulit sensitif. Supaya maksimal, sunscreen ber-SPF 50 sangat disarankan untuk kamu pilih. 

Kamu Wajib Tahu, Inilah 5 Tahapan Memakai Skincare untuk Kulit Sensitif

Itulah 5 tahapan memakai skincare untuk kamu pemilik kulit sensitif yang wajib diketahui dan dilakukan setiap hari. Memang 5 tahapan memakai skincare tersebut di atas tidak jauh berbeda dengan rutinitas skincare pada jenis kulit lainnya, yang membedakan secara signifikan hanyalah jenis produk skincare yang digunakan saja. 

13 komentar

  1. Setuju banget aku dengan double cleansing. Sejak rajin double cleansing jerawat di wajah jauh berkurang. Ini tahapan basic skincare yang memang harus rutin dilakukan agar terlihat hasilnya.

    BalasHapus
  2. 5 tahapan yang masih sering saya lewatkan. Membaca ini seolah jadi diingatkan kembalu untuk memperhatikan lagi perawatan kulit muka.

    BalasHapus
  3. Memang ya kunci sehatnya kulit adalah di : BERSIH!
    Jadi ya seharusnya rajin membersihkan muka, dan double cleansing ditutup toner itu terrrbhaique

    BalasHapus
  4. Benar Mba, setuju aku. Tapi aku suka lupa juga pake yang namanya moisturizer nih, hehehe. Terima kasih atas ulasannya dan saran2nya

    BalasHapus
  5. Alhamdulillah aku udah memenuhi step2 di atas, pokoknya ngga lupa double cleansing yaa. Apalagi yang aktivitasnya outdoor. Dan jangan skip moisturizer ama sunscreen. Wajib nih mah,.

    BalasHapus
  6. Yap, yap begini nih emang tahap skin care yang bener ya. Sepertinya bakal cocok untuk kulit apapun sih yaa step-stepnya, yang membedakan paling di produk aja. Harus pinter milih produk untuk jenis kulit tertentu. Apalagi kulit sensitif, harus lebih cermat lagi milihnya.

    BalasHapus
  7. berasa banget umur 40++ adaaa aja keluhan kulit, terutama bagian wajah.
    aku kudu praktekin steps ini.
    biar makin sehat dan glowiiinggg

    BalasHapus
  8. Aku dulu ngga terlalu aware betapa pentingnya memakai sunscreen. Baru sadar dua tahun belakangan kalau sunscreen itu penting banget, huhu.. Tapi udah ada flek gara-gara dulu cuek banget sama muka. Sekarang nyesel banget kenapa ngga dari dulu rajin merawat wajah.

    BalasHapus
  9. Wah..kulitku banget, nih. Tapi masih suka malah double cleansing. Hiks.

    Menyedihkan. Harus semakin rajin. Busmillah.

    BalasHapus
  10. makasih tipsnya mba Andi, seringkali saya bingung mana yang barus dilakukan lebih dulu heheheh. Akhirnya dapet tips dari ahlinya. Blognya tampilannya ganti ya mba Andi, seger.

    BalasHapus
  11. Sebenernya sunscreen SPF 50 ini rekomen gak kak Aie kalau digunakan anak kelas pra-remaja? Anakku sekarang uda mulai menyisihkan waktu khusus untuk menggunakan basic step menggunakan skincare seperti di atas.

    BalasHapus
  12. Kulitku tuh dibilang sensitif ya ngga terlalu sih, tapi untuk poin double cleansing itu mba, valid ngefek banget buat menjaga kondisi kulit lho... Apalagi dikombinasi dg poin lainnya. Auto glowing.

    BalasHapus
  13. Buat kulit sensitif memang sesuatu ya perawatannya kudu yang pol-polan secara kalau salah dikit bikin tambah parah bisanya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)