BARAN, Inovasi Terkini untuk Indonesia

Sabtu, 03 November 2018


Buat buibu atau bapak-bapak, sebulan bayar listrik berapa rupiah? 200ribu, 500ribu, atau mungkin bisa lebih dari sejuta rupiah?


Kalo aku nih beb, sebulan isi prepaid listrik itu minimal 200ribu rupiah, itu juga karena aku ngontrak di rumah petakan. Iya aku memang ngontrak di Jakarta, hal ini karena pembangunan LRT di sepanjang tol JOR hingga masuk Cibubur hingga Cileungsi area yang belum kelar. Jadi terpaksa aku ngontrak di Jakarta supaya gak stres karena kemacetan. 

FYI rumahku itu di kawasan Citra Indah, Cileungsi, Bogor. Biasanya sih kalo gak ada pembangunan LRT memakan waktu maksimal 3 jam perjalanan pulang pergi. Sekarang karena ada pembangunan LRT bisa memakan waktu minimal 3 jam aja untuk perjalanan pergi. Belum pulangnya, kebayang kan berapa jam waktuku habiskan di jalanan.

Victor Wirawan (right), CEO & Owner PT Aldebaran Rekayasa Cipta & Dihar Dakir (left), Corporate Secretary PT Aldebaran Rekayasa Cipta

Kok jadi curhat ya? Padahal kan aku ingin ngebahas tentang tarif listrik PLN ya. Mahalnya tarif listrik ini paling terasa buat buibu yang tiap bulan melakukan pembayaran listrik ataupun beli prepaid listrik. Kayak nyokap tuh, listrik di rumahnya 1300 watt, tiap bulan bayar listrik nyampe 1 juta rupiah. Crazy right? Padahal sehari-hari listrik yang dipake buat AC, TV, nge-charge handphone, kipas angin, mesin air, dan mesin cuci.

Kalo misalnya ada solusi supaya gak harus bayar listrik setiap bulan selama 20 tahun, wah aku pasti happy banget. Gak cuman aku yang happy, semua emak-emak happy pastinya. Tapi apakah mungkin?

Awalnya sih aku mikir kayaknya gak mungkin deh, gimana coba bisa gak bayar listrik setiap bulan selama bertahun-tahun. Sedangkan Indonesia sendiri punya tantangan yang cukup though buat dihadapi yaitu harga listrik yang terus naik, listrik sering mati, dan lingkungan juga polusi.  


Terlebih sejak isu climate change yang cukup jadi concern tersendiri karena mengakibatkan pemanasan secara global. Faktanya saat ini, kota Jakarta berada di urutan pertama untuk kota dengan kualitas udara terburuk di dunia.

Di Indonesia sendiri, energi bersih sering kali disebut dengan istilah Energi Terbarukan atau energi yang berasal dari proses alam yang berkelanjutan seperti tenaga surya, tenaga angin, arus air, proses biologi, dan panas bumi.

Negara-negara seperti USA, UK, Jerman, Jepang, Korea, Cina dan UEA pun mulai menciptakan energi terbarukan yang layak dikembangkan untuk memenuhi kebutuhan energi. Istilahnya nih, cara baru mengonsumsi energi tanpa fosil dan gak perlu bayar bulanan. 

Ide menarik ini aku dapatkan saat menghadiri Media Talkshow di Aldebaran Indonesia bersama teman-teman blogger beberapa hari yang lalu. Sementara luar negeri punya Tesla maka Indonesia punya Baran yang memberikan solusi buat kalian untuk menikmati listrik dengan memanfaatkan energi terbarukan tanpa harus bayar listrik setiap bulannya selama 20 tahun! 




Aldebaran Indonesia yang dipimpin oleh Victor Wirawan selaku CEO Aldebaran Business Energy Company menjelaskan lebih lanjut apa itu Baran dan bagaimana cara kerjanya pada semua blogger-blogger yang hadir di acara Media Talkshow, termasuk aku. 

Baran sendiri adalah inovasi terkini dari pemuda Indonesia yang siap ngebantu seluruh masyarakat Indonesia dalam menghemat energi dan tentunya hemat biaya. Iya, Baran adalah karya asli anak bangsa yang menghadirkan teknologi power terkini untuk menghantarkan energi panel solar (cahaya matahari).




Ada 3 jenis Baran yang ditawarkan oleh Aldebaran Indonesia yaitu:

1. Baran Powerwall, energy storage yang besar dan bisa kamu gunakan di rumah ataupun untuk keperluan bisnis dengan spesifikasi:
Specification

Usable Capacity : 8800Wh

Scalable : up to 4 (depend on inverter capabilty)

Battery : Based on lithium ion technology, fully managed and liquid cooled.
Dimension

Width : 1000 mm

Length : 600 mm

Height : 200 mm



Baran Powerwall bisa ditempatkan di rumahmu dengan desain yang mengikuti tren terkini, namun powerful sekali untuk memenuhi kebutuhan listrik di rumah. Dengan tagline Lifestyle/Simple/Powerful mampu membaur dalam desain properti dari arsitek terkeren sekalipun.
Baran Powerwall bisa menyimpan energi yang berasal dari cahaya matahari dengan ditampung dalam saluran Panel Surya. Bayangin nih ya, butuh waktu sekitar 4 jam di siang hari untuk Baran Powerwall menampung energi dari cahaya matahari yang nantinya akan diubah dalam bentuk listrik dimana bisa kamu gunakan di malam hari. Secara cerdas Baran Powerwall ini bisa memberikan aliran listrik di rumahmu setiap hari bahkan dengan penggunaan dan penyimpanan penuh bikin kamu, aku dan kita semua terbebas dari biaya listrik alias GRATIS beb!


2. Baran Cube, dirancang oleh para ahli profesional yang dapat digunakan oleh seluruh pelanggan di dunia, khususnya di Indonesia yang mampu dapat dimanfaatkan dalam skala besar seperti real estate property developer, area industri, area pertambangan, serta area perkebunan.


3. Baran EV, memanfaatkan teknologi terbaru di motor listrik dan teknologi baterai pak, Baran EV adalah kendaraan super yang dilengkapi dengan tenaga listrik terkini.
Specification

Power : 900hp

Torque : 1500Nm

Powertrain : 4 Induction motor with single speed gearbox for each wheel

Battery : up to 108Kwh lithium ion liquid cooled battery pack

Distance : up to 300km on single charge

Dimension

Width : 1953 mm

Length : 2956 mm

Height : 1355 mm

Wheelbase : 2570mm







Inovasi terkini dari anak bangsa ini, memungkinkan kita semua menikmati energi terbarukan bahkan tak hanya meminimalisir biaya listrik namun juga bikin kita semua terbebas dari biaya listrik selama dekade. 
Dengan Revolusi Industri yang dihadiri oleh Aldebaran Indonesia dengan teknologi kekinian, Baran membuat impian semua masyarakat Indonesia mengenai energi terbarukan bisa terwujud. Inilah yang disebut dengan inovasi disruption, yaitu suatu penemuan terkini yang akan menggantikan teknologi dimana semua orang bisa menikmatinya bukan hanya perorangan ataupun satu perusahaan saja.



Kapan, berapa dan bagaimana bisa mendapatkan produk Baran dari Aldebaran Indonesia ini, update terus perkembangannya di:
Instagram: @baranenergy dan @victorwirawan
Facebook: Aldebaran
Semoga inovasi terkini dari Aldebaran Indonesia ini bisa bikin semua buibu happy sumringah yang gak pusing lagi mikirin biaya tarif listrik setiap bulannya yang naik terus, malah kadang di beberapa area dan daerah Indonesia sempat tuh listrik mati hingga berjam-jam. 

25 komentar

  1. Inovasi yang bagus nih buat Indonesia...apalagi matahari di kita kan banyak banget ya 😁 bisa pakai tenaga solar. Buat pengembang properti kayaknya harus ngehubungin Aldebaran nih, biar komplek perumahannya dipakein sistem kayak gini

    BalasHapus
  2. Solusi yang bagus banget nih di saat semua biaya kebutuhan lagi tinggi. Harus hemat, cerdas dan mampu memanfaatkan tekhnologi.

    BalasHapus
  3. Saya dirumah bisa bayar sejuta lebih hanya untuk listrik doang, karena saya tinggal di ruko, lantai bawah kantor suami, lantai atas tempat tinggal. Kalau mati lampu pake genset, beban bahan bakar nya juga besar. Setau saya kalau solar panel gini, bisa tetap nyala walaupun listrik padam kan ya? saya jadi tertarik deh, mau tunjukin suami artikel ini ah. btw kalau harganya berapa, mba tau gak ya?

    BalasHapus
  4. Wahh solusi nih ya buat hemat listrik.

    Btw, rumahmu gak jauh dr rumahku laah itu. Rumahnya Ratu juga di Citra Indah
    Rumahku juga di Cileungsi. Nunggu tol
    Jorr 2 dulu br bisa PP dengan lancar jaya :D

    BalasHapus
  5. Inovasi terkini dari anak bangsa ini ka. serius? ini yang ditunggu-tunggu banget ka, khususnya bagi para emak-emak.. kalo bisa hemat listik happy banget yess! sukses ya baran..

    BalasHapus
  6. bagus banget nih.. saya selalu ingin punya rumah dengan sistem solar yang baik untuk penerangan dan inovasi Baran ini keren banget bisa buat rumah yang ramah lingkungan di Indonesia yang mataharinya bersinar sepanjang tahun. hemat dan ramah lingkungan euy.

    BalasHapus
  7. Keren pisan inovasinya ya, karya anak bangsa pula, bisa menghemat lstrik tuh. Iya, suka kasian ma buibu/pakbapak kalo curcol tarif listrik yg makin lama makin mihil..

    *doh keingetan, dirumah brp ya bayar listrik, huahahhaa aku yg bayar2 bapake jadi ga hapal, terakhir sih masih 100an entah tahun kapan wakakka

    BalasHapus
  8. Setiap meteran bunyi-bunyi, aku mendadak sakit kepala.
    jadi pingin punya baran satu deh.

    BalasHapus
  9. Hemat lumayan sekali dan menjaga pasokan listrik.

    Daerah terpencil bisa terbantu. Baran membantu warga.

    BalasHapus
  10. Asyik juga ya inovasi teknologinya kak.Dapat membantu banyak orang ini luar biasa banget ya.

    BalasHapus
  11. mantab ini PB, baru tau merk ini, dan ternyata srius ya pembuatannya inovatif dan pastinya ga gampang rusak krn jaminan kualitasny

    BalasHapus
  12. Enak ya kak kalau pakai baran ga lerlu mikir biaya listrik perbulannya dah gitu ketje lagi bentuknya yang baran powerwall.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  14. ini solar cell kan ya? Udah lama nih pengen pake solar cell, pas ada Baran... pelan pelan mau beralih ke energi terbarukan dan ramah lingkungan :)

    BalasHapus
  15. Inovasi kekinian yang memiliki nilai manfaat yg sangat maksimal, secara sebagai sumber daya listrik yg sangat dibutuhkan

    BalasHapus
  16. Terus tenaga listriknya itu darimana? Panas matahari ya? Kalau ada inovasi begini duit bayar listrik aman sentosa.

    BalasHapus
  17. Mahal gak ya mbak produknya? tapi kalau bisa untuk jangka panjang inovasinya tentu saja keren ini

    BalasHapus
  18. Woww mantap,jadi pengen punya. Apalagi Indonesia mataharinya full hahahah ga Ada diskon, berarti bakal Banyak banget Kan bahan energi si baran Powerwall ini.. cocok kalau gitu mah

    BalasHapus
  19. Leh ugak ini ya kak Ai, apalagi bisa menghemat biaya listrik. Lalu aku penasaran ini harganya berapa sih?

    BalasHapus
  20. Di rumah juga sebulan bisa sejutaan kak bayar listriknya. Kira2 ini harganya berapa yaa?? Dikadoin buat nyokap sumringah banget pastinya

    BalasHapus
  21. Wah bisa hemat dong ya mba Ai bayar listrik. Aku sebulan 800 ribu. Duuuh padahal ya cuma tv, kulkas.

    BalasHapus
  22. Pusing aku makin hari makin naik biaya listrik. Nggak pake AC cuma pake tv, kulkas dan kipas angin aja bisa sampe 400rban

    BalasHapus
  23. Wah serius Kak Aie sampai harus ngontrak demi menghindari macet? *aku malah salah fokus*

    btw, BARAN ini kayaknya jawaban hati makemak yang galau dgn biaya listrik yg membengkak ya

    BalasHapus
  24. Ini menarik yaaa karena jadi nggak tergantung sama listrik dari PLN .. dan bayar listrik jadinya bisa murah...

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)