Kamis, 07 Maret 2019

Investasi Hanya Seharga 5 Gelas Kopi Kekinian

Coba deh beb dalam sebulan, berapa kali kamu pesan antar online atau beli kopi susu kekinian langsung di gerainya? Entah karena emang se-addict gitu sama kopi atau sekedar beli karena iseng aja.


Buat aku yang emang se-addict itu sama kopi, minimal beli kopi kekinian 5 gelas dalam sebulan. Ini kalo jarang meeting ketemu client atau emang gak keganjenan nongkrong di gerai kopi buat ngerjain kerjaan ya beb. Tapi kalo meeting sama client berentet atau ganjennya datang pengen kerja di gerai kopi, bisa-bisa lebih dari 5 kali. Freak right!

Padahal, kalo dipikir-pikir lagi, segelas kopi kekinian itu berkisar antara 18k-25k dan dikali lima dalam sebulan sekitar 100k, lho. Itu kalo yang harganya berkisar 18k-25k, tapi kalo sekali minum 30k beb? Udah berapa budget yang kamu habisin selama sebulan hanya buat memuaskan gaya hidup minum kopi kekinian?

Masih untung aku bisa menghasilkan duit sendiri, coba kalo aku minta muluk sama suami, entah gimana dah itu keuangan keluarga. Bisa-bisa jebol semata hanya karena gaya hidup. Ye kan? Di balik kesehatan keuangan keluarga, ada ketelitian dan kecermatan seorang istri dan ibu dalam mengatur keuangan.


Pak suami sering begini, “nikmati hidup boleh Bun, tapi tetep harus punya investasi walaupun sedikit aja.” Hmm... ada benernya juga sih. Masa depan kita yang nentuin, kalo gak ada persiapan or at least tabungan investasi buat nanti, gimana deh bisa menikmati masa depan leyeh-leyeh di negara empat musim.

Karena itu, aku jadi berpikir kebiasan minum kopi kekinian yang aku lakukan sebenernya bisa di rem dikit dan dialihkan sebagai modal investasi. Lantas investasi apa yang bisa dengan modal awal 100k? Ada beb.. namanya Koinworks. Udah familian belum? Sini sini aku jelasin lebih lanjut ya.



Apa itu Koinworks?

Koinworks adalah perusahaan Fintech Lending Indonesia yang melayani pendanaan online P2P dengan machine learning yang inovatif, menghubungkan Pendana dengan Peminjam dalam sebuah paltform teknologi dimana Pendana dapat mendanai mulai dari Rp. 100.000 dan Peminjam dapat mengajukan pinjaman dengan bunga rendah.

Bahasa mudahnya, Koinworks ngumpulin dana dari masyarakat dan menyalurkannya buat peminjam dengan kebutuhan konstruktif bukan konsumsi ya. Nah peminjam konstruktif itu seperti buat modal usaha, biaya pendidikan, atau biaya perawatan kesehatan.


Peminjam Koinworks


Koinworks membantu peminjam yang butuh dana buat kebutuhan mendesaknya namun kesulitan memenuhi segala birokrasi dokumen yang biasanya diminta oleh pinjama konvensional. Pernah gak kamu di posisi seperti ini?

Meski demikian, kalo kamu jadi peminjam tentu saja tetap ada dokumen harus dikirim ke P2P Lending. Cuma prosesnya lebih singkat dan cepat. Udah gitu nilai pinjaman juga bisa disesuaikan dengan bunga 0,75% - 1,67% flat per bulan. Flat dalam artian tidak berubah-ubah selama tenor berlangsung.  Gak begitu berat lah ya bunganya seperti peminjam konvensional beb.

Lalu, peminjam bisa ngembaliin pinjamannya dengan tenor 1-24 bulan, tanpa jaminan, proses sepenuhnya online, dan tidak ada penalti jika ingin melunaskan lebih cepat. Ini penjelasan jika kamu sebagai Peminjam ya, beb. Di paragraf selanjutnya akan aku jelaskan soal investasi online dari sisi Pendana.



Pendana Koinworks

Koinworks menjadi alternatif investasi bagi masyarakat yang memiliki dana untuk dipinjamkan dan berpotensi menjadi sumber pendapatan dalam jangka panjang. Cara cerdas menabung di era modern, kapan pun, di mana pun kan beb?

Ibaratnya nih, kamu sebagai Pendana punya hak buat menginvestasikan uangnya pada peminjam dengan kendali sepenuhnya ada di tangan Pendana. Lebih dari itu, Koinworks akan memberikan golongan pada Peminjam, mulai dari Grade A-E. Grade yang disematkan pada setiap pinjaman menentukan tingkat risiko pinjaman itu sendiri beserta keuntungan potensial darinya.

Buat Grade A, tingkat risikonya paling aman dan menurun pada Grade B, C, hingga E yang menjadi grade dengan tingkat risiko tertinggi. Grade A dilindungi Dana Proteksi sebesar 100%, B 80%, C 60%, D40% dan E 20%.

Aku coba jelaskan lebih lanjut mengenai presentase perlindungan Dana Proteksi ya. Jadi presentasi perlindungan Dana Proteksi dihitung dari sisa modal pendanaan yang masih belum terbayar/lunas. Setelah 90 hari Peminjam tidak membayar cicilannya, Koinworks akan menetapkannya sebagai Pinjaman Gagal Bayar. Lalu, setelah ditetapkan Gagal Bayar, Koinworks akan mendistribusikan Dana Proteksi kepada setiap Pendana dalam waktu 30 hari terhitung dari tanggal penetepan Gagal Bayar.



Ilustrasinya seperti ini:

A mendanai pinjaman Grade A sebesar Rp10 juta dengan tenor 12 bulan. Di bulan I dan II Peminjam berhasil membayar cicilannya sebesar Rp1 juta setiap bulannya dan kemudian terjadi gagal bayar, maka sisa dana yakni Rp8 juta akan dikembalikan 100% lewat Dana Proteksi.

Atau E mendanai pinjaman Grade E sebesar Rp10 juta dengan tenor 12 bulan. Di bulan I dan II dana Anda sudah terbayar sebesar Rp2 juta dan menyisakan Rp8 juta. Namun, Peminjam gagal bayar. Dana Proteksi akan mengembalikan dana Anda sebesar 20% x Rp8 juta = Rp1.600.000.


Mengapa Koinworks?

Beberapa alasannya bisa aku jeberkan berikut ini:
1. Mulai dari Rp100ribu, siapapun bisa mulai mendanai/investasi
2. Bunga tinggi, mulai dari 21,32% bunga efektif per tahun
3. Aman dan terpercaya: terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, Fintech Paling Inovatif versi BIFA, didukung oleh Mandiri Capital, Quona, Gunung Sewu dan sebagainya serta berkolaborasi dengan mitra bereputasi seperti Lazada, Tokopedia, BukaLapak, English First, BINUS, Bhinneka, Berrybenka, dan banyak lagi.
4. Memiliki Dana Proteksi di mana bila Peminjam pailit/gagal bayar, dana yang dipinjamkan akan diganti rugi hingga 100%.
5. Belajar fundamental investasi, diversifikasi, serta efek compounding
6. Mudah, cepat, dan sangat fleksibel
7. Tujuan pendanaan yang bersifat sosial
8. Fitur RoboLending dan Auto Purchase, berinvestasi secara otomatis dan mendapatkan bunga keuntungan yang tinggi.
8. Cara menabung dengan cerdas di era modern; mulai dari nominal kecil, keuntungan kecil dan bisa investasi on-the-go.



Lalu Gimana Cara Kerja Koinworks?

1. Setiap Pendana berhak menentukan sendiri kepada siapa ia hendak mengalokasikan dananya.

2. Pendana memiliki kendali penuh dalam mengalokasikan dananya ke produk mana pun tanpa intervensi siapapun mulai dari Rp100.000 dan kelipatannya.

3. Pendana dapat menganalisa factsheet peminjam yang telah disediakan (seperti prospektus pada Reksa Dana)

4. Pendana juga bisa memilih pinjaman berdasarkan Grade/tingkat keuntungan dan risiko, tenor, tujuan peminjaman, dan metode pengembalian pinjaman (bulanan / lump sum).


5. Selain memilih sendiri pengalokasian dana secara manual, Pendana juga bisa memanfaatkan fitur Auto Purchase dan RoboLending, di mana setiap prosesnya berjalan secara otomatis.

6. Pada produk tertentu, Pendana bisa menyimulasikan pendanaannya dengan kalkulator simulasi.
Mendanai semudah berbelanja online atau semudah menahan nafsu nyeruput kopi kekinian setiap bulannya.


Gimana udah cukup jelas belum? Yuk mulai berinvestasi di Koinworks, cara pendaftarannya so easy, kamu hanya perlu mengisi data pribadi seperti email, nomor telepon, alamat dan lain-lain.

Kamu bisa gunakan kode KOINWORKS150 di link ini https://koinworks.com/lenders/new?referal_code=KOINWORKS150 dan siap-siap terima modal awal untuk mendanai sebesar 150.000 KOIN! Lumayan banget kan.


Sebagai istri, gapapa dong berinventasi buat bantu-bantu suami. Lagian sekarang ini harga-harga kebutuhan dasar juga gak murah juga kan ya, jadinya sebagai menteri keuangan keluarga kudu bijak dan cermat dalam kelola keuangan.

Satu lagi, saat memulai investasi mulailah dengan modal yang kecil dan pilih instrumen investasi yang familiar seperti KOINWORKS ini beb.

Selamat berinvestasi!

45 komentar:

  1. Pengeen ikutaa deh lumayan buat perencanaan keuangan

    BalasHapus
  2. P2P lending emang bagus sih jadi pengeen

    BalasHapus
  3. Alhamdulillah sy sdh mulai berinvestasi di Koinworks Mbak. Terima kasih penjelasannya.

    Monggo singgah di www.abdulmajid.id

    BalasHapus
  4. berarti dijamin aman ya. Itu sih yang ditakutkan kalau peminjam dinyatakan pailit takutnya uang kita gak balik nantinya.

    BalasHapus
  5. Menarik banget, bisa investasi dengan modal nggak besar. Cocok banget buat saya yang ibu rumah tangga.

    BalasHapus
  6. aku sebelumnya sudah pernah dengan koinworks, cuma belom tau apa itu koinworks dan gunanya utk apa

    BalasHapus
  7. kalo misalnya kita milih sendiri mau mendanai siapa, mungkin kaya kontak jodoh gitu ga sih tehnisnya sebagai si pendana
    trus mungkin ga nih si peminjam mangkir dari kewajibannya? kalo kaya gitu apa kita sebagai pendana cuma nunggu aja atau mungkin dari p2p nya akan ada tindakan2 tertentu?
    penasaran si

    BalasHapus
  8. akh udh mulai main di P2P lending ini. tp memang di platform yg lain. cm udh kepikiran sih mau masuk ke koinworks juga:). ini menarik sih emmang, krn bisa dianggab kayak passive income nantinya. dan aku mau invest di sana krn aku tau diawasi OJK

    BalasHapus
  9. baru dngr tentang koinworks ini mbak, kayaknya lumayan dicoba buat yg suka inventasi nih .

    BalasHapus
  10. Aku malah takut minjam tuh.. piye yo

    BalasHapus
  11. aku tu addict banget sama kopi mba :( selain bikin sendiri juga sering pesan di luar huhuhuuu sepertinya aku mulai harus berpikir untuk hiring financial planner nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. btw mbak punya rekomendasi financial planner yang oke tapi terjangkau kah?

      Hapus
  12. Dulu aku salah satu yang spendingnya buat jajan es kopi susu gede banget. Tapi 2019 akhirnya bisa stop dan nabung~~

    BalasHapus
  13. Yonie baru tau loh, ada jenis investasi koinworks. Di jamin sama OJK lagi. Penting banged itu. Takut banged kan investasi odong2

    BalasHapus
  14. Jadi dirimu juga udah ikutan ya mba? Mulai investasi di sini juga? Aku masih pelajari sih.. wanted to know more details

    BalasHapus
  15. mba ai ya ampun kok sama persis sama aku. aku terlalu menyukai dan addict sm kopi krn kopi tuh bisa jd doping buat lebih semangat kerja dan kadang aku lg ga ada ide krn blm ngopi. eh udh ngopi ide ngalir haha aneh ga sih? btw mengenai investasi ya mba aku juga mikir itu penting yaa.. dan aku lg mai2 mempelajari jg siih. aman ya berarti di koinworks? blm pernah coba siih

    BalasHapus
  16. Baru tahu tentang koinworks, biasanya fintech itu firurnya pinjaman ternyata sekarang ada fitur investasi ya, dan kayaknya pengelolaan uangnya juga transfaran ya

    BalasHapus
  17. Lumayan banget kalo bisa investasi dengan dimulai 100rb aja, mau coba mulai investasi juga ah

    BalasHapus
  18. Aku baru mau belajar soal investasi nih mbaak. Menarik juga sekarang banyak app P2P lending ya

    BalasHapus
  19. Ini semacam bareksa ga sih kak? Kalo aku cobain di bareksa.. reksadana gitu dan cuma yg 100ribuan hahaha

    BalasHapus
  20. Aku baru tau nih masalah kayak giniaan, jadi semacam buat perencanaan dalam hal keuangan gitu ya,

    BalasHapus
  21. I do not even understand how I ended up here, but I thought this post was good.
    I do not recognise who you might be however definitely
    you are going to a well-known blogger if you are not already.

    Cheers!

    BalasHapus
  22. Ada Dana Proteksinya ya, jadi gak khawatir kredit macet. Berinvestasi memang perlu dilakukan untuk generasi muda yang ingin maju.

    BalasHapus
  23. Aihhh asik banget, makasih informasinya ya mba. Aku baru tau ada koinworks ini, lumayan banget buat yang mau belajar hehehe

    BalasHapus
  24. Wah iya juga ya,,
    Kopi atau minuman yang kita pesen kalo lagi nongkrong bareng temen-temen ini kalo dikumpulin bisa jadi investasi. Mayan juga kalo bisa ngerem kebiasaan nongkrong, atau paling nggak ngurangin deh. Duitnya bisa berguna buat orang yang butuh, dan balik ke kita dengan keuntungan.

    BalasHapus
  25. Boleh juga ni koinwork, thanks mbak buat infonya

    BalasHapus
  26. Lumayan banget ya mba kayaknya, hanya seharga kopi kita bisa berinvestasi! Makasih mba infonya :)

    BalasHapus
  27. Iya bener yaa, daripada rajin minum kopi (ato beli minuman manis2 di mall yang harganya kadang lebih mahal dr kopi kekinian), mending duitnya buat investasi. Makasi sharingnya mba Aiee

    BalasHapus
  28. Benar juga ya, kurangi ngopi di kafe, simpan uangnya, ditabung buat investasi, trus nanti dibantu sama Koinworks. Great idea :)

    BalasHapus
  29. Aku kenal koinworks dari lama banget bahkan pernah dapet koinnya gitu cuma aku cuekin karena ku pikir enggak penting. Tapi liat ini kok semacam jadi pengen pelajarin lg ya

    BalasHapus
  30. Wah jadi pinjaman ini tidak ada penalti jika ingin membayar lebih cepat. Nah ini nih yang memudahkan para customer untuk melakukan pembayaran, kan kita nggak tahu ya, kadang-kadang Rezeki itu datang lebih cepat atau lebih lambat pinginnya cepet2 lunasin ya..

    BalasHapus
  31. Sekarang tuh harus pinter-pinter atur cashflow supaya ga tergilas dengan lifestyle sendiri. Ya ga sih....

    BalasHapus
  32. Waaah aku baru tau nih soal koinwork ini, ko jadi penasaran dan kepo pengen cobain juga ya, apalagi investasinya terjangkau, mulai 100k aja

    BalasHapus
  33. untuk legalitasnya sendiri apakah sudah ada legal dari OJK mbak? so far sejauh ini belum pernah memanfaatkan P@P landing..karena saya lihat risikonya yang masih besar

    BalasHapus
  34. Jaman sekarang memang harus pinter saving deh daripada kita yang tergerus sama gaya hidup ya ga sih? Masalah banyak banget sekarang warung kopi kekinian yang dikit-dikit bikin kita mau ngopi, wkwkwkw

    BalasHapus
  35. Aku udah mencoba koinworks, mba, efektif bnget dan memang investasi harganya beneran murah nih. Mantaap

    BalasHapus
  36. Akupun kopi Junkie. N kopi rata2 di Bandung 25k, yg mayan enak kisaran 38k wkwmmwkkwkw. Kzl. Disini mahal. Okelah bsk2 ga usah ngopi lg tp inves aja wkwkkwkw

    BalasHapus
  37. Sekarang pengen beli macem2 mikir ulang biar banyak savingnya, IRT juga kudu me time browsing pendanaan begini biar lebih mandiri dan bisa move on dari working mom hehehe

    BalasHapus
  38. Aku jg suka kopi, Mbak. Tapi jarang sih kalo ngopi kekinian mah, hehe... Iya berat di kantong.
    Aku pernah dengar koinworks ternyata gini ya penjelasannya. TFS, Mbak. Investasinya mulai dari nominal 100rb asyik jg yah gak perlu gede2

    BalasHapus
  39. Illustrasinya sukses membuat aku mau coba investasi koinwork ini huhu lagi itung itungan nih.. bener ugak yaaa banyak uang aku habis untuk beli kopi.. gimana lagi dong.. udah jadi habit untuk mood booster juga sih.. thanks atas pencerahannya kaa

    BalasHapus
  40. wow keren bangett pengen coba ah :D

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)