Cara Menjaga Kesehatan Mata dengan 6 Langkah Sederhana

Minggu, 20 Juni 2021

Mata merupakan salah satu panca indera yang berfungsi untuk melihat dan mendeteksi cahaya dari lingkungan sekitarnya. Sehingga menjaga kesehatan mata menjadi salah satu hal wajib yang harus kamu lakukan. Ada beberapa cara menjaga kesehatan mata agar tetap sehat dan melihat dengan sempurna. Penglihatan mata yang normal tanpa ada gangguan membuat kamu nyaman melakukan segala aktivitas.

KMN EYECARE

Hampir seluruh kegiatan dilakukan dengan menggunakan bantuan mata, di mana mata merupakan indra penglihatan. Seiring bertambahnya usia serta sering melakukan kegiatan dengan langkah yang salah bisa membuat fungsi mata menurun. 

Sehingga tak ada lagi alasan kamu untuk tidak menjaga kesehatan mata. Cara menjaga kesehatan mata tidaklah sulit, yang perlu kamu lakukan hanya melakukan beberapa langkah sederhana.

Sebelum mengetahui cara menjaga kesehatan mata, kenali jaringan apa saja yang ada di mata. Mulai dari retina, cornea, iris, lens, macula, dan retinal blood vessels. Retina adalah bagian mata yang berfungsi mengubah cahaya menjadi sinyal syaraf. Yuk, simak cara menjaga kesehatan mata berikut ini.

Konsumsi Makanan yang Bergizi

Sebaiknya konsumsi makanan yang bergizi dan bernutrisi yang kaya akan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium dan asam lemak omega 3. Nutrisi tersebut bisa menjaga kesehatan mata, mencegah timbulnya katarak pada mata.

Semua nutrisi tersebut bisa kamu dapatkan bila mengonsumsi sayuran hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan dan jeruk setiap harinya.

Hindari Penggunaan Ponsel Terlalu Lama

Jangan biasakan mata menjadi lelah hanya karena menatap layar ponsel terlalu lama, karena mata butuh istirahat. Menatap layar ponsel atau komputer bisa membuat mata menjadi lelah, sakit kepala, mata kering, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung serta penglihatan menjadi kabur.

Buat kamu yang banyak menghabiskan waktu di depan komputer maupun ponsel, sebaiknya biarkan mata beristirahat selama 15 menit setiap 2 jam sekali. Bisa juga dengan mengalihkan pandangan selama 20 detik tiap 20 menit sekali.

KMN EYECARE

Periksa Mata Secara Rutin

Langkah yang satu ini juga tak kalah penting untuk dilakukan bagi kamu yang tak pernah bisa lepas dari layar ponsel maupun komputer. Semua usia dianjurkan untuk memeriksa mata 2 tahun sekali. Untuk kamu yang berusia di atas 40 tahun, dianjurkan untuk memeriksa kesehatan mata setahun sekali.

Hal ini bertujuan untuk mengontrol kesehatan mata dan mencegah penyakit mata yang berkaitan dengan bertambahnya usia, seperti degenerasi makula, glaukoma, dan katarak. Saat melakukan pemeriksaan mata, dokter bisa memantau kondisi mata.

Tak hanya itu, dokter juga bisa mendeteksi sejak dini masalah pada mata akibat penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi. Sehingga cara menjaga kesehatan mata dengan konsultasi pada dokter menjadi pilihan yang tepat.

Hindari Paparan Sinar Matahari

Rupanya sinar ultraviolet tak hanya merusak kesehatan kulit saja tapi juga bisa membuat mata bermasalah. Terlalu sering terpapar sinar matahari berisiko mengalami katarak, degenerasi makula, katarak, kornea terbakar dan bisa mengalami kanker mata.

KMN EYECARE

Sehingga tak ada salahnya mengenakan kacamata hitam saat matahari terik, yang bisa melindungi mata dari paparan sinar UVA dan UVB setiap kali melakukan aktivitas di siang hari.

Olahraga Teratur

Melakukan olahraga secara rutin dan teratur bisa mengurangi risiko diserang berbagai macam penyakit, salah satunya bisa menjaga kesehatan mata. Menurut sebuah penelitian, olahraga bisa bisa mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh diabetes, kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

Hentikan Kebiasaan Merokok

Meski terdengar sepele, ternyata kebiasaan merokok bisa berdampak pada kesehatan mata. Merokok bisa meningkatkan risiko terjadinya katarak pada mata, degenerasi makula, hingga kerusakan syaraf optik yang bisa menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata.

Selain melakukan beberapa cara menjaga kesehatan mata seperti di atas, kamu juga bisa mengunjungi KMN EyeCare. KMN EyeCare bisa membantu kamu untuk mengetahui langkah terbaik dalam menjaga kesehatan mata.

KMN EYECARE

Menjadi panutan pelayanan kesehatan berstandar internasional, senantiasa memberikan pelayanan dengan kualitas terbaik oleh para profesional yang cakap di bidangnya dengan etika yang tinggi.

KMN EyeCare merupakan layanan kesehatan mata yang didirikan oleh dokter retina terbaik di Indonesia. Kamu juga bisa langsung mengunjunginya yang terletak di beberapa wilayah, antara lain Kemayoran, Kebon Jeruk, Jakarta Selatan, Pantai Indah Kapuk dan Semarang.

So, jangan sampai terlewatkan beberapa cara menjaga kesehatan mata dan kunjungi klinik mata seperti di atas agar kamu senantiasa merasa nyaman saat melihat.

42 komentar

  1. makasih sharingnya, yang sering aku tuh kelilipan debu sama bintitan

    BalasHapus
  2. KMN memang terkenal bagus pelayanannya dan gak sembarang diagnosa. Kebetulan sepupu aku mau lasik juga dan mbahnya Babam waktu op kataran juga disini. Udah banyak cabangnya jd memudahkan

    BalasHapus
  3. keinget alm kakekku, walau sudah berumur 100 tapi matanya masih normal tanpa kacamata. Kata beliau rahasianya adalah rajin baca Al- Qur'an setiap hari

    BalasHapus
  4. aku nih sering banget kena mata lelah karena berjam-jam di depan laptop or mantengin gadget huhu, kadang kaya blur gitu dan suka gak nyaman jadinya

    BalasHapus
  5. Jangan melihat layar ponsel terlalu lama.. ini susah banget mbak hihihi secara kerjaan semua ada di ponsel

    BalasHapus
  6. Aku biasanya rajin netesin obat mata sih mba kalau ngerasa mata sudah gatel dan "gerah" gitu. Apalagi dulu pas rajin pakai softlens harus extra banget bersihin area mata :)

    BalasHapus
  7. aku baru tahu kak ai merokok pun bisa membuat mata katarak yah, kirain hanya pada jantung dan paru2 aja.
    jadi inget aku pun harusnya pertengahan tahun ini cek mata lagi nih karena harus ganti kacamata

    BalasHapus
  8. Baca artikel ini jadi inget kalo aku udah 3 tahun ngga kontrol kesehaatan mata ku. Kayanya minus ini nambah deh. Btw makasih tips-tips nya Ka Aie, jadi reminder buat aku nih yang minusnya udah kelewat tinggi.

    BalasHapus
  9. Apalagi kayak kita gini ya kak, tiap hari menatap layar laptop dan sebentar-sebentar ke layar hp juga. Kalau aku nih menjaga dengan makan sayur dan buah.

    BalasHapus
  10. Baca ini jadi kena tegur 😬 berpaling dari layar hp kalau udah capek aja, pantesan mataku sering gatal mungkin kering ya

    BalasHapus
  11. Mata itu memang panca indera yang wajib banget dijaga. Aku membiasakan diri untuk tidak main hp sambil tiduran karena dampaknya bisa memperparah minus mata. Juga membiasakan mata rehat saat sedang berada di depan komputer dalam waktu lama. Kesehatan mata memang harus diperiksakan secara rutin.

    BalasHapus
  12. Poin nomor 2 kayaknya masa pandemi ini gak bisa deh kak. Haha. Ketergantungan gak sih sama gadget sekarang? Aku sampai minum vitamin mata loh buat jaga kesehatan mata.

    BalasHapus
  13. Penggunaan ponsel yang terlalu lama memang bisa membuat mata agak terganggu. Makanya perlu untuk mengantisipasinya, biar gak kucek-kucek mata terus ya

    BalasHapus
  14. wah ternyata merokok juga bisa membahayakan untuk mata ya.. mungkin dari asap rokoknya ya

    BalasHapus
  15. Yg agak susah hindari penggunaan ponsel terlalu lama, huhuhu. Jujur gabisa lepas dari hape. Apa2 pasti yg di pegang hape dulu. Duh, maafkan aku matakuuu..

    BalasHapus
  16. Kesehatan mata sangat penting dijaga ya mbak
    Selain dengan makan makanan yang mengandung vitamin A, juga bisa dengan melakukan pemeriksaan mata secara rutin di KMN EyeCare ini ya

    BalasHapus
  17. Mba Aie, aku baru tau korelasi manfaat olahraga utk kesehatan mata
    olahraga bisa bisa mengurangi risiko kehilangan penglihatan yang disebabkan oleh diabetes, kadar kolesterol tinggi dan tekanan darah tinggi.

    Semangaattt jalankan gaya hidup sehaaattt

    BalasHapus
  18. Noted kak tispnya..sekarang godaannya emang ponsel sih ya... terutama anak-anak nih.. kudu dibatasin banget biar kesehatan matanya lebih terjaga...

    BalasHapus
  19. AKu kok baru ngeh ya kalau gara2 merokok, bisa menyebabkan penyakit katarak. Ih sereeeemmmm. Kalau kita emak2 biasanya sekarang kebanyakan pakai gadget, laptop dan semacamnya karena tuntutan pekerjaan. Memang sudah keenakan juga maen hp yach hahaha :) Yang penting bisa merawat kesehatan mata dengan 6 langkah seperti yang mbak AIe tulis di atas. TFS mbak.

    BalasHapus
  20. Haduuh ini tuuh hal yang terpenting sebenrnya menjaga kesehatan mata, namun kadang suka abai hiks. Semoga saja 6 langkah menjaga kesehatan mata bisa konsisten dilakukan. Makasih loh tipsnyaa.

    BalasHapus
  21. Periksa mata rutin ini nih yang belum aku lakukan. Terakhir waktu bikin SIM. Biasanya sih makan makan bergizi atau ngurangi main ponsel. Kesehatan mata kudu banget dijaga

    BalasHapus
  22. Aahh siapsiap ... untuk kesehatan mata, ke KMN EyeCare ya. Semoga tidak lama lagi akan buka cabang di Makassar.

    BalasHapus
  23. Ternyata periksa mata juga harus rutin ya... Jadi kayak periksa gigi ya.... Wah, aku harus jadwalkan nih. Terakhir periksa mata sudah 6 tahun yang lalu, hehehe...

    BalasHapus
  24. Menghindari berlama-lama di depan hp/laptop nih yang masih susah dilakukan, apalagi kalau sudah asyik.

    KMN eyecare bisa jadi rujukan ya buat konsultasi mengenai kesehatan mata. Semoga makin banyak aja cabangnya di seluruh Indonesia, jadi yang di daerah juga bisa merasakan layanannya

    BalasHapus
  25. Nah ini ya masalah mataku kayaknya karena kebanyakan online mbak, mata suka cepet lelah dan makin burem, bukannya tambah sehat pakai kacamata kayaknya udah nambah plus minusnya. Mana lagi pandemi, udah jarang ke mana mana. Jadi aku lagi ikhtiar vitamin aja yang bisa meningkatkan kesehatan mata

    BalasHapus
  26. Bener banget nih ayahku dulu pernah katarak karena asap rokok nih. Memang harus diedukasi masyarakat indonesia yang punya kebiasaan merokok

    BalasHapus
  27. Betul, Mbak Aie. Memang kita udah susah lepas dari gawai tapi sebaiknya beri jeda saat menggunakan ponsel atau gawai lainnya. Coba terapkan 20-20-20 rule, deh.

    BalasHapus
  28. Aku dah 40 tahun dan malah belum pernah cekmata ke dokter mata nih, Aie. Haduh hihihi.... Kerasa banget kalau udah lama melototin lappy atau hp suka perih mata. Akhirnya aku tiduran aja kalau udah lelah banget. Soal anjuran mengalihkan pandangan mata per 20 menit jarang banget juga aku kerjain. Padahal sering denger iklan edukasinya di radio hihihi... Ngumpulin dulu nyali ah buat cek mata ke dokter mata

    BalasHapus
  29. Duh udah lama gak periksa mata. Mungkin sudah 4 tahun. Padahal harus rutin ya. Apalagi usia jelita seperti ini (jelang lima puluh tahun)

    BalasHapus
  30. Di jaman pandemi perlu banget menjaga kesehata mata lebih dari biasanay soalnya kebanyakan kerja menatpa layar gagdet ya. Pemeriksaan rutin juga perku ya

    BalasHapus
  31. Menjaga kesehatan mata sekarang nih jadi penting banget loh, apalagi kita sekarang lebih sering terpapar gawai setiap harinya. Biasanya aku suka bantu dari sayuran dan mengistirahatkan mata juga.

    BalasHapus
  32. Akhir-akhir ini saya merasa mata tidak nyaman. Ada perih yang menelusup saat mata terpejam lama tapi bukan tidur. Saat pura-pura tidur karena menidurkan anak.
    Wah, di Semarang ada ya....

    BalasHapus
  33. Sama seperti gigi, mata juga harus diperiksa secara rutin ya, Mbak Aie. Jadi inget si bungsu tuh belakangan suka bilang susah lihat jauh. Kayanya harus periksa mata. Cek dulu ah apa cabang KMN Eyecare deket rumah.

    BalasHapus
  34. Menjaga kesehatan mata saat ini memang gampang gampang susah ya mbak
    soalnya karena pandemi, kebanyakan aktivitas kan secara online, mata lebih sering menatap layar

    BalasHapus
  35. Saya sempat terlambat periksain mata anak pertama. Padahal dia sering mengeluh kalau penglihatannya terganggu. Ketika dibawa ngecek, ternyata langsung minus 3. Jadi memang jangan pernah menyepelekan kesehatan mata, deh. Kalau merasa ada yang bermasalah langsung dicek

    BalasHapus
  36. Mata ini aset bener jangan sampai sakit. Pernah pengalaman kena virus nyerang mata 2 minggu gk bisa ngapa2in, sakit linu mpe ke tulamg2, gk tau hubungannya apa mata ke tulang hehe
    Tp zaman sekarang emang gadget tuh terus terang makin sering pemakaiannya, mataku jg sering lelah huhu
    Baru tahu klinik KMN Eyecare ini mbak, adanya baru di Semarang dan Jakarta ya? Moga makin banyak cabang2nya sampai ke Bogor :D

    BalasHapus
  37. Ternyata meriksa mata tuh yk meriksa gihi ya. Harus rutin. Sementta aku adalah tipe yang males ke dokter atau melakukan pemeriksaa klo gak ada keluhan sama sekali.

    BalasHapus
  38. Sedih kalau ngobrolin masalah mata. AKu sudah pakai kacamata sejak kelas 4 SD.
    Huhuu....tapi emmang sangat membantu sekali kalau setiap pagi rajin makan sayur, terutama yang mengandung vit. A.

    BalasHapus
  39. Saya juga lagi mencari nih buat kesehatan mata
    Banyak di depan hape dan laptop
    Ngurusi jualan agar tetap bisa makan

    BalasHapus
  40. Kadang, pakai kaca mata hitam bagi sebagian orang dianggap masih "nggaya", wkwkk. Padahal tujuannya untuk melindungi mata dari UV A dan UV B ya. Tapi bener sih, mata tuh harus dijaga benar-benar.

    BalasHapus
  41. Ternyata sinar ultraviolet tak hanya merusak kesehatan kulit saja tapi juga bisa membuat mata bermasalah ya?

    Aku sering terpapar sinar matahari saat jalan kaki - sering olahraga gitu juga, dan ga sadar bahwa itu berbahaya

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)