Danone Community Engagement Day 2022 Ajak Konten Kreator Sadar Lingkungan

Sabtu, 03 September 2022

"Bikin konten dulu ah!" atau "Healing yuk sekalian bikin konten!" adalah kalimat yang cukup sering diucapkan oleh banyak pengguna media sosial, mungkin kamu salah satunya?! Well beb, bikin konten di media sosial seakan sudah jadi bagian dalam kehidupan sehari-hari. Tapi jangan asal bikin konten semata demi popularitas atau biar viral aja. Kamu bisa lho menciptakan konten yang bermanfaat untuk banyak orang, bahkan bisa menggerakan orang lain untuk melakukan hal baik contohnya menjaga lingkungan. So yes! Di tulisan kali ini, aku akan bahas dan sharing tentang acara Danone Community Engagement Day 2022 yang mengajak semua konten kreator untuk tingkatkan kesadaran lingkungan. Shall we start now? 

Danone Community Engagement Day 2022

Tahukah kamu perubahan iklim sudah sangat terasa, seperti adanya kerusakan ekosistem laut, masalah kebutuhan pangan, cuaca ekstrim dan bencana alam, penyebaran penyakit, berkurangnya es di kutub utara, dan intensitas badai yang lebih kuat. Itu artinya, bumi yang kita tinggali ini demikian rentan sehingga pengelolaan lingkungan yang bertanggung menjadi salah satu prasyarat wajib keberlanjutan kehidupan manusia di bumi.

Ya! Isu keberlanjutan masih menjadi masalah yang semakin penting bagi banyak orang, utamanya dalam dunia bisnis. Perubahan iklim terus memengaruhi kehidupan manusia dan makhluk hidup di bumi. Termasuk bagi para pemangku kepentingan dalam bisnis, praktik bisnis yang berkelanjutan menjadi suatu keharusan yang diterapkan. NASA mencatat lebih dari 95% aktivitas manusia menyebabkan pemanasan global.

Sejalan dengan hal yang terjadi saat ini, Danone Indonesia berkomitmen mewujudkan bisnis yang seimbang dan berkelanjutan. Sesuai dengan visi Danone “One Planet One Health” yaitu kesehatan manusia dan kesehatan planet saling terkait satu sama lain, oleh karena itu, Danone berfokus untuk menjalankan strategi bisnis keberlanjutan dengan mengacu pada SDGs, maupun target tujuan pembangunan berkelanjutan yang telah ditetapkan pemerintah. Bentuk perwujudan dari visi tersebut, Danone Indonesia berkomitmen untuk menjaga keberlanjutan diantaranya melalui Circular Packaging dan Agriculture.

Ambisi Danone memulihkan lebih banyak plastik daripada yang digunakan pada tahun 2025.Dengan adanya inisiatif ini, platform digital menjadi salah satu wadah untuk menyebarkan kebaikan dari adanya penerapan bisnis berkelanjutan maka dari itu, pemanfaatan platform digital sangat efektif pada saat ini. Melihat kebutuhan tersebut, Danone Indonesia akan menyelenggarakan program Danone Community Engagement Day dengan tema “Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari” bersama komunitas Danone Digital Academy (Bloggers & Vloggers) untuk memberikan program Kelas Intensif Membuat Konten (KIAT) yang bertujuan meningkatkan kemampuan dan mengedukasi komunitas Danone Digital Academy sebagai inisiator dalam lingkungan sekitar sehingga dapat menjangkau sebanyak mungkin orang.

Danone Community Engagement Day 2022


Danone Community Engagement 2022 - Kelas Intensif Membuat Konten (KIAT)

Kelas Intensif Membuat Konten atau disingkat KIAT adalah program dari Danone Indonesia yang ditujukan bagi para konten kreator (Blogger dan Vlogger) untuk meningkatkan kemampuan dalam pembuatan konten terkait isu keberlanjutan lingkungan dan masyarakat. Program ini diadakan pada hari Kamis, 1 September 2022 yang mengusung tema, "Mengenal Penerapan Bisnis Berkelanjutan untuk Indonesia Lestari", menghadirkan Content Creator; Gerald Vincent, Agriculture Manager Danone Indonesia, Budi Raharjo dan Downstream Packaging Manager Danone Indonesia, Annie Wahyuni. Program ini dilaksanakan secara virtual yang dihadiri oleh para konten kreator penggiat media sosial seperti blogger dan vlogger.

Konten kreator yang baik bukan bikin konten demi mendapat cuan yang banyak, jadi terkenal, dan memanfaatkan power untuk 'influence' followers setia. Kalo niat awalnya sudah demikian, makan konten yang disebarkan tidak akan bertahan lama pun akun yang kamu miliki. Seperti yang dikatakan oleh Geral Vincent, "Jangan bikin konten karena mau kaya atau terkenal. Tapi bikin konten karena kamu punya value untuk dibagi ke orang lain."

Mendapatkan cuan, engagement yang tinggi, dan punya power untuk influence orang itu hanyalah bonus. Karena ingat, apa yang kamu perbuat di bumi ini nanti pasti dimintakan pertanggungjawabannya oleh sang pencipta, apapun itu termasuk dalam membuat konten. Agak serem ya, tapi ini kenyataannya. Apalagi kalo kamu sudah memiliki banyak followers, jangan sampai konten yang kamu bagikan ke followers justru memberikan dampak tidak baik. Ingat, jangan pengen viral aja tapi gak ada manfaatnya ceunah.

Danone Community Engagement Day 2022

Cara menyajikan konten pun bisa disesuaikan dengan karakter kamu, kamu mau mengikuti tren bisa lho mencoba konten storytelling seperti "A Day In My Life" yang saat ini masih viral dan diminati oleh banyak konten kreator terutama di platform TikTok. Inti dari konten storytelling memang kemampuan public speaking yang baik jadi gak ada salahnya kamu memperbanyak referensi konten dengan cara mengamati, tiru, dan modifikasi hingga kamu memiliki karakter sendiri. Ingat semua bisa karena terbiasa so yes, keep on trying dan learn from the mistake.

Gerald Vincent mengatakan, "Penentuan topik atau tema konten sangatlah penting, tentunya isu seputar keberlanjutan lingkungan dan masyarakat bisa kamu angkat menjadi konten yang menarik karena memiliki nilai yang tinggi untuk dibagikan. Saya apresiasi untuk Danone Indonesia akan kepeduliannya terhadpa isi ini beserta program KIAT yang dilakukan hari ini."

Mengingat pentingnya edukasi isu keberlanjutan pada masyarakat, Arif Mujahidin - Corporate Communications Director Danone Indonesia menjelaskan, "Danone Indoneisa memiliki komitmen ganda dalam menjalankan bisnis yang sejalan dengan kemajuan lingkungan dan sosial memiliki fokus yang sejalan dengan implementasi target Sustainable Development Goals (SDGs) dan target pemerintah dalam aspek keberlanjutan. Untuk itu kami berupaya untuk mengedukasi masyakarat melalui pesan dan konten yang membahas mengenai keberlanjutan lingkungan dan sosial para konten kreator."

Di era digital saat ini, konten kreator sangatlah penting untuk menjangkau publik secara luas melalui distribusi konten yang menarik, kreatif dan relevan dengan audiens. Melalui program KIAT ini, Danone Indonesia berharap dapat menciptakan ekosistem digital yang positif dalam mengajak masyarakat yang lebih luas untuk memahami bagaimana pentingnya penerapan hidup berkelanjutan baik dalam dunia bisnis dan juga praktiknya dalam kehidupan sehari-hari.

Danone Community Engagement 2022 - Regenerative Agriculture

Danone adalah perusahaan global dengan portfolio yang unik dimana fokus pada makanan dan minuman dengan misi "One Planet, One Health" dan visi "Bringing health through food as many people as possible". Inisiatif One Planet fokus pada 4 pilar, yaitu climate, water, circular package, dan agriculture.

Budi Rahardjo - Agriculture Manager Danone Indonesia menjelaskan “Karena populasi dunia terus bertambah, lebih banyak upaya dan inovasi akan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan produksi pertanian secara berkelanjutan, memperbaiki rantai pasokan global, mengurangi kehilangan dan pemborosan pangan, dan memastikan bahwa semua yang menderita kelaparan dan kekurangan gizi memiliki akses terhadap makanan bergizi. Melalui penerapan pertanian berkelanjutan tersebut kita dapat melakukan transformasi dan menjaga food system atau rantai makanan dengan baik sehingga angka kelaparan tersebut dan akses nutrisi bagi masyarakat luas dapat terpenuhi. Tentunya implementasi in ini dapat tercipta dengan dukungan segala pihak khususnya melalui pemahaman masyarakat luas."

Danone Community Engagement Day 2022

Regenerative Agriculture adalah sebuah gerakan perubahan paradigma pertanian dan praktek bertani dimana menjadikan pertanian bagian dari solusi dengan:

  1. Menyatu dengan sistem alam
  2. Merawat tanah dan melindungi air
  3. Beranekaragaman
  4. Mengurangi input sesuai dengan daya dukung laham
  5. Petani sebagai perawat dan penjaga ekosistem
Dari rumah pun, kamu tetap bisa menjaga lingkungan dengan melakukan beberapa cara sederhana seperti:
  • Menanam sayur dan buah di taman rumah
  • Mengelola sampah di lingkungan tempat tinggal
  • Mengedukasi generasi muda tentang sustainbility lifestyle
  • Memanfaatkan air hujan

Danone Community Engagement 2022 - #BijakBerplastik

Lebih lanjut, Annie Wahyuni - Downstream Packaging Manager Danone Indonesia menambahkan, "Dalam menjaga kesehatan masyarakat, dibutuhkan fokus dari segala aspek tidak hanya akan bahan pangan masyarakat namun juga aspek kemasan yang ramah lingkungan dan aman bagi konsumen. Kemasan memiliki peran yang diperlukan untuk melindungi manfaat gizi dan kualitas produk kami dan memungkinkan mereka untuk disimpan, diangkut, dan digunakan dengan aman. Sejalan dengan hal ini Danone bekerja untuk mendukung pergeseran sistemik dari linear ke ekonomi sirkular untuk kemasannya. Danone juga mengajak masyarakt untuk berperan aktif dalam menciptakan ekonomi sirkular melalui gerakan #BijakBerplastik dan dijalankan sejak 2018."

Sejak 2018, Danone berkomitmen untuk mempercepat ambisi menuju ekonomi sirkular dengan gerakan #BijakBerplastik. Danone-AQUA berkomitmen untuk mengurangi sampah plastik yang masuk ke lautan melalui pendekatan yang komprehensif dengan menciptakan model bisnis sirkular, dimana saat ini 70% bisnis Danone-AQUA telah berasal dari produksi air minum dengan kemasan galon guna ulang. Selain itu, perwujudan komitmen Danone-AQUA dilakukan melalui tiga langkah penting, dimulai dari pengembangan ekosistem pengumpulan sampah plastik, edukasi bagi konsumen untuk turut bertanggung jawab atas sampah yang dihasilkan dan inovasi atas kemasan yang digunakan.

Danone Community Engagement Day 2022


Adapun prinsip #BijakBerplastik:
  1. Bersinergi dengan Pemerintah dan berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk mengumpulkan dan mendaur ulang sampah plastik, menerapkan teknologi pengumpulan sampah yang inovatif dan melakukan pemberdayaan pekerja persampahan terutama di sektor informal.
  2. Berkolaborasi dengan media, institusi pendidikan, LSM, ritel dan penyedia layanan melalui platform digital memimpin kampanye edukasi pengelolaan sampah yang akan mendorong peningkatan kesadaran dan perubahan perilaku.
  3. Terus melakukan riset dan inovasi untuk mendorong penggunaan kemasan yang sirkular dan menciptakan dampak yang positif bagi lingkungan.
Selain sesi edukasi, program ini juga mengadakan lomba membuat konten di Instagram yang bertajuk #ADayInMyLIfe versi penerapan hidup berkelanjutan dan banyak hadiah menarik yang bisa dimenangkan oleh peserta.

#KIATMembuatKonten #KIAT2022 #DanoneCommunityEngagementDay2022

23 komentar

  1. Sebagai konsumen kita juga bisa banget ikut mendukung program #bijakberplastik ini ya. Kalo saya biasanya sampah plastik botol dikumpulin dulu baru dikasih ke tukang sampah, untuk diloakin dan didaur ulang.

    BalasHapus
  2. Seru banget acara Danone Community Engagement Day 2022, narasumbernya keren dan materinya bener-bener bermanfaat buat para pembuat konten..

    BalasHapus
  3. Itulah kenapa aku bikin channel Youtube, persis seperti tulisan ini, karena aku khawatir dengan masa depan bumi untuk anak cucu, karena perubahan iklim benar2 di hadapan kita terlihat jelas. Dan aku merasa harus berbuat sesuatu. Kalau sendirian pasti impossible, tapi kalo kita ngajak2 orang, semoga ada dampaknya

    BalasHapus
  4. Acaranya keren banget sih, narasumbernya juga beragam tapi tetep ya ada sinerginya.
    Setuju banget dengan pesan Gerald, jangan bikin konten karena pengen kaya atau terkenal. Namun karena punya value untuk dibagikan, keren euy. Termasuk keseharian kita dengan kegiatan yang positif seperti merawat kebun, bikin komposter, ataupun melakukan penghematan air , listrik, dan lainnya. Cerita seperti ini mesti dibagikan agar lebih banyak orang yang terinspirasi

    BalasHapus
  5. Danone ini acaranya keren pake banget olwes. Molly mau kapan2 ikutan juga. Ternyata jadi blogger dan vlogger mesti peduli lingkungan juga

    BalasHapus
  6. bener bener mbak aku ini baca sambil manggut2.. mulai dari diri sndiri aku ini mbak, yuk ah bijak semuanya :D

    BalasHapus
  7. Temanya relate banget sama yang lagi aku jalanin sekarang beralih ke sustainable living. Bisa kayaknya nih aku jadikan tema kontenku perjalanan belajar sustainable-nya. Siapa tau ada yang lagi belajar juga.

    BalasHapus
  8. Apapun yang telah dilakukan oleh Danone termasuk kegiatan BijakBerplastik harus kita dukung ya mba. Dan senang juga pas ikut kegiatan itu jadi makin nambah ilmu soal membuat konten

    BalasHapus
  9. Sepakat bangetttt, karena di era yg makin digitalized ini, kita butuh konten² yg mengusung value positif yaaa

    Supaya smuanya jadi baik.
    Bukan prank, hoax atau konten yg ga ada value nya

    BalasHapus
  10. Asalkan dikemas dengan menarik, disampaikan dengan tepat, isu lingkungan bisa jadi konten yang diminati ya mbak. *Harusnya sih diminati* Sisi positifnya banyak, baik bagi si kreator, maupun follower. Bahkan mereka yang sudah punya branding tertentu bisa manfaatin brandingnya buat nampilin isu lingkungan sesuai karakternya.

    BalasHapus
  11. Iya mba, sering miris klo liat konten2 yang nggak ngerti maunya apa (nggak ada edukasi/informasi) malah cenderung porno...eeh, malah viewnya banyak.

    Setelah ini semoga makin banyak yang tercerahkan untuk membuat konten2 positif ya mba.

    BalasHapus
  12. Apa yang dilakukan Danome comunity penting banget nih, kita memang harus bijak bersampah untuk menyelamatkan bumi agar lebih lama anak cucu menikmati bumi kita

    BalasHapus
  13. bijak berplastik bisa banyak membantu kita menyelamatkan bumi dan menjaganya untuk anak cucu kita kelak ya mba

    BalasHapus
  14. Keren banget komitmen Danone untuk ikut menjaga lingkungan hidup ya dengan mendaur ulang botol plastik biar tidak jadi timbunan sampah. Salut untuk Gerald yang tak asal konten viral tapi ada pertanggungjawaban sebagai influencer bikin konten yang bermanfaat

    BalasHapus
  15. Yupp betul kalau tidak dari diri sendiri keluarga dan berbagai hal positif tentang melindungi lingkungan siapa lagi yaks???

    Semoga upaya Danone dalam partisipasi menjaga lingkungan bisa di ikuti perusahaan lain.

    BalasHapus
  16. Ya ampun. Serius ya 95% aktivitas manusia menyebabkan pemanasan global? Parah nih. Kita harus bergerak untuk menyelamatkan bumi

    Suka deh sama program Danone. Kaya bikin konten positif dan disebar di medsos ini. Jadi banyak yang teredukasi

    BalasHapus
  17. Konten menarik dan edukatif tuh memang penting banget, apalagi sekarang ini banyak aplikasi pendukung untuk membuat konten.

    BalasHapus
  18. Bagus banget ya acara Danone Community Enggagement Day ini. Pasti banyak ilmu baru setelah ikutan acara ini, terutama tips buat konten lingkungan

    BalasHapus
  19. iya mbak, konten keseharian kita justru banyak peminatnya ya, cuma harus dipisahkan juga sih, gak semua keseharian kita bisa ditayangkan di sosmed sih ya sebagai konten, bagus juga yang bener-bener bermanfaat bagi masyarakat, seperti memilih dan memilah barang layak pakai di rumah dsbnya. keren lah acara danone community engagement ini yaa. moga setiap tahun terus diadakan, bener bener inspiratif

    BalasHapus
  20. Konten-konten mengenai kehidupan berkelanjutan, mengenai menjaga lingkungan dan konten kreatif lainnya bisa sekaligus mengajak kebaikan dan memberikan semangat bagi orang lain agar tetap bijak dalam menggunakan bahan-bahan anorganik.

    BalasHapus
  21. wah ternyata Mba Aie juga menyimak di acara Danone community engagement day yah..seru ya mba dan aku suka banget materinya semua gurih banget

    BalasHapus
  22. Bagus banget Danone bikin acaranya. Konten kreator yang memberi inspirasi untuk peduli lingkungan memang sangat dibutuhkan. Biar banyak yang terinsirasi dan mau melakukan perubahan untuk turut menjaga alam

    BalasHapus
  23. Kalau berbicara tentang konten, pengen banget deh Mak untuk mulai engage audience lebih luas lewat podcast. Dulu saya udah pernah punya tapi nggak dilanjutin lagi. Padahal podcast ini bisa jadi platform yang engaging banget. Apalagi untuk permasalahan yang perlu awareness lebih luas seperti isu lingkungan. Semoga bisa ada kesempatan untuk memulai lagi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)