Ini Dia Keuntungan Menggunakan Virtual Account!

Rabu, 16 Agustus 2023

Saat ini, virtual account telah menjadi hal yang lumrah di tengah masyarakat modern. Keberadaannya tidak menjadi sebuah simbol gaya hidup, tetapi juga turut memudahkan masyarakat untuk melakukan berbagai transaksi.  

Sedikit informasi untuk kamu yang belum tahu, virtual account adalah salah satu produk dari perusahaan financial technology (fintech) yang dibuat untuk membantu melakukan transaksi pembayaran secara online 

Fazz Business

Benar sekali. Virtual account ini memang berbeda dari transfer bank, sebab bisa digunakan untuk ke berbagai tujuan penerima, salah satunya ke akun dompet digital. Lalu, apa saja keuntungan dari menggunakan virtual account ini? 

5 Keuntungan Virtual Account

Apakah kamu juga pengguna virtual account? Jika iya, tentu sudah ikut merasakan berbagai keuntungan seperti di bawah ini.

1. Hemat Waktu dan Tenaga

Keuntungan pertama yang kamu rasakan tentu saja tidak perlu lama mengantre seperti di bank-bank konvensional. Sebab, kamu bisa menggunakan smartphone untuk menyelesaikan berbagai pembayaran ke berbagai tujuan.

Selama kamu memiliki jaringan internet yang stabil untuk terhubung dengan internet banking atau m-banking, semua pembayaran bisa dilakukan kapan saja dengan sangat mudah.

Dengan demikian, setiap pembeli tidak harus memiliki akun yang sama dengan penjual atau bisnis kamu. Sebab semua bisa melakukan pembayaran dengan berbagai bank.

2. Transaksi Aman

Apakah kamu ragu jika bertransaksi menggunakan virtual account itu aman? 

Keamanan yang ditawarkannya, memungkinkan kamu untuk melakukan pengelolaan, menentukan dan menyesuaikan akun perbankan sesuai keinginan karena telah dilengkapi dengan jaringan yang terbaru dan aman.

3. Pembukuan Keuangan Lebih Mudah

Semua transaksi yang dilakukan dengan menggunakan virtual account akan langsung tercatat secara realtime, berapa jumlah yang dibayarkan, waktu hingga ke mana tujuan pembayaran. 

Selain itu, kamu juga tidak perlu repot harus mengecek siapa saja yang belum melakukan pembayaran. Hal ini dikarena virtual account mampu membedakan siapa saja yang sudah melakukan pembayaran dan belum melakukan pembayaran.

Fazz Business

Semua laporan yang ditampilkan secara virtual tersebut, biasanya juga bisa kamu unduh dalam bentuk laporan. Ini juga akan semakin memudahkan kamu dan tim saat melakukan pengecekan pendapatan usaha.

4. Pembayaran Fleksibel

Jika ada pekerjaan yang mendesak, kamu juga tidak perlu repot harus pergi ke sana ke mari untuk mengirim uang dengan jumlah yang tak seberapa. Karena bisa dilakukan di waktu yang bersamaan. 

Selain itu, kamu juga tidak akan terhalang oleh hari libur. Sebab virtual account bisa digunakan kapan saja, selama 24 jam setiap harinya. 

5. Sistem Pembayaran Otomatis

Masih berhubungan dengan proses pembukuan yang mudah, keberadaan virtual account juga akan memberikan informasi jika ada pembayaran yang masuk ke akun kamu. 

Selain itu, virtual account juga telah memastikan jika semua pembayaran dengan cara yang tepat. Karena jika ada kesalahan saat proses pengiriman uang, maka proses pembayaran tidak bisa dilakukan. 

Maka semua pembayaran yang kamu dapatkan, dipastikan telah melalui proses yang benar. Kemudahan ini juga akan sangat berguna jika kamu memiliki toko online. Sebab pelanggan tidak perlu mengirim bukti transfer atau mengirimkan pesan konfirmasi pada nomor admin toko.

6. Tersedia Berbagai Jenis Virtual Account 

Keuntungan lain dari menggunakan virtual account adalah dapat menyesuaikan jenisnya sesuai dengan kebutuhan bisnis kamu.

Pengaturan ini bisa membuat nomor virtual account akan selalu sama atau berubah-ubah, jumlah penerimaan hingga berapa kali jumlah penggunaan akun.

Fazz Business

Jenis virtual account yang bisa menjadi referensi kamu, antara lain :

1. Fixed virtual account

Jenis ini memungkin pelanggan untuk mengatur sendiri nomor akun virtual, dengan cara ini pelanggan juga bisa melakukan pembayaran secara berulang, salah satunya adalah dengan dompet digital.

2. No fixed virtual account

Sedangkan non fixed virtual account biasanya menggunakan nomor tertentu yang hanya bisa digunakan untuk satu kali transaksi saja. Jenis ini, biasanya banyak dijumpai pada pembayaran di e-commerce.

Dari berbagai keuntungan di atas, maka tidak heran jika banyak pengusaha yang menggunakannya untuk memudahkan berbagai transaksi jual beli. Selain tidak membutuhkan kartu yang harus di bawa kemana-mana, kamu juga bisa menyelesaikan pembayaran kapan saja sesuai kebutuhan. 

Salah satu perusahaan yang bisa kamu tuju saat ingin membuat virtual account untuk memudahkan layanan bisnis adalah Fazz Business. Fazz Business memang dirancang untuk membantu meningkatkan kamu dari berbagai skala, mulai bisnis kecil hingga internasional.  Perusahaan ini menawarkan berbagai layanan pembayaran yang bisa memudahkan pemilik bisnis saat akan menagih pembayaran ke pembeli.

Selain itu, pencatatan juga dapat dilakukan secara realtime dalam satu dashboard sehingga memudahkan saat pembukuan. Hal ini tentu akan sangat membantu kamu dalam melakukan evaluasi keuangan, karena semua transaksi sudah tercatat dengan rapi. 

20 komentar

  1. Hal yang aku suka dari virtual account adalah ga usah cape² daftarin norek sebelum transaksi. Ditambah lagi biaya adm yang nyaris ga ada. Sangat simple

    BalasHapus
  2. Sebagai konsumen, aku sering bgt dan lebih suka pakai virtual acount karena lebih fleksibel.
    Nah penggunaan VA ini bisa jadi opsi bagi yg memiliki bisnis dan usaha agar sistem transaksinya pun jadi lebih simpel

    BalasHapus
  3. Hoo, iya bener ada yang fixed ada yang non fixed ya. Soalnya pernah menemukan keduanya. Untuk bayaran sekolah anak-anak, udah pakai yang fixed virtual account. Untuk belanja di e-commerce, pakai yang non fixed.

    Kayanya emang jadi lebih praktis juga sih ya untuk yang bayar, gak perlu konfirmasi pembayaran lagi soalnya. Udah otomatis tercatat kalau sudah melakukan pembayaran

    BalasHapus
  4. Sangat membantu sekali pembayaran menggunakan VA karena lebih fleksibel, memudahkan segala transaksi jual beli, bahkan untuk membayar segala keperluan anak pun bisa.

    BalasHapus
  5. Iya banget, aku paling suka deh bertransaksi dengan Virtual Akun. Bisa lebih personal dan aman. Jadinya bisa kelihatan ya berapa nominal transaksi dan memang bener-bener cuma buat kita dan pihak pemberi VA aja yang tahu.

    BalasHapus
  6. Iya banget, aku paling suka deh bertransaksi dengan Virtual Akun. Bisa lebih personal dan aman. Jadinya bisa kelihatan ya berapa nominal transaksi dan memang bener-bener cuma buat kita dan pihak pemberi VA aja yang tahu.

    BalasHapus
  7. Memudahkan ya si VA ini mba Aie. Apalagi pembayaran semua serba online. Dan aku jadi tau nih ada yg fixed dan non fixed ya untuk jenisnya..makasih infonya mba

    BalasHapus
  8. Wah aku sering banget pakai Virtual Account untuk bayar-bayar atau belanja, soalnya lebih mudah aja tinggal copy atau salin terus tempel langsung deh transaksi, ngak pake lama malah justru lebih cepat kalau pengalaman aku.

    BalasHapus
  9. Hadirnya virtual account ini membantu kita banget. Transaksi makin mudah dan keamanan juga terjaga. Terus kalau udah melakukan pembayaran, otomatis ada informasi pembayaran sudah dilakukan.

    BalasHapus
  10. Nah aku baru paham nih kalau ternyata memang ada yg fixed dan non fixed, pantesan modelan kalau bayar SPP anak2 ke sekolah itu model yg fixed sedangkan kalo yg belanaj2 itu sekali pakai ga bs lagi ya pertransaksi. Pake VA menurut aku ngebantu kita spy transfer tepat tujuan sih ga salah transfer dan jadi lebih aman aja

    BalasHapus
  11. Nah bener banget, aku lebih suka pake virtual account untuk transaksi, jadi lebih simple ga pake daftarin lagii hihiii.
    Solusi banget tuh Fazz Business bisa meningkatkan skala bisnis dari skala kecil sampe gede, perusahaan yang gerecep dan mengerti transaksi jaman now dengan mudah.

    BalasHapus
  12. Virtual account ini jadi solusi transaksi perbankan zaman sekarang ya..
    Karena banyak keunggulan dan kini bisa menggunakan Fazz Business sebagai transaksi VA yang aman untuk klien.

    BalasHapus
  13. Suka juga gunakan VA sampai aku bikin list sendiri soalnya kode-kode nih beda2 ya.

    BalasHapus
  14. Enaknya VA itu mudah mengecek pembayaran seperti poin 3 apalagi kalau banyak transaksi dengan nominal sama. Sekarang pilihan bayarnya juga makin beragam ya. Aku baru tahu tentang fixed dan non fixed VA.

    BalasHapus
  15. Untuk beberapa pembayaran, aku seneng pakai virtual account. Simpel sih dan gak perlu masukin jumlah pembayaran udah langsung muncul angka. Jadi minim kekeliruan kan. Otomatis gitu

    BalasHapus
  16. Manfaat virtual account ini bener-bener membantu kita banget dalam bertransaksi. Kalau dulu mau bayar harus keluar rumah, sekarang bener-bener dimudahkan, cukup di rumah atau dimana aja udah bisa melakukan transaksi ya

    BalasHapus
  17. Ohh baru paham sama fixed dan non fixed virtual account. Agak siwer sih teh sama yang non itu karena pas mau belanja lagi nomor sebelumnya auto save tapi si nomor udah expired. Memang harus lebih teliti lagi yaa kalau mau bayar-bayar pakai VA.

    BalasHapus
  18. memudahkan banget memang ya menggunakan virtual account tuh, keamanan juga terjaga.

    BalasHapus
  19. Virtual account bisa juga digunakan untuk nabung, sekolah anakku juga pakai ini jadi praktis gak perlu antri ke teller kalau mau bayar spp selain itu juga pihak bendahara sekolah bisa langsung mengetahui kewajiban mana yang belum di bayar,

    BalasHapus
  20. Pengaturan ini dari sisi pemilik usahanya ya, Aie? Baru paham loh cara kerjanya seperti ini. Emang jadi lebih terkontrol sih untuk arus cash masuknya yaaa...

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)