Bangga Pakai Skincare Lokal It's Another Level of Happiness!

Senin, 28 Agustus 2023

Jujur deh sama aku, kamu menggunakan produk skincare lokal kan? Ya, at least ada beberapa produk skincare lokal yang kamu gunakan dan memang gak kalah saing sama produk luar. Well, di tulisan kali ini aku akan berbagai bagaimana aku bangga pakai skincare lokal and it’s another level of happiness! So shall we start now?


Skinproof

Untuk pemilik kulit wajah cenderung kering dan sensitif ini, memang harus hati-hati dalam memilih produk skincare supaya hasilnya bikin pangling dan glowing. Back in 2016, rasanya sulit untuk menemukan produk skincare lokal yang cocok dengan jenis kulit wajahku. Ada sih tapi harus ke klinik kecantikan terlebih dahulu yang artinya gak bisa dibeli bebas di drugstore gitu.

Perjalanan Menemukan Produk Skincare Lokal yang Cocok untuk Kulit Wajah

Seiring dengan perkembangan industri kecantikan di Indonesia, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal semakin meningkat secara signifikan. Merek kosmetik lokal menjadi daya tarik tersendiri bagi skincare enthusiast karena kemampuan merek lokal dalam memahami produk yang lebih sesuai dengan jenis kulit, warna kulit, dan kebutuhan konsumen lokal.  Selain itu, faktor lain yang menjadi latar belakang tingginya animo terhadap merek kosmetik lokal yaitu kualitas produk yang semakin kompetitif dengan standar produksi, bahan baku, dan regulasi yang baik, dengan harga yang relatif terjangkau dibandingkan dengan merek internasional.  

Jujur lagi nih iya, sebelumnya memang aku banyak menggunakan produk skincare dari Korea Selatan yang memang bagus sih efeknya untuk kulit wajah. Tapi, harganya lumayan ya beb. Terlebih untuk ibu bekerja dan juga mengerjakan pekerjaan rumah tangga seperti aku ini. Bukannya gak love myself tapi lebih ke “kenapa gak cari produk skincare lokal dengan harga terjangkau, bisa beli di drugstore trus bagus kualitasnya.” Setuju dong!  


Skinproof

Lalu, aku mulai mencari produk skincare lokal yang secara kualitas dan kandungannya bagus dan cocok untuk kulit wajahku. Long story short, akhirnya ada beberapa skincare lokal yang yang aku temukan dan cocok untuk kulit wajahku. Perlahan tapi pasti, semua produk skincare di rumah berubah dan bergeser menjadi produk skincare lokal. Mulai dari micellar water hingga sunscreen, lho! 


Yeah I know it’s such a long journey dan butuh ketekunan yang teramat sangat dalam sambil memahami jenis kulit wajah dan apa yang dibutuhkan. But voila, usaha gak menghianati hasil dong, di usia yang hampir 40 tahun ini bisa dibilang kulit wajahku cukup sehat dan glowing (based on beberapa teman yang menilai atau memberikan komentar atas kondisi kulitku belakangan ini). 


So yes, aku bangga pakai skincare lokal and it’s another level of happiness karena hasilnya bikin aku happy luar dalam. Lagian ya, produk-produk skincare lokal sekarang mah udah gak kalah sama produk luar baik secara kualitas maupun kandungannya ya. Terlebih saat pandemi kemarin, banyak sekali produk skincare lokal yang memberikan kualitas terbaik dalam setiap produknya. Dan dengan memakai produk skincare lokal artinya kamu memberdayakan UMKM dan membantu perekonomian Indonesia juga, lho.


7 Alasan Andiyani Achmad Memilih Produk Skincare Lokal

Sebenarnya beberapa alasan mengapa aku memilih produk skincare lokal sudah aku jabarkan, namun gak ada salahnya aku meyakinkan kamu sekali lagi ya. So, ini dia 7 alasan aku memilih produk skincare lokal:

  1. Menggunakan bahan-bahan alami yang baik untuk kulit 
  2. Harga yang lebih ramah kantong
  3. Mudah didapat, baik offline maupun online
  4. Sudah memiliki sertifikasi halal
  5. Memberdayakan UMKM & membantu perekonomian Indonesia
  6. Disesuaikan dengan kulit orang Indonesia
  7. Tenang, karena ada Skinproof yang telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi.
Skinproof

Skinproof, anak perusahaan Arya Noble yang bergerak di bidang evaluasi produk kosmetik dan riset konsumen, sejak 2017 telah dipercaya oleh berbagai perusahaan kosmetik ternama dalam hal consumer insight, cosmetic claim support, sensory research hingga konsultasi dan layanan regulasi. “Kami membantu pelaku usaha kosmetik mulai dari proses product development, cost reduction, identifikasi keunikan produk, benchmarking dengan produk sejenis atau kompetitor, hingga respon konsumen, untuk mengembangkan produk terbaik yang aman dan sesuai regulasi,” tambah Theresia. Theresia juga memaparkan bahwa saat ini konsumen semakin paham akan kandungan dan keamanan produk kosmetik, sehingga mendorong produsen kosmetik untuk terus berinovasi mengembangkan produk yang layak dan sesuai dengan regulasi.

Info lengkap tentang Skinproof bisa teman-teman langsung cek di instagram @skinproof.id ya!

So, Jangan Ragu untuk Menggunakan Produk Skincare Lokal Ya!

Secara keseluruhan, animo masyarakat terhadap merek kosmetik lokal di Indonesia terus meningkat karena masyarakat semakin menghargai kualitas, inovasi, dan identitas kebangsaan yang ditawarkan oleh merek-merek tersebut. Tingginya animo ini memberikan peluang besar bagi merek-merek lokal untuk terus berkembang dan bersaing di pasar kecantikan dimana konsumen semakin kritis dalam pemilihan produk kosmetik bukan hanya dari segi klaim dan harga produk, tetapi juga keamanan produk yang telah teruji secara klinis. Jadi, tenang beb kan ada Skinproof!

Skinproof

Nah salah satu produk skincare by Skinproof yang aku gunakan yaitu Wardah Perfect Bright Moisturizer yang sesuai dengan klaimnya, pelembab ini mudah meresap ke wajah, bikin wajah jadi lembab dan kenyal, tidak kesat ketarik, setelah dipakai kulit wajah juga terlihat lebih cerah, udah ada SPF-nya jadi bisa melindungi kulit dari paparan sinar matahari.

Selain itu, produk ini bikin kulit lebih bercahaya alami dan mudah untuk di blend saat diaplikasikan ke kulit wajah. Teksturnya yang creamy a little bit thick but it’s okay with me, i’m fine with that karena masih bisa meresap ke dalam kulit wajahku. 

Skinproof

Yakini, karakter kulit perempuan Indonesia itu khas dan berbeda dengan kulit perempuan di negara lain, maka skincare yang sesuai untuk kebutuhan kulit perempuan Indonesia adalah produk lokal Indonesia. Selanjutnya dari komposisinya, bahan lokal cenderung ramah di kulit karena menggunakan bahan-bahan alami dalam negeri. 

Namun, sebagai konsumen yang pintar tentu kamu harus mengetahui jenis kulitmu dan memahami apa yang kulitmu dibutuhkan. Jangan asal percaya klaim dari suatu produk, karena setiap jenis kulit individu itu berbeda dan gak bisa disamakan. Makanya rajin membaca kandungan dalam setiap produk skincare yang ingin kamu beli. Selain itu, kamu bisa tenang karena sekarang ada Skinproof yang membantu konsumen untuk mendapatkan produk kosmetik yang aman dan nyaman digunakan. Jadi yuk bangga menggunakan produk skincare lokal!

23 komentar

  1. Memang banyak skincare lokal yang bagus sekarang. Harganya juga ramah di kantong. Bikin glowing bukan lagi sekadar wacana

    BalasHapus
  2. Dengan munculnya buanyak skincare lokal yang oke-oke emang bikin bingung tapi kembali lagi ya mba teruji aman atau ga? cocok nih skiproof semoga next bisa semua brand kerjasama

    BalasHapus
  3. Skinker dari dalam negeri udah banyak banget yang kece2 ya mba Aie, udah aman. Bangga deh. Betul, harus hati2 ya apalagi kalau viral kitu, hihi rasanya pengin langsung cobain ajaah, padahal belum ngecek ingredientnya. Btw Skinproof udah banyak menangani produk2 skincare yg familiar di telinga seperti Wardah ya mba Aie

    BalasHapus
  4. pas banget menuju awal bulan dah mau beli skincare lagi. Bener banget, skincare lokal mutunya luar biasa kok. Cocok untuk kulit saya yang pemilih. Skinproof ni partner testingnya skincare ya. Produk yang ditest nya terpercaya semua.

    BalasHapus
  5. Produk Wardah ini plihan aku. harganya juga ramah di kantong dan emang cocok di wajahku. Apalagi ada banyak varian produknya. Dan iya bener meresap juga di kulit, mba :)

    BalasHapus
  6. Skincare dan kosmetik lokal sekarang ini memang bisa diandalkan ya, Mbak. Gak kalah kualitasnya sama yang dari luar negeri.
    Btw aku baru tau Skinproof. Jadi kita bisa aman dan nyaman ya saat menggunakan skincare/kosmetik lokal :)

    BalasHapus
  7. Sebelum serangan dari Korea Mb, kita kan taunya Sariayu, Marta Tilaar dan Wardah, jadi gak ada alasan gak percaya merek lokal, hehehe

    BalasHapus
  8. Wardah adalah salah satu produk lokal yang sudah tidak diragukan lagi ke ampuhannya, harganya ramah di kantong dan memang cocok di wajahku, dengan banyak pilihan varian produk jadi kita bisa menyesuaikan sesuai kondisi kulit wajah kita.

    BalasHapus
  9. Oh iya, dong, saya juga bangga pakai skincare lokal. Udah beberapa tahun ini, saya pakai produk perawatan dari Wardah. Selain harganya ramah di kantong, wardah juga cocok di kulit saya.

    BalasHapus
  10. waah product skin care lokal kita udah fak kalah sama yang luar ya mba... kadang pertimbangannya juga krn kan mrk lebih paham dengan karakter dan ke khasan kulit kita ga sih jadi pasti riset dan pengembangan produknya sangat memperhatikan kearifan lokal juga

    BalasHapus
  11. Wah tos dulu kak Aie, aku pun menggunakan skincare lokal untuk perawatan. Karena selain memang cocok untuk kondisi kulitku, dan yang terpenting tuh ramah kantongkan. Maklum ya perempuan tuhkan banyak tahapan perawatannya.

    BalasHapus
  12. Alhamdhulilah udh setahun ni aku juga pake skincare lokal mbak. Pake beberapa brand interlokal hasilnya di aku ga oke ternyata pake skincare.lokal malah cocok. Ternyata kandungannya ga kalah oke dan hasilnya memuaskan. Skr.pun banyak skincare lokal yg packagingnya kece jd pakrt lengkap sih

    BalasHapus
  13. Sama. Tadinya juga saya banyak pakai produk luar. Tapi, sekarang semakin banyak produk lokal yang bagus. Harganya lebih terjangkau pula.

    BalasHapus
  14. Aku lebih cocok dan bangga pakai skincare lokal. Senangnya ada Skinproof yang membantu konsumen untuk mendapatkan produk kosmetik yang aman dan nyaman digunakan.

    BalasHapus
  15. Saat ini saya juga lebih memilih skincare lokal. Di samping kualitasnya juga gak beda jauh dengan produk luar negeri, harganya juga lebih murah.

    Dan ya, betulll, skincare lokal ini dibuat dengan jenis kulit dan warna kulit kita. Saya suka ini..

    BalasHapus
  16. Produk lokal lagi hype banget, aku pake produk brand Wardah udah lama, baru ngeh ada Skinproof.
    Apalagi sangat cocok dengan kulit orang lokal dan tentunya wajib mengetahui jenis kulit sendiri.

    BalasHapus
  17. Iyaa, sekarang pakai produk skincare lokal bagus-bagus kualitasnya dan harganya pun terjangkau di zaman kudu ngirit ini apalagi ada skinproof tempat kita bisa mengecek ulasan kualitas produk yaa

    BalasHapus
  18. Kalau aku emang hampir selalu pakai produk lokal sih hahaha. Tentunya yang cocok di kulit dan kantong. Puji Tuhan kulitku ga rewelan..ga sensitif gitu. Tapi kalau mau glowing, tentu butuh extra effort sih ya :D

    BalasHapus
  19. Sejujurnya, aku memilih dan menggunakan skincare based on kemana bias idolku mengendors. Huhuhu... Pernah juga kerjasama sama skincare lokal, makanya aku jadi pakai beberapa item skincare lokal. Seneng banget karena ternyata bikin kulitku lebih baik, meski memang cara kerja skincare gak abrakadabra yaa... Kudu tetap rutin menggunakannya.

    BalasHapus
  20. Skincare lokal sudah banyak yang bagus ya mbak
    Aku selama ini juga lebih banyak pakai skincare lokal
    Cocok di kulit

    BalasHapus
  21. Sekarang tuh skincare lokal memang pada bagus dan keren kandungannya yah nggak kalah sama skincare luar tuh

    BalasHapus
  22. Setuju ka ai.. akupun sekarang lagi coba skincare lokal dan alhamdulillah nyaman cocok

    BalasHapus
  23. Skincare lokal emang sebenernya paling cucok Aie,
    aku malah pernah diketawain temen, karena malu pake produk lokal. Padahal kan itu udah disesuaikan dengan kulit wanita Indonesia

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)