Selasa, 24 November 2020

Curug Citiis Kav Kurma Jonggol Jaraknya Cuma 8 KM dari Rumah

Ramai sekali yang mendadak melipir buat melihat Curug di sekitaran Kabupaten Bogor, aku pun salah satunya. Ketika diajakin sama tim Indonesian Hijab Blogger (IHB) buat trekking sekaligus mengunjungi beberapa Curug yang ada di sana, eh dilalah malah hari Minggunya ke Curug yang sangat dekat lokasinya dengan rumah. Namanya Curug Citiis Kav Kurma Jonggol yang jaraknya cuma 8 km dari rumah saja beb. 

Curug Citiis Kav Kurma Jonggol

Berhubung ini kali pertama mengunjungi Curug Citiis Kav Kurma Jonggol, jadi kami mengandalkan Google Maps untuk menuju ke sana. Awalnya sih perjalanan cukup menyenangkan dengan medan yang masih mobil friendly.

Ketika tiba di Kecamatan Jonggol, medan yang ditempuh sudah cukup mengkhawatirkan dan menguras emosi. Jalur yang dipilih Google Maps ternyata cukup bikin khawatir karena jalan yang masih berbatu kerikil, harus melewati jembatan kayu, melintasi sawah, hingga jalan setapak yang bikin emosi karena ban sempat masuk ke dalam tanah. Beneran deh menguras emosi! 

Curug Bogor

Curug Bogor

FYI kami ke sana menggunakan mobil matic yang city car, jadi kebayang ya gimana deg-degannya. Sepanjang perjalanan sempet ribut karena mempertanyakan kok jalan yang dipilih cukup menantang sekali. 

Setelah sempat nyasar dua kali akibat salah belok karena jalan yang diarahkan cukup nyempil, akhirnya kami pun tiba di satu jembatan besi yang hanya cukup satu mobil, itupun kaca spion harus dilipat agar bisa lewat. So, di sini skill menyetir kendaraan sangat diuji beb. 

Akhirnya tiba di ujung jembatan besi tersebut, kami pun harus melewati jalan warga yang medannya cukup curam naik ke atas dengan kanan kiri rumah warga. Setelah dipertigaan, ternyata salah belok lagi, harusnya ke kanan, mobilku malah ke kiri, alhasil harus muter balik lagi. 

Curug Bogor

Curug Bogor

Curug Bogor

Curug Bogor

Dari pertigaan itu naik ke atas, dan gak lama keliatan tulisan "Kawasan Wisata Curug Citiis", lega sekali beb rasanya. Gimana enggak ya, perjalanan cukup menantang bak uji nyali. Dan kami sampai di sana sudah menjelang jam 5 sore yang artinya harus segera turun ke bawah agar kondisi masih cerah. 

Sampai di sana, gak pake babibu kami pun turun ke bawah menuju ke Curug Citiis Kav Kurma Jonggol yang ternyata lagi dipugar beb tamannya. Trus juga ada semacam kolam yang dibuat untuk berenang mungkin ya. Ada juga WC dan tempat ganti baju yang belum jadi. Taman-taman di sepanjang jalan mengarah ke Curug Citiis Kav Kurma Jonggol juga terlihat masih sangat rapi dan cantik tertata. Namun sayang, aliran airnya agak kotor, mungkin karena sehari sebelum kami ke sini memang di area ini lagi sering hujan deras.

Cuss kami foto-foto, sambil menikmati keindahan alam yang hijau rindang pepohonan ditambah langit yang sangat biru dan cantik sekali. Setelah puas foto-foto, kami mampir di warung terdekat buat beli minuman hangat dan juga dingin. Oia, biaya parkir di Curug Citiis Kav Kurma Jonggol dikenakan 10ribu rupiah per mobil. 

Curug Bogor

Curug Bogor

Curug Bogor

Curug Bogor

Curug Citiis Kav Kurma Jonggol

Sukaresmi, Sukamakmur, Kab. Bogor, Jawa Barat 16830

Sejujurnya masih banyak curug dekat rumah yang belum kami kunjungi, jika ada waktu cukup banyak, kami akan ngebolang buat liat satu per satu curug di sekitaran rumah. Nah, abis ini kami ke mana lagi ya.. hmm.. any idea?

24 komentar:

  1. wah hijau semua bikin adem dan seger

    BalasHapus
  2. Akhirnya, setelah kesasar dua kali nyampe juga ya mbk. Rata rata jalan menuju ke air terjun lumayan menyesatkan ya ahaha. Mungkin baru pertama kali ya jadi masih bingung. Aku pernah ngalamin juga lho hehe. Viewnya bagus banget mbk..

    BalasHapus
  3. Wah, rumahnya mbak Andiyani berarti hawanya dingin dan seger kalau deket dengan Curug. Asiknya gak perlu jauh2 kalau pengen ngebolanh

    BalasHapus
  4. Asyik banget main di Curug Citiis Kav Kurma Jonggol. Masa pandemi cocok banget main di alam yang sepi kaya gitu. Aku udah lama juga gak lihat air terjun. Jadi kangen

    BalasHapus
  5. Aku lihat jembatannya ikut gemeeteerrr, haha. Kalo aku yang nyetir, udah lah puter balik itu. Untungnya curugnya keren ya. Jadi terbayar lah semua kengerian perjalanan gara-gara gmapsnya. Gmaps tu emang seringnya ngasih jalan tercepat tapi ga peduli medannya gimana, haha.

    BalasHapus
  6. Waahh jalannyaa kbayang deh,apalag mobil matic yang dipakee, duuhh ngeri2 seddep, kasian mobilnya hahhaaa.
    Ku baru tahu sama curug ini, ngadeem di yang ijo2 bikin mata fresh .

    BalasHapus
  7. Kayaknya harus pakai kendaraan pribadi ya kalau mau ke sini. Ada jasa ojek atau transportasi umum gak ya yang sampai ke curug?

    BalasHapus
  8. Eaaaa, rutenya bikin deg-degan ya mbak. Ini pasti drivernya uda lihai banget. Tapi semua terbayar dengan pemandangan yang indah

    BalasHapus
  9. Deket yah, tapi worry juga look this street yaak, but happy ya pas look good view di sana. next eksplore again mba yang dekat-dekat aja

    BalasHapus
  10. wahh seger lihatnya...
    enak banget ya mbak klo bnyk wisata di sekitar rumah, nggak jauh klo pengen jln

    BalasHapus
  11. Sejak liat postingan kak Aie soal curug-curug ini aku jadi pengen bangetttt tp belum kesampaian buat ngunjunginnya. Aku malah rencana mau motoran aja sama suami kak haha

    BalasHapus
  12. Ban mobilnya kelihatan kaya habis perjalanan off road mba. Saya juga suka parno sendiri kalo dilewatin google map jalan masuk-masuk sawah. Takut malah disasarin. Alhamdulillah nyampe juga meski mepet magrib.

    Lain kali berangkatnya mesti subuh mba, biar puas mainnya. Hihi

    BalasHapus
  13. Wuih, keren ya curugnya. Suasananya pasti adem dan bagus buat foto-foto.. :)

    BalasHapus
  14. Meskipun jaraknya cukup deket, tapi tetep ya ada dramanya. Jalannya aduhai banget, perlu ekstra hati-hati banget. Tapi pemandangannya juga apik banget. Meski udah jam 5 sore tapi masih cerah.

    BalasHapus
  15. Bogor nih kyknya emang banyak curug ya mbak, aku juga belum sempat keliling haha
    Bisa jd sarana piknik tipis2 sama keluarga. Paling suka menghirup udara segar dari cipratan air yg berasal dr air terjun.

    BalasHapus
  16. Bacanya sambil deg-degan dek. Kebayang kalo ikut jadi rombongan bisa-bisa kaki ikutan ngerem, hahahaa.

    Dari lokasi parkir jalan ke Curug jauh gak sih? Aku pernah dua kali berkunjung ke Curug di daerah Bogor, Curug bidadari dan cihurang. Jalannya enak banget Deket jadi gak capek

    BalasHapus
  17. Ahaa...buat yang seneng petualangan, jalan2 ke daerah dengan rute menantang seperti ini pasti menyenangkan. Walau itu cumaaaaa 8 km dari rumah :)

    BalasHapus
  18. Seru amat ih, ada tempat sebagus ini yang jaraknya gak jauh dari rumah. Udah lama banget gak ke air terjun selama masa pandemi ini. Kangen dengar suara jatuhnya air dengan suasana segarnya.

    BalasHapus
  19. Bentuk curugnya unik juga ya...Pemandangan di sekitarnya juga oke..jadi pengen mampir kesini juga nih..

    BalasHapus
  20. waktu lewatin jembatan yang cukup semobil itu gimana rasanya, mbak Aie? pake nahan napas segala kah? hihi ... si Maps emang gitu. Dia suka tunjukkan jalan tersingkat, entah bentuk jalannya kek gimana.

    BalasHapus
  21. Ini seru banget sih ya ampuuunnn, liat cerita perjalanannya di IG dan ngerasa wow banget sama.mak.aie.. perjalanannya yang cukup terjal berliku, terbayar banget sama pemandangan dan keindahannya yaaa

    BalasHapus
  22. Untuk bisa sampai ke pemandangan cantik seperti itu memang jalannya biasanya menantang. Tapi capek dan ngeri terbayar setelah lihat curugnya. Duh, aku jadi kepengen Main ke Curug lagi deh. Kangeeen, udah lama gak main air terjun :D

    BalasHapus
  23. Ternyata di Bogor banyak curug ya, Mbak. Cuma ya perjalanannya itu yang bikin deg-degan. Tapi lumayan ya, akhirnya bisa menikmati pemandangan ijo-ijo gitu. Segeeer.

    BalasHapus
  24. Wah deket rumah ada tempat sekece itu ya mba, jadi diingetin untuk liat yang hijo-hijo nih, udah lama banget ga kemana-mana sejak pandemi.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)