Dear Ladies, Please Jangan Abai Jaga Kesehatan Organ Intim Saat Menstruasi

Jumat, 28 Mei 2021

Tanggal 28 Mei diperingati sebagai Hari Kebersihan Menstruasi Dunia yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi pada setiap perempuan untuk menjaga kesehatan organ intimnya. Tulisan kali ini aku mau berbagi tentang Webinar bertajuk, "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" yang dilakukan oleh Perkumpulan Obstetri & Ginekologi Indonesia (POGI), Ikatan Psikolog Klinis (IPK) dan Mundipharma Indonesia agar setiap perempuan lebih memperhatikan kesehatan organ intimnya saat menstruasi. So, ladies, please mulai sekarang jangan abai jaga kesehatan organ intim saat menstruasi. Let's we start the review now....
Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care
Kesehatan organ intim perempuan gak kalah penting untuk dijaga setelah merawat kulit wajah, tubuh, dan rambut. Terlebih saat menstruasi, sudah seharusnya semua perempuan bisa lebih memperhatikan dan menjaga organ intim masing-masing agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan seperti gatal-gatal di area organ intim. 

Menstruasi menjadi hal yang tabu untuk dibicarakan di depan umum dan ada banyak sekali mitos menstruasi yang beredar di masyarakat. Bahkan, tak sedikit seorang ibu yang merasa tidak nyaman membicarakan perihal menstruasi ke anak perempuannya. Fakta yang ada menyebutkan 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi tentang menstruasi sebelum mereka mendapatkan mentsruasi pertama.

Webinar "Sehat dan Bersih Saat Menstruasi" 

Hari Kebersihan Menstruasi diperingati setiap tanggal 28 Mei untuk meningkatkan kesadaran perempuan akan pentingnya MKM, serta mematahkan stigma dan norma sosial negatif terkait menstruasi yang masih dianggap tabu di masyarakat. Peringatan ini menjadi sebuah aksi tahunan yang melibatkan pemerintah, organisasi, pihak swasta dan masyarakat luas.

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care


Tanggal 28 Mei ditetapkan untuk memperingati hari kebersihan menstruasi adalah upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kesadaran mengenai pentingnya melakukan manajemen kebersihan menstruasi (MKM). Karena umumnya menstruasi pertama kali dialami saat fase pubertas, dan pada saat ini mungkin remaja yang mengalami merasa malu untuk untuk bertanya seputar menstruasi seperti apa yang harus dilakukan saat menstruasi, bagaimana menggunakan pembalut hingga bagaimana cara membersihkan darah menstruasi. Untuk itu, edukasi seperti yang diadakan oleh webinar ini penting untuk dilakukan agar kesadaran dalam menjaga kesehatan organ intim saat menstruasi bisa disebarluaskan. Dan, ibu, sebagai orangtua yang dekat dengan anak perempuannya bisa menerapkan dan mengajarkan hal ini selama masa menstruasi mereka.  

Peran Ibu dalam Bicara Menstruasi pada Anak Perempuannya

Nyatanya, masih banyak orangtua terutama ibu yang kesulitan berbicara tentang menstruasi pada anak perempuannya, terutama saat pertama kali anak tersebut mendapatkan menstruasi untuk pertama kalinya. Menariknya, aku pun mengalaminya sendiri saat pertama kali mendapatkan menstruasi. Tidak ada obrolan seputar menstruasi dengan nyokap, bahkan aku mempelajarinya dari majalah dan orang lain, atau mengetahuinya dari guru di sekolah. 

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Lalu mengapa rasanya terlalu sulit untuk membicarakan seputar menstruasi antara ibu dan anak? Padahal setiap anak perempuan pasti mengharapkan obrolan seperti ini terjadi bersama ibunya. Selain itu sebanyak lebih dari 90% percaya pada orangtu dan gurunya sebagai sumber informasi. Well, ada beberapa hal yang membuat obrolan seputar menstruasi ini terasa sulit seperti masih dianggap tabu, kurangnya pengetahuan, bingung memulai dari mana, dan anak perempuannnya merasa ragu kemampuan sang ibu dalam menjelaskan dengan baik tentang menstruasi itu sendiri. 

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Untuk itu, Ketua Ikatan Psikolog Klinis (IPK) Indonesia Wilayah Jakarta, Anna Surti Ariani, S.Psi., M.Si., Psi., memaparkan, “Anak perempuan yang tak pernah melakukan pembicaraan tentang menstruasi cenderung merasa takut, malu dan bingung saat menarke. Padahal jika ibu meluangkan waktu untuk membicarakan hal ini dengan putrinya, banyak manfaat yang didapat, antara lain kesehatan reproduksi yang lebih baik serta kedekatan ibu dan anak. Tidak sedikit anak perempuan yang mencari informasi sendiri dari teman atau internet, dan mendapatkan info yang tidak tepat, padahal berharap bisa membicarakan hal ini dengan ibunya. Oleh karena itu, ibu perlu membekali diri dengan pengetahuan tentang cara membicarakan menstruasi. Berikut adalah tips untuk mendiskusikan menstruasi dengan anak : (1) Ingat bahwa ibu adalah sosok yang diharapkan membicarakan menstruasi, jadi bekali diri dengan informasi yang benar; (2) Buang pemikiran bahwa bicara menstruasi itu tabu, sebaliknya justru penting melakukannya; (3) Jangan berpikir bahwa topik menstruasi bisa dibicarakan dalam 1 kali pertemuan, lakukan berulang kali secara bertahap; (4) Bersikap positif karena isu menstruasi bisa sensitif buat anak perempuan; (5) Lebih baik banyak bertanya dan mendengarkan, daripada langsung menceramahi; (6) Jelaskan secara kongkrit dengan gambar dan benda yang digunakan; (7) Jelaskan pula kepada anak laki-laki, supaya mereka dapat menghormati perempuan yang sedang menstruasi.”

Ingat, Risiko Infeksi Kesehatan Meningkat Saat Menstruasi

Berdasarkan Sensus Penduduk tahun 2020, terhitung 11,5 juta perempuan di Indonesia berada di kelompok usia 10-14 tahun, dimana mayoritas remaja perempuan mengalami menstruasi pertama mereka. Namun, sayangnya hanya 63% dari remaja perempuan yang benar-benar memahami apa yang terjadi ketika menstruasi pertama mereka dapatkan dan hanya 55% diantaranya yang merasa sehat. Malah, tercatat pula ada 1 dari 2 remaja perempuan yang tidak mengganti pembalut mereka setiap 4-8 jam serta tidak mencuci tangan mereka dengan sabun sebelum dan sesudah menggantinya.

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Ya, memang pengetahuan mengenai MKM sangat penting bagi perempuan, data menunjukkan bahwa hanya 5 dari 10 anak perempuan yang tahu apa yang harus dilakukan pada saat menarke; hanya 6 dari 10 anak yang bertanya mengenai menstruasi ke ibunya. Ironisnya ibu justru menjadi sumber stigma, mitos, kepercayaan dan miskonsepsi yang merugikan kesehatan perempuan; hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mengganti pembalut setiap 4-8 jam, sisanya mengganti pembalut 2 kali sehari; dan hanya 5 dari 10 anak perempuan yang mencuci tangannya sebelum dan sesudah mengganti pembalut.

Anggota Pengurus Besar Perkumpulan Obstetri dan Ginekologi Indonesia (POGI), Prof. Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, Sp.OG(K), MPH menjelaskan, “Pada saat menstruasi, risiko infeksi meningkat karena bertambahnya jumlah bakteri buruk di vagina, akibat turunnya tingkat keasaman vagina karena keberadaan darah haid. Oleh karena itu, penting untuk menerapkan MKM di antaranya membersihkan vagina secara benar, teliti dan berkala; menggunakan air bersih mengalir dengan cairan pembersih antiseptik kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan dapat digunakan saat menstruasi; menggunakan pembalut bersih dan dapat menyerap darah dengan baik; serta mengganti pembalut secara teratur minimal setiap 4 jam sekali. Apabila merasakan gejala yang tidak normal saat menstruasi, maka dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter.”

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care


Lebih lanjut Prof. Dwiana menerangkan, “Tidak hanya pada saat menstruasi, perawatan area vagina juga harus diperhatikan setiap hari. Hal ini untuk menjaga kesehatan dan menghindari masalah seperti keputihan, gatal, bau tidak sedap, peradangan, hingga pencegahan penyakit serius seperti kanker serviks. Merawat vagina sangatlah mudah, yaitu dengan membasuh vagina dengan air mengalir setelah buang air kecil dan besar; hindari membersihkan vagina dengan sabun mandi, melainkan gunakan pembersih kewanitaan yang sesuai dengan pH vagina dan mendukung flora normal di area kewanitaan; gunakan tisu berbahan lembut untuk mengeringkan vagina; cuci tangan sebelum dan sesudah membersihkan vagina; menggunakan celana dalam berbahan katun; serta ganti celana dalam saat terasa lembab atau basah. Bagi perempuan yang sudah kontak seksual dianjurkan untuk melakukan pemeriksaan pap smir atau IVA secara teratur.”

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care


Dukungan Pemerintah dalam Manajemen Kesehatan Menstruasi

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta, drDwi Oktavia HandayaniMEpid mengatakan, “Menstruasi merupakan proses biologis yang normal dialami setiap perempuan. Setiap anak perempuan idealnya mendapat pengetahuan mengenai menstruasi sebelum mengalami menarke (menstruasi untuk pertama kalinya). Pengetahuan ini sangat penting agar anak perempuan dapat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan selama masa menstruasi, serta tetap bisa beraktivitas dengan nyaman. Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta terus melakukan edukasi mengenai MKM, salah satunya melalui Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) yang menyasar anak usia sekolah dan remaja. Kami juga mendorong masyarakat luas untuk aktif mencari informasi kesehatan yang benar termasuk mengenai MKM kepada tenaga kesehatan terdekat.

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Adapun beberapa program pemerintah yang mendukung kesehatan reproduksi remaja yaitu: 

1. Adanya UKS
Usaha Kesehatan Sekolah yang merupakan kolaborasi sekolah dengan puskesma dalam upaya meningkatkan pelayanan kesehatan, pendidikan kesehatan, pembinaan lingkungan sekolah atau kemampuan hidup sehat bagi warga sekolah.

2. Program Aku Bangga AKu Tahu
Kegiatan penyuluhan rutin ke sekolah terkait kesehatan reproduksi dan Penyakit Infeksi Menular Seksual

3. Posyandu Remaja
Pos Pelayanan Terpadu Remaja adalah sebuah wadah Pos Kesehatan Remaja yang memfasilitasi dalam memahami seluk beluk remaja selama masa puber.

4. Fasilitas Vaksinasi HPV
Menjadi salah satu pelaksanaan program Bulan Imunisasi Anak Sekolah dengan sasaran anak kelas 5 dan 6 SD untuk mengurangi risiko Kanker Serviks

Mundipharma Indonesia Melalui BETADINE® Feminine Care Meluncurkan Kampanye #YangIdeal di Hari Kebersihan Menstruasi

Selaras dengan hal ini, Mundipharma Indonesia juga meluncurkan kampanye #YangIdeal yaitu kampanye edukatif yang mengajak perempuan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan organ kewanitaan dengan cara yang tepat  dan sesuai kebutuhan. Country Manager Mundipharma Indonesia, Mada Shinta Dewi menyampaikan, “Mundipharma Indonesia terus berkomitmen memperbaiki kualitas hidup masyarakat Indonesia, dalam hal ini perempuan dalam menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya. Sejak tahun 2017 Mundipharma Indonesia telah berkolaborasi dengan Kementerian Kesehatan RI dan POGI dalam menyelenggarakan program edukasi mengenai kebersihan menstruasi, serta membagikan Buku Saku ‘Sehat dan Bersih Saat Menstruasi’ kepada lebih dari 1,000,000 perempuan Indonesia. Melalui kegiatan edukasi ini, kami berharap perempuan Indonesia semakin mengerti cara menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaannya sedini mungkin, serta dapat terus beraktivitas dengan nyaman tanpa terhalang menstruasi.

Hari Kesehatan Menstruasi, BETADINE Feminine Care

Mundipharma Indonesia melalui BETADINE® Feminine Care melakukan kampanye edukatif #YangIdeal untuk mengajak perempuan Indonesia mengetahui dan mengerti cara yang ideal dan tepat menjaga kebersihan dan kesehatan organ intim kewanitaan, salah satunya dengan menggunakan pembersih khusus area kewanitaan yang ideal dan sesuai dengan kebutuhan sehari–hari, saat menstruasi, dan saat terjadi infeksi di organ kewanitaan Dalam hal ini BETADINE® Feminine Care menyediakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi, mulai dari pembersih kewanitaan sehari–hari dengan prebiotik; pembersih kewanitaan dengan kandungan daun sirih dan prebiotik; pembersih antiseptik kewanitaan khusus untuk mengatasi infeksi area kewanitaan dan antiseptik kewanitaan yang dilengkapi dengan aplikator; hingga tisu basah pembersih kewanitaan dengan prebiotik yang 100% biodegradable atau flushable.




47 komentar

  1. Terlihat sepele tp efeknya dahsyat. Selama ini masih banyak yg menganggapnya perkara kecil padahal salah sedikit saja akibatnya fatal.

    BalasHapus
  2. harus bisa obrolin ke anak dengan cara yg asyik dan gak menggurui sih kalau tentang gini ya mba Aie. aku peernya jelasin ke anak ceweok dan cowokku nih :D

    BalasHapus
  3. kelihatan sepele ya padahal organ intim itu termasuk penting banget dan termasuk salah satu organ yang paling sering terkena penyakit mematikan :(

    BalasHapus
  4. Menjaga kesehatan organ intim itu memang sudah menjadi tanggung jawab kita sendiri, apalagi saat haid ya kak Aie harus banget itu tetap bersih.

    BalasHapus
  5. beneeer banget ya mba... memang kita harus perhatikan selalu deh kebersihan organ intim dan pastikan cara membersihaknnya juga benar yaaa

    BalasHapus
  6. Organ intim itu segalanya. Jadi so paxti kita boleh lalai menjelaskan pada para permata hati baik cowok or cewek. Kl bunda ketika anak2 masih kecil mereka curious knp nih si mama koq gak solat. Dr sinilah berawal bunda menjelaskannya kpd mereka.

    BalasHapus
  7. Alhamdhulilah aku termasuk cerewet banget sama anakku soal kebersihan mbak. Apalagi setelah dia menstruqsi ga bosen2 deh ngingetin jaga kebersihan area kewanitaan. Dan aku juga bilang anakku utk mengedukasi temen2nya apalagi di pondok pesantren kan tanpa pengawasan ortu jd harus saling mengingatkan antar teman

    BalasHapus
  8. nah ini nih yang harus disadari dan juga perlu edukasi ke semua kalangan, mungkin bisa diberikan oleh ader posyandu juga ya, akupun sering juga koar2 tentang sex education nih karena masyarakat kita yang masih banyak menganggap tabu hal seperti ini

    BalasHapus
  9. penting banget ini edukasi seputar MKM bahkan buat para ibu sekalipun. alhamdulillah dulu sblm kaka dpt menstruasi pertamanya kita sempay ikut event yg bincang soal MKM ini jd km sama2 belajar

    BalasHapus
  10. emak2 mesti lebih aware nih sama anak perempuannya soal kebersihan menstruasi. berhubung, molly masih single ini bakal jadi bekal nih bila punya anak nanti

    BalasHapus
  11. aku baru tahu nih mbak ada yang namanya hari kebersihan menstruasi. jadi ingat dulu pas pertama haid juga aku tahu infonnya bukan dari ibuku dan sempat bingung juga jadinya pas pertama haid itu harus ngapain

    BalasHapus
  12. menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi itu penting ya mbak
    makanya informasi seputar menstruasi ini penting untuk diketahui perempuan sebelum masa haid pertamanya

    BalasHapus
  13. Setuju banget nih, orangtua harus mulai menyingkao tabir agar bisa mengedukasi putra dan putrinya tentang menstruasi. Tentunya disesuaikan dengan usia dan perkembangan anak ya mam. Btw,Betadine ini produk yang setia menemani wanita Indonesia sejak puluhan tahun lalu ya. Trusted banget

    BalasHapus
  14. Aku suka banget webinar edukasi2 gini terutama soal organ intim kewanitaan dan menstruasi, krn sebenarnya gk ngobrolin hal kyk gtu aja tapi ada pesan lain yg lbh dlam yakni soal kesehatan reproduksi perempuan ya mbak. Btw aku pemakai produk Betadine juga di rumah.

    BalasHapus
  15. Acara webinar ini lengkap sekali informasinya mengenai menstruasi yaa..
    Senang sekali dan mendapatkan mater ini, bekal untuk ketika tiba waktunya bicara menstruasi dengan anak-anak baik perempuan maupun lelaki.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mitos mengenai menstruasi ini banyak sekali yaa..
      Dengan edukasi yang tepat, semoga banyak perempuan menjadi tenang.

      Hapus
    2. Sebelum menjelaskan kepada anak, baiknya lakukan kebiasaan yang baik dulu saat menstruasi yaa... Seperti menjaga kesehatan dan semoga ketika anak sudah waktunya, kita bisa ngobrol enak mengenai menstruasi.

      Hapus
  16. Yap, organ intim wanita penting banget dijaga biar ga jadi sumber penyakit. Bersih itu wajib banget!

    BalasHapus
  17. Huhu, bener banget lah Mba soal Resiko Infeksi Kesehatan Meningkatkan Saat Menstruasi. Karena aku pernah pengalaman. Lagi haid trus lagi perjalanan luar kota 4 5 jam, mau BAK susah, ditahan akhirnya. Besok2 jadi ISK T_T

    Karena kebayang ribetnya di WC umum. Hiks..jadi serba salah. Setelah itu ga kejadian lagi sih krn udah lebih prepare

    BalasHapus
  18. Kerasa sama aku teh, dulu nggak dibekali apa-apa soal menstruasi sama Ibuku. Kayaknya beliau malu sih, tapi lebih malu aku yang baru pertama mens bingung dan takut ngadepinnya. Untungnya sekarang udah banyak informasi karena teknologi udah semakin canggih.

    BalasHapus
  19. Kalau aku wajib banget edukasi soal menstruasi sejak dini ke anak. Bahkan sebelum dia dapat menstruasi. Anak jadi lebih siap

    BalasHapus
  20. Jadi inget dulu pertama kali mens. shock banget, untung ada mba menolong. Ortuku dulu kerja jadi yang kasih edukasi mba. Sekarang sudah modern ada webinar hihi

    BalasHapus
  21. Bener nih Mbak. Menjaga kebersihan Saat haid memang penting banget pantesan ya ada hari kebersihan menstruasi gitu. Btw tema webinarnya menarik sekali dan sangat mengedukasi ya Mbak

    BalasHapus
  22. Wajib banget asli menjaga kebersihan saat mens. Aku juga lagi dapet nih. Jadi harus belajar memperbaiki juga siklus yang baik.

    BalasHapus
  23. Kesehatan organ intim memang kudu diperhatikan ya mbak khususnya pada saat menstruasi supaya terhindar dr risiko terkena penyakit

    BalasHapus
  24. Kebetulan dulu anak cewekku kepo banget nanya-nanya soal menstruasi jauh hari sebelum dia mengalaminya. Jadi ya bisa ngobrol santai dengannya, gimana cara pake pembalut, gimana cara membersihkan diri, dsb. Bagus banget nih materi webinar ini, wajib baca nih untuk para ibu yang mendampingi putrinya memasuki masa akil balik.

    BalasHapus
  25. pasti dapat ilmu banyak niy soal menstruasi ya mba, terutama untuk masa remaja, senangnya bisa ikut ini bisa banyak tahu soal bagaimana merawat area intim dengan benar apalagi saat sedang haid gitu

    BalasHapus
  26. wah andai edukasi kayak gini sudah ada sejak dulu jaman masih remaja ya Mba karena emang ini super penting supaya anak anak remaja bisa menjaga daerah intimnya. Tetap sehat dan happy jadinya

    BalasHapus
  27. betul kak, dianggap tabu dan takut jadi melebar kemana pembicaraannya makanya happy banget ya kalo ada info detail gini jadi bisa membekali diri.

    BalasHapus
  28. yang punya anak cewe penting bgd ni buat ngenalin ttg menstruasi ke anaknya yg mau remaja

    BalasHapus
  29. menjaga organ intim pada wanita memang sangat penting, apa lagi saat menstruasi.
    Dan menjaga kesehatan organ intim harus sejak dini diberitahuan pada anak2 ya, mbak

    BalasHapus
  30. Naaah, idem sama Aie nih, sedih banget kalo inget. Dulu boro2 dikasih tahu sama mama, edukasi juga engga. Tapi justru malah tahu sendiri dari majalah. Sekarang maah udah terbuka dan pelajaran juga, aku jadi lebih dekat sama anak dan mulai mengedukasikannya sebelomnya.
    Bneran nih Webinar kece pisan, membukakan wawassanterutama buat Buibu yang mempunyai anak perempuan.

    BalasHapus
  31. Bener banget Mbak. Kita sebagai orang tua harus aware dengan masalah ini. Terlebih kalau punya anak perempuan. Sejak dini sudah harus diedukasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan menstruasi ini biarnya nantinya mereka bisa lebih siap. Btw teman weninarnya sangat menarik sekali

    BalasHapus
  32. Setuju mesti peduli dnegan kesehatan menstruasi jangan abai lagi. Saya juga pakai nih BETADINE® Feminine Care yang merupakan rangkaian produk area kewanitaan yang lengkap dan berkualitas tinggi,

    BalasHapus
  33. Anak saya udah mendekati pubertas nih. Udah mulai harus ngobrolin soal menstruasi ini. Untung kemarin juga ikut webinar ini. Ilmunya bermanfaat sekali.

    BalasHapus
  34. Memang peran ibu ini penting banget dalam menyampaikan informasi tentang kesehatan dan kebersihan saat menstruasi. Jangan anggap tabu dan risih ketika menbicarakan hal ini

    BalasHapus
  35. Sayang banget ya jika anak tak leluasan bicara tentang menstruasi pada ibunya padahal ibulah yang diharapkan memberikannya informasi detail.

    BalasHapus
  36. Ternyata ada banyak ancaman penyakit saat kita tidak peduli dengan kebersihan terutama saat menstruasi ya Mam. Ah, bagaimana tidak. Akses terhadap air bersih masih menjadi priviledge bagi sebagian perempuan. Semoga makin banyak program untuk membantu mempermudah akses sanitasi agar setiap perempuan bisa menjaga kebersihan tubuhnya.

    BalasHapus
  37. Beruntung banget bisa ikutan webinar ini jadi tahu lebih banyak tentang Manajemen Kebersihan Menstruasi, info yang dahulu agak sedikit tabu ternyata penting banget karena menyangkut kesehatan reproduksi perempuan dan perlunya menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi.

    BalasHapus
  38. Pengetahuan tentang menstruasi bukan hal tabu ya penting bagi anak untuk mengenal tubuhnya agar anak lebih sadar untuk menjaga kesehatan dan kebersihan lebih ekstra saat mens

    BalasHapus
  39. Info soal menstruasi nggak cuma buat anak perempuan, yang punya anak cowok kayak aku juga harus tahu.

    BalasHapus
  40. Saya ikut webinarnya juga, dan baru tahu tentang produk-produk feminine hygiene-nya Betadin sangat banyak dan lengkap.
    Lebih senang lagi karena webinarnya sangat menarik. Sampai sekarang masih nancep. Alhamdulillah

    BalasHapus
  41. Posyandu Remaja ini yang belum ada ditempat saya mbak, mungkin baru diterapkan di kota-kota besar aja ya mbak. Memang sepenting itu merawat organ kewanitaan, tapi saya kita seringnya masih menganggap tabu, gak kayak ngerawat wajah atau yang lainnya ehhehe.. semoga dengan webinar ini kita lebih pandai menyampaikan dan mengajak anak-anak perempuan kita untuk lebih peduli dengan kesehatan miss v ya mbak..

    BalasHapus
  42. sepakat
    sebagai perempuan, kita nggak boleh abai menjaga kebersihan dan kesehatan area kewanitaan saat menstruasi ya mbak

    BalasHapus
  43. Bener banget, bukan cuma buat anak saja, tapi untuk diri kita sendiri harus aware tentang kebersihan organ inti kewanitaan.

    BalasHapus
  44. Lengkap banget nih, penjelasannya. Jadi makin tahu deh, soal manajemen kebersihan menstruasi.

    BalasHapus
  45. yuk kita tingkatkan awareness terhadap kebersihan menstruasi untuk menjaga kesehatan area kewanitaan. Semua wanita wajib tau tentang kebersihan menstruasi, terutama anak yg masuk usia pubertas hingga dewasa.

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)