Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Jumat, 14 Mei 2021

Membaca memang hal yang penting, namun menyemangati anak untuk gemar membaca di era digital canggih seperti sekarang ini memang menjadi tantangan tersendiri ya, Moms. Untuk itu, aku mau berbagi tips untuk meningkatkan minat baca anak di era teknologi digital dengan metode Let's Read Aloud! Karena buku bekal anak bertumbuh. Shall we start now ...

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Tak bisa dipungkiri, gelombang digitalisasi memang begitu kuat saat ini, dan kadang membaca buku dinilai kuno. Seakan buku tidak cocok dengan perkembangan teknologi yang tidak terbendung. Padahal, di era digitalisasi justru mampu membuka akses yang sangat luas untuk menikmati berbagi buku menarik sekaligus bermanfaat. Lagipula, sudah banyak lho perpustakaan digital yang bisa diakses publik secara gratis. 

Tips Meningkatkan Minat Baca pada Anak di Era Digital

Nyatanya, sebagai orangtua harus mengetahui tips untuk meningkatkan baca pada Si Kecil meski gelombang teknologi digital tak terbendungi. Moms tau kan istilah "buku merupakan jendela ilmu" dan dari buku juga kecerdasan seseorang bisa meningkat lho. Nah, berikut adalah beberapa tips untuk meningkatkan minat baca pada anak di era digital:

1. Menjadi contoh untuk anak

Anak adalah cerminan orangtuanya, jika kita sebagai orangtua menunjukkan minat dan kegemaran pada membaca maka anak akan mengikuti lho. Jadi, yuk Moms mulai dari diri sendiri lalu biarkan anak mencontoh.

2. Biarkan anak memilih buku yang ia suka dan ingin dibaca

Bebaskan anak untuk memilih jenis buku yang membuatnya tertarik untuk membaca. Buat anak usia balita biasanya menyukai buku yang disertai gambar dengan warna-warna menarik. Menginjak usia sekolah dasar, umumnya anak tertarik buku bacaan yang bergambar dengan cerita yang seru dan berwarna. Namun, ada baiknya bantu anak untuk memilih buku bacaan yang berguna untuknya ya, Moms. 

Ajak anak ke perpustakaan atau toko buku secara rutin, atau di era digital saat ini bisa juga Moms instal aplikasi membaca di smartphone.

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

3. Mulai dengan membacakan cerita

Dengan membacakan berbagai buku cerita pada anak, maka membantu ia untuk meningkatkan kegemaran membacanya. Dari buku cerita yang dibacakan secara rutin, Moms juga bisa mengajarkan anak beragam pesan moral yang terdapat dari buku tersebut. 

Oia Moms, sebaiknya bacakan cerita pada anak dengan metode read aloud atau membacakan dengan nyaring. Dengan begini anak akan merasa terhubung dengan cerita pada buku juga bisa berimajinasi tentang cerita dalam buku tersebut.

4. Pahami minat baca anak

Tentunya Moms mengetahui setiap anak itu unik dan berbeda, begitupun dalam hal cara belajar. Ada anak yang lebih nyaman belajar dengan visual, auditori, dan kinestetik. Coba Moms temukan bagaimana tipe belajar si kecil di rumah ya. Dari sini, Moms bisa memahami minat baca anak dan menerapkannya secara rutin.

5. Sediakan buku bacaan di rumah

Dengan adanya berbagai jenis buku bacaan di rumah, nggak hanya orangtua aja yang bisa membaca, anak pun akan mengikuti dan menjadikannya seorang yang gemar membaca sejak dini. Kuncinya adalah jangan ada paksaan ya. Biarkan minat membaca itu mengalir dalam diri anak dengan Moms mencontohkan terlebih dahulu.

Untuk memudahkan minat baca pada anak semakin kuat, ada baiknya Moms instal aplikasi Let's Read Perpustakaan Digital Cerita Anak yang bisa Moms download di Google Playstore dan soon akan tersedia di Apps Store ya. Jika sudah download, Moms bisa tuh langsung membacakan cerita pilihan yang ada di aplikasi Let's Read dan membacakannya dengan metode Read Aloud. 

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Apa Itu Let's Read? 

Well Moms, era digital yang canggih seperti saat ini seharusnya mampu meningkatkan minat baca pada anak. Asal ada aplikasi yang tepat seperti Let's Read ini. So yes, Let's Read dipilih oleh para ibu sebagai teman membaca cerita karena semua koleksinya bergambar dan berwarna, bisa di download, bisa dicetak, multibahasa (termasuk bahasa daerah), bermuatan lokal, dan berkualitas global, serta tentunya gratis!

Let's Read diprakarsai oleh Books for Asia dari The Asia Foundation yang bertujuan menumbuhkan para pembaca cilik di seluruh Asia. Fokus Let's Read pada bahasa daerah dan konten lokal yang dikembangkan melalui lokakarya, kerja sama dengan para pakar buku anak setempat. 

Adapun misi dari Let's Read yang dipaparkan oleh Elsa Agustin, Social Media Content Development The Asia Foundation Indonesia yaitu membudayakan kegemaran membaca pada anak Asia dan Indonesia khususnya sejak dini melalui: 

  1. Digitalisasi cerita bergambar;
  2. Pengembangan cerita rakyat yang kaya kearifan lokal; dan 
  3. Penerjemahan buku cerita berkualitas terbitan dalam dan luar negeri ke dalam bahasa nasional dan bahas ibu. 

Lebih dari itu, dalam aplikasi Let's Read terdapat Do's & Dont's yang harus diperhatikan oleh setiap pengguna, seperti pada gambar berikut ini: 

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Oia, tanggal 11 Mei kemarin aku bersama teman-teman blogger dari Blogger Perempuan Network mengikuti Online Gathering bersama Let's Read dengan tema, "Buku Bekal Anak Bertumbuh" lagi-lagi membuka mata aku akan pentingnya meningkatkan minat baca pada anak. Jangan sampai di era digitalisasi seperti sekarang ini, anak-anak justru malas membaca dan fokusnya dengan game di gadget aja.

Dalam online gathering ini, terpapar bahwasannya aplikasi Let's Read sangat membantu orangtua dalam menemukan cerita anak berupa buku digital yang bisa disesuaikan dengan selera anak dan bahasa yang digunakan. Menariknya, semua cerita anak yang ada pada koleksi Let's Read ini bergambar dan berwarna. Sehingga membuat anak lebih nyaman untuk membaca dan dibacakan cerita-cerita yang ada pada aplikasi Let's Read. 

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Untuk anak usia bayi dan balita mungkin akan lebih suka jika dibacakan buku cerita dengan nyaring dan lantang oleh ibunya. Namun, anak usia SD sekalipun, seperti anakku, juga sangat tertarik bahkan menjadi candu saat aku menceritakan suatu cerita yang ada di aplikasi Let's Read dengan metode membaca nyaring dan lantang atau sekarang ini dikenal dengan Read Aloud. 

Metode Membaca Read Aloud, Cara Seru dan Menarik untuk Menumbuhkan Minat Baca pada Anak

Cara paling mudah meningkatkan minat anak terhadap buku adalah dengan sering membacakan buku pada anak secara rutin dengan metode Read Aloud. Ya, Read Aloud merupakan salah satu metode membacakan buku untuk anak. Metode ini diperkenalkan oleh Jim Trelese dalam bukunya The Read Aloud Handbook. 

Read Aloud adalah metode mengajarkan membaca yang paling  efektif untuk anak-anak karena dengan metode ini kita bisa mengkondisikan otak anak untuk mengasosiasikan membaca sebagai suatu kegiatan yang menyenangkan.  Juga menciptakan pengetahuan yang menjadi dasar bagi si anak, membangun koleksi kata/kosakata (vocabulary), dan memberikan cara membaca yang baik (reading role model).

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Oia, Read aloud dapat dimulai sejak dini, bahkan sejak semester ke-3 kehamilan. Karena itu  semakin dini buku diperkenalkan, maka hasilnya akan semakin optimal dalam upaya menumbuhkan kecintaan anak pada buku dengan bonusnya anak akan bisa membaca dengan sendirinya. Hmm menarik bukan?

Menurut Rossie Setiawan, Founder Reading Bugs dalam Online Gathering Let's Read: Buku Bekal Anak Bertumbuh, metode read aloud ini sangat baik dikenalkan pada anak sedini mungkin. Ada beberapa hal yang menjadikan metode read aloud ini penting untuk perkembangan anak. Mulai dari menstimulasi otak anak agar berkembang maksimal, lalu bisa melatih kemampuan dasar literasi anak yaitu mendengarkan. 

Adapun manfaat dari metode read aloud bagi tumbuh kembang anak yaitu: 

  1. Bisa membantu stimulasi otak anak
  2. Melatih pendengaran anak
  3. Merangsang imajinasi anak
  4. Menciptakan momen quality time pada ibu dan anak sehingga bonding lebih kuat lagi
  5. Melatih rentang perhatian dan mengingat
Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Lebih dari itu, metode membaca buku dengan cara read aloud juga dapat membangun keterampilan literasi melalui pengenalan bunyi, intonas, kemampuan mendengar, berbicara, membaca, dan menulis. Read aloud juga bisa membantu anak menambah kosakata, lho. 

Read aloud bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, sesering mungkin secara rutin sesuai dengan waktu yang dimiliki orangtua dan anak. Hanya yang perlu diperhatikan adalah frekuensi dan konsistensi melakukan read aloud. Ingat Moms, rutinitas adalah kunci utama keberhasilan untuk meningkatkan minat anak dalam membaca. 

Nah di acara ini, Roosie Setiawan membacakan buku dengan metode read aloud, lho, salah satu cerita yang dibacakan yaitu Daisy (duh punten aku judul lengkapnya apa). Seru banget mendengar Mba Roosie membacakan cerita dengan metode read aloud membuat siapapun yang mendengarnya bisa merasakan apa yang terjadi dan larut dalam cerita.

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh

Kesimpulan

Jadi Moms, meningkatkan minat baca pada anak di era digital seperti sekarang tentunya sangat mungkin dan bisa dilakukan. Tentu dengan memanfaatkan aplikasi Let's Read dan menggunakan metode membaca read aloud pada anak sedini mungkin dan sesering mungkin. 

Jangan merasa bosan membacakan cerita yang sama pada anak ya, Moms. Justru dengan adanya keinginanan anak untuk dibacakan dan membaca cerita di buku yang sama itu menandakan minat membaca anak sudah mulai terpupuk. Jaga frekuensi dan konsistensi membacakan cerita dari buku pada anak, nikmati prosesnya, dan percaya deh, proses tak akan mengkhianati hasil. Ini maksudnya, dengan rutinitas membacakan buku dalam aplikasi Let's Read menggunakan metode read aloud secara konsisten, lambat laun dapat meningkatkan minat anak dalam membaca. Karena, buku adalah bekal anak untuk bertumbuh. So, Let's Read Aloud

Let's Read Aloud! Karena Buku Bekal Anak Bertumbuh










85 komentar

  1. Wah, edukasi yg mantab banget ini, Mbaaa
    Memang ortu kudu memberikan pengalaman yg terbaik buat anak, ya.
    Termasuk membaca dgn nyaring, ini bener2 bisa memberikan best experience dan ningkatkan bonding juga.
    makasi sharing-nya ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, dari gathering ini aku jadi mencoba juga loh di rumah untuk melakukan membaca nyaring ke anakku dan emang dia lebih suka pas aku tanyain.

      Hapus
  2. Dulu saat masih tinggal di Medan, aku dan anak-anak sering ke perpusda yang jaraknya deket banget sama sekolah anak-anak.
    Pengalaman ke perpus itu memberi perspektif khusus pada anak2ku.
    Tapi masa pandemi seperti sekarang ini, plus jarak perpus yg jauh, jadi ya kegiatan membaca dilakukan di rumah aja :)

    BalasHapus
  3. senang ya mbak bisa ikutan acara webinar yang menarik dan bermanfaat seperti ini ya mbak
    jadi bisa tahu tentang read aloud, reaf aloud ini punya banyak manfaat bagi anak

    BalasHapus
  4. Aku dong baru tau tentang si Let's Read Indonesia ini dan begitu download kemarin, happy banget karena banyak sekali cerita bergambarnya. Terus sekalian mempraktekan untuk membaca secara nyaring.

    BalasHapus
  5. Membacakan cerita itu emang memperkuat bonding banget ya. Aku udah segede gini aja masih suka inget waktu dulu suka dibacakan cerita pas masih kecil. Sekarang gantian aku yg bacain cerita buat anakku.

    BalasHapus
  6. Let's Read bagus banget, dengan aplikasi ini jadi bisa menstimulasi anak u.gemar membaca. Selain itu juga bisa nambah koleksi buku² untuk anak dg adanya perpustakaan digital. Mantap lah.

    BalasHapus
  7. anak2 bisa seneng banget ada apps seperti lets read nihh. Aku pernah juga bacain dari digital, suka yg banyak gambarnya ya kalau anak masih kecil, kalau sudah bisa baca sendiri yaudah enak kadang minta bacain untuk adik2nya heheuuu..
    asyik deh lets read

    BalasHapus
  8. wah ini infonya sangat bermanfaat banget nih, anak pasti suka banget kalo ada aplikasi seperti ini

    BalasHapus
  9. Senangnya Let's Read ini banyak bukunya, bebas diunduh, website-nya gak berat dan gratis pula. Jadi, walaupun tinggal di pelosok selama terjangkau internet, pasti bisa deh mengaksesnya.

    BalasHapus
  10. wah anak2 pasti seneng banget ya dengan adanya app ini, jadi dibacain secara digital, kalau mama ga sempat bacakan cerita tetap ada yang membacakan :)

    BalasHapus
  11. wah pas banget ni suka keabisan ide buat cerita sama anakku sebelum tidur. aku download let's read dh

    BalasHapus
  12. Waktu itu kak Desy ngajakin bikin Podcast tentang read a load nih kak Aie, seru kayaknya ya kalau kita kolaborasi bikin podcast.

    BalasHapus
  13. Anakku juga sekarang mulai dikenalin sama buku cergam. Lumayan sudah bisa baca beberapa patah kata walau belum sempurna. Yg penting menumbuhkan minat bacanya dulu sih

    BalasHapus
  14. Semoga banyak orang tua yang menerapkan metode Read Aloud ini ya agar minat baca anak terus tumbuh

    BalasHapus
  15. Membuat anak gemar membaca itu penting memang. Membuat anak tertarik pada membaca bisa membuat anak2 memiliki banyak bekal wawasan dan pengetahuan yang akan mempengaruhi pola pikir dan tindakan mereka ya mbak.
    Let's Read koleksinya banyak, bbrp kuprint biar enak bacanya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Read aloud ini bagus buat diterapkan ke anak2 supaya mereka makin memahami apa yang dibacakan ya. Anak2jg biasanya lbh tertarik gitu.

      Hapus
  16. Tahapan membaca saat masih kecil ini kudu diperhatikan banget yaah..
    Soalnya bisa memengaruhi ke minat membaca ketika sudah dewasa.
    Dan Let's Read membantu para orangtua untuk memenuhi minat baca anak dengan media digital.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget yaah...yang paling penting kebiasaan membaca ini diterapkan oleh kedua orangtuanya dahulu. Dengan mengintal Let's Read, maka penyediaan bahan bacaan yang banyak pun bisa terpenuhi.

      Hapus
  17. Membiasakan anak membaca buku sejak dini memang penting yah terutama menggunakan metode yang menyenangkan untuk anak

    BalasHapus
  18. Anak suka baca diawali dari orangtuanya juga ya untuk mengenalkan buku sejak kecil lewat membacakan buku. Sekarang ada Let's read sebagai bahan bacaan anak-anak ya

    BalasHapus
  19. Enaknya jadi anak jaman sekarang, perpustakaannya aja digital dong kayak Let's Read yang koleksi bacaannya banyak. Selama pandemi pasti banyak waktu luangnya, bisa dipakai buat baca buku tuh. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya koleksi buku atau bacaannya jadi makin beragam gtu. Gak kyk zaman kita msh terbatas. Mau beli gak ada uang, perpustakaan jauh hehe.
      Bruntung deh anak2 zaman now, tinggal ortu yg mendorong utk memanfaatkan aplikasi ini sebaik mungkin.

      Hapus
  20. Let's Read ini memang membantu banget untuk menarik minat baca anak, secara anak-anak sekarang kan lebih sering pakai gawai. Sekalian aja diarahkan untuk baca cerita bergambar di Let's Read.

    BalasHapus
  21. Happy y mba sekarang udah Ada aplikasi Let's Read ini.. jadi referensi banget anakku dah banyak unduh cerita yang dia suka..

    Apalagi gambar2nyamenarik banget bikin dia tambah betah

    BalasHapus
  22. Senang banget ikutan zoom ini kemarin. Dapat insigt batu dan tambahan asupan buat memotivasi diri sendiri buat support anak buat biasa baca buku

    BalasHapus
  23. suka banget sama koleksi bacaan Lets Read... Aku jadi gak bingung lagi cari bahan bacaan buat anak2..

    BalasHapus
  24. Amat sangat membantu ibu2 seperti aku mama Aie, jadi bisa read aloud bareng anak tiap hari tanpa bosan kan.

    BalasHapus
  25. banyak banget ya manfaat membacakan nyaring kepada anak anak, alhamdulillah aku juga sudah menerapkan membaca nyaring pada anakku mbak, dan memang cepat banget pemerolehan bahasanya

    BalasHapus
  26. Wahhh edukasi yang super duper bermanfaat Kak, thank yoy so much. Apalagi tips agar anak gemar membaca, aku bisa cobain juga nih tips ini ke adek aku. ^^

    BalasHapus
  27. Ya ampun baru tau kalo sedari awal kehamilan udah bisa dibacain buku gitu.

    BalasHapus
  28. Membaca buku dengan nyaring memang membuat saya dan anak jadi lebih bahagia
    Pastinya butuh waktu teratur agar lebih menyenangkan

    BalasHapus
  29. Aku juga dowload aplikasi lets read ini. Bagus-bagus bukunya. Ilustrasinya juga. So far anakku juga suka baca-baca buku dari lets read ini..

    BalasHapus
  30. Read aloud juga menyenangkan bagi ibu. Saya suka banget membacakan anak dengan intonasi.
    Tapi memang si anak masih 2,5 tahun dan masih masa otonom. Jadi kadang ga mau. Harus kenalin Let's read, nih. Lihatin sampul-sampul buku dulu

    BalasHapus
  31. seneng deeh lihat lets read sering adain acara kayak gini.. semoga besok2 aku bisa ikut yah. kapan hari sempet daftar yang acara booklab tapi belum terpilihhh..

    BalasHapus
  32. Read aloud ini memang baguss sekali manfaatnya, saya juga menerapkan ini ke anak-anak. Tapi belum pernah nih membacakan dari Let's Read, coba ahh nanti

    BalasHapus
  33. Waah keren dan sangat bermanfaat nih aplikasi Let's Read ini, menarik untuk dicoba juga yaa menggunakan metode membaca read aloud ini

    BalasHapus
  34. Bikin paling seneng ngakses lets read ini gratis maksudnya nggak perlu kuota gitu kayak aplikasi lain. Eh udah dapet bacaan yang bagus banget.

    BalasHapus
  35. bisa saya rekomendasikan ke saudara saya yang punya anak kecil niy mba, untuk membaca di aplikasi. dan semoga dengan aplikasi ini yang isinya juga bagus dan colorful kalau kata teman, bisa mendorong minat baca keponakan saya makin meningkat, kebetulan dia suka baca buku gitu

    BalasHapus
  36. Menjadi contoh bagi anak ini sudah sudah gampang untuk saya saat ini. Dimana saya sendiri justru lebih banyak pegang hp. Jadi baca bukunya berkurang, anak mengikutinya. Beruntung ada Let's Read. Jadi bisa baca secara digital saja

    BalasHapus
  37. Iya banget, kerasa deh sama aku sendiri. Membaca sejak kecil seneng baca jadi membuka banyak pengetahuan. PR banget nih membiasakan anak-anak sekarang untuk baca buku. Gadget udah susah lepas. Tapi bukan berarti gak bisa. Memberi teladan kita yang rajin baca buku, dan menemani mereka baca buku, salah satunya dengan membacakan dengan keras alias nyaring, pasti bikin mereka jadi tertarik ya.

    BalasHapus
  38. Keren banget Let's Read!! Membangun minat baca buat anak-anak, terlebih sekarang banyakan anak2 main game aja jd males mbaca wkwkwk

    BalasHapus
  39. Di zaman sekarang di mana anak hampir setiap hari dengan gadget, Let's Read perlu sih diinstall sebagai penyeimbang anak-anak main game. Apalagi dengan konsep cerita bergambar, besar kemungkinan akan mudah disukai oleh anak-anak.

    BalasHapus
  40. Tipsnya bener-bener lengkap dan mudah buat dipraktikan ya. Bangun minat baca ke anak itu soalnya termasuk penting apalagi dijaman yang serba digital sekarang

    BalasHapus
  41. Karena sekarang anak pada melek dengan youtube kids, kalau gadget dilepas langsung kesel dan marah2. Adanya ini bisa perlahan ajak anak baca apalagi berbasis digital. So, Let's Read Aloud!

    BalasHapus
  42. seru sekali bersama let's read. Varian tema di aplikasi lets read membuat anak gak boring buat belajar.

    BalasHapus
  43. Asyik, ya punya aplikasi membaca seperti ini. Gratis lagi. Anak-anak termotivasi untuk lebih rajin membaca 😃

    BalasHapus
  44. Minat membaca saat ini sudah berkurang tergantikan dengan banyak hal. Termasuk permainan di gadget. Dengan adanya aplikasi baca let's read, anak bisa tetap pegang gadget, setidaknya menjadi daya tarik dulu supaya anak minat ya

    BalasHapus
  45. tantangan banget ini menumbuhkan minat baca anak. kalau sudah dipupuk sejak dini bakalan bekal untuk bisa membuka jendela dunia lebih banyak

    BalasHapus
  46. Aku juga suka bacain cerita dati aplikasi Let's Read ini. Klo dibacain dengan suara keras, anakku makin semangat dan ekspresif gerak kesana ksini ngikutin alur cerita. 😁

    BalasHapus
  47. Kalau dari kecil sudah dibiasakan dengan membaca, maka minat bacanya semakin meningkat ya saat dewasa. Apalagi bacaan yang bagus bisa didapatkan di Let's read

    BalasHapus
  48. Menanamkan kebiasaan baca pada anak memang harus sejak dini dan memang pilih bacaan yang menarik dari Let's Read Indonesia

    BalasHapus
  49. Aku juga rutin menerapkan read aloud ke Qonita sejak bayi, dan manfaatnya terasa banget dia jadi lebih tertarik sama buku sekarang

    BalasHapus
  50. Wah ada Bu Rossie dan Miss Elsa para senior dunia membaca nyaring, terimakasih sharinya Mbak Andiyani

    BalasHapus
  51. Makanya nih mba klo pas ngemall di weekend, aku selalu mampirin toko buku dan membiarkan anak-anak pilih buku kesukaan mereka.

    BalasHapus
  52. Aku dulu waktu masih kecil belum ada aplikasi seperti ini, jadi harus beli buku atau ke perpus. Sekarang udah canggih yaa, asyik. Besok bisa bacain buku anak-anak tanpa repot keluar rumah.

    BalasHapus
  53. Membacakan cerita untuk anak memang seru dan jadi kegiatan yang menyenangkan. Selain untuk melatih kemampuan anak juga bisa meningkatkan rasa ingin tahunya juga, tapi memang perlu konsisten melakukannya.

    BalasHapus
  54. Aplikasi Let's Read ini bagus dan berguna sekali, cocok nih buat calon ibu atau yang masih punya anak kecil. Membaca nyaring untuk anak ini manfaatnya banyak juga ya, krn anak jg perhatiannya masih suka teralih, sblm kenalkan ke membaca enaknya lewat membaca nyaring terlebih dahulu

    BalasHapus
  55. Aku juga punya aplikasi Let's Read. Membantu banget kalau pas lagi pergi ke luar rumah dan lupa bawa buku bacaan buat anak-anak, tinggal bacain Let's Read aja deh.

    BalasHapus
  56. Baru tau ada aplikasi ini, aku mau coba donlod supaya bisa bervariasi cara membacakan cerita kepada anak :)

    BalasHapus
  57. Dongeng dari aplikasi gitu ya jadinya, lucu juga ya aplikasi anak-anak zaman sekarang.. aku dulu biasanya dibacain mama aja hahaha

    BalasHapus
  58. yap saya juga gitu. biarkan anak memilih pengen baca apa, biar dia antusias dg isi buku yg dibacanya. termasuk yg di aplikasi sepeeti lets read, sia pilih sesuai gambar mana yg menarik baginya. namanya jg anak2 kan...

    BalasHapus
  59. Setujuu.
    Apalagi jaman sekarang ini yang apa-apa serba digital.
    Biar anak nggak lalai sama aktifitas gadget gak bermanfaat bisa nih dikenalkan sama App. Lets Read ini yaa

    BalasHapus
  60. Let's read ini keren banget sih, jadi ngga adalan ga punya buku sekarang. Semua bisa pilih di Let's Read aja.

    BalasHapus
  61. aku juga nih sekarang bebasin anak2 mau baca apa aja, biar pilih sendiri seleranya, soalnya bikin anak abege mau baca itu tricky banget kan.

    Salah satunya aku minta anak2 yg lebih kecil juga untuk pilih baca cerita apa di apps lets read yg ternyata cocok buat segala usia menurutku

    BalasHapus
  62. Senaaangg ya mba Aie kalo anak2 tuh semangat baca dan punya passion yg tinggi thd buku dan dunia literasi.
    salut banget sama tim Let's Read INDONESIA

    BalasHapus
  63. Anak2 memang senang melihat gambar2 lucu dan menarik. Makanya ketika membaca buku atau cerita online pun, biasanya kudu ada gambar/ alustrasi yang bagus supaya minat baca mereka meningkat. Bagus banget Let's Read ini :)

    BalasHapus
  64. Anak tetangga 5 kali sehari main ke rumah. Sudah kaya pacaran aja. Mpo ajak main dengan bacain cerita lets read

    BalasHapus
  65. Aku juga baca Let's Read karena suka sama buku anak bergambar. Kalau pas ke perpustakaan, kadang intip-intip buku anak juga. Sekarang belajar read aloud juga. Ya meski suara jadi serak-serak basah

    BalasHapus
  66. Seneng ya mbak bisa dapat asupan ilmu bermanfaat dari kegiatan yang diadakan let's read dan blogger perempuan ini. Emang jaman digital ini tantangan untuk mengajak anak membaca makin besar, karena banyak anak (dan ortu) yang lebih suka pegang gadget daripada pegang buku

    BalasHapus
  67. AKu juga udah download lama nih mbak aplikasi ini, kebetulan anakku yang tua suka banget nih baca cerita di let's Read .

    BalasHapus
  68. Let's read aloud, bagus banget nih kalo diterapkan oleh kita yang membacakan buku baik bagi anak sendiri atau mungkin anak² lainnya -bisa jadi karena kita sebagai guru misalnya. Read aloud gak hanya sebatas membacakan cerita dengan suara nyaring. Tapi juga dg intonasi yang pas. Menyuarakan dialog nenek tentu berbeda dg suara anak kecil. Mimik wajah kita juga harus dilatih supaya lebih menjiwai cerita yang kita bacakan.

    BalasHapus
  69. aku senang banget bisa ikutan zoom ini kemarin, banyak dapat pencerahan baru dan juga yang paling seru nih, dapat info buku baru, bagus eh gratis juga, senangnya

    BalasHapus
  70. Let's read ini penolongku mbak
    dengan adanya let's read, aku nggak pernah kehabisan bahan bacaan buat anak anakku, bukunya banyak dan ceritanya menarik

    BalasHapus
  71. Dengan adanya leats read ini beneran ngebantu anak untuk bisa makin mahir membaca. Senangnya bisa mengikuti ini mba :)

    BalasHapus
  72. Kemajuan zaman bukan untuk ditolak/dihindari, tapi diikuti ya mbak. Buat yang memang hobi baca, dalam bentuk buku fisik atau digital, tak jadi masalah, tetap setia membaca. Kehadiran Lets Read tentu banyak guna, membantu anak mahir membaca, dan membantu yang sudah mahir baca mendapatkan banyak bahan bacaan.

    BalasHapus
  73. Sampai sekarang aku masih read aloud, karena anakku masih belum lancar membaca. Sebelum tidur pasti baca buku, kadang juga baca dari aplikasi Let's Read

    BalasHapus
  74. Kami termasuk pembaca setia Let's Read. Menurut anak-anak saya cerita di aplikasi baca yang satu ini unik, beda dengan cerita di buku anak pada umumnya. Kami punya beberapa cerita favorit yang selalu diulang-ulang. Juga cerita dengan bahasa jawa. Pokok betah kalau sudah baca Let's Read.

    BalasHapus
  75. Ativitas membaca bersama anak-anak menjadi salah satu favorit kami sekeluarga. Saya selalu membacakan dengan cara read aloud. Memang seru banget dna kebersamaannya berasa.

    BalasHapus
  76. Anak-anakku suka banget dengan aplikasi Let's Read. Beneran sangat membantu orangtua dalam menemukan cerita anak berupa buku digital yang bisa disesuaikan dengan selera anak dan bahasa yang digunakan.Pokoknya pilihan deh!

    BalasHapus
  77. Gegara ikutan webinar ini jadi bacain lagi buat anak-anak dan alhamdulilah mereka sekarang suka baca lagi utamanya yang kecil mba biasanya main atau nonton skrg baca buku terus

    BalasHapus
  78. Menciptakan kebiasaan membaca anak di masa sekarang tu memang ga mudah ya mak
    Tapi pasti bisa insyaAllah kalo kita mulai dari sekarang dan menyiapkan bahan bacaan yang menyenangkan

    BalasHapus
  79. Buat saya, membacakan buku itu kegiatan membangun bonding yang paling menyenangkan dan enggak capek karena enggak perlu lari-lari, hihihi...

    BalasHapus
  80. Melalu cara read aloud, anak-anak memang diajak untuk memperkaya kosa kata dan diksi, juga bagaimana mengekspresikan emosinya. Bagus banget nih untuk awalan kecintaan anak pada literasi.

    BalasHapus
  81. Pernah down load lets read juga. Buat cari inspirasi cerita buat bocil... Beragam banget, bahasanya juga macem-macem

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)