5 Alasan UMKM Melakukan Kolaborasi Agar Bisnis Maju dan Makin Naik Kelas

Sabtu, 21 Mei 2022

Kolaborasi adalah suatu proses partisipasi beberapa orang ataupun kelompok organisasi untuk bekerja sama mencapai hasil tertentu. Dengan melakukan kolaborasi bisnis sebenarnya cukup efektif dipakai oleh semua pemilik bisnis baik itu bisnis kecil, menengah dan besar. Dengan adanya kolaborasi bisnis secara otomatis memungkinkan UMKM lebih berkembang. Nah, berikut adalah 5 alasan UMKM Melakuan Kolaborasi Agar Bisnis Maju dan Makin Naik Kelas. Shall we start now?

JNE
Mendengar kata kolaborasi otomatis kedua belah pihak yang setuju melakukan hal ini mendapatkan keuntungan sesuai dengan yang diinginkan. Kolaborasi adalah cara yang cukup efektif untuk semua pemilik bisnis kecil ataupun menengah terlepas dari apa industry dan jenis bisnis yang dimiliki.


5 Alasan UMKM Melakukan Kolaborasi Agar Bisnis Maju dan Makin Naik Kelas

Kolaborasi adalah koneksi yang bisa diciptakan oleh pemilik bisnis dengan pihak lain yang bertujuan untuk membantu pemilik bisnis mengembangkan bisnis ke level berikutnya. Banyak kok pemilik usaha brand besar berkolaborasi dengan pelaku bisnis skala kecil hingga besar yang menghasilkan efek luarbiasa bagi bisnisnya. Well, kalau kamu gak yakin juga betapa kolaborasi bisnis benar-benar sepadan dengan waktu dan upaya yang dilakukan, berikut adalah 5 alasan mengapa UMKM harus mempertimbangkan untuk melakukan kolaborasi bisnis.

1. Kolaborasi Menginspirasi

Untuk mencari tren, inovasi, atau inspirasi mungkin pelaku bisnis bisa membaca melalui artikel online ataupun offline. Namun, tanpa berdiskusi, bertukar pikiran, dan megomunikasikan ide tersebut dengan orang lain manfaatnya tidak akan optimal.

Maka, penting sekali untuk keluar dari kerangka pikiran sendiri agar memperoleh perspektif yang lebih segar. Selain itu, berkolaborasi juga bisa mendorong kreativitas, meningkatkan objektivitas, serta memberikan konteks tambahan pada data yang sudah dikumpulkan sebelumnya. Kolaborasi mampu untuk menginspirasi sehingga sebagai pelaku usaha kamu bisa menemukan cara lebih baik dalam memajukan bisnis.

2. Membangun Networking

Menjadi sukses perlu berkolaborasi dengan orang-orang baru, maka bisa memanfaatkan kolaborasi bisnis guna membangun aliansi untuk saling berkolaborasi bersama dengan rekan bisnis lainnya. Dari networking tersebut aka nada sepersekian persen yang nantinya menjadi rekan bisnis ataupun klien.

3. Media untuk Belajar

Seperti yang diketahui bersama, kamu perlu untuk menambah wawasan dan pengetahuan bila ingin memajukan bisnis. Itulah sebabanya, berkolaborasi dengan seseorang yang memiliki pengetahuan, skill set, serta persepekti berbeda akan sangat bermanfaat untuk mengembangkan usaha milikmu.

JNE

4. Perubahan Positif

Kolaborasi dapat memberikan perubahan positif tidak hanya antar perusahaan tapi juga bisa berdampak ke masyarakat umum termasuk pada konsumen. Perubahan positif ini juga bisa menjadi cara kerja yang lebih efektif dan efisien, menghemat biaya hingga mendapatkan kepuasan konsumen.

5. Menciptakan Inovasi

Berkolaborasi dengan bisnis lain memungkinkan UMKM melakukan lebih banyak lagi. Penting untuk mengambil risiko dalam menjalankan bisnis, dan kolaborasi akan memberikan ruang serta keberanian untuk itu.

Dari sinilah akan mendorong pelaku usaha untuk melakukan pembelajaran yang akan menghasilkan inovasi sehingga memungkinkan peluang yang lebih besar dan arah baru untuk masa depan.

Salah satu contoh kolaborasi yang terus dilakukan oleh JNE yaitu dengan melakukan kolaborasi bersama UMKM Cilegon untuk meningkatkan perekonomian rakyat pasca pandemic.

JNE

JNE Jalin Kolaborasi Bersama UMKM Cilegon

Mendukung UMKM Cilegon untuk terus berkembang, JNE Cilegon menghadirkan beberapa program untuk para UMKM dan masyarakat sekitar. “JNE adalah perusahaan yang didirikan oleh anak bangsa, mengusung tagline Connecting Happiness, kita tidak hanya mengantar saja tapi juga memberikan kesempatan kolaborasi bagi UMKM setempat”.


JNE Cilegon juga kerap melakukan program CSR seperti pembangunan rumah, wakaf Al Quran, memberikan bantuan saat ada bencana, bahkan yayasan asrama. JNE Cilegon juga terus berupaya untuk mampu meningkatkan penjualan para UMKM. “Ada kegiatan yang akan kita lakukan setelah Goll..Aborasi, yaitu trading house, digital marketing, serta lainnya, yang akan berkolaborasi dengan para seller. Tentu kita selalu berinovasi dan melihat potensi yang ada.” ungkap Herry Herbowo selaku Branch Manager JNE Cilegon.


JNE

Karena itu, yuk terus dukung UMKM untuk berkolaborasi agar bisnis lebih maju dan terus naik kelas guna memperkuat perekonomian Indonesia pasca pandemic.

30 komentar

  1. Aku suka banget sama perusahaan yang ketika sudah besar, mulai menjalankan program CSR untuk kemajuan di sekitar. Seperti JNE yang berkolaborasi dengan UMKM Cilegon. Semoga kolaborasi ini bisa memajukan UMKM setempat, ya, Kak.

    BalasHapus
  2. JNE keren ya, terus mendukung UMKM kita .... saya optimis nih, in syaa Allah ujian pandemi ini akan dilewati dengan baik oleh para pelaku UMKM.

    BalasHapus
  3. Salut sama JNE yang selalu mendukung UMKM. Dan semoga para pelaku UMKM bisa memanfaatkan momen dan kesempatan ini

    BalasHapus
  4. JNE ini nggak ada habisnya programnya bantu UMKM, bener-bener salut aku. Semoga habis pandemi ini banyak UMKM yang semakin maju dan berkah juga buat JNE.

    BalasHapus
  5. Selalu salut dengan kepedulian JNE. Secara tidak langsung JNE bergerak untuk mendorong UMKM naik kelas dengan berkolaborasi

    BalasHapus
  6. Sepakat, sekarang ini memang bukan lagi jamannya kompetisi tapi kolaborasi. Karena kolaborasi memiliki banyak manfaat. Keren nih kolaborasinya JNE dengan pelaku UMKM di Cilegon

    BalasHapus
  7. Memang bagusnya begitu ya mba. Daripada sibuk berkompetitif mending sibuk berkolaborasi aja. Jadi kedua pihak sama sama belajar dan saling diuntungkan. Pembeli atau konsumen juga makin seneng karena kualitas produk atau pelayanan semakin bagus hasil dari kolaborasi itu. Contohnya kayak kolaborasinya JNE ama UMKM juga

    BalasHapus
  8. Sukaaak deh perusahaan yg sudah besar bekerjasama dengan UMKM, ikut membantu memasarkan kepada masyarakat luas tentunya.

    Semoga banyak usaha spt JNE yg bekerjasama dg UMKm

    BalasHapus
  9. Kolaborasi dapat memberikan perubahan positif tidak hanya antar perusahaan tapi juga bisa berdampak ke masyarakat umum termasuk pada konsumen! Keren emang JNE jalin kolaborasi sama UMKM

    BalasHapus
  10. UMKM harus didukung agar perekonomian negara makin maju. Caranya dengan ikut membeli produk mereka, bantu promo dan kirim paket lewat JNE. Keren deh JNE udah turun tangan langsung bantu UMKM maju

    BalasHapus
  11. UMKM dengan segala keterbatasan perlu nih kolaborasi. Buat paket penjualan bisa jadi lebih menarik.

    BalasHapus
  12. Inilah yang akan membuat hidup kita happy, bisnis lancar, cuan mendekat berkat kemauan belajar, inovasi dan memasarkan lewat e-commerce

    BalasHapus
  13. Penting banget nih buat para pelaku UMKM, semoga saja makin mendunia setelah adanya kolaborasi apalagi dengan JNE perusahaan ekspedisi yang udah terpercaya ini.

    BalasHapus
  14. Sekarang itu zamannya kolaborasi, bukan saingan lagi. Jadi tercipta inovasi baru dan saling menguntungkan karena tercipta networking

    BalasHapus
  15. Sekarang ini zamannya kolaborasi ya mbak
    Mau maju, ya harus kolaborasi
    Seperti yang dilakukan UMKM ini, perlu banget kolaborasi dgn jasa pengiriman seperti JNE inu

    BalasHapus
  16. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa gotong royong, makanya adanya kolaborasi juga sudahgak heran lagi ya untuk saling membantu sama lain. JNE aktif membangun kolaborasi dengan para UKM di berbagai daerah

    BalasHapus
  17. Masyarakat Indonesia sudah terbiasa gotong royong, makanya adanya kolaborasi juga sudahgak heran lagi ya untuk saling membantu sama lain. JNE aktif membangun kolaborasi dengan para UKM di berbagai daerah

    BalasHapus
  18. UMKM kini bisa semakin maju dengan adanya kolaborasi dengan pelaku usaha, salah satunya JNE ini ya kak. JNE memang paling sering memberikan dukungannya bagi pelaku UMKM.

    BalasHapus
  19. Bermanfaat sekali program CSR dari JNE.
    MashaAllah~
    Terus berinovasi dan menggandeng UMKM sebagai mitra yang bekerjasama dengan baik.

    BalasHapus
  20. Inovasi nih penting banget agar selalu muncul ide-ide segar dalam menjalankan bisnis. Salut dengan semua dukungan dari JNE bagi para pemilik UMKM. Yuuk bangkit dan terus berkembang ya UMKM Indonesia.

    BalasHapus
  21. Yang namanya kolaborasi tuh pasti menimbulkan impact gede ya mbak. Apalagi UMKM yang memang tonggak ekonomi paling stabil di sini.

    BalasHapus
  22. Salut sama JNE banyak banget program-program bagusnya untuk membantu sesama dan menjadikan hidup lebih bermakna, membangun networking menurutku paling susah ketika memulai usaha

    BalasHapus
  23. nama kolaborasinya unik banget, goooool! semoga sukses selalu untuk JNE dan para UMKM yaa

    BalasHapus
  24. JNE ini emang selalu mendukung UMKM ya, keren banget

    BalasHapus
  25. Bisniss bisa berkembang pesat jika.berkolaborasi dengan siapa.saka. gusti yeni

    BalasHapus
  26. JNE ini oke sii, banyak banget bantu UMKM. dengan membership, kemudahan jemput paket dan pembayaran, trus suka ada bantuin juga penyuluhan2.

    tp yaaa skrg kan bisnisku dah nambah di persewaan, jd agak bingung inovasi dan kolaborasinya gmn ini >.< ahahaha

    BalasHapus
  27. Mendukung UMKM dengan membeli produk mereka kayaknya yang paling tepat. Karena membantu melariskan dagangan. Semoga UMKM kita makin maju dan berkembang

    BalasHapus
  28. JNE selalu terdepan dan menjadi contoh insporasi ya kak, sebagai pelaku UMKM aku juga ikutan bangga

    BalasHapus
  29. Sekarang emang udah jamannya kolab ya.. Jadi harus kerjasama dengan pihak lain biar bisnis makin josss... Semoga UMKM makin maju dengan kolaborasi ini

    BalasHapus
  30. Kolaborasi UMKM bikin bisnis makin maju dan berkembang ya mbak

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)