Minggu, 03 Januari 2021

Pesona Curug Cigentis di Kabupaten Karawang

Liburan Natal kemarin kami berkesempatan buat liburan tipis ke curug yang terdekat dari rumah. Kebetulan aku juga diajakin buat ke sana, dan senang-senang aja karena bisa jadi cerita Darell saat masuk sekolah nanti. Sejujurnya, di awal aku kurang tahu akan diajak ke curug yang mana, sampai ketika tiba di area curug yang dimaksud. Dan ternyata ada curug yang bagus banget di Loji, Kabupaten Karawang, yang pesonanya cukup bikin mata ini terbelalak bahagia. Ya, pesona Curug Cigentis di Kabupaten Karawang bisa dijadikan pilihan wisata buat kamu yang mungkin ingin liburan tipis-tipis yang bernuansa alam. So, shall we start the review now.... 

Curug Cigentis

Persiapan ke Curug Cigentis

Berhubung kami sekeluarga berangkat bersama 3 manula, 1 anak dan 1 batita, maka transportasi yang dipilih yaitu menggunakan mobil pribadi untuk ke sana, tanpa trekking. Nah, pilihan Curug Cigentis menjadi alasan kuat karena memang sangat mudah diakses oleh kendaraan apapun. 

Iya kami pergi ke sana saat pandemi masih berlangsung, karena itu protokol kesehatan tentunya tetap dilakukan secara disiplin. Karena itu, kami pun lebih memilih untuk membawa makanan dan tempat makan sendiri juga botol minuman. Untuk menghindari jajan di sana. 

Maka, dari pagi hari mamah menyiapkan apa aja yang mau dibawa, memasak menu yang mudah untuk dibawa, dan  menyiapkan camilan buat Darell dan Kai (sepupunya Darell) biar gak pada cranky dan jajan sembarangan. Piring, gelas, sendok, garpu tak lupa kami bawa untuk memudahkan makan di sana. Tisu basah, hand sanitizer, disinfektan, kantong plastik, masker wajah cadangan, serta buah-buahan gak lupa buat dibawa. Lengkap deh pokoknya! 

Off We Go to Curug Cigentis 

Kami berangkat ke Curug Cigentis jam 11an pagi via Jonggol dan gak masuk jalan tol, jadi jalan biasa aja. Kurang lebih sekitar 1 jam 30 menit kami sampai di tempat parkir mobil yang jaraknya sekitar 2 km menuju Curug Cigentis. Dari parkiran mobil ini, kami semua lanjut menggunakan ojeg pangkalan untuk sampai ke pintu utama menuju Curug Cigentis. Nanti ringkasan biaya parkir, ojeg, dan masuk ke dalam Curug Cigentis akan aku rangkum di akhir cerita blog ini, ya. 

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis lokasinya berada di kawasan Gunung Sanggabuana Karawang, Jawa Barat. Tak dipungkiri, keindahan pesona Curug Cigentis di Kabupaten Karang memang sebagus itu, beb. Pancuran airnya yang deras dan bersih, bisa membuat siapapun akan sangat bahagia hanya dengan melihatnya langsung. Kejernihan air dan suara deru air terjun Curug Cigentis bisa mendamaikan jiwa siapapun yang mengunjunginya. 

Setelah kurang lebih 10 menit perjalanan dari tempat parkir mobil, kami pun tiba di pintu masuk Curug Cigentis di Kabupaten Karawang. Di sekitar pintu masuk ini banyak warung yang menyediakan makanan dan minuman seperti mie instan, karedok, teh dan kopi. Masing-masing pengunjung diharuskan beli tiket masuk seharga 20ribu rupiah. 

Setelah beli tiket, kami pun masuk ke kawasan Curug Cigentis di Kabupaten Karawang. Untuk melihat pesona Curug Cigentis, kami semua harus melalui jalan yang mendaki dengan tangga-tangga kecil, melewati beberapa warung di kiri kanan serta aliran sungai kecil. Setelah 250 meter barulah kami bisa mendengar dan melihat secara langsung pesona Curug Cigentis. 

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis


Spot Wisata yang Sayang untuk Dilewatkan di Curug Cigentis

Dengan debit air yang cukup kencang, kamu bisa merasakan mandi dan berenang di kawasan Curug Cigentis ini. Airnya yang jernih, memungkinkan untuk merasakan segarnya Curug Cigentis. Belum lagi tebing-tebing di sekitar Curug Cigentis dengan pemandangan pepohonan hijau yang indah dan segar menjadi hal yang sangat menarik untuk dipandang. Namun, sayangnya saat aku bersama keluarga ke sana kondisinya sangat ramai. Sepertinya banyak sekali masyarakat yang sangat rindu liburan bersama keluarga dan menikmati keindahan alam. 

Saking ramainya Curug Cigentis saat kami kunjungi, kami pun hanya sebentar di sana, foto-foto dengan background air terjun dan tebing yang indah tidak lupa kami lakukan. Kan sayang ya udah naik ke atas capek-capek tapi gak pepotoan. Mubazir atuh lah!

Kawasan Curug Cigentis juga bisa dijadikan tempat berkemah, karena banyak lokasi yang disediakan di sana. Oia, ada jembatan yang bertuliskan 'Curug Cigentis" sepertinya ini jadi tempat foto wajib ketika kamu ke sana beb. 

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Ternyata, aku juga baru tau sih setelah googling, kalo Curug Cigentis ini adalah salah satu destinasi populer di Karawang, Jawa Barat, lho. Gak heran sih saat aku ke sana kondisinya ramai sekali. Beberapa fasilitas yang disediakan oleh pengelola Curug Cigentis yaitu:

  • Area parkir kendaraan
  • Akses jalan yang sudah sangat baik 
  • Toilet dan kamar mandi 
  • Tempat ibadah
  • Warung wisata
  • Camping area
  • Saung
  • Gazebo dan lainnya. 
Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Pesona Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis


Biaya yang Dikeluarkan Berwisata di Curug Cigentis

Jika ingin ke Curug Cigentis bersama keluarga, aku sarankan week days ya, jangan kayak aku yang datang ke sini di hari Sabtu, liburan natal dan libur sekolah pulak. Pastikan ketika ke sini kondisi cuaca cerah dan bersahabat. Gunakan alas kaki dan pakaian yang nyaman. 

Sesuai janji di atas, berikut aku rangkumkan biaya yang dikeluarkan saat berkunjung ke Curug Cigentis:

  • Biaya parkir Rp. 10.000/mobil
  • Ojeg PP (area parkir mobil - pintu masuk Curug Cigentis) Rp. 40.000/ojeg
  • Tiket masuk Curug Cigentis Rp. 20.000/orang 

Cukup terjangkau kan? 

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Curug Cigentis

Setelah ini, petualangan ke curug-curug yang ada di sekitar rumah akan berlanjut nih beb. Bisa tebak gak curug selanjutnya apa? Stay tuned ya! 







33 komentar:

  1. Baru ngeh nih aku dengan keberadaan Curug Cigentis :) Bagus ya pemandangannya, mana fasilitasnya lumayan juga. Ada jajanan itu juga penting hehehe :D Pengen berendam di bawah air terjunnya deh. Sedingin apa tuh yaaaa?

    BalasHapus
  2. duh segernya liat air terjun begitu, lumayan ya kak bisa refreshing jadinya :)

    BalasHapus
  3. Asik ya hiking kayak gini, bisa menyatu dengan alam dan ngilangin penat juga.. .medannya gimana Mba aman juga kayanya ya buat ortu sama anak2

    BalasHapus
  4. Wisata alam Curug Cigentis ramai jua pengunjungnya. Enak nih kalau main ke air terjun dan jalan ke sananya sudah lebih mudah. Jadi gak banyak drama karena cape jalan dan lainnya

    BalasHapus
  5. Uwaaah iyaa, itu ruameee yaaa :D. Aku bawaan msh parno kalo rame mba. Kayaknya memang enak weekdays kalo kesana. Aku drdulu suka wisata air terjun ato curug. Malah kdg suka cari yg medannya berat, biar jrg diulas orang hahahaha. Tapi kalo bawa ortu dan anak2, ya ga mungkin sih. Cari yg rutenya paling gampang memang supaya mereka kuat juga :).

    BalasHapus
  6. Ke mana aja ya saya waktu masih tinggal di Bekasi? Jadi berasa banget kurang explore Bekasi dan sekitarnya hehehe. Ternyata ada curug yang dekat ^_^

    BalasHapus
  7. Sepupu adek ipar yang tinggal di KArawang, pernah cerita soal curug Cigentis ini, waktu kesana pernah dijakin, cuma waktu yang ga memungkinkan harus balik lagi ke bandung.
    Wah ternyata syantik juga yaa, apalagi bisa bareng keluarga, treknya juga aman yaa buat manula, ga terlalu jauh dan mudah dijangkau.

    BalasHapus
  8. Senangnya bisa liburan tipis-tipis ke wisata alam seperti Curug Cigentis...Tempatnya asri sekali, jadi sekalian relaksasi menikmati alam...
    Secara fasilitas lengkap dan memadai ya....Wajar jadi pengunjungnya banyak....

    BalasHapus
  9. Belum pernah ke Karawang. Tapi Curug memang bisa jadi pilihan berkunjung sih. Nyaman

    BalasHapus
  10. pengen juga ke sini mbaa tapi kayaknya lumayan ramai yaaa.. atau ada hari dan jam tertentu yang okee dan lebih santai pengunjungnya?

    BalasHapus
  11. Wisata alam seperti ini seru banget aku belum pernah sebelumnya ke Curug seperti ini hanya bisa lihat di video juga

    BalasHapus
  12. bagus yaa tapi rame bangeet haha kalo pandemi gini aku ke sana pasti kawatir dah. tp emang cantik sih dan pasti segar juga, jadi refreshing orang2 yang biasa sehari2nya di kota

    BalasHapus
  13. Pemandangan air terjun di Curug Cigentis cantik banget. Jadi pengeeen deh travelling. Sementara nggak bisa jalan jauh-jauh dulu. Paling jauh ke kota sebelah yang jaraknya sekitar 30 km untuk ngunjungin Bapak.

    BalasHapus
  14. Hmm segarnya liat pemandangan Curug, oke juga nih emang kalo bawa orang tua wajib tahu gimana nanti aksesnya takut mereka terlalu capek

    BalasHapus
  15. Pemandangannya bagus dan terlihat sejuk banget ya mba. Kalo corona udah kelar, mau banget deh berwisata alam lagi aku tuh..

    BalasHapus
  16. Area wisata curug cigentis nya bersih dan rapi ya mba, dan terjangkau jg klo mau liburan kesini.

    BalasHapus
  17. sering banget denger curug ini tapi belum pernah ke sana, semoga setelah aman bisa ke sana, senang banget ya mba udah bisa jalan-jalan? ajakinn

    BalasHapus
  18. wisata curug selalu menarik untuk dikunjungi ya mbak
    pemandangan yg indah, udara yg segar pas banget buat refreshing sejenak

    BalasHapus
  19. Mba Aie lagi seneng wisata ke Curug ya?
    Beberapa kali postingan pas lagi ke Curug soalnya. Hihi

    Setelah dikurung selama setahun di rumah aja, banyak orang yang kangen menghirup udara seger dan ngerasain air dari sumbernya langsung seperti di Curug.

    Tempatnya bersih ya mba, seneng lihatnya

    BalasHapus
  20. Wah ada curug wisata juga di Krawang ya. dan murah pula harga tiket masuknya. Ga sampai ratusan ribu. Saya dulu sering bolak balik ke krawang, ga tau kalau ada curug wisata begini. Kalau tau saya pasti bakalanmain deh.

    BalasHapus
  21. Kelelahan berjalan menuju curug terkikis sudah ya Mba Andi, melihat begitu indahnya.
    Seger banget itu kalau mandi hahaha. Grujukan.

    BalasHapus
  22. Ngeliat air terjun itu rasanya adem banget aku pasti betah berlama-lama disitu :)

    BalasHapus
  23. Main ke Curug Cigentis ini, asik banget yaa...kak.
    Kebayang suara gemercik air, sekalian olahraga banget menuju Curug Cigentis. Hihii...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Gak ngebayangin air di Curug Cigentis ini...
      Alhamdulillah, pengunjung tetap ramai, sehingga menjadi ladang mata pencaharian bagi warga sekitar.

      Hapus
  24. Kangen banget deh menikmati keindahan alam seperti ini, terakhir sih setahun yang lalu main2 di air terjun menemani anak dan suami berenang di bawah air terjun

    BalasHapus
  25. Mba Aiii, segerr buangettt
    aku mauuk halan2 ke curug cigentis ughaaa
    itu yg namanya bosen/stres/jenuh, bisa ilang seketika ya

    BalasHapus
  26. wah baru tahu karawang punya tempat wisata curug gini,,, bagus juga ya, ini ke arah purwakarta atau masih dekat cikarang mba ? tapi yang bikin penasaran kalo jalan kaki dari parkiran ke pintu masuk curug jauh kah, soalnya tarif ojegnya menurutku lumayan juga 40,000/ ojeg lebih mahal dari tiket masuknya... kebayang kalo jalan jauh kali ya

    BalasHapus
  27. Apa jangan-jangan cuma aku doang ini yang belum main ke curug-curugan, ingin sekali deh sesekali main kesana tapi eh tapi lebih sepi mana sih kak Aie antara wiken dan wikdeys?

    BalasHapus
  28. mak aie sekarang jadi anak curug banget niiihhhh.. kereeeennnn.. hihi. aku ga pernah kepikiran nih jalan jalan ke curug, seru banget kayanya yaaa..

    BalasHapus
  29. Liburan tipis2 di masa pandemi ini memang menghibur banget ya mbak. Butuh banget nih udara segara

    BalasHapus
  30. Waw dengan manula sampai batita bisa main ke curug Cigentis. Syukurlah yaa ada ojeg PP jadi aman deh jalannya singkat aja.
    Curug ini udah tertata ya sampai banyak warung dan tulisan Cigentis gede banget. Kalau mau ganti baju abis Main air gimana? WCnya bersih?

    BalasHapus
  31. Masya allah bagus banget yah Curugnya, ah jadi ingin jalan - jalan ke Curug juga deh, udah lama nih ga jalan - jalan

    BalasHapus
  32. Air terjunnya bikin kaki gatel mau juga segera kesana
    Bismillah Covid berlalu, kita akan segera bertemu wahai Curug

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)