Jumat, 01 Januari 2021

Alhamdulillah 2020, Bismillah 2021

Hmm kayaknya aku belum pakai judul ini ya di beberapa tulisan tentang menyambut awal tahun? eh iya gak sih?! Well, anggap aja iya yahh.. lagi gak kepikiran judul yang menggigit tapi gak sengit nih beb. So, let's we start all this grateful things that I able to passed 2020 with sane, happy, healthy, & full of gratitude. Yes! Alhamdulillah 2020, Bismillah 2021 ... 

Banyak hal yang terjadi sepanjang tahun 2020 di dalam diriku dan hidupku. Siapa sangka awal tahun 2020 justru aku sudah merasakan nikmatnya ujian yang diberikan dari Allah SWT, dan itu hanya awalnya, karena hal tersebut berlangsung sepanjang tahun 2020.  

Butuh waktu untuk aku menyalahkan diri sendiri, menganggap diri ini gak berharga, rendah, dan merasa dibuang/terbuang entah mana kata yang tepat untuk menggambarkannya. Meski memang dari luar terlihat biasa-biasa aja, karena memang hanya sedikit manusia yang bertanya padaku, "Are you okay?".

Namun, aku masih teramat sangat bersyukur karena 2020 mengajarkanku banyak hal dan tentu hal ini terjadi atas izinNya. Begitu banyak nikmat yang Allah berikan padaku dan keluargaku, semua bukan karena aku yang taat karena Allah yang Maha Pengasih & Penyayang. Jadi, aku kira mungkin ada baiknya kutulis semua kebaikan Allah padaku dan keluargaku melalui manusia-manusai yang Ia kirim di blog ini. Bukan, bukan untuk riya, humbble bragging atau pamer, murni hanya ingin kuabadikan dalam blog ini agar ketika aku merasakan hasil dari kesabaran atau cobaan dan ujian dari Allah, aku sadar harus tetap berpijak, sederhana, dan makin taat padaNya. Hal-hal yang pantas aku syukuri sepanjang 2020:

Kesempatan ke Jepang di Awal Pandemi

Ini semacam bentuk doa yang sering aku panjatkan di sepertiga malam, dan menjadi kenyataan. Jepang! Maasyaallah, rasanya aku gak mungkin ke sana kalo pure biaya sendiri di tengah himpitan cicilan kehidupan dan utang yang makin banyak aja semenjak di PHK. Tapi Allah mungkinkan itu semau terjadi, jelas semua karena ijinNya. 


Awal Maret 2020, bertepatan dengan beberapa minggu setelah di PHK aku bisa menikmati perjalanan ke negeri sakura selama 5 hari. Wow, it's truly such a blessing sih. Sampai-sampai aku mikir gini, apa yang udah aku perbuat kok layak mendapatkan ini. Again, itulah jawaban atas doa yang hanya Allah tau kapan waktuNya yang
 tepat. 

Menjalani Fungsi Sebagai Istri & Ibu Seperti Seharusnya

Emang sebelum 2020 gak menjalani fungsi sebagai istri & ibu sesungguhnya? I can not say that sih sebenarnya, hanya 2 tahun belakangan memang aku banyak berdoa agar bisa di rumah aja dan menjalani fungsi sebagai istri & ibu seperti seharusnya. And it happen sepanjang 2020 kemarin, voila!

Alhamdulillah sekali dengan kondisi keuangan yang sangat terbatas bahkan utang yang sebelumnya berkurang jadi bertambah sepanjang 2020, aku masih bisa mendampingi anak belajar dari rumah dan menjadi ibu rumah tangga yang produktif tentunya. 



Diberikan Kesehatan & Kebahagiaan dengan Berada dalam Keluarga yang Solid 

Sejak awal pandemi, aku agak khawatir karena suamik masih aktif bekerja seperti biasa hingga adanya keputusan harus WFH dipertengahan bulan Mei. Meski, aktivitas di rumah masih terus dilakukan namun alhamdulillah Allah masih memberikan perlindunganNya pada aku sekeluarga. Iya, sepanjang 2020 ini kami anak dan suamiku yang sekali merasakan sakit karena masuk angin dan harus istirahat di rumah. Kalo aku? Alhamdulillah banget karena sakit yang dirasakan masih bisa memungkinkan aku buat beraktivitas seperti biasa. 

Bahkan ketika ada kabar buruk saat suamik terpaksa dirumahkan dalam jangka waktu yang belum jelas sampai kapan, kami sekeluarga masih dicukupi dan diberikan kesehatan.



Masih Bisa Berkumpul Bersama Keluarga Secara Lengkap Saat Lebaran

Ketika banyak beberapa orang yang tidak bisa merasakan lebaran bersama keluarga lengkap, alhamdulillah aku masih bisa merasakannya. Bahkan selama bulan puasa pun masih bisa berbuka bersama dengan orangtua. Karena memang jarak kontrakan di Jakarta dengan rumah bokap nyokap cukup dekat, hanya beberapa ratus meter aja udah sampai. 



Bisa Menikmati Staycation, Wisata Alam Bersama Keluarga dan Teman dari Komunitas

Pasca Lebaran dimana PSBB ditiadakan dan beberapa fasilitas umum sudah kembali dibuka dengan beberapa aturan ketat seperti 3M. Aku bersama keluarga bisa merasakan petualangan wisata alam dengan mengunjungi beberapa curug yang ada di Bogor. Malah, kami berkesempatan buat staycation karena kakak menikah di salah satu lodge di Bogor. 

Pertengahan November, untuk pertama kalinya di masa pandemi bisa merasakan trekking di Sentul, Bogor dan menikmati keindahan curug yang ada di sana bersama teman-temen dari komunitas Indonesian Hijab Blogger (IHB). 



Masih Dipercaya untuk Melakukan Hal-Hal yang Disukai dan Menghasilkan

Menjalani profesi baru, sebagai digital content strategist freelancer & blogger tentu menjadi hal yang baru. Selama hidup, aku terbiasa menerima gaji setiap bulannya, tetiba harus menjadi pekerja lepas dengan penghasilan yang tidak fix setiap bulannya. 

Yang bikin aku bersyukur, banyak pencapaian luarbiasa selama menjalani passion namun tetap bisa menghasilkan baik dari segi materi ataupun non materi. Aku yang sangat tidak kreatif ini, jadi bisa desain konten visual menggunakan aplikasi. Gak hanya sebagai content writer tapi juga design graphics, ya meski seadanya aja ya karena ilmu dan kemampuan yang dipunya masih seadanya juga. But hey, it's an achievement right?


Hmm apalagi ya? Sebenarnya banyak hal yang aku syukuri sepanjang 2020, dan itu bukannya pencapaian dan kebahagiaan tapi juga bagaimana Allah memberikan ujian yang terus menerus seakan gak ada jeda tapi mampu menguatkanku lebih dari biasanya. 

Iya sih, mental breakdown pasti aku rasakan, bahkan beberapa kali aku merasa gak worthy, sedih, over thinking, nangis, dan ingin menghilang, tapi selalu ada celah diberikan kekuatan buat bertahan dan menjadikan itu semua sebagai hal yang sepatutnya disyukuri. 

Dan sekarang udah tanggal 1 Januari 2021, tentunya gak munafik aku masih berharap ada kabar baik untuk kami sekeluarga. Minimal suamiku bisa mendapatkan pekerjaan tetap lagi, supaya segala cicilan kehidupan gak lagi nunggak dan utang-utang lainnya bisa dibayarkan sebelum kami berdua selesai dalam kehidupan ini. 

Gak ada resolusi untuk tahun 2021, karena dengan mampu melewati 2020 aja udah sangat cukup bagiku. Masih bisa waras dengan segala tempaan mental juga pikiran yang berlebih aja udah alhamdulillah. Ada manusia-manusia yang aku kira gak akan ada di saat terpurukku aja udah alhamdulillah. Bisa makan setiap hari secara layak aja alhamdulillah. Wah banyak banget deh hal yang sepantasnya disyukuri selama 2020. Bahkan jauh lebih banyak nikmat hidup ketimbang ujian dariNya. 

Dan sekarang, aku sangat siap berjalan tegak dan menghadapi semua yang mungkin terjadi di 2021. Gak muluk sih, semoga ada pekerjaan tetap buat kami sehingga bisa melunasi dan menyelesaikan cicilan, Darell bisa disunat, trus kami tetap bersama, sehat, dan bahagia, udah lebih dari cukup. Biarkan Allah yang tentukan nikmat apalagi yang hendak Ia berikan. 

Alhamdulillah 2020, Bismillah 2021 ...








30 komentar:

  1. Lebih besyukur banyak rintangan dan karunia bisa didapatkan tahun 2020

    Semoga di tahun 2021 lebih sehat buat diri kita dan keluarga kita

    BalasHapus
  2. alhamdulilah ya , semoga di tahun depan semakin sukses , sehat dan tetap solid

    BalasHapus
  3. 2020 mengajarkan kita lebih banyak bersyukur ya ka, belajar menghitung berkat daripada musibah

    BalasHapus
  4. alhamdulillah segala sesuatu emang harus bisa diambil hikmahnya ya mbak, meskipun itu ujian pasti akan ada yang bisa disyukuri

    BalasHapus
  5. alhamdulillah ya mba, 2020 memang tidak semuanya buruk, banyak nikmat yang patut kita syukuri juga meski terjadi pandemi, dan pastinya 2021 akan lebih baik lagi, aamiin

    BalasHapus
  6. Alhamdulillah ya kak Aie, tahun 2020 banyak memberikan kita waktu untuk belajar. Semoga tahun 2021 bisa lebih baik dan menjadi pribadi yang lebih baik juga ya kak.

    BalasHapus
  7. syukurlah dulu sepulang dari jepang semuanya aman yaa mbaa.. sungguh sebuah anugerah tersendiri. semoga tahun ini bisa kita lewati dengan baik juga yaa mba

    BalasHapus
  8. Selalu ada hikmah di balik pandemi ya mbak, insyaa Allah keadaan lebih membaik, sehat selalu!

    BalasHapus
  9. Banyak banget pelajaran dan hikmah di tahun 2020 semoga di tahun baru ini semuanya lebih baik lagi

    BalasHapus
  10. Bismillah ya Mba semangat menghadapi apa yang ada di depan dengan percaya kepadaNya.
    Senangnya ya 2020 banyak pencapaian yang sudah terwujud.

    BalasHapus
  11. Selalu berdoa yang terbaik untuk hari esok.
    Bismillah.
    Allah Maya Kaya dan Pemurah.

    Aku suka banget kalo Kak Aie mulai bercerita. Apalagi ngikutin IG storynya.
    Kadang senyum-senyum sendiri...melihat kak Aie yang spontan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keberkahan dan kebahagiaan selalu di tahun 2021.
      Kak Aie sehat dan lancar segala urusannya.

      Hapus
  12. Semoga di tahun baru ini diberikan kelancaran buat kita semua ya mba. Thn 2020 juga taun yg berharga buat aku. Tetap semangat dan semoga harapannya terwujud di tahun ini.

    BalasHapus
  13. alhamdulillah banget ya mbak. sebetulnya 2020 tidak seburuk itu, pasti ada banyak hal yang dapat disyukuri. semoga tahun 2021 ini kita masih diberikan rejeki oleh Allah.

    BalasHapus
  14. Alhamdulillah banget ya Mbak aie tentunya di tahun 2020 dan kita sekarang berada di tahun 2021 ini semoga bisa menjadi yang lebih baik tentunya

    BalasHapus
  15. 2020 memang nano-nano banget tapi semua harus disyukuri, semoga 2021 apa yang dirimu cita-citakan tercapai ya say..sekeluarga sehat dan bahagia aamiin..

    BalasHapus
  16. Ternyata pandemi 2020 nggak selamanya buruk ya mbak. Ada hikmahnya juga, ada positifnya juga yang bisa kita peroleh. Semoga di tahun ini kita semua sehat-sehat selalu. Pandemi bisa berlalu juga.

    BalasHapus
  17. Aamiin, semoga segera mendapatkan pekerjaan lagi. Aku pernah ngalami di posisi suami kehilangan pekerjaan dan tak menentu, I feel u. Mbak pasti bisa melewati ini semua, kuat ya mbak, semangat

    BalasHapus
  18. 2020 memang tahun istimewa!
    Cara kita memandang hidup pun ikut berubah.

    Aku sendiri masih terus dan terus berusaha mengelilingi diri dengan hal-hal positif!
    Iya, memulai dari diri sendiri...

    Semoga selalu hanya yang terbaik buat kita semua ya, mba
    Aamiin...

    BalasHapus
  19. Memang yaa manusia hanya bisa berencana, Allah yg memutuskan. 2020 kalau bukan keputusan Allah juga gak akan terjadi seperti ini ya mba Aie.

    Semoga di 2021 yg diharapkan berjalan sesuai rencana dan juga bisa terealisasi yaa.. aku juga berharap bisa nyunatin anak nih di 2021 😁

    BalasHapus
  20. Alhamdulillah dan bismillah adalah kata-kata sakti yang tak ada duanya. Bersyukur lalu berniat berjalan menuju siratalmustaqim dalam kasih sayang Ilahi.Karena itulah sesungguhnya akhir hidup kita. Sehat dan sukses ya mbak.

    BalasHapus
  21. Semoga keluarga kita selalu dicukupkan rejeki ya dan bisa menghadapi semua permasalahan dengan baik. Tahun 2020 memang tak mudah dilalui, Insya Allah kita dimampukan untuk terus menjalani kehidupan dengan lancar.

    BalasHapus
  22. Memang tahun yang luar biasa 2020 yaaa mba.. Alhamdulillaaaah kita bisa melewatinya dengan baik. Welcome 2021!

    BalasHapus
  23. Bisa ketemu di 2021 aja udah alhamdulillah ya mba, apalagi masih bisa melakukan yang bermanfaat di tahun 2020, emang pelajaran terbaik sih pandemi ini buat semua orang di dunia, karena hebat banget ujiannya. Semoga tahun 2021 ini lebih baik ya mba,, bismillah aja dulu hehehe semangat

    BalasHapus
  24. Masya Allah semoga hal baik senantiasa diberikan kemudahan dan kelancaran ya Mbak Ai. Semua disyukuri apapun keadaannya, Insya Allah ada solusi dan jalannya. Semangat ya, akupun bersyukur sekali diberikan ujian pandemi tahun 2020 dan sekarang semangat menyambut hari hari baru.

    Semangat Mbak Ai, sehat dan sukses selalu y

    BalasHapus
  25. Alhamdulillah pencapaian yang luar bias amba di 2020, dan memang punya keluarga solid jadi anugerah banget ya.. Oiya jadi ingnat waktu awal pandemi ngikutin sharing Mba Andiyani di sosmed dan blog saat ke Jepang. Pasti sangat berkesan ya. Semoga 2021 menjadi lebih baik..

    BalasHapus
  26. jadi freelancer emang nano nano.. Tapi menyenangkan kok bisa memutuskan apa pekerjaan yang mau kita lakukan, karena kita suka, bukan karena takut boss atau sekedar menjalankan kewajiban

    BalasHapus
  27. Baca-baca kilas balik tahun 2020-nya teman-teman sungguh membuatku terharuuu. Banyak banget kisah-kisah yang nggak biasa. Alhamdulillah Kak Andiyani bisa merasakan trip ke Jepang, ya. Dan saat lebaran bisa berkumpul bersama keluarga.

    BalasHapus
  28. REsolusi saya utk tahun 2021adalah melanjutkan harapan-harapan yg belum (bisa) dilaksanakan di tahun 2020. Bahasa sederhananya, let it flow, let it be, I do my best dan belajar utk bersyukur utk semua hal. Tahun 2020, selain Pandemi yang membentangkan jarak krn harus berjarak (tdk bisa mudik saat lebaran), 2020 juga tahun dimana saya harus belajar dan membiasakan diri bahwa 2 sosok perempuan hebat dalam hidup saya tak akan lagi bisa bersama-sama pada lebaran berikutnya.

    Bismillah, semoga 2021 ini lebih baik utk semua hal dan bagi kita semua, aamiin.

    BalasHapus
  29. Alhamdulillah apapun yang terjadi memang harus disyukuri ya mbak, semoga semuanya selalu dilimpahkan rezeki dan kesehatan

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)