Yuk Ikutan Lomba Blog Finantier For Better Future Hadiahnya Jutaan Rupiah!

Jumat, 07 Mei 2021

Well, kali ini aku mau bahas tentang evolusi open bank menjadi open finance yang memungkinkan seluruh masyarakat Indonesia mendapatkan fasilitas pembiayaan untuk usaha yang dijalankan para kaum urban dan sub-urban yang belum memiliki rekening atau unbanked. Finantier hadir sebagai solusi masyarakat unbanked untuk mendapatkan fasilitas pembiaayan yang dimaksud. Sekalian aku mau ngajakin kalian semua buat ikutan lomba blog, yuk ikutan Lomba Blog Finantier For Better Future yang hadiahnya jutaan Rupiah! Shall we start now…

Lomba Blog Finantier For Better Future

Apa Itu Layanan Open Finance?

Sebelum aku memaparkan lebih detail tentang Finantier dan lomba blog yang diadakan, aku akan coba jelaskan tentang apa itu layanan Open Finance, ya. As we all know, kecanggihan era teknologi digital saat ini memampukan siapapun untuk berkembang terutama dalam hal membangun bisnis. 

Namun tak bisa dipungkiri, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum begitu memahami atau mengikuti kemajuan teknologi digital ini, atau biasa disebut gaptek a.k.a gagap teknologi. Terutama bagi masyarakat kaum urban dan sub-urban, terlebih dalam hal memiliki rekening di bank.

Maka adanya open finance memungkinkan perusahaan financial menggunakan sambungan API (Application Programming Interface) untuk mengefisiensikan beberapa proses. Layanan Open Finance memberikan kesempaatan bagi semua lembaga untuk mengembangkan bisnisnya dengan lebih cepat, aman, dan sesuai kebutuhan.

Lomba Blog Finantier For Better Future

Disinilah Finantier yang akan bergerak dengan prinsip-prinsip open banking yang memberikan konsumen keleluasaan mengakses data mereka dengan aman dalam menggunakannnya dengan optimal untuk berbagai platform. Ekosistem ini akan membantu suatu perusahaan perbankan, multifinance, asuransi, koperasi, asuransi, dana pensiun, dan berbagai jenish fintech (financial technology) mempercepat time-to-market dan memangkas biaya dalam pengembangan solusi digital yang didesain khusus atau tailored. Artinya, ini juga akan memudahkan masyarakat unbanked yang belum memiliki rekening di bank memungkinkan untuk mendapatkan fasilitas financial untuk mengembangkan usaha mereka. Sekalipun usahanya hanya berjualan di warung pinggir jalan, atau berjualan makanan di pinggir jalan.

Lalu, Apa Itu Open Bank atau Open Banking? 

Open Bank atau Open Banking adalah sistem yang menyediakan pengguna dengan jaringan data lembaga keuangan melalui penggunaan antarmuka pemrograman aplikasi atau Application Programming Interface (API). 

Dengan ini, memudahkan nasabah terhubung langsung dengan bank untuk proses transaksi, baik finansial maupun non-financial. Melalui layanan ini, kebutuhan di era digital yang serba cepat dan agile, di mana bank dituntut untuk menyediakan layanan berbasis teknologi digital telah terpenuhi.

Standa Open Bank atau Open Banking mendefinisikan bagaimana data keuangan harus dibuat, dibagikan, dan diakses tentu dengan mengandlakan jaringan yang ada. Open Banking membantu pelanggan jasa keuangan untuk secara aman berbagi data keuangan mereka dengan lembaga keuangan lainnya.

Lomba Blog Finantier For Better Future

Adapun manfaatnya termasuk lebih mudah mentransfer dan dan membandingkan pernawaran produk untuk menciptakan pengalaman perbankan yang paling memenuhi kebutuhan setiap pengguna dengan yang paling hemat biaya. Oia, open banking juga dikenal sebagai "data bank terbuka."  

Bagaimana Layanan Finantier dapat Membantu Masyarakat Unbanked? 

Seorang ibu yang menjalankan warung atau toko di pinggiran Jakarta tidak memenuhi untuk mendapatkan pinjaman guna mendanai Pendidikan anak-anaknya karena tidak adanya rekening bank bagi perusahaan pemberi pinjaman untuk melacak Riwayat kreditnya secara akurat.

Setelah sebelumnya menjelaskan konsep Open Finance dan manfaatnya bagi konsumen dan fintech, dan bagaimana open banking dapat menjadi jawaban atas banyak masyarakat unbanked untuk mendapatkan fasilitas pembiayaan yang mereka butuhkan dengan baik.

Finantier merupakan salah satu perusahaan rintisan pengembang layanan open finance. Startup atau perusahaan rintisan ini memiliki tiga kapabilitas utama yang ditawarkan, yakni melakukan verifikasi identitas melalui data yang dimasukkan pengguna atau data bank yang sudah dimiliki; membantu bisnis mengelola data mentah dengan machine learning; dan menghadirkan fitur untuk mengakomodasi pembayaran yang dilakukan rutin atau langganan. 

Finantier didirikan oleh Diego Rojas, Keng Low, dan Edwin Kusuma berupaya membantu para lembaga jasa keuangan, terutama yang masih konvensional dan ingin bertransformasi ke tanah digital, untuk pengolahan data, credit scoring, dan infrastruktur electronic Know Your Customer (e-KYC). Nah API atau Application Programming Interface dan infrastruktur open finance dalam Finantier akan membantu lembaga keuangan dalan menekan cost pengembangan bisnis digital.

Dengan metode verifikasi identitas milik Finantier ini mampu mengumpulkan data lebih dari 95% platform keuangan di Indonesia, dimana memungkinan perusahaan finansial memverifikasi identitias pengguna lebih cepat dan efisien, termasuk memvalidiasi identitas konsumen yang tidak memiliki rekening bank. Dari sinilah, identitas calon nasabah dapat diambil dari data yang sudah ada pada lembaga finansial lain, baik perbankan, dompet digital, maupun layanan finansial lainnya. 

Lomba Blog Finantier For Better Future


Selain memverifikasi identitas, produk Credit Scoring Finantier juga memungkinkan berbagai platform keuangan untuk dapat mengukur kemampuan pengguna layanan untuk melakukan pembayaran kembali. Dengan menganalisis berbagai data keuangan mulai dari transaksi hingga pembayaran pinjaman di berbagai platform, model ini dapat secara lebih menyeluruh memastikan kelayakan kredit seseorang, serta mencegah diskriminasi terhadap mereka yang tidak memiliki rekening bank.


Model Produk Credit Scoring ini mampu menjembatani kesenjangan informasi yang memungkinkan bank dan lembaga keuangan menawarkan layanan keuangan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia.


Menyediakan layanan keuangan bagi mereka yang tidak memiliki rekening bank di Indonesia adalah tugas yang sangat berat, mengingat hampir 140 juta (atau setengah dari jumlah populasi) tidak memiliki akses ke layanan perbankan. Open Finance merupakan salah satu pemegang peranan penting dalam mewujudkan inklusi keuangan.


Dengan menempatkan kembali manfaat data pribadi ke tangan masyarakat secara individu, Finantier memungkinkan perusahaan maupun lembaga keuangan lainnya mampu untuk menciptakan kemajuan pertumbuhan ekonomi secara signifikan bagi seluruh penduduk di Indonesia. Selain memicu kesenjangan ekonomi, ketidakadilan dalam akses ke berbagai layanan keuangan juga dapat menciptakan kesenjangan sosial, di mana masyarakat tidak dapat memanfaatkan sumber daya keuangan untuk meningkatkan kualitas hidup mereka.

Lomba Blog Finantier for Better Future

Nah, sekarang info yang ditunggu-tunggu, saatnya semua blogger ikutan lomba Blog Finantier dengan tema #FinantierForBetterFuture. Kamu bisa ceritakan pengalaman finansial kamu di era teknologi canggih saat ini, jika tulisanmu sudah selesai langsung daftarkan di http://bit.ly/FinantierBlogCompetition21 maksimal tanggal 28 Mei 2021. 

Yuk disimak persyaratannya berikut ini: 

Tema: #FinantierForBetterFuture

Persyaratan Umum Lomba:

1. Peserta adalah Warga Negara Indonesia (WNI) dan non karyawan Finantier
2. Peserta merupakan perorangan atau individu
3. Peserta Wajib mengisi form pendaftaran dengan data valid (nama, alamat, email, no tlp) dan juga memasukkan link artikel yang dilombakan pada form pendaftaran

4. Periode pengumpulan artikel berlangsung dari tanggal 1-28 Mei 2021

5. Peserta dapat mendaftar lebih dari 1 artikel pada blog yang berbeda, namun hanya bisa memenangkan 1 hadiah jika terpilih lebih dari 1 artikel bagi pengirim yang sama
6. Peserta wajib mengikuti, media sosial Finantier:

            - Twitter: https://twitter.com/joinfinantier 
            - Instagram: h ttps://www.instagram.com/finantierco/ 
            - Facebook: https://www.facebook.com/finantier   
7. Peserta diwajibkan mempromosikan hasil tulisan di akun media sosial (Facebook, Instagram, Twitter) miliknya dengan menggunakan hashtag #FinantierForBetterFuture

8. Artikel atau share posting harus mengandung hashtag #FinantierForBetterFuture di content ataupun di judul.
9. Setiap artikel yang dikirimkan menjadi hak milik Finantier

10. Finantier berhak untuk mengubah syarat dan ketentuan sewaktu-waktu apabila diperlukan
11. Kompetisi Blog ini tidak dipungut biaya apapun
12. Panitia berhak mendiskualifikasi peserta, apabila melanggar peraturan yang telah ditetapkan
13. Penilaian dan keputusan mutlak ada ditangan juri

Blog Competition Finantier For Better Future

Persyaratan Khusus Lomba:

  1. Usia blog minimal 6 bulan
  2. Blog Aktif (minimal posting 1 bulan terakhir)
  3.  Jumlah postingan minimal 20
  4.  Peserta bebas menggunakan platform domain apapun boleh berupa self-hosted ataupun web 2.0 seperti blogspot dan wordpress
  5. Platform user generated content tidak diperkenankan ikut dalam kompetisi ini

Kriteria Artikel:

  1. Artikel yang dibuat dan dilombakan mengambil tema #FinantierForBetterFuture dan menjelaskan bagaimana Finantier dapat mendorong inklusi keuangan dengan memberikan layanan akses keuangan bagi masyarakat di daerah.
  2. Artikel dapat dikembangkan melalui tulisan yang terdapat http://bit.ly/FinantierForBetterFuture 
  3.  Panjang artikel minimal terdiri dari 500 kata
  4. Di dalam artikel yang dilombakan, diwajibkan memberikan minimal 2 (dua) hyperlink. Hyperlink yang pertama ditujukan untuk homepage di https://finantier.co dan hyperlink kedua adalah untuk salah satu link artikel di https://finantier.co/blog
  5. Artikel yang dilombakan haruslah hasil tulisan baru, bukan artikel lama yang diedit
  6. Tulisan / materi merupakan karya sendiri (tidak plagiat), tidak pernah ikut serta dalam kontes SEO betting site, tidak mengandung SARA, hate speech, pornografi, viagra, kekerasan dan belum pernah dipublikasikan
  7. Tulisan / materi bukan hasil translator machine
  8.  Tulisan menggunakan Bahasa Indonesia yang baik dan benar
  9. Dilarang menggunakan teknik blackhat SEO apapun 

Kriteria Penilaian Lomba Blog: 

  1. Kualitas dan kreativitas konten penulisan.
  2. Kesesuaian dengan tema.
  3. Relevansi foto/konten tambahan yang diberikan.
  4. Originalitas.


15 komentar

  1. Sepertinya saya harus kepoin finantier ini karena masih belum begitu memahami cara kerjanya. Tapi terima kasih ya, karena sudah mengenalkan finantier ini

    BalasHapus
  2. Aku jadi teringat beberapa keluarga memang belum memiliki rekening Bank, padahal kita sendiri seorang memiliki terkadang lebih dari satu rekening. Ternyata mereka disebut masyarakat unbanked ya

    BalasHapus
  3. Wah keren banget ya misinya finantier, supaya banyak lapisan masyarakat indonesia terutama yang menengah kebawah bisa juga turut andil dalam geliat perekonomian yang mengarah ke digital

    BalasHapus
  4. Wah keren banget ya misinya finantier, supaya banyak lapisan masyarakat indonesia terutama yang menengah kebawah bisa juga turut andil dalam geliat perekonomian yang mengarah ke digital

    BalasHapus
  5. dengan adanya Layanan Finantier ini masyarakat yang unbanked bisa terbantukan juga ya.
    gak perlu ke bank, ngantri dll, cukup bisa melalui gawai, jadi punya rekening gitu ya.

    BalasHapus
  6. Memang belum cukup familiar ya mendengar finantier ini, tetapi daku tertarik untuk mengenal lebih jauh juga sekaligus sambil ikutan lomba blognya biar makin paham lagi

    BalasHapus
  7. Masih banyak bisnis2 yg belum terdigitalisasi ya keuangannya, finantier ini bisa membantu mereka. Juga ngebantu yang gak punya rekening bank kalau misal butuh mau transaksi2 gtu ya?
    Lumayan banet hadiah lomba blognya nih.

    BalasHapus
  8. Mbak Aie, berarti untuk pedagang kaki lima misal masih jualan dengan gerobak gitu bisa mengajukan pinjaman lewat Finantier?Kalau untuk lokasi yang dijangkau apa udah ada di luar jawa?

    BalasHapus
  9. Asyik masih ada waktu nih lombanya! Btw bener banget kalau banyak masyarakat yang belum punya rekening walaupun jaman sudah maju. Semoga misi finantier terlaksana, aamiin

    BalasHapus
  10. Ngebantu sekali ya finantier ini, krna yg berada di daerah itu rata2 pada males ke bank krna ribet dll, skrg jdi lebih mudah ya

    BalasHapus
  11. Wah asiik nih, aku mau ikutan lomba blog Finantier deh. Udah lagi pelajarin jg produk2nya..

    BalasHapus
  12. Ah ini seru juga ni, aku tuh jarang banget ikut lomba blog kak. Mumpung masih ada waktu bisa nyiapin tulisannya dulu nih, thank you kak Aie informasinya.

    BalasHapus
  13. Ikutan lomba itu tantangan banget ya Mba Aie. Aku belum menguaasi temanya sih tapi seru untuk dicoba juga nih.
    Makasih informasinya mba.

    BalasHapus
  14. Pengen sih ikutan lomba-lomba blog macam ini, tapi selama ini kelewat mulu ih. Harus sering-sering belajar management waktu lagi nih biar keburu ikutan lomba. hadiahnya menggiurkan euy.

    BalasHapus
  15. Terima kasih banyak ya kak informasinya. Harus banyak baca nih karena baru tahu kalau ada layanan finantier yang sepertinya sangat membantu. Ditunggu informasi menarik dna bermanfaat lainnya ya kak~

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)