Sabtu, 20 Maret 2021

Cek Kondisi AC Mobil di Dokter Mobil, Pasti Beres!

Akhirnya setelah hampir setahun mobil ini masuk bengkel juga untuk melakukan general check up, cuci evaporator, dan ozone (treatment sterilisasi kabin dan interior mobil). Ya! Akhir pekan ini aku bersama suami menyempatkan diri untuk cek kondisi AC mobil di Dokter Mobil di kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan. And here it's the review, shall we start now? ....

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Selama masa pandemi banyak hal yang di postpone atau ditunda untuk dilakukan karena mempertimbangkan keamanan dan kenyamanan saat melakukannya. Salah satunya memeriksakan kondisi mobil di bengkel. Padahal mobil ini menjadi alat transportasi utama untuk mobilisasi kemanapun memenuhi kebutuhan hidup. Mulai dari ke pasar atau supermarket untuk membeli kebutuhan dapur di rumah, antar orangtua pulang ke rumah, urusan kantor, hingga dimanfaatkan sebagai taxi online selama pak suami belum menemukan pekerjaan kantoran. 

Kadang merasa gak nyaman dengan kondisi mobil kurang maksimal, sehingga perlu dilakukan general check up secara keseluruhan agar perfomanya bisa kembali maksimal. Nah, akhir pekan kemarin aku bersama suami berkesempatan untuk cek kondisi AC mobil di Dokter Mobil yang aku yakin pasti beres! Loh kok Dokter Mobil? Tenang beb, aku jelasin di bawah ya. 

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Kenapa Cek Kondisi Mobil di Dokter Mobil?

Dokter Mobil adalah bengkel mobil didirikan oleh Mr. Lung-Lung seorang lulusan universitas ternama di Australia yang memiliki pengetahuan mendalam di bidang mechatronik dan robotik untuk me-upgrade performa mobil ke tingkat terbaiknya dengan menggunakan peralatan canggih dan tim yang berkompeten dan terbaik dibidangnya. Konsep dari Dokter Mobil adalah bengkel yang berfokus pada pemeliharaan yang bersifat pencegahan agar mobil tidak perlu sampai harus diperbaiki, dan spesialis layanan Dokter Mobil yaitu AC & Tune Up. 

Dokter Mobil melayani Service AC dan Tune Up dengan sistem tanpa bongkar pertama di Indonesia, dan hasil data yang diberikan pun akurat berikut garansi service. Selain itu, Dokter mobil juga melayanai penggantian oli mesin kualitas tinggi dan produk yang memberikan performa hemat bahan bakar, seperti: 

  • Service AC Tanpa Bongkar
  • Tune Up Mesin Karburator
  • Tune up Mesin Injeksi
  • Tune Up Mesin Diesel
  • Produk Aksesoris Racing
  • Produk Penghemat Bahan Bakar
  • Penggantian Oli Mesin
Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil memiliki beberapa cabang yang tersebar di Indonesia, seperti di Jakarta, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, Cirebon, Surabaya dan Makassar.

Pengalaman Melakukan Cek Kondisi Mobil di Dokter Mobil

Akhir pekan yang lalu aku bersama suami mengunjungi Dokter Mobil cabang Lebak Bulus, Jakarta Selatan yang beralamat lengkap di: 

Dokter Mobil - Lebak Bulus
Jl. Raya Cirendeu no. 2A, RW 3, Cirendeu
Kec. Ciputat Tim, Kota Tangerang Selatan, Banten 15419
HP: 0812-1832-6638

Ketika kami tiba di lokasi Dokter Mobil cabang Lebak Bulus langsung disambut oleh mekanik yang handal yang siap melakukan pengecekan kesehatan mobilku serta memberikan diagnosa dan solusi terbaik untuk mengembalikan performa mobil. 

Bayangkan saat kita berkunjung ke dokter untuk medical check up, pastinya dokter akan men-ceklist beberapa hal terkait kondisi kesehatan kita, dan menggunakan beberapa alat canggih untuk mengetahui bagaimana sebenarnya kesehatan kita tanpa harus melakukan operasi. Nah, begitu juga yang dilakukan oleh mekanik di Dokter Mobil. Ada satu mekanik, layaknya dokter, menggunakan beberapa alat canggih untuk cek kondisi mobil kita secara keseluruhan, terutama untuk kondisi mobilku yang dicek itu kondisi AC dan filter AC, kondisi aki, serta radiator.

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Jika dokter menggunakan stetoskop dan tensi darah, maka mekamnik di Dokter Mobil menggunakan alat canggih yang bisa dibilang hasilnya akurat. Adapun hal yang di cek oleh mekanik di Dokter Mobil yaitu: 

  1. Cek kondisi tiap part mobil
  2. Cek kualitas dan volume oli kompressor 
  3. Cek kualitas dan volume freon AC mobil 
  4. Cek tekanan pada saluran AC mobil 
  5. dan cek kondisi lainnya pada mobil secara menyeluruh
Berdasarkan hasil pengecekan by data di Dokter Mobil tidak ada lagi yang namanya salah diagnosa masalah mobil. Karena setiap langkah servis yang dilakukan oleh Dokter Mobil 100% by data sehingga solusinya 100% tepat sasaran.

Dari pengecekan by data di Dokter Mobil aku mengetahui bahwa kondisi mobilku saat ini, filter AC cukup kotor jadi harus dibersihkan agar udara di dalam mobil tetap terjaga kebersihannya dan segar, kondisi oli turun dari titik seharusnya makanya disarankan untuk ganti oli, sedangkan kondisi aki sudah diangka 33% artinya tinggal menunggu aja kapan beneran habis makanya perlu diganti. FYI aki yang aku gunakan itu aki kering jadi masa berlaku hanya 1 tahun aja. Yang menarik, kondisi radiator mobilku di atas standar yang artinya bagus. Alhamdulillah agak tenang lah ya. Dari pemeriksaan ini aku mengetahui apa aja yang harus diganti dan dibersihkan agar performa mobil bisa kembali maksimal. Karena itu, dengan adanya pengecekan by data di Dokter Mobil bisa dibilang gak ada lagi yang namanya salah diagnosa. 

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Sebelum melakukan perawatan, Dokter Mobil melakukan pemeriksaan secara detil yang menerangkan bagaimaan kondisi mobil saat datang, masalah yang menjadi penyebabnya kemudian mereka akan memberikan solusi pada masalah yang ada.

Data Penting Apa Saja yang Wajib Diketahui oleh Pemilik Mobil Saat Melakukan Pengecekan di Dokter Mobil

Untuk memberikan pelayanan yang tepat maka Dokter Mobil perlu melakukan beberapa pengecekan by data menggunakan mesin canggih untuk menentukan servis apa yang tepat bagi mobil kamu. Berikut adalah data penting yang wajib diketahui pemilik mobil saat melakukan pengecekan kondisi mobil di Dokter Mobil. 

16 pemeriksaan penting untuk AC Mobil:

  1. Kondisi menyeluruh kompressor AC mobil, 
  2. Kondisi drier,
  3. Kondisi magnetic clutch, 
  4. Expansi,
  5. Kondisi condesor AC mobil,
  6. Evaporator,
  7. Kondisi blower,
  8. Filter AC,
  9. Kondisi selang buangan,
  10. Coolant,
  11. Kondisi switch AC mobil, 
  12. Motor fan,
  13. Kandungan dan volume freon AC mobil, 
  14. Tutup radiator, 
  15. Tingkat  langsam (idle), dan
  16. Suhu sebelum dan sesudah pengerjaan. 
Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

8 pemeriksaan penting untuk mesin mobil:

  1. Internal resistence, 
  2. Gas buang,
  3. Eccu life,
  4. Ngelitik (knocking),
  5. Ampere hours, 
  6. Kondis RPM,
  7. Suara mesin, dan 
  8. Engine check. 

Alat-alat yang digunakan untuk Pengumpulan Data Kondisi Mobil di Dokter Mobil

  • Scanner, dapat membaca dari seluruh data sensor di mesin mobil untuk advance diagnostic dan membaca data trouble code serta melakukan reset masalah ECU.
  • Spark Plug Tester, digunakan untuk melihat apakah busi masih berfungsi dengan baik.
  • Coil Tester, digunakan untuk melihat kondisi coil, apakah masih berfungsi dengan baik, dan apa efeknya bagi mobil dengan kondisi yang ada.
  • Compressions Tester, untuk mengecek kompressi di silinder mobil bensin.
  • Decibel Meter, alat untuk mengukur kebisingan mesin mobil, berguna untuk mengetahui kondisi sebelum dan sesudah tune up. 
  • Emission Tester, alat uji emisi untuk semua jenis kendaraan biasanya jadi satu dengan dyno.
  • Dan alat-alat lainnya yang hanya ada di Dokter Mobil dan digunakan untuk melakukan pengukuran performa mobil. Sehingga dengan alat-alat ini setiap masalah mobil dapat ditentukan penyebabnya, dan solusi terbaik yang bisa diberikan. 
Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Alasan Pentingnya Melakukan Pengecekan AC Mobil Secara Rutin

Tentunya AC sudah menjadi kebutuhan untuk pemilik mobil, terlebih dengan cuaca di Indonesia yang sangat terik dan panas maka kenyamana berkendara sangatlah diperlukan. Kadang nih, aku suka mikir, yaudahlah gak usah cek AC secara rutin, toh masih dinging. Padahal pemikiran ini salah besar lho, karena jika tidak dilakukan pengecekan AC secara rutin maka udara yang kita hirup di dalam mobil mungkin tidak begitu sehat. 

Umumnya, perawatan AC mobil terapkan setahun sekali, bisa pula di saat km mobil mencapai angka 5.000 hingga 10.000 km. Bentuk perawatannya pun beraneka ragam pada dua fokus, antara lain ialah:
  • Perawatan dalam skala kecil yang biasanya meliputi pergantian filter kabin, receiver dryer, ganti oli, dan lainnya
  • Treatment dalam skala besar biasanya mencakup perawatan condensor, compressor, ganti filter kabin, ganti oil, ganti expansion valve dan lainnya. 
Adapun masalah umum yang terjadi pada masalah mobil seperti AC mobil tidak dingin, AC yang berbau, bunyi kipas yang berisik, air menetes di kabin, dan mesin terlampau panas. 

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Makanya aku memutuskan untuk melakuka cek kondisi AC mobil di Dokter Mobil yang pasti beres! Alasannya? Tentu ada beberapa alasan kenapa aku melakukan cek kondisi AC mobil di Dokter Mobil: 
  1. Data transparan
  2. Pengerjaan singkat
  3. Tanpa bongkar
  4. Kualitas tinggi
  5. Garansi kepuasan 
Selain cek AC mobil, aku juga melakukan treatment Ozone mobil untuk mensterilkan mobil dari virus dan bakteri. Ya, ozone mobil adalah sebuah treatment dengan alat atau mesin ozone. Treatment ini bertujuan untuk membersihkan dan mensterilkan bagian dalam mobil dari kotoran yang hidup seperti bakteri, virus, serangga, dan lainnya. Disamping itu, ozone juga sangat berguna untuk menghilangkan bau yang tidak sedap di dalam mobil. 

Treatment Ozone Mobil di Dokter Mobil

Sebenarnya, treatment alat ozone di mobil ini memiliki konsep yang hampir sama dengan fogging mobil. Bedanya hanay pada saat proses pengerjaannya, dimana melakukan fogging akan terlihat kepulan asap putih sedangkan treatmen ozone tidak akan ada asap yang timbul. Karena alat ozone sudah dilengkapi dengan teknologi komputer berstandarisasi tinggi. 

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Dokter Mobil, Pasti Beres!

Cara kerja alat ozone ini cukup mudah, nantinya mekanik di Dokter Mobil memasangkan selang dari mesin ozone ke dalam kabin mobil lalu disemprotkan secara menyeluruh ke dalam mobil. Lallu, tunggu beberapa menit maka ozone akan menyebar dan mensterilkan area kabin mobil dari bakteri. Treatment ini sangat dianjurkan, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini, agar keluarga terbebas dari bakteri atau virus berbahaya, serta bau tidak sedap. 

Sangat disarankan untuk melakukan cek kondisi AC mobil berbarengan dengan treatment ozone agar hasilnya lebih maksimal. Itulah mengapa aku melakukan pengecekan & perawatan kondisi AC mobil bersamaan dengan treatment ozone di Dokter Mobil yang pasti beres! 









32 komentar:

  1. Wahhh aku tertarik treatment ozone ini Mba Aie

    Pengin bgt mobil dalam kondisi resik... Soalnya ibu mertua kan udah sepuh. Sering naik mobil ini.

    Makasiii review nya mb

    BalasHapus
  2. bnyak juga ya jenis layanan yang ditawarkan oleh Dokter mobil mbs.. sku brlum prtnsh psksi dih tspi quite intrigued to do so

    BalasHapus
  3. Bengkelnya bersih ya, Mbak. Saya tuh suka males nemenin ke bengkel karena kotor. Tapi, kalau ruang tunggunya nyaman, saya mau deh ikutan. Udah gitu kelihatan bagus nih kerjanya

    BalasHapus
  4. Wihiii...banyak nggak mudeng dengan istilah2 seputar mobil. Mana aku juga nggak bisa nyetir jadi kalau pake mobil ya mesti sama paksuami. Urusan servis juga dia hehehehe...
    but nice sharing. Baca nama pemilik jadi inget Bibi Lung dong :)

    BalasHapus
  5. Wah enaknya ya, dengan menggunakan beberapa alat canggih, bisa cek kondisi mobil kita secara keseluruhan, gak perlu dibongkar2 segala, hemat waktu banget ini. Menunggu Dokter Mobil hadir di kotaku :)

    BalasHapus
  6. Sesuai namanya, memang seperti dokter ya tapi ini khusus mobil heheheh..disana kayaknya lengkap ya, ibarat kita yang di treatment dengan baik bak di salon heheh

    BalasHapus
  7. Aku berharap banget dokter mobil cepet ada di kotaku! Pengen service ac dari kemarin karena suka mengeluarkan bunyi ngik-ngik gitu.. huhuhu.. Stafnya juga profesional ya mbak, nggak hanya berandai2 tapi tahu apa permasalahan dan bagaimana mengatasinya

    BalasHapus
  8. Wah kalau ada dokter mobil jadi tenang ya say mobil kesayangan dipercayakan ke mereka untuk diservis dan dirawat.

    BalasHapus
  9. Wah, ada dokter mobil disana. Keren sekali inovasinya. Cb disini ada begitu jg ya. Jd gak repot banget nyervis mobil

    BalasHapus
  10. Ini adalah tulisan kedua yang aku baca tentang review dokter mobil.
    Unik dan otentik ya brandingnya.
    Aku suka!

    Semoga segera tersedia juga di kota-kota lain di seluruh Indonesia

    BalasHapus
  11. Urusan mobil kalau ada yang ngadat memang harus diserahkan ke ahlinya ya. Dan dokter mobil adalah pilihan yang tepat. Semuanya beres deh..

    BalasHapus
  12. Berharap semoga dokter mobil segera ada di tempat aku tinggal. Tempatnya lumayan luas ya mbk, terus ruang tunggu ya juga bersih dan nyaman

    BalasHapus
  13. Ini tempat nunggunya pun nyaman banget ya kak Aie, jadi sambil nunggu mobil diperiksa sama dokternya kita bisa sambil me time juga main games atau nonton drama ya.

    BalasHapus
  14. Pernah nganter ponakan nih k Dr Mobil yg d Jakarta Barat .. lumayan Cara kerjanya rapih n teliti..

    Mekaniknya juga ramah2

    BalasHapus
  15. Keren banget mobil juga ada dokternya. Pasti bagus ya kualitas service-nya lebih mumpuni. Andai punya mobil, mau juga cek dan ricek, tapi yang ada mobil keluarga hehe.. Nggak bisa sembarang bawa. Mantul terus mobilnya mba, kan udah diobatin sama dokternya.

    BalasHapus
  16. Harus belajar banyak pada Mr. Lung Lung nih. Beliau mengetahui celah dan peluang bisnis yang diambil dari ilmu yang dimilikinya ya. Jika diseriusi ternyata jadi bisnis yang prospektif juga

    BalasHapus
  17. Waaah lengkap sekali perawatan rutin yang wajib kita lakukan untuk kendaraan yagn telah menemani kita ke mana mana ya, Mbak

    Di Dokter Mobil ini peralatannya lengkap banget, aku kemarin juga memeriksakan mobilku ke Dokter Mobil di daerah Alam Sutera.

    BalasHapus
  18. Dokter Mobil emang juara ya mbak, aku kemarin juga bawa mobilku ke Dokter Mobil yang ada di Lontar Surabaya, pelayanannya cepat dan memuaskan

    BalasHapus
  19. mobil pun ada dokternya ya mak
    jadi gampang kalau sakit sekarang ada doter mobil
    semoga makin banyak dokter mobil cabangnya

    BalasHapus
  20. Kemarin cek rutin sih saya pakai home service, jadi enggak perlu keluar rumah...
    Tapi penasaran sama treatment ozone di doktermobil nih...

    BalasHapus
  21. Teliti banget niih...berobat di Dokter Mobil.
    Bisa bikin mobil kembali fit dan serasa mobil baru lagi...muluusss saat dikendarai.

    BalasHapus
  22. Wah di Depok ada nih dokter Mobil. Bagus juga yaa penawaran jasanya, ntar coba rekomendasiin ke papa deh. Secara papa di depok nih.

    BalasHapus
  23. Keren nih perlu banget mobil diservice dan dimanjakan soalnya jaga kendaraan itu bikin kita nyaman ya

    BalasHapus
  24. Aku pernah ditawari juga nih sama Dokter Mobil
    Sayangnya mobilnya punya adekku, bukan punyaku
    Tapi sudah kurekomendasikan

    BalasHapus
  25. Ngga hanya orang kendaraan pun perlu general check up ya agar selalu terawat. Juga menghindari hak-hal tak diinginkan.

    BalasHapus
  26. Nyaman nih tempat service mobilnya, baca review mbak aie juga pelayanannya lengkap. Sekali ke Sana pasti ke sana lagi

    BalasHapus
  27. Cabangnya ada dimana aja ya? Ac mobil kayaknya juga perlu di periksa deh. Karena kok sering banget gak berasa dingin

    BalasHapus
  28. Pelayanannya bagus ya kak, pernah baca juga pilihan servicenya tergolong lengkap. Ini di Surabaya juga ada nggak cabangnya?

    BalasHapus
  29. Pelayanannya bagus juga ya, bikin ac mobil jadi lebih sehat lagi nih, untuk tuang tunggunya juga nyaman, boleh nih jadi rekomendasi buat yang mau service ac mobil.

    BalasHapus
  30. Wah, baca tulisan ini saya jadi tahu apa saja yang harus dicek dari mobil. Memang, sih. Salah satu yang bikin nyaman saat mengendarai mobil adalah AC yang sejuk, ya 😃

    BalasHapus
  31. Kalau cek kondisi mobil tua, tahun 1995 bisa nggak kak Aie? Mobil Timor ku di Jakarta, pngin banget di service. Tapi biasanya nggak semua bisa menangani jenis mobil Timor.
    Kalau Doker Mobil bisa nggak ya?

    BalasHapus
  32. Wah, aku baru tahu nih kalau di depok juga ada, Jadi benar-benar memudahkan untuk ngececk kondisi AC mobil dll ya di Dokter Mobil ini. Namanya unik Dokter Mobil

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)