Rabu, 10 Maret 2021

Millenial Wajib Tahu! Ini Lho 13 Istilah Percintaan Masa Kini

Kayaknya hampir seminggu ini aku  terbuai dengan kisah percintaan yang lagi viral di TikTok, Instagram, dan dunia maya lainnya. Nah, istilah yang lagi 'happening' banget itu ya ghosting yaitu ditinggal pas lagi sayang-sayangnya beb. Aduh kebayang sih gimana rasanya, dunia hancur berkeping-keping kali ya. Apalagi kalo udah sesayang itu sama pasangan, mulai deh insecure, overthinking, apalah salah diri ini sampai bisa ditinggal begitu saja tanpa adanya penjelasan. Makanya, aku kira perlu nih dijadikan tulisan blog tentang istilah percintaan. So here we start, Millenial Wajib Tahu! Ini Lho Istilah Percintaan Masa Kini biar gak kena tipu daya apalagi ditinggal pas lagi sayang-sayangnya ye kan...

Ghosting

Memang, istilah percintaan masa kini lebih keren lagi deh beb, bukan CLBK (cinta lama bersemi kembali), TTM (teman tapi mesra, PDKT (pendekatan), jomblo ataupun friendzone. Banyak istilah terkini yang sering terpapar di media sosial, TV, di WhatsApp beberapa hari belakangan ini. 

1. Ghosting

Inilah yang disebut ditinggal pas lagi sayang-sayangnya, iya ghosting adalah ketika seseorang tiba-tiba menghilang ketika sedang PDKT tanpa adanya penjelasan apapun. Dibilang 'putus' juga enggak, karena belum resmi jadian. Jadi gak jelas gitu mau dibawa kemana ini hubungan, sayang-sayangan udah tapi gak ada status.

2. Orbiting

Ini terjadi saat seseorang tiba-tiba memutus kontak dengan kita, tapi dia ternyata masih sering berkomunikasi dengan kita lewat media sosial.

3. Haunting 

Suka liat tiba-tiba mantan nge-like atau comment di postingan media sosial kamu, nah ini yang disebut dengan haunting beb. Yes, haunting dilakukan oleh seseorang  yang terus-menerus berinteraksi dengan kita lewat media sosial, padahal sudah berhenti berhubungan. Haunting biasanya dilakukan secara pasif. Misal: Hanya sekedar like postingan tanpa memberi komentar. Semacam stalking tapi versi ramahnya kali yak. 

4. Breadcrumbing

Kamu hanya memberi kode-kode padahal yang bersangkutan tidak sepenuhnya naksir kepada kita. Kalo gak serius udahlah jangan dimainin perasaaan anak orang toh. 

Ghosting

5. Benching

Cuman iseng aja, iya benching itu ketika kita sedang dekat dengan seseorang, namun tidak benar-benar jatuh cinta. Iseng aja biar ada warna gitu kali hidupnya hahaha.. beb ini perasaan bukan playground, kenapa senengnya dimain-mainin sih ah!

6. Stashing

Pernah gak berhubungan sama seseorang tapi gak kenal sama inner circle pasanganmu itu? Semacam kontrak eksklusif ceunah hubungannya, tapi kan sama aja kayak gak dianggap pasangan gak sih? Nah ini yang disebut dengan stashing yaitu ketika kita pacaran dengan seseorang, tetapi kita tidak memperkenalkannya kepada teman, keluarga, atau orang-orang terdekat. Emangnya kita dianggap apa sih, mau enaknya aja!

7. Submarining

Hampir mirip dengan Ghosting, bedanya setelah menghilang tanpa jejak sekian lama, kemudian menghubungi kembali. Dikira ini hati mainan crush candy ya, setelah dimainin, pergi terus kembali seenak udelnya? Situ sehat?! *lah napa gue yang esmosi 

8. Zombieing

Orang yang sebelumnya memutus hubungan dengan kita, namun tiba-tiba hadir kembali dengan mengirim chat/DM. Walking dead ceunah! Orang kayak gini gue rasa sih punya kelainan kali yak atau memang hobinya demikian. Entahlah..

Ghosting

9. Gatsbying

Ketika seseorang memposting konten seperti foto dan video ke media sosial dengan harapan bakal dinotice gebetan, sama aja kayak cari-cari perhatian ya terus ngasih kode-kode di caption. Hayo siapa yang sukanya begini?

10. Phubbing 

Gabungan dari kata 'phone' dan 'snubbing', biasa digunakan untuk menyebut perilaku tak acuh seseorang dalam sebuah hubungan. Nyebelin sih ini, kamu coba ngobrol dan menghubungi tapi yang dihubungi sok cuek macam gak peduli dan terlalu asyik sama handphone-nya. 

11. Breezing

Kalo ini kebalikan dari 'jual mahal nih beb, breezing lebih menekankan pada indiviu yang langsung to the point saat berkencan. Responsif banget kalo emang dia suka beneran sama kamu. Keliatan gitu beb. 

12. Gaslighting

Agak serem sih, karena gaslighting adalah bentuk kekerasan psikis yang dilakukan seseorang pada pasangannya dengan memanipulasi agar kekasihnya tersebut meragukan dirinya sendiri. Korban bisa merasa cemas, depresi, bahkan bisa mempertanyakan dirinya sendiri. Hal ini biasanya sering terjadi pada wanita karena stigma wanita harus menuruti semua kemauan pasangannya yang masih sangat kental di Indonesia khususnya. 

Ghosting

13. EUM atau Emotionally Unavailable Man

Mirip nih sama gak bisa move on kali ya sama pasangan sebelumnya. Jadi orang-orang EUM ini kebanyakan sudah punya pacar, menikah, baru saja putus atau bercerai, atau sedang menjalani LDR dan menjalani hubungi lagi dengan orang lain, namun hati dan pikirannya tetap pada hubungan pertamanya sehingga secara emosional dia tidak menunjukkan rasa untuk pasangannya saat ini. Pihak ketiga yang menjalani hubungan dengan EUM pun mempertanyakan status dan gimana masa depan hubungan mereka. 

Meski ya aku sadar diri agak terlalu berumur kalo ngomongin istilah percintaan masa kini, malulah sama anak kekinian yang masih muda belia. Tapi istilah seperti ini harus aku pahami sebagai orangtua, tujuannya kalo mungkin anakku ada tanya bisalah dijawab atau buat knowledge aja sih. Kan bisa, dijadiin bahan obrolan sama kawan-kawan tongkrongan. Asiikk, macam punya tongkrongan aja gue hehhehe.. 




49 komentar:

  1. Waaaa aku type yang mana yaa Aie hahahhw banyak banget istilah jaman now

    BalasHapus
  2. Euleuh euleuh Andy tsh ini dpt ngulik dari mana toh sayang. Bunda aja yg udah kenyang makan adam garam ampe kena asam lambibg aja baru tau istilah2 itu. Ya iyalah buncee itu kan istilah kekinian. Hehe... Kl bunda ngerasanya deket ama no.13 itu si EUM.

    BalasHapus
  3. hahaaa aku juga banyak baca di mana-mana niiih mba. meang millennials sekarang adaa aja ya yg bikin heboh hehe

    BalasHapus
  4. Alamaak agak susah buat aku hapalin ini. EH nggak harus hapalin juga sih ya. Hahhah. Makasih mba. Nambah ilmu nih mbaa

    BalasHapus
  5. Jadi inget mak Tanti nih hahaha :D Iya yach lagi hitz istilah beginian. Lucu juga, kira2 aku lagi berada di posisi yang mana yach wkwkwkkwkw :D Kudu dihapalin nih ntar ulangan keluar soalnya ini hahaha.

    BalasHapus
  6. Aduh banyak banget istilah yang nggak saya tahu. tahunya ghosting aja karena banyak yang bahas itu di timeline medsos.

    BalasHapus
  7. Sepertinya kita sama tukang ghosting ne, eh salah,,sama niche maksudnya.canda ghosting. Nice article bravo

    BalasHapus
  8. Aah keren nih artikel. Saya jadi tau istilah2 percintaan yang kekinian.
    Dari yang awalnya cuman tau tentang Ghosting dari Mummy Meilia Lau, hihiii...

    BalasHapus
  9. Wahahaha istilah terhits nih... Apalagi ghosting..paling hits deh... Tadinya aku kira ghosting itu nakut2in gitu macam hantu..ternyata ngilang ya alias kabur tanpa jejak..

    BalasHapus
  10. Ghosting lagi ramai ya, di anak-anak foto juga gitu bahkan kita menamai orang2 yang cuma nanya ratecard dengan ghosting hahahahaaa...

    BalasHapus
  11. Kekinian banget semua istilahnya. Saya kalau gak gara-gara viral, gak bakal tau istilah ini hehehe

    BalasHapus
  12. Ghostiiinggg dan bolo2ya nih bikin nyesekkk, tapi lucu ughaa kalo dibahas wkwkw
    apalagi sosmed jaman now kan makin dibahas makin trending topic.

    BalasHapus
  13. Dek Aie, aku jadi ingat Mak Tanti, hahahaa
    Ghosting yang lagi hapening yaaa, dan jadi viral deh di linimasa media sosial.

    BalasHapus
  14. Ini boleh di copas ga ini, LOL.... aduh ada aja ya istilah dan kelakuan anak cinta cintaan sekarang,,, berasa tua aku ga ngerti beginian

    BalasHapus
  15. wahh iya, ini lagi rame di bahas di grup blogger kemarin ya mbak
    alhamdulillah aku g pernah di ghosting, haha

    BalasHapus
  16. Ya ampun apa cm aku yg hanya tau istilah ghosting aja. Tyt istilah yg lain banyak banget. Aku sampe ketawa bacanya mba. 😆

    BalasHapus
  17. Viral banget nih kak... Jangan ada ghosting diantara kita. Makasih ya kak sudah berbagi informasi, bagi aku yang angkatan lama mana ngerti istilah kayak ginian 😅

    BalasHapus
  18. Huhuu...kayanya aku sering banget Gatsbying ke idol-idol aku.
    Terutama Song Joong Ki. Karena bahagia banget oppa mainan IG sekarang.

    BalasHapus
  19. Hahaha yang lagi rame nih, khususnya ghosting
    Ya moga2 yang lagi galau2an bisa segera ketemu jodohnya. Kalau emak2 kek kita kenya galaunya lbh ke kerjaan dan sekolah anak ya skrng hehehe

    BalasHapus
  20. Aku taunya baru ghosting dowang, asli. Ternyata ada masih banyak istilah ting ting lainnya. Seruuu tapinya ini. Hihihi

    BalasHapus
  21. Baca istilah ini bikin aku geli sama nama-namanya,Mak.Untung melek media sosial jadi mudeng hahaha kayaknya aku pernah ngalamin dighosting sama submarining. Keselnya udah lewat. Sekarang malah bersyukur ga ada apa-apa lagi sama circle masa lalu itu hehehe

    BalasHapus
  22. Dari sekian yang dijabarin cuma familiar sama ghosting aja mba hahaha keren nih bisa tahu ostilah begini mba update bener

    BalasHapus
  23. Ya ampun istilahnya banyak banget yak 🤣 aku taunya ditinggal pas sayang-sayange soalnya sudah pernah ngerasain 🤣 makasih udah dituliskan loh mbak, paling tidak aku jadi tau arti beberapa istilah yang lagi Hits setelah putusnya Kaesang dan Feli. 😅

    BalasHapus
  24. Aku pun baru tau istilah ini gara-gara ramainya pembicaraan tentang putusnya dek K dengan dek F. :) Se-Indonesia Raya lalu jadi pemerhati percintaan gitu yaaa hehehee.. Maunya sih tak ada ghosting di antara kita, uhuks...

    BalasHapus
  25. Wii.. ternyata istilah percintaan zaman now macem macem ya mba. Kalo dulu taunya cuma baper, PHP, sksd, TTM. Haha.

    Buat wawasan ke anak-anak kelak nanti. Hihi

    BalasHapus
  26. Istilahnya banyak dan susah-susah ya..hihi...siapa sih yang pertama bikin istilah? Bener, jd ortu juga harus update ya, biar nyambung diajak ngobrol..

    BalasHapus
  27. Ya ampuuun istilaaahnya banyaaaak yaaa Bok hahahahahah. Anak zaman skr, pake istilah aja keren begitu hihihihi...

    Aku jg hrs tau sih, biar bisa nyambung kalo baca gosip2 :D. Anakku msh kecil soalnya. Mungkin ntr pas zamannya udh remaja, istilahnya udh beda lagiii hahaha

    BalasHapus
  28. Aku awalnya aja gak ngerti Ghosting apa, setelah heboh itu baru deh cari tau, ternyata banyak ya istilah lainnya

    BalasHapus
  29. Banyak beneeer. Kirain cuma ghosting ama gaslighting aja, haha. Bahasa jaman sekarang tu beragam dan unik-unik ya.
    Tapi iya sih, kaya aku sebagai orangtua harus paham sama bahada beginian. Biar kalau anakku pakai bahasa aneh-aneh aku paham

    BalasHapus
  30. waktu pertama denger dan baca istilah2 ini di IG dan twotter aku udah senyum2 sendiri.. ada ajaaa ya hehehe. Yah seseruan aja untuk tau

    BalasHapus
  31. OMG kata katanya update banget ya mba. Istralah pas ama kondisi sekarang

    BalasHapus
  32. Agak harus diwaspadi yang Gaslighting ya, sadar bener ini benar-benar terjadi di lingkungan pertemananku pun ada. Cuma baru tahu kalau istilahnya itu, wah jadi kebuka wawasan baru nih, mamaciiiih

    BalasHapus
  33. wah iya, ini lagi hype ya mbak,
    emang istilah milenial ya ini
    aku tahunya cuma ghosthing, eh ternyata banyak ya

    BalasHapus
  34. Ya ampun Maak, kubaru ngeh sama ghosting saja hahaha .....
    Yang ini kudu cerna dulu .. kayaknya bagus dicerna sambil ngopi.

    BalasHapus
  35. Haduh duh duh... banyak banget istilahnya hahhaa. Kalau sukanya jalan sama kita tapi jadiannya sama orang lain, apaan tuh istilahnya mak? wkwkwkw.

    BalasHapus
  36. Kepalaku mendadak pusing baca ini Mbak Aie 😂😂😂 banyak banget istilah percintaan anak gen Z sekarang nih. Anak gen alpha sebaiknya jangan tanya ini ke mama ya, "kamu belum cukup umur, Nak"

    Besok pas gen alpha dewasa, nambah lagi istilah percintaannya Zzzz

    BalasHapus
  37. Wualahh makin banyak aja istilah-istilah
    Dari kesemua itu yang paling tau ya ghosting.
    Karena saking ramenya kali ya dibahas dimana-mana 😁

    BalasHapus
  38. Duh duh aku hanya tahu beberapa istilah saja itupun setelah rajin stalking Twitter, susah diingat dan dibedakan ya hihi..

    BalasHapus
  39. Hahah, bener yang terakhir, aku langsung kepoin smeua istilah karena anak sulungku dah SMA dan dia dah pakai istilah kek gini kalau lagi ngobrol. Jadi emaknya mesti update
    Ternyata banyak istilah ya..meski beberapa kejadian dah ada sejak dulu kala beda nama aja

    BalasHapus
  40. Yawlaaa...istilah breadcrumb masuk jugaa, yaaa. Ada2 saja anak masa kini. Masya Alloh. Hahaha.

    BalasHapus
  41. Terlalu lucu mba. Aku taunya cm ghosting. Itupun nyontek google. Haha. Disini banyak versi komplitnya. Sptnya aku bkn milenial kok banyak gak tau. Haha

    BalasHapus
  42. Aku justru baru Tau ghosting pas kaesang itu jadi mulai cari2 kamus oohh ini artinya sama aja dengan Pelangi.. pelan2 hilang dulu gitu istilahnya bukan ghosting

    BalasHapus
  43. Anak-anak zaman sekarang pinter banget bikin istilah percintaan begini yaa..
    Dan dengan begini, semoga semakin aware bahwa dalam sebuah hubungan pasti ada kemungkinan-kemungkinan yang terjadi.

    BalasHapus
  44. wooowww.. banyak banget ya istilah yang baru - baru. aku gak update sama sekali nih mak. paling cuma ghosting aja yang kemaren marak gegarak anak pak lurah #eh

    BalasHapus
  45. ya ampun istilah ini baru aku tahu lho kak, yang tahu cuma ghosting doang wakakakka
    makasih mba andi nambahhin wawasan istilah nih

    BalasHapus
  46. Ternyata banyak juga ya istilah di dalam percintaan. Kalau jaman dulu taunya ya cuma PHP, ga bisa move on, putus dan jatuh cinta, udah itu aja :))

    BalasHapus
  47. baru tahu istilah ghosting setelah seseleb pacaran dan katanya ga ada kabarnya heuheu aduh beneran ya anak zaman sekarang, istilahnya bikin emak emak juga kudu melek biar bisa ngimbangin gaya ngobrol anak anak skrg

    BalasHapus
  48. baru tahu istilah ghosting setelah seseleb pacaran dan katanya ga ada kabarnya heuheu aduh beneran ya anak zaman sekarang, istilahnya bikin emak emak juga kudu melek biar bisa ngimbangin gaya ngobrol anak anak skrg

    BalasHapus
  49. Wah makasih nih, saya jadi tahu istilah - istilah kekinian ini nih. lagi ngehits banget yah istilah GHOSTING

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)