Selasa, 08 Desember 2020

Tips Sewa Apartemen Bulanan di Jakarta Selatan

Selain kos, sewa apartemen bulanan bisa jadi pilihan bagi kaum urban milenial ataupun yang baru saja menikah. Alasannya, lebih banyak karena akses yang cukup mudah ke lokasi kantor dan fasilitas yang diberikan pun sangat membantu aktivitas sehari-hari. Nah, kali ini aku mau memberikan tips sewa apartemen bulanan di Jakarta Selatan berdasarkan pengalaman.

Sewa Apartemen

Berawal dari berita kalau suami harus pindah kerja ke kota Bandung menjadikan kami harus berpisah kota selama hari kerja. Pilihan tersebut kami pilih karena aku yang belum lama bekerja di salah satu digital agency di Jakarta. Keputusan pun diambil, akhirnya kami memutuskan kalau suami dan anakku satu-satunya untuk menetap di Bandung sementara aku selama hari kerja tinggal di Jakarta. Berat? Tentu iya, karena ini pertama kalinya kami harus berpisah setelah 5 tahun pernikahan.

Suami menyarankan aku untuk sewa apartemen bulanan ketimbang kos di Jakarta, alasannya setelah dihitung-hitung ternyata harga kos di Jakarta Pusat cukup tinggi dibanding sewa apartemen di Jakarta Selatan. Selain itu, suami merasa jauh lebih aman kalau aku tinggal di apartemen melihat dari fasiilitas yang diberikan. 

Sewa Apartemen

Berdasarkan pengalaman tersebut, berikut aku berikan tips sewa apartemen bulanan di Jakarta Selatan. Yuk disimak...

Lakukan Riset

Hal yang aku lakukan sebelum mulai menyewa dan menentukan apartemen yang cocok yaitu melakukan riset terlebih dahulu apartemen seperti apa yang dicari. Cara yang aku lakukan gak perlu ribet-ribet mendatangi calon apartemen yang disewa namun bisa langsung cek via situs-situs yang menyediakan informasi tentang sewa apartemen di situs apartemen

Pada situs apartemen tersebut kamu bisa mendapatkan banyak informasi terkait apartemen yang diincar mulai dari harga, fasilitas, lokasi, dan gambar apartemen.

Lokasi yang Strategis

Tips kedua ini juga gak kalah penting untuk diperhatikan, karena tujuan dari sewa apartemen tentu menginginkan akses yang mudah ke lokasi tempat bekerja. Pastikan lokasi apartemen juga berada di lokasi yang strategis, mudah dijangkau dengan sarana transportasi dan jalan utama, dekat dengan pusat perbelanjaan, layanan kesehatan, tempat pendidikan, dan fasilitas umum lainnya. 

Lokasi yang strategis ini tentu menjadi pertimbangan suami juga, jangan sampai memilih sewa apartemen di Jakarta Selatan jauh dari segala akses transportasi dan fasilitas lainnya. 

Sewa Apartemen


Fasilitas Apartemen

Berhubung budget untuk sewa apartemen di Jakarta Selatan cukup pas-pasan jadi fasilitas yang aku cari tidak terlalu mewah juga. Minimal ada lift, lahan parkir, internet, dapur untuk memasak dan kamar yang cukup nyaman. Meski, banyak juga apartemen yang menyediakan fasilitas seperti kolam renang indoor, pusat olahraga, dan mungkin lift pribadi. Oia, pertimbangan lainnya, aku juga memilih apartemen yang ada fasilitas playground untuk anakku jika sedang berkunjung dan menginap di Jakarta. 

Sementara, luas ruangan, karena aku tempati sendiri maka aku rasa cukup untuk menyewa apartemen model studio dengan dua kamar dan ada ruangan keluarga juga. 

Harga Sesuai Budget 

Setelah melakukan riset, melihat lokasi yang strategis dan fasilitas apartemen maka tips selanjutnya yaitu memilih apartemen dengan harga sewa yang sesuai budget. Selain itu kamu juga harus mencari perbandingan apartemen lainnya di sekitar lokasi yang diincar. Caranya begini, cari maksimal tiga apartemen di satu lokasi yang berdekatan dengan tipe yang sama. Lalu, bandingkan harga, fasilitas dan keamanannya. Cara seperti ini bisa membantu kamu tidak salah memilih apartemen dengan harga selangit namun fasilitas sama saja dengan apartemen di lokasi yang sama tapi harga jauh lebih murah. 

Sewa Apartemen

Keamanan di Apartemen

Berhubung aku tinggal di apartemen sendirian, jadi pertimbangan dan yang sangat diperhatikan sama suami yaitu keamanan di apartemen yang aku sewa harus maksimal. Harus memiliki layanan keamanan 24 jam dengan kartu akses dan juga satpam yang berjaga di area sekitar, lengkap dengan layanan CCTV. Tidak hanya di gedung apartemen, usahakan juga harus ada CCTV di ruangan apartemen. 

Pastikan juga area sekitar apartemen yang akan disewa aman dan tingkat kriminalitasnya cukup rendah. Hal ini harus dipastikan ya, karena sebagai langkah antisipasi saat harus lembur. 

Cek Kondisi Apartemen dan Bertemu Langsung dengan Pemilik (Jika Memungkinkan)

Jika sudah merasa cocok dengan apartemen yang diincar setelah lihat dari situs sewa apartemen, langkah selanjutnya bisa langsung cek kondisi apartemen secara langsung dengan mengunjungi apartemen tersebut. 

Jangan lupa untuk cek listrik dan lampu apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Juga pastikan kondisi air di kamar mandi dan dapur berfungsi dengan baik, termasuk gas di area dapur. Lalu, jika memungkinkan kamu bisa langsung bertemu dengan sang pemilik apartemen. 

Sewa Apartemen

Buat Perjanjian Sewa

Sudah merasa cocok dengan apartemen yang dipilih maka langkah selanjutnya yaitu perjanjian sewa. Ingat, hal ini jangan dianggap enteng ya, karena perjanjian sewa sangatlah penting menyangkut hak dan kewajiba dari pihak pemilik dan penyewa. 

Di dalam surat perjanjian tertera hal-hal seperti besar uang sewa yang harus dibayarkan, bisa per bulan ataupun per tahun, kalau aku pilih sewa apartemen bulanan di Jakarta Selatan. Terdapat juga jangka waktu sewa, biaya tambahan lain untuk keperluan apartemen, dan hal lainnya. Jangan sampai lupa menggunakan materai dalam perjanjian yang kamu sepakati ya. Hindari menggunakan perjanjian lisan karena tidak ada bukti tertulis dalam masa sewa. 

Sewa Apartemen

Itulah beberapa tips sewa apartemen bulanan di Jakarta Selatan yang mungkin bermanfaat buat kamu dalam menentukan apartemen untuk tempat tinggal. 





23 komentar:

  1. Menentukan tempat tinggal tuh bagaikan pilih jodoh ya Mak.
    Dibutuhkan ketelitian super duper jeli banget supaya kita mendapatkan apartemen sesuai keinginan ya

    BalasHapus
  2. Kalau ada keluarga jauh datang dan cari apartemen di wilayah Jakarta, aku akan usulkan seperti yang mba Aie sampaikan. tq mba :)

    BalasHapus
  3. Kalau sudah berkeluarga ada baiknya memang sewa rumah/apartemen daripada kamar kos, jadi suatu saat ada keluarga berkunjung kan lebih nyaman :) makasih sharingnya ya mbak :)

    BalasHapus
  4. Akhir-akhir ini saya mempertimbangkan sewa apartmen. Ngebayangin kalau kelak anak kuliahnya jauh dari rumah. Mending di aprtment daripada ngekos kayaknya

    BalasHapus
  5. Enaknya memang bertemu pemilik apartemen langsung ya, jadi tahu plus minus dari apartemen setidaknya dari pemiliknya langsung

    BalasHapus
  6. dulu aku kalo cari tempat kos cari yang dekat tempat kerja. Trus harganya cocok, selain itu tempatnya juga harus bersih and nyaman..

    BalasHapus
  7. Wah pasti berat banget ya mba jauh dari orang-orang tercinta. Apalagi ini sekaligus jauh ama suami dan juga anak. Pelukkkkkk 😘😘. Ngomong-ngomong aku jadi penasaran harga sewa apartemen di jakarta ini berapa aja. Kalau hampir sama ama ngekos mending sewa apartemen aja ya

    BalasHapus
  8. Menggunakan aparetemt sebagai tempat tinggal sangat sesuai bila tempat kerja jauh dari rumah tinggal. Makin dekat lokasinya ke tempat kerja atau tempat kegiatan aktif sehari-hari makin baik. Tapi tentu saja, agar nyaman, memperhatikan beberapa hal seperti tips yang dituliskan di atas ya

    BalasHapus
  9. Dr dulu pengen banget ngerasain gimana rsnya tinggal di apartemen. Sampe skrg ke jakarta pun blm pernah. Wkwk. Undangan Bi Netifest kemarin pun diskip krn baru lahiran. Heu. Emg gak rejeki. *etdah kok malah curhat

    BalasHapus
  10. Memang butuh banyak pertimbangan untuk mencari apartemen tempat tinggal ya, Mbak. Setuju sekali kalau kita harus memperhatikan lokasinya, fasilitas dan tentu saja keamanannya.

    BalasHapus
  11. Wah, iya ya pilihan apartemen lebih masuk akal karena lokasinya strategis dekat tempat kerja dan lebih aman dibandingkan kontrak rumah atau ngekos...

    BalasHapus
  12. one of area yang kami sukai kalo ke Jakarta ya bagian selatan, beberapa kali sewa kamar apartemen aja sih, kalo bulanan kayaknya belum

    BalasHapus
  13. wah tipsnya ini bermanfaat banget mbak, klo someday mw liburan ke jakarta Q bakal cari sewa apartemen spt yg mbak tulis ini

    BalasHapus
  14. apartemen memang jadi pilihan untuk tinggal di kota besar ya. Apalagi untuk tinggal sendirian atau keluarga kecil. Sebab, kalau mau rumah tapak, pasti mahal dan lokasinya kemungkinan jauh dari tempat kerja.

    BalasHapus
  15. Yang penting tuh lingkungannya pilih yang aman ya. Kalau di apartemen karena ada pengelolanya bisa nyaman dan ga was-was ya saat harus sendirian di apartemen.

    BalasHapus
  16. Sewa apartemen sekarang udah banyak jadi pilihan daripada ngekos yah. Nggak cuma keluarga atau orang kantoran, anak kuliahan juga banyak yang sewa apartemen karena fasilitasnya yang lengkap.

    BalasHapus
  17. Beberapa apartemen memang lokasi jadi pilihan yaa...sama fasilitas yang disediakan.
    Tapi saat ini, apartemen memang cakep-cakep banget...apalagi di Jakarta.

    BalasHapus
  18. Dulu pas awal ke jkt mau ke apartemen aja tp suamiku kurang sreg akhrinya sewanya rumah tapak. Pdhl buat org ansos kek aku paling suka lingkungan apartemen hehe.
    Skrng makin banyak apartemen disewakan dgn budget terjangkau rasa2nya ya

    BalasHapus
  19. Benar ... harga kost di Jakpus itu ya sekamar bisa 2juta mending sekalian tinggal di apartemen yang harga sewanya mirip-mirip tapi fasilitasnya udah OK. Aku sendiri prefer apartemen untuk urusan keamanan dan kemudahan, lokasinya juga biasanya kan strategis.

    BalasHapus
  20. Nah ini nih yang menarik. Tinggal di kota besar sekarang jauh lebih mudah ya. Susah untuk cari rumah kontrakan, bisa nyewa apartemen. Tapi pastinya, kita kudu teliti dan jeli ya sebelom menyewanya.

    BalasHapus
  21. Benar banget itu, bulanan kost lebih mahal dibandingkan sewa apartemen belum lagi kalau aku atau anak-anak berkunjung ke Jakarta, sempit kamar kostnya, makanya suamiku juga lagi cari-cari apartemen buat tinggal selama kerja di Jakarta, pas juga di daerah Jakarta Selatan. Tipnya cocok ini :)

    BalasHapus
  22. Dulu aku 5 tahun tinggal di Jakarta ngekos terus sih Mba, jadi tinggal di apartemen belum pernah dan andaikata ada kesempatan pingin juga sewa apartemen gini ya, pingin ngrasain hidup di sana. hehehe

    BalasHapus
  23. Wah aku baru tahu kalau mba tinggal sendiri ldr dari anak dan suami. Iya ya harga apartemen vs kos ga jauh beda tapi dari segi fasilitas berbeda. Ok nih tipsnya buat yg nyari persewaaan apartemen

    BalasHapus

Terimakasih sudah mampir dan membaca tulisanku ini, bahagia deh rasanya kalo kamu bisa berkomentar baik tanpa ngasih link apapun dan enggak SPAM. :)